Pemanfaatan Teknologi Drone untuk Industri Logistik dan Pergudangan

Penggunaan drone telah merevolusi berbagai industri, dan memberikan dampak signifikan dalam industri logistik dan pergudangan untuk membantu pekerjaan manusia. Dengan meningkatnya permintaan belanja online, terjadi peningkatan permintaan untuk menyimpan barang-barang di gudang. Logistik ataupun pergudangan sendiri melibatkan semua pergerakan barang dan pusat distribusi. Ini termasuk kegiatan seperti penerimaan, penyimpanan, pengambilan, hingga pengiriman.

Dengan kondisi gudang yang terbatas dan dipenuhi barang-barang, memasukan pekerja dengan jumlah banyak bukan menjadi solusi di saat seperti ini. Salah satu solusi inovatif yang ditawarkan adalah dengan menggunakan drone. Halo Robotics sebagai distributor drone DJI Enterprise di Indonesia, akan membahas manfaat penggunaan teknologi drone dalam industri logistik dan pergudangan.

Keunggulan Teknologi Drone

Adapun keunggulan utama penggunaan drone di industri logistik dan pergudangan adalah sebagai berikut:

  • Pengurangan Biaya Operasional: Mengurangi biaya tenaga kerja dan meningkatkan efisiensi operasional gudang.
  • Peningkatan Perhitungan Siklus: Mengoptimalkan penghitungan stok secara akurat, mengurangi kesalahan manusia, dan mempercepat proses audit inventaris.
  • Peningkatan Prosedur Keselamatan: Mengurangi risiko kecelakaan dengan menggantikan inspeksi manual dengan drone.
  • Drone Surveillance Camera: Drone dapat memantau operasi gudang secara real-time dan mendapatkan data untuk evaluasi dan pengambilan keputusan.
  • Pencarian Stok yang Lancar: Memudahkan pencarian stok yang hilang dengan menggunakan kamera drone.

Manfaat Teknologi Drone di Industri Logistik dan Pergudangan

Beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan di industri logistik atau pergudangan dengan memanfaatkan teknologi drone antara lain:

1. Pengangkutan dan Pengiriman Barang

Drone Logistik

Drone pengangkut atau pengiriman barang sudah mulai banyak digunakan dalam berbagai sektor industri, khususnya industri logistik dan pergudangan karena dinilai lebih efektif dan efisien.

Drone seperti DJI FlyCart 30 dapat mengangkut barang seperti suku cadang dan peralatan kepada pekerja yang membutuhkannya. Banyak gudang yang sangat besar, dan manusia akan dibutuhkan untuk membawa barang-barang ini ke tempat yang jauh. Selain itu drone DJI FlyCart 30 dapat digunakan untuk mengirimkan barang ke tempat terpencil atau sulit diakses manusia, seperti pegunungan, wilayah yang terkena bencana dan lainnya.

2. Pemantauan atau Pengawasan untuk Keamanan

Drone logistik - drone inspections - drone surveillance camera

Gudang merupakan lokasi utama pencurian. Drone thermal seperti DJI Mavic 3 Thermal merupakan solusi drone surveillance camera yang dapat memberikan data visual kepada tim keamanan tentang aktivitas yang tidak biasa atau mencurigakan selama patroli malam hari.

Selain itu, drone ini juga dapat digunakan di pergudangan untuk memantau inventaris dan menyediakan data real-time tentang kinerja gudang. Para operator tidak perlu menyusuri lorong panjang yang berisi tumpukan barang untuk mengetahui kondisi sekitar. Hal tersebut meningkatkan efisiensi kerja gudang dengan memberikan pandangan sekilas tentang fasilitas tersebut.

3. Inspections

Selain digunakan untuk pemantau atau pengawasan gudang, drone inspections DJI Mavic 3 Thermal dapat digunakan untuk inspeksi bangunan gudang dengan tujuan pemeliharaan. Drone ini dapat mendapatkan data pada bagian-bagian yang sulit dijangkau seperti atap atau tiang-tiang yang berpotensi korosi, kebocoran atau lainnya.

Hal tersebut dapat meminimalisir kerusakan yang lebih parah jika terdeteksi sejak dini. Sama seperti manajemen inventaris, jika manusia yang melakukannya, akan ada risiko keselamatan saat mereka memanjat ketinggian untuk mencapai area seperti atap atau bagian atas rak untuk inspections. Tentu saja, drone dapat mengatasi masalah ini.

4. Manajemen Invetaris

Drone dapat dengan mudah dioperasikan dan terbang dengan ketinggian tertentu atau sesuai keinginan untuk menjangkau area gudang di sudut manapun. Drone dapat memindai barcode produk secara otomatis sehingga perusahaan bisa mendapatkan penghitungan persediaan yang akurat dan mencari tahu apa yang perlu diperbaharui.

Drone logistik - drone inspections - drone surveillance camera

Kesimpulan

Penggunaan drone di industri logistik dan area pergudangan dapat membantu perusahaan menghemat biaya, tenaga dan waktu, serta meningkatkan keamanan hal tersebut penting untuk keunggulan kompetitif di pasar seperti saat ini. Dengan manfaatnya yang banyak seperti drone untuk logistik, inspections, dan manajemen invetaris, drone menjadi alat yang sangat berharga dalam meningkatkan efisiensi dan keamanan operasi gudang.

Baca Juga: Perbandingan Efisiensi Penggunaan Drone Inspeksi vs Manual

Welcome to Halo Robotics

Button WA