Localization: Tutorial Menentukan Sistem Koordinat Lokal

Localization: Tutorial Menentukan Sistem Koordinat Lokal

Tutorial Menentukan Sistem Koordinat Lokal Berdasarkan Titik yang diketahui

Mungkin rekan-rekan di sini pernah melakukan survei lokasi tanpa parameter sistem koordinat yang akurat atau tanpa parameter sistem koordinat sama sekali? Halo Robotics sebagai distributor resmi Emlid di Indonesia memperkenalkan fitur localization terbaru dari Emlid Flow yang dapat membantu rekan-rekan di sini menghitung parameter sistem koordinat lokal dan untuk mensurvei area dengan akurasi yang tinggi,
Lantas, bagaimana sih cara kerja Emlid Flow itu sendiri dan apa saja manfaatnya? Simak artikel tutorial menentukan sistem koordinat lokal berdasarkan titik yang diketahui selengkapnya di sini:

Apa itu Localization?

Salah satu starting points kegiatan survey adalah memilih sistem koordinat lokal yang sesuai untuk wilayah yang ingin disurvey. Dalam kebanyakan kasus, sistem koordinat telah dioptimalkan untuk lokasi tertentu, namun terkadang sistem koordinat ini tidak berhasil, bisa jadi hal ini terjadi karena rekan-rekan di sini tidak memiliki parameter sistem koordinat yang cukup akurat, oleh karena itu diperlukan sistem localization yang tepat untuk menerapkan tolak ukur atau poin-poin yang diketahui.

Localization atau lokalisasi juga dikenal sebagai site calibration, yaitu proses membandingkan kumpulan koordinat titik yang diketahui dan diukur dalam software GNSS untuk menghitung atau menyesuaikan parameter koordinat lokal, mudahnya adalah Localization merupakan proses yang memungkinkan untuk menghitung atau menyesuaikan parameter koordinat lokal berdasarkan titik-titik yang diketahui, yang pada akhirnya meningkatkan akurasi survei. Titik yang diketahui harus mempunyai koordinat lokal (local coordinates) yang diukur dalam meter, dan measure points sebagai koordinat global dalam derajat.

Selama proses penghitungan, software ini menerapkan serangkaian transformasi seperti translasi, rotasi, penskalaan untuk penyesuaian horizontal, dan bidang miring untuk penyesuaian vertikal. Aplikasi kemudian membuat kerangka referensi situs terbaik, yaitu sistem koordinat.

Data apa yang diperlukan untuk localization?

Proses localization sangat bergantung pada tugas teknis dan data yang rekan-rekan miliki, dimana rekan-rekan perlu berhati-hati mempertimbangkan ketersediaan parameter sistem koordinat, jenis penyesuaian yang rekan-rekan inginkan dan dapat dilakukan, serta yang terpenting adalah jumlah, distribusi, dan kualitas control points.

  1. Parameter sistem koordinat
    Rekan-rekan di sini bisa membuat projek dengan atau tanpa parameter sistem koordinat, seperti projection, vertical datum, dan datum transformation. Jika rekan-rekan di sini memiliki parameternya tapi nggak akurat, maka lebih baik menggunakan parameter sistem koordinat daripada tidak sama sekali.
  2. Jenis penyesuaian
    Penyesuaian dapat dilakukan pada denah atau ketinggian atau keduanya, itu semua tergantung pada koordinat titik yang diketahui, ketersediaannya, juga kualitasnya.
  3. Jumlah optimal dan distribusi titik yang diketahui
    Jumlah titik yang diketahui mempunyai pengaruh langsung terhadap keakuratan survei rekan-rekan di sini, ya secara umum 5 sampai 10 titik yang tersebar merata di wilayah survei adalah akurasi yang optimal. Aturan praktisnya adalah melakukan localization pada lokasi yang lebih kecil dan mengumpulkan pengukuran hanya pada area di mana titik-titik yang diketahui berada.

Bagaimana cara kerja localization di aplikasi Emlid Flow?

Localization di Emlid Flow memiliki alur kerja yang sederhana dengan opsi projek all-in-one, jadi rekan-rekan di sini nggak perlu melakukan switch antar projek lagi. Di Emlid Flow juga dilengkapi dengan algoritma perhitungan yang disesuaikan, maksudnya adalah setelah rekan-rekan memasukkan semua data, aplikasi Emlid Flow akan secara otomatis memilih algoritma yang ideal untuk menghitung parameter sistem koordinat yang tepat.

Setelah menambahkan “pasangan titik yang diketahui, diukur, serta perhitungan yang matematis” rekan-rekan akan mendapatkan residuals. Sebenarnya ini adalah “error” horizontal dan vertikal untuk setiap pasangan titik yang memungkinkan rekan-rekan bisa menilai keakuratan lokalisasi yang dihasilkan di Emlid Flow, rekan-rekan juga bisa dengan mudah mengaktifkan atau menonaktifkan koordinat titik horizontal dan vertikal, serta menghapus koordinat yang terlihat jelas dari yang lain untuk mencapai akurasi yang diinginkan. Semua hal ini dapat dilakukan dalam satu layar, sehingga rekan-rekan bisa melihat perkiraan perubahan akurasi secara real-time.

Download Brosur Emlid Reach RS3 Sekarang

Tutorial Menentukan Sistem Koordinat Lokal Berdasarkan Titik Yang Diketahui

Lantas, bagaimana cara memanfaatkan fitur localization di Emlid Flow? Ikuti tutorial menentukan sistem koordinat lokal di bawah ini:

1. Tutorial menentukan sistem koordinat lokal yang pertama adalah: buka project yang sudah ada atau buat yang baru, tapi kalau rekan-rekan ingin membuat project yang baru, tentukan sistem koordinat yang diketahui yang perlu disesuaikan, atau bisa juga gunakan opsi Global CS.

Localization Tutorial Menentukan Sistem Koordinat Lokal - step 1

2. Tutorial menentukan sistem koordinat lokal yang kedua: Tap Project Localization.

Localization Tutorial Menentukan Sistem Koordinat Lokal - step 2

3. Tutorial menentukan sistem koordinat lokal yang ketiga: Tap Add pair of control and measured points.

Localization Tutorial Menentukan Sistem Koordinat Lokal - step 3

4. Tutorial menentukan sistem koordinat lokal yang keempat: Pilih pairs of control dan measured points dari project rekan-rekan dengan cara berikut ini:
– Untuk setiap titik, pilih apakah rekan-rekan ingin menggunakan koordinat horizontal (H) dan vertikal (V) atau salah satunya saja.
-Pastikan control pointsnya memiliki koodinat lokal dalam feet/meters dan measured points memiliki koordinat global dalam satuan derajat.
-Tambahkan jumlah pasangan poin yang diperlukan, jumlah maksimalnya 50 ya.

Localization Tutorial Menentukan Sistem Koordinat Lokal - step 4

5. Tutorial menentukan sistem koordinat lokal yang kelima: Tap Save, Emlid Flow akan menghitung sendiri residualnya.

Localization Tutorial Menentukan Sistem Koordinat Lokal - step 5

6. Setelah itu analisa residunya, kalo perlu rekan-rekan bisa mengeditnya dengan cara berikut:
– Exclude horizontal dan/atau koordinat vertikal dengan cara tapping chipnya.
– Remove pasangan atau “pair” dengan tapping nama pairnya dan klik button “Remove Pair”.

7. Tap Preview the results, setelah itu rekan-rekan bisa melihat perubahan parameternya.

8. Jika hasilnya memuaskan, tap Apply to project.

Localization Tutorial Menentukan Sistem Koordinat Lokal - step 8

Setelah rekan-rekan menerapkan tutorial menentukan sistem koordinat lokal atau localization, semua titik yang ada dan yang dikumpulkan selanjutnya akan dihitung ulang sesuai dengan sistem koordinat yang dihitung.

Localization adalah pilihan yang tepat saat rekan-rekan di sini ingin bekerja dalam sistem koordinat lokal tapi nggak punya parameter yang diperlukan (atau saat rekan-rekan harus menyesuaikannya agar sesuai dengan lokasi survei) sebenarnya yang rekan-rekan butuhkan hanyalah control points yang ada, mudahnya, anda bisa melakukan survei seperti biasanya misalnya menggunakan drone DJI Mavic 3 Enterprise dan GNSS Receiver Emlid Reach RS3 dan biarkan Emlid Flow menghitung parameter sistem lokal yang diperlukan untuk rekan-rekan di sini.

Pada intinya Tutorial Menentukan Sistem Koordinat Lokal dengan menggunakan fitur localization berguna untuk mendapatkan koordinat lokal yang sesuai untuk wilayah survei. Dengan menggunakan fitur localization, survei dapat dilakukan dengan lebih akurat dan mudah, terutama dalam kasus di mana parameter sistem koordinat yang akurat tidak tersedia atau perlu disesuaikan.

Baca Juga: BARU! EMLID Reach RS3 – GNSS Receiver Terandal dengan Kompensasi Kemiringan

Localization: Tutorial Menentukan Sistem Koordinat Lokal

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui:
WhatsApp: +62 811-1909-0099
Email: sales@halorobotics.com
www.halorobotics.com

For more information, visit our:
Facebook : https://www.facebook.com/halorobotics/
Instagram : https://www.instagram.com/halorobotics.official/ 
LinkedIn : www.linkedin.com/company/halo-robotics
Youtube: https://www.youtube.com/@Halo-robotics/videos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Welcome to Halo Robotics

Button WA