Monitoring Ore Pass Pertambangan dengan Drone Elios 3

Drone yang dilengkapi dengan LIDAR Scanner

Apa itu Ore Pass?

Ore Pass adalah (Ore: Bijih, Pass: Jalur) jalur bijih atau jalur penambangan yang digunakan untuk mentransfer bijih dan limbah tambang dari penambangan.

Jenis Sistem Ore Pass

Dimana ada dua jenis sistem ore pass dalam industri pertambangan, yang pertama adalah sistem flow-through ore pass dan yang kedua adalah sistem full ore pass.

Untuk kedua sistem tersebut, bijih dan limbah dibuang ke jalur ore pass dan berakhir di titik pengambilan atau titik dimana bijih diangkut oleh loader, konveyor, atau gerbong kereta ke tempat penimbunan bawah tanah.

1. Sistem Flow-Through Ore Pass

Dalam sistem flow-through ore pass, bijih dibuang ke ore pass dan kemudian mengalir turun ke titik penarikan, sistem ini digunakan ketika bijih memiliki kadar partikel halus yang tinggi dan mengakibatkan material mengalir terus-menerus sehingga tidak ada yang mengendap dan hang-up cenderung tidak terjadi.

Karena aliran batuan pecah yang hampir konstan, ore pass lebih rentan terhadap kerusakan yang mungkin memerlukan pemeliharaan/monitoring secara rutin yang dapat memperpanjang waktu henti di tambang.

2. Sistem Full Ore Pass

Dalam sistem full ore pass, sejumlah bijih tertentu dimaintain di ore pass di sepanjang waktu, sistem ini digunakan untuk mencegah terjadinya degradasi/penurunan pada lintasan ore pass, mencegah kegagalan bebatuan dan mencegah peristiwa seismik terkait pertambangan.

Namun, karena ini meningkatka risiko hang-up pada ore pass yang disebabkan bebatuan yang tidak mengalir secara konsisten memungkinkan partikel halus mengendap di jalur bawah tanah dan teroksidasi yang akhirnya menyebabkan penyumbatan.

Monitoring Ore Pass dengan Drone

Oleh sebab itu, penting untuk memantau ore pass guna menjaga integritas struktural ore pass itu sendiri. Monitoring diperlukan untuk mencegah kerusakan akibat peristiwa seismik yang disebabkan adanya gangguan di dalam kerak bumi yang secara tidak langsung mempengaruhi aktivitas penambangan, monitoring juga diperlukan untuk mencegah pengisian bijih yang berlebihan pada ore pass.

Berikut hal-hal di ore pass yang semestinya dipantau atau dimonitoring secara rutin, baik secara manual atau monitoring menggunakan drone tambang:

  • Material levels
  • Wall quality
  • Liner quality
  • Material control equipment
Monitoring Ore Pass pertambangan dengan Drone Elios 3, lidar scanner

Drone yang dilengkapi dengan LIDAR Scanner

drone tambang seperti Flyability Elios 3 adalah adalah drone yang dilengkapi dengan lidar scanner yang disesuaikan untuk aplikasi pertambangan, seperti pengukuran stockpile, survei, pemetaan, dan inspeksi. Drone pertambangan Elios 3 didesain untuk dapat mengumpulkan data di area yang tidak boleh/tidak dapat dimasuki manusia dan tidak tersedia GPS di sebagian besar lingkungan pertambangan, pernyataan ini didukung dengan fitur-fitur di bawah ini yang memungkinkan Elios 3 memonitoring ore pass dengan efisien:

Fitur Drone Elios 3:

FlyAware™ SLAM Engine
SLAM-Based Stabilization
3D Live Map
3D reporting
3D Surveying Solution
Modular Payload Bay
Collision-Resilent Rugged Design
Close-Up Inspection Dedicated Payload
Extended Air-Time

Monitoring Ore Pass pertambangan dengan Drone Elios 3

Pemantauan dan inspeksi jalur ore pass secara teratur terutama dengan menggunakan drone dapat mencegah hang-up, kerusakan atau kegagalan peralatan yang dapat mengancam integritas struktur bawah tanah, bahkan monitoring ore pass dengan drone dapat mencegah penyebab cedera atau kematian bagi penambang.

Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut tentang drone inspeksi ruang terbatas Elios 3 disini

Monitoring Ore Pass pertambangan dengan Drone Elios  3 - halo robotics

Baca juga:
1. Contoh penggunaan nyata 3D maps di ruang terbatas dengan Elios 3
2. Q&A cara membuat survey-grade 3D model dengan drone Elios 3 dan GeoSLAM
3. Elios 3 meningkatkan akurasi stockpile measurement melalui 3D model lidar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Welcome to Halo Robotics

Button WA