SOLUSI DRONE UNTUK INSPEKSI DAN MANAJEMEN ASET

Drone adalah alat penting untuk inspeksi dan manajemen aset, yang secara signifikan meningkatkan efisiensi dan mencapai laba atas investasi yang dramatis dengan aplikasi termasuk:

 

  • Inspeksi Visual Umum (GVI)
  • Inspeksi Visual Tertutup (CVI)
  • Deteksi & Pemetaan Gas
  • Digitalisasi Aset & Pemodelan 3D
  • Manajemen Koridor Jalur Pipa & Transmisi

 

Dengan menggunakan drone, dimungkinkan untuk dengan cepat mendapatkan data inspeksi atau manajemen aset yang bernilai tinggi, untuk mendukung perencanaan dan pemeliharaan, sekaligus meningkatkan keselamatan operasi berisiko tinggi.

 

General Visual Inspection (GVI)

INSPEKSI DRONE UNTUK MANAJEMEN ASET BERNILAI TINGGI

Inspeksi Visual Umum menyediakan dua jenis data:

Foto Inspeksi Resolusi Tinggi (RGB): secara sistematis memeriksa aset menggunakan kamera zoom hi-res untuk mendapatkan foto inspeksi yang jelas dari aset operasional dan struktur berisiko tinggi. Drone DJI membuat pekerjaan ini mudah bagi para inspektur, hadir dengan “Fitur Cerdas” yang kuat yang membuatnya lebih mudah dari sebelumnya untuk memilih objek, menekan tombol, dan secara sistematis menangkap serangkaian gambar beresolusi tinggi, semua disimpan dalam satu file data untuk memudahkan pengambilan dan pelaporan inspeksi. Lokasi yang tepat dari setiap foto dapat dengan mudah ditemukan dari setiap foto, membantu pelaporan inspeksi yang cepat dan anotasi untuk manajemen pemeliharaan.

Citra Inframerah Termal (Termografi): dengan menggunakan kamera termal radiometrik, setiap piksel citra termal mengandung nilai suhu, yang dapat digunakan untuk menganalisis varians panas secara kuantitatif dalam citra termal aset. Data termografi mendukung pendeteksian masalah terkait kelembapan, termasuk kebocoran air, retakan, dan korosi – serta masalah terkait gesekan, termasuk kemacetan cairan atau gas, dan ketidakteraturan dispersi panas pada struktur operasional. Peta termal radiometrik juga dapat dihasilkan, menunjukkan dengan tepat lokasi cacat aset termal pada struktur yang lebih besar – misalnya dalam inspeksi panel surya, untuk mengidentifikasi sel fotovoltaik yang rusak, yang menghasilkan suhu yang lebih tinggi dan perlu diganti.

 

REKOMENDASI DRONE

DJI MATRICE 30T

Drone DJI Matrice 30T-Drone DJI M30T

DJI MAVIC 3T

Close Visual Inspection (CVI)

INSPEKSI SISTEMATIS DI RUANG TERBATAS DAN ASET BERISIKO TINGGI

Menggunakan drone khusus untuk terbang dengan aman di ruang terbatas untuk hasil inspeksi sistematis yang memenuhi standar tertinggi untuk inspeksi CVI, dengan biaya yang lebih murah.

Halo Robotics menggunakan drone Flyability Elios 2, yang secara khusus dirancang untuk penerbangan yang stabil di ruang terbatas, dan merupakan satu-satunya drone yang pernah diklasifikasikan sebagai “alat inspeksi formal” oleh lembaga inspeksi terkemuka termasuk Lloyd’s dan Bureau Veritas.

Bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan terkemuka di seluruh Indonesia, Halo Robotics menyediakan pilot bersertifikat dengan pengalaman profesional termasuk Tangki Boiler, HRSG, Tangki Minyak Mentah, Kapal Bertekanan Gas, Kapal Pengiriman, Fasilitas Semen, dan Tambang Bawah Tanah.

 

REKOMENDASI PRODUK

Flyability Elios 3

Elios 3 Flyability Halo Robotics 02

DETEKSI & PEMETAAN GAS

Deteksi hingga 9 jenis gas sekaligus lengkap dengan pemetaan distribusi gas

Menggunakan sensor pendeteksi gas khusus dengan drone DJI, dimungkinkan untuk mendeteksi kebocoran gas berbahaya dan emisi dari aset operasional, dan mendapatkan analisis konsentrasi terperinci untuk semua jenis gas termasuk CH4, H2S, SO2, VOC, CxHx / LEL, CO, CO2, dan PM 1.0 / 2.5 / 10. Sniffer4D adalah sensor pendeteksi gas yang sangat akurat untuk drone DJI yang mampu mendeteksi hingga 9 gas sekaligus, dan dilengkapi dengan perangkat lunak yang kuat untuk memetakan distribusi gas yang terdeteksi di area survei.

Teknologi drone ini sangat penting bagi manajer aset bernilai tinggi, untuk mengidentifikasi kebocoran gas dan memantau emisi berbahaya. Sensor DJI M300 dan Sniffer4D digunakan secara luas di seluruh dunia dalam industri termasuk O&G, Petrokimia, Semen, Baja, Pulp & Kertas, Pembangkit Listrik Tenaga Batu Bara dan Gas-api.

REKOMENDASI DRONE

Sniffer 4D
DJI Matrice 300
Sniffer4D Gas Detection Sensor on DJI M300 Drone
DJI Matrice 30t
DJI maVIC 3T

DIGITALISASI ASET & PEMODELAN AS-BUILT

MODEL 3D SIAP PAKAI UNTUK INSINYUR & MANAJER PEMELIHARAAN

Teknologi pemetaan seluler memungkinkan untuk memindai dan mendigitalkan model 3D aset yang kompleks dengan cepat. Model As-Built yang diperbarui merupakan hal penting bagi manajer aset dan kontraktor EPC, yang sering kali memerlukan skema dan model as-built yang diperbarui untuk melakukan pekerjaan pemeliharaan pada aset.

Alat pemetaan seluler yang umum termasuk sensor LIDAR dan Kamera dengan antena RTK (misalnya PIX4D viDoc), yang dapat dengan cepat menangkap model 3D struktur yang akurat dan memiliki referensi geografis. Mengekspor data dengan mudah dalam format CAD yang dapat digunakan dalam perangkat lunak perekayasaan dan desain umum untuk alur kerja pemeliharaan dan manajemen penuh.

REKOMENDASI PRODUK

PIX4D viDoc

PIX4Dcatch-viDoc RTK rover

PIX4D Cloud

PIX4Dcloud - Yearly Halo Robotics 008
id_IDBahasa Indonesia