Tips Menentukan Drone Security & Public Safety Yang Tepat

drone security and drone public safety

Selama ini mungkin sebagian dari kita beranggapan jika drone digunakan untuk keperluan videografi dan fotografi saja. Namun, tahukah Anda keberadaan drone juga dapat membantu tugas dari lembaga penegak hukum? Mulai dari misi penyelamatan hingga memantau keamanan publik.

Penggunaan drone oleh lembaga penegak hukum telah tumbuh secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini karena kemajuan teknologi drone. Semakin banyak organisasi penegak hukum menggunakan drone industri untuk melakukan operasi, ada kebutuhan yang meningkat akan program drone yang efektif yang dapat membantu kepolisian mengelola risiko.

Halo Robotics sebagai distributor drone DJI Enterprise di Indonesia, merekomendasikan DJI sebagai solusi terbaik dalam keamanan dan pengawasan publik.

Fungsi dan Manfaat Drone Security & Public Safety

1. Pemrosesan Data Lebih Cepat

Pertama, drone security & public safety mampu untuk melakukan pemrosesan data dengan lebih cepat. Ini bukan tanpa alasan, sebab drone dapat dioperasikan dengan cepat. Misalnya drone dapat dikerahkan untuk terbang ketika dibutuhkan hanya hitungan menit saja ketika terjadi kondisi darurat seperti kerusuhan dan tindakan kejahatan lainnya.

Dari tampilan foto dan video yang dihasilkan drone, membuat kinerja lembaga penegak hukum menjadi lebih cepat. Terutama dalam melakukan investigasi dan inspeksi kondisi darurat tersebut untuk menentukan tindak lanjut yang tepat sasaran tanpa menunggu dalam waktu lama.

2. Pelacakan Orang Hilang

Selanjutnya, drone security & public safety bisa digunakan untuk misi pencarian orang hilang. Dengan ukurannya yang kecil dan manuver yang lebih baik, drone lebih unggul dibandingkan pesawat berawak. Sebab, dapat diterbangkan di ketinggian paling rendah dan ruang sempit sekalipun.

Terlebih lagi drone yang dibekali dengan kamera thermal, dapat mendeteksi keberadaan seseorang di area tertentu. Seperti pelacakan di daerah yang dipenuhi dengan semak-semak, reruntuhan, dan objek lain yang menghalangi pandangan mata manusia ketika misi pencarian.

3. Digunakan untuk Reka Adegan Lokasi Kecelakaan

Fungsi ketiga dari drone security & public safety yakni bisa digunakan dalam proses reka ulang adegan di lokasi kecelakaan. Drone dapat terintegrasi dengan software untuk melakukan pemetaaan. Salah satunya adalah integrasi dengan software fotogrametri seperti PIX4D.

Dengan proses pembuatan peta 3D yang lebih akurat dan detail, ini akan memudahkan pihak kepolisian dalam reka adegan kecelakan dan membuat analisis kejadian. Selanjutnya, data analisis tersebut bisa digunakan untuk investigasi pihak yang terlibat hingga proses klaim asuransi.

Baca Juga: Manfaat Teknologi Drone dalam Survei Pemetaan untuk Proyek Infrastruktur

4. Membantu Menjaga Keamanan Publik

Keamanan publik memang jadi tugas utama dari kepolisian. Contoh manfaat yang keempat ini misalnya dalam memantau kerumunan besar pada event tertentu. Mulai acara konser musik, menonton olahraga, hingga demonstrasi dengan masa besar.

Dengan begitu, kepolisian dapat merespon kondisi darurat lebih efektif. Terlebih lagi dengan payload  khusus seperti speaker yang bisa digunakan untuk proses penguraian massa ketika terjadi insiden dalam sebuah kerumunan. Cara ini dinilai lebih tepat sasaran.

5. Mengurangi Biaya Pengeluaran

Manfaat yang terakhir adalah dengan menggunakan drone security & public safety dapat menekan biaya pengeluaran. Perlu diketahui, untuk misi keamanan publik memang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Mulai dari persiapan hingga proses mengamankan sektor vital.

Memang, drone security & public safety memiliki harga yang relatif bersahabat tergantung pada spesifikasi yang dimilikinya. Tentu, ini menjadi nilai investasi bagi lembaga dan institusi kepolisian di masa mendatang. Khususnya dalam misi-misi mengamankan sektor publik dalam jangka waktu lama.

Tips Memilih Drone Untuk Keamanan dan Keselamatan Publik

Memilih drone yang tepat untuk keamanan dan keselamatan publik bukanlah perkara yang mudah. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, sehingga drone bisa benar-benar berdayaguna. Ada banyak sekali jenis drone yang bisa dipilih, karena begitu banyaknya jenis drone yang ada jangan sampai kita salah memilih drone. Tidak semua drone cocok digunakan untuk keperluan keamanan dan keselamatan publik.

Berikut Tips-Tips Memilih Drone Untuk Keperluan Keamanan dan Keselamatan Publik, antara lain : 

  • Ketahanan Terbang

Faktor ini akan menentukan seberapa banyak data-data penting yang dapat ditangkap dalam satu kali penerbangan, semakin lama drone terbang maka area pengamanan secara signifikan diperluas dan data yang didapatkan akan lebih banyak.

  • Jarak Remote Control ke Drone

Faktor ini sangat menentukan dimana posisi operasi berada dan seberapa jauh drone dapat terbang.

  • Kompatibilitas Terhadap Kamera dan Sensor Khusus

Gabungan antara optical zoom yang dipadukan dengan sonsor thermal akan membantu mengidentifikasi subjek atau objek yang sedang dicari dari jarak jauh dengan lebih mudah. Sensor optical yang terintegrasi akan dapat memberikan identifikasi dan rekognisi secara mudah dari dari jarak jauh yang aman.

  • Resistensi Terhadap Cuaca

Faktor ini perlu dipertimbangkan untuk memastikan drone terbang dengan aman di kondisi hujan sekalipun.

  • Penerbangan Otomatis

Kemampuan drone untuk dapat diterbangkan secara otomatis artinya drone dapat diberikan waypoints atau jalur terbang yang sudah diset sebelumnya untuk melakukan patroli atau operasi keamanan rutin secara otomatis.

  • Kompatibilitas Terhadap Software Pendukung

Drone yang dapat compatible dengan software-software pendukung sangat diperlukan untuk dapat melakukan live streaming secara langsung terhadap command center

  • Faktor Biaya atau Nilai Investasi

Dimana di luar sana ada banyak sekali drone canggih yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang memumpuni namun dari segi harga sangat tinggi dan tidak terjangkau, maka memperhatikan price performance serta berapa banyak baterai yang digunakan menjadi hal yang perlu diperhitungkan karena baterai menjadi salah satu on-going maintenance dari semua pengguna drone.

  • Layanan Aftersales

Hal ini berguna untuk kita melakukan reparasi dengan lebih mudah.

Rekomendasi Drone Security & Public Safety

Ada beberapa seri dan tipe beserta perangkat pendukungnya untuk berbagai misi keamanan dan keselamatan publik, antara lain:

DJI Mavic 3 Thermal

Pertama adalah DJI Mavic 3 Thermal yang merupakan seri drone dengan desain yang ergonomis, ringkas, dan mudah dibawa ke mana saja. Berbeda dengan seri DJI Mavic 3 reguler, pada seri Mavic 3T ini dilengkapi dengan kamera thermal yang mampu melacak dengan memanfaatkan suhu di area operasi

Resolusi kameranya tidak kalah tajam dengan ukuran 48MP. Kamera tersebut juga didukung dengan sensor CMOS ½. Kemudian untuk Display of View (DFOV)-nya yakni 61°. Panjang fokus kameranya 40mm dan memiliki resolusi 640×512 pixel. Kamera juga dapat diperbesar (zoom) dengan pembesaran hingga 28 kali.

DJI Matrice 30 Thermal

Selanjutnya yakni DJI Matrice 30T atau biasa disebut juga dengan DJI M30T. Keunggulan dari drone ini adalah memiliki multi-sensor yang canggih dan lengkap. Beberapa di antaranya adalah kamera thermal, kamera RGB, laser, hingga sensor Night Vision untuk proses pendeteksian di malam hari tanpa hambatan.

Tak hanya itu saja, dari segi performa pun sangat tangguh. Sebab, drone ini mampu terbang hingga 41 menit dan jarak jangkau transmisinya hingga 15 kilometer. DJI Matrice 30 Thermal juga dapat dioperasikan saat kondisi ekstrem seperti angin kencang dan hujan deras berkat dukungan sertifikasi IP55. Selain itu, drone bisa dioperasikan pada suhu -20° C sampai dengan 50° C

DJI Matrice 350 RTK dan Payload DJI Zenmuse H30T

Terakhir ada drone DJI Matrice 350 RTK dengan payload DJI Zenmuse H30T. Drone DJI Matrice 350 RTK memang kompatibel jika digunakan dengan payload dari DJI. Dengan begitu, tidak sekadar tangguh di berbagai kondisi saja, keberadaan payload Zenmuse H30T membuat proses pendeteksian dan pencarian menjadi lebih baik.

Hal itu karena DJI Zenmuse H30T memiliki kemampuan untuk zoom dan wide tanpa mengurangi kualitas gambar. Lalu, juga terdapat sensor thermal dan laser rangefinder untuk mendeteksi keberadaan manusia pada jarak 3000 meter dengan kondisi gelap. 

Kesimpulan

Penggunaan teknologi drone memberikan keuntungan besar untuk tugas keamanan dan keselamatan publik. Terutama dalam misi pengawasan lebih baik, efisien, akurat, dan cepat. 

Welcome to Halo Robotics

Button WA