Manfaat LIDAR: Untuk Inspeksi Hingga Reka Adegan Kecelakaan

Drone LiDAR adalah drone yang dibuat untuk membawa sensor LiDAR. Sensor LIDAR digunakan untuk mengumpulkan data menjadi model 3D yang detail untuk berbagai jenis aplikasi dan industri. Baik anda sedang mensurvei hutan, menyelidiki penyebab kecelakaan mobil malam hari, atau memetakan garis pantai yang terkikis, Sensor LiDAR menyediakan beberapa model 3D yang paling akurat dan beresolusi tinggi. Dan sekarang, dengan adanya penerapan drone LiDAR, teknologi sensor ini lebih mudah diakses dari sebelumnya.

Drone Lidar

Dahulu, sebelum drone LiDAR semakin berkembang, ada tiga cara utama dalam menggunakan LiDAR:
Di tanah— sensor LiDAR ditaruh di tangan atau di handheld mount.
Di pesawat—terbang dengan pesawat atau helikopter dengan sensor LiDAR.
Dari luar angkasa—menggunakan satelit.

Hingga saat ini, jenis teknologi LiDAR apapun digunakan untuk proyek-proyek dan didanai dengan baik. Namun karena sensor LiDAR semakin marak digunakan maka terjadi penurunan biaya dan ukuran, termasuk teknologi LiDAR di udara, atau yang biasa kita sebut Drone LIDAR (lawannya pesawat atau helicopter) sekarang ini lebih cepat berkembang dan semakin umum di masyarakat.

Faktanya, drone dengan sensor LiDAR yang terpasang sekarang ini digunakan untuk segala hal mulai dari menyelidiki klaim asuransi hingga membantu membuat penemuan arkeologi baru. Di bawah ini, kita akan melihat berbagai cara penggunaan LiDAR dan melihat sensor drone LiDAR terbaik yang ada di pasaran saat ini.

Apa itu LIDAR?

Apa itu lidar?

Bagaimana laser bisa mengukur ketinggian pohon? Bagaimana cara kerja LiDAR?

Apa itu LiDAR? Istilah LiDAR berasal dari frasa Light Detection and Ranging, pada dasarnya LiDAR menggunakan laser untuk mengumpulkan data tentang suatu permukaan yang kemudian diproses menjadi model 3D. Teknologi LiDAR bisa dibilang relatif baru karena pertama kali dikembangkan pada awal 1960-an, ketika insinyur dan surveyor tanah mulai menggunakannya untuk menghasilkan peta sungai, saluran air, dan lokasi geografis lainnya. Pada masa-masa awal istilah LiDAR bukanlah akronim, tapi hanya kombinasi dari kata “light” dan “radar.”

Saat itu, sensor LiDAR sangat mahal dan hampir secara eksklusif dipasang pada pesawat besar berawak. Pesawat-pesawat ini dapat mencakup banyak tanah sekaligus, tapi pengoperasiannya manual dan mahal, dan hasilnya jauh dari akurat. LiDAR sangat berbeda dari sistem pemodelan 3D lainnya seperti fotogrametri, yang melibatkan pengambilan ratusan atau bahkan ribuan foto individu dan menggabungkannya menjadi satu model detail.

Sebagai gantinya, cara kerja LiDAR menggunakan energi cahaya dan laser canggih untuk memindai dan mengukur target dari jarak jauh. Saat dipasangkan pada drone yang terbang tinggi, LiDAR dapat memotong atau di sekitar dedaunan dan puing-puing lainnya dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh sistem fotogrametri, yang menjadikan LiDAR alat yang ampuh untuk menemukan site baru di bidang seperti arkeologi.

Tapi cara kerja tepatnya bagaimana?
Cara kerja LiDAR yaitu menembakkan laser bertenaga tinggi pada target dan mengukur pulsa laser yang memantul kembali untuk mengumpulkan data tentang target.
Untuk membuat pemahaman tentang objek dalam tiga dimensi, sensor LiDAR mengukur:

Waktu—berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pulsa kembali.
Intensitas—kekuatan kembalinya pulsa laser.
Sudut pantul—cara permukaan yang diukur berubah seperti yang ditunjukkan oleh sudut pantul.

Setelah mengumpulkan titik data ini, software pemetaan 3D khusus memproses informasi ini bersama dengan data GPS (Global Positioning System) dan data INS (Inertial Navigation System) untuk membuat model 3D yang terperinci dan tepat dari area atau objek yang ditargetkan.

Apa itu Drone LIDAR?

Nah sekarang apa itu Drone LiDAR? Drone LiDAR adalah Aerial Drone apapun yang dipasang sensor LiDAR. Dalam beberapa tahun terakhir, inovasi dalam teknologi LiDAR telah secara dramatis menurunkan biaya dan ukuran sensor LiDAR, sehingga lebih memungkinkan untuk memasang payload LiDAR ke drone. Dan karena drone LiDAR menjadi lebih umum, informasi yang dapat mereka berikan jauh lebih akurat dan jauh lebih murah.

Dengan adanya penemuan drone yang yang terintegrasi langsung pada sensor LiDAR sebagai sistem pemetaan 3D berskala penuh dan lengkap, perusahaan mengalami peningkatan yang sangat pesat. Sensor LIDAR yang dipasang pada drone fixed-wing dapat mencakup hingga empat mil persegi dalam sekali penerbangan, dengan akurasi absolut 4 inci secara secara horizontal dan 2 inci secara vertikal. Ini adalah beberapa data fidelitas tertinggi yang saat ini dapat dicapai dengan metode survei udara apa pun.

Tapi penting untuk dicatat bahwa tidak ada dua drone LiDAR yang sama. Kombinasi yang berbeda dari sensor LiDAR serta model dan desain drone akan menghasilkan jenis hasil yang berbeda, dan dalam beberapa kasus LiDAR bukanlah metode terbaik untuk digunakan dalam pemodelan 3D. Dalam lingkungan yang panjang dan seragam, misalnya, seperti terowongan atau pipa saluran pembuangan, data LiDAR dapat gagal membuat rendering 3D yang andal.

Penggunaan Drone LIDAR

Drone LiDAR digunakan dalam berbagai cara di berbagai industri. Di bawah ini adalah area paling umum di mana drone pemindai LiDAR berevolusi pada dunia 3D-mapping.

Penggunaan Drone LIDAR Untuk Accident Scenes

manfaat drone lidar untuk adegan kecelakaan copy

Sistem LiDAR biasanya menggunakan sinyal ultraviolet atau infrared yang dekat untuk memetakan suatu area, yang berarti bahwa mereka dapat beroperasi dengan sedikit atau tanpa cahaya eksternal dan ini membuatnya sempurna untuk digunakan pada malam hari, terutama dalam situasi darurat seperti kecelakaan mobil.

Dalam sekali jalan, drone LiDAR dapat menangkap dan menghasilkan peta 3D komprehensif dari setiap kecelakaan yang mungkin memerlukan layanan darurat. Baik itu tabrakan antarnegara bagian hingga kecelakaan malam hari atau spatbor yang penyok di jalan pedesaan yang bersalju, drone LiDAR dapat membuat laporan yang akurat dan lengkap tentang situasi darurat apa pun bahkan sebelum responden pertama tiba.

Manfaat Drone LIDAR Untuk Me-Reka Adegan Kecelakaan

Triage Assistance. Fungsi drone lidar untuk rekonstruksi kecelakaan dengan informasi yang akurat dan pengetahuan menyeluruh tentang detail visual yang mungkin tidak diketahui, layanan darurat di tempat kejadian bisa menghabiskan menit-menit kritis pertama untuk menyelamatkan warga dan menyelamatkan nyawa alih-alih menghabiskan waktu menilai situasi.

Rekonstruksi kecelakaan. Fungsi drone lidar untuk rekonstruksi kecelakaan selain membuat model 3D dari lokasi kecelakaan menggunakan data LiDAR, sebagian besar drone LiDAR memiliki kamera visual selain payload LiDAR, dan data visual yang mereka kumpulkan dapat disajikan sebagai bukti di pengadilan sebagai akun yang akurat dan netral yang mencerminkan potensi penyebab atau akibat dari suatu kecelakaan.

Clean Up: fungsi peta yang disediakan drone LiDAR dapat membantu penyebab kerusakan (wreckers) atau kru sanitasi menangani dampak kecelakaan dengan kecepatan yang jauh lebih cepat. 

Savings. Fungsi drone lidar untuk rekonstruksi kecelakaan adalah dalam mengurangi biaya pengeluaran, LiDAR biasanya lebih murah daripada metode alternatif untuk rekonstruksi kecelakaan. Dan, dengan membantu mengurangi jumlah waktu di mana kecelakaan sekunder mungkin terjadi, mereka menghemat uang kota dengan mengurangi jumlah total kecelakaan yang harus mereka tangani.

Safer Roads. Kecelakaan sekunder sering terjadi di lokasi kecelakaan, dan semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan kecelakaan, semakin besar jendela untuk kecelakaan ini. Dengan mempercepat proses pembersihan, drone LiDAR dapat membantu menjaga jalan agar lebih aman.

Penggunaan Drone LIDAR Untuk Agriculture

manfaat drone lidar untuk pertanian

Industri lain yang sangat diuntungkan dari peta hyper-accurate yang disediakan oleh drone dengan LiDAR adalah pertanian. Penggunaan drone dan teknologi robotika lainnya untuk meningkatkan pertanian biasanya disebut sebagai pertanian presisi—dan data LiDAR adalah kunci dalam gerakan baru ini.

Manfaat Drone LIDAR Untuk Pertanian

Crop Production. Manfaat drone LiDAR untuk pertanian adalah Informasi yang diberikan melalui drone LiDAR dapat digunakan untuk membuat sejumlah peta yang dapat menginformasikan keputusan pertanian. Ini termasuk peta yang menunjukkan area produksi tanaman tinggi, sedang, dan rendah, peta yang menginformasikan di mana dan kapan harus menggunakan pupuk (sumber daya yang mahal, berharga, dan sering digunakan secara berlebihan), dan bahkan peta yang menunjukkan area pertanian yang paling banyak menerima sinar matahari.

Irigasi. Manfaat drone LiDAR untuk pertanian adalah pada properti seperti pertanian padi, yang membutuhkan tanggul yang rumit dan presisi untuk dibangun untuk irigasi yang tepat, peta yang dihasilkan LiDAR dapat menjadi sangat diperlukan. Drone berkemampuan LiDAR tidak hanya dapat menyediakan model dengan akurasi lebar inci, tetapi mereka juga dapat melakukannya bahkan jika ladang tergenang air. Sebelumnya, petani harus menunggu sampai tanah mengering untuk mengemudikan truk yang penuh dengan peralatan melintasi ladang.

Manajemen ternak. Manfaat drone LiDAR untuk pertanian adalah melacak ternak yang berkeliaran atau merumput dengan cara yang tidak mungkin dilakukan di permukaan tanah, serta menjaga mereka tetap aman dari pemangsa bahkan di malam hari, saat pemantauan ancaman semacam itu menjadi jauh lebih sulit dan berbahaya.

Pemetaan. Manfaat drone LiDAR untuk pertanian adalah dalam waktu singkat, drone dengan LiDAR payload dapat memindai dan memetakan seluruh areal pertanian dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Menghemat Biaya. Manfaat drone LiDAR untuk pertanian adalah mengurangi biaya dan waktu yang terkait dengan irigasi, produksi tanaman, dan pengelolaan ternak dengan menyediakan data yang tepat secara cepat untuk menginformasikan semua kegiatan ini.

Penggunaan Drone LIDAR Untuk Arkeologi

manfaat drone lidar untuk arkeologi

Salah satu bidang paling baru dan menarik di mana drone pemindai LiDAR digunakan saat ini adalah di bidang arkeologi. Tentu saja, drone tidak benar-benar membantu penggalian artefak kuno, tetapi mereka dapat sangat membantu para peneliti dalam memahami situs yang sebelumnya ditemukan atau dalam pencarian mereka untuk yang baru.

Pada tahun 2017, fungsi drone LiDAR untuk arkeologi adalah drone LiDAR membantu mengidentifikasi sistem jalan yang luas di lembah sungai El Mirador, sebidang tanah yang luas jauh di dalam hutan Amerika Tengah. Jalan-jalan ini, yang digunakan oleh bangsa Maya sejak 600 SM, mungkin belum pernah ditemukan jika bukan karena penggunaan drone LiDAR dan kemampuan unik teknologi untuk mengumpulkan data melalui kanopi puncak pohon yang lebat dan lebar.

Manfaat drone LiDAR untuk arkeologi adalah pada 2019, di Monumen Nasional The Canyons of the Ancients, di Colorado. Di sini, para peneliti mencoba memetakan Sand Canyon, yang dianggap sebagai situs leluhur Pueblo. Menggunakan LiDAR udara, tim di Sand Canyon mampu mengumpulkan lebih dari 3,2 miliar titik data dalam pemetaan area mereka.

“Dampak dari pendekatan survei ini benar-benar menakjubkan. LiDAR menghilangkan kebutuhan akan survei lapangan yang melelahkan dan kecepatan pengiriman hasil yang begitu detail sangat mengesankan. Ini telah mempercepat pemahaman kami, hasilnya menunjukkan Pueblo lebih luas dari yang kami bayangkan sebelumnya.” – Mark D. Varien, Wakil Presiden Eksekutif Lembaga Penelitian di Pusat Arkeologi Crow Canyon

Manfaat Drone LIDAR Untuk Arkeologi

Survei Site dengan Cepat. Manfaat drone LiDAR untuk Arkeologi Drone yang dilengkapi dengan sensor LiDAR membantu para arkeolog mensurvei lokasi penggalian potensial bahkan tanpa mengambil sekop.

No damage. Manfaat drone LiDAR untuk arkeologi adalah LiDAR memungkinkan para arkeolog untuk memeriksa area yang diminati tanpa takut menghancurkan apa yang mungkin ada di bawah permukaan, yang merupakan masalah mendesak di lapangan.

Reveal what’s hidden. Manfaat drone LiDAR untuk arkeologi adalah para peneliti dapat menemukan bukti yang tersembunyi, ditumbuhi terlalu banyak, atau hampir terkubur yang mungkin tidak terlihat dengan mata telanjang. Faktanya, sensor LiDAR dapat melihat semuanya, mulai dari jalur pejalan kaki hingga plot pemakaman tanpa pernah mengganggu tanah.

Penggunaan Drone LIDAR Untuk Konservasi

manfaat drone lidar untuk pelestarian alam

Informasi yang diberikan oleh drone sensor LiDAR bisa sangat efektif dalam membantu pemerintah dan lembaga lain menjaga dan melestarikan sumber daya alam mereka. Faktanya, sejumlah negara bagian A.S. telah mulai menggunakan pemindai LiDAR udara untuk lebih memahami aset di dalam perbatasan mereka sendiri. Pengumpulan data yang intensif dan akurat ini memungkinkan dokumentasi yang lebih baik, yang, pada gilirannya, dapat mengarah pada perlindungan yang lebih baik terhadap sumber daya alam kita.

Negara bagian lain, seperti Iowa, memiliki seluruh database yang diisi dengan informasi yang dikumpulkan dari sensor LiDAR. Sistem Informasi Geografis (SIG) negara bagian penuh dengan data yang dikumpulkan dari sistem LiDAR di bawah terbitan Departemen Sumber Daya Alam Iowa. “Data LiDAR, termasuk turunannya seperti peta kontur, model elevasi digital, proyeksi bayangan bukit, dan lainnya, membantu berbagai aplikasi konservasi sumber daya alam.” – Pusat Sumber Daya Air Universitas Minnesota.

Manfaat Drone LIDAR Untuk Melestarikan Alam

Konservasi hutan. Manfaat drone LiDAR dalam konservasi hutan adalah lidar dapat memetakan hutan untuk melestarikan dan melindunginya.

Konservasi air. Manfaat drone LiDAR dalam konservasi air adalah Drone LiDAR dapat memetakan segala sesuatu mulai dari dataran banjir hingga cekungan air, dan dengan peta yang akurat dan presisi tinggi dari area ini, pemerintah negara bagian dan lokal dapat bersiap menghadapi bencana alam dan memprediksi penggunaan sumber daya tahunan dengan lebih akurat.

Konservasi gumuk pasir. Manfaat drone LiDAR dalam melestarikan alam adalah memetakan bukit pasir untuk melacak penyebaran dan serangannya pada ekosistem yang berbatasan, dan untuk melindunginya.

Penggunaan Drone LIDAR Untuk Inspeksi

manfaat drone lidar untuk inspeksi

Kasus penggunaan drone LiDAR dalam inspeksi dan bidang infrastruktur lainnya sudah jelas. Manfaat drone LiDAR untuk inspeksi adalah dari menyurvei lokasi konstruksi hingga mengukur jumlah vegetasi yang tumbuh di sekitar saluran listrik, drone dengan payload LiDAR dapat sangat mengurangi waktu dan biaya survei atau inspeksi manual. Saat ini, drone dengan sensor LiDAR digunakan untuk memeriksa dan melakukan perawatan pada rel, jalur pipa, turbin, dan lainnya.

Manfaat Drone LIDAR Untuk Inspeksi

Mencatat sejarah. Manfaat drone LiDAR untuk inspeksi adalah drone LiDAR mendapatkan snapshot 3D yang tepat dari keseluruhan aset, yang dapat dibandingkan dengan kondisi aset di masa lalu dan masa depan.

Perencanaan. Manfaat drone LiDAR untuk inspeksi adalah drone LiDAR mendapatkan rendering 3D yang detail dari aset atau ruang dapat membantu merencanakan pekerjaan di masa mendatang dan memastikan tidak ada detail yang terlewatkan.

Keamanan. Manfaat drone LiDAR untuk inspeksi adalah drone LiDAR menghindari kebutuhan untuk secara manual memasuki ruang terbatas yang berbahaya atau bekerja di ketinggian dengan menggunakan data drone alih-alih mengumpulkan data secara langsung.

Menghemat Biaya. Manfaat drone LiDAR untuk inspeksi adalah drone LiDAR mempercepat inspeksi dan mengurangi waktu henti, peta 3D yang dibuat dengan data LiDAR udara dapat menghasilkan penghematan besar untuk inspeksi industri.

Penggunaan Drone LIDAR Dalam Asuransi

manfaat drone lidar dalam asuransi

Peta yang sama yang digunakan pemerintah negara bagian untuk upaya konservasi juga dapat digunakan oleh industri asuransi untuk melayani pelanggan dan klien mereka dengan lebih baik dan lebih akurat. Ini karena peta yang disediakan oleh drone sensor LiDAR membantu dalam menyusun kutipan yang sangat dipersonalisasi untuk hal-hal seperti banjir atau asuransi properti, dan untuk menyelidiki klaim atas insiden semacam ini.

Biasanya, adjuster asuransi menilai kerusakan setelah peristiwa seperti banjir dengan pergi dari pintu ke pintu, mengajukan pertanyaan dan membuat catatan. Tetapi drone LiDAR benar-benar merevolusi proses ini, karena memungkinkan sebagian besar wilayah perkotaan dipetakan hanya dalam beberapa menit

Manfaat Drone LIDAR Dalam Asuransi

Bukti. Manfaat drone LiDAR dalam asuransi adalah hal mengenai klaim asuransi, catatan yang diberikan oleh sensor LiDAR adalah bukti dari apa yang sebenarnya terjadi di tempat tertentu yang terkena dampak cuaca ekstrem atau insiden lainnya.

Keamanan. Manfaat drone LiDAR dalam asuransi adalah pada kasus inspeksi atap, LiDAR udara dapat menggantikan seseorang yang harus secara fisik naik ke atap, sehingga meningkatkan keselamatan dalam proses inspeksi.

Kecepatan. Manfaat drone LiDAR dalam asuransi adalah dengan cepat menyelidiki klaim asuransi.

Penggunaan Drone LIDAR Untuk Kehutanan

manfaat drone lidar untuk kehutanan

Model kanopi hutan hujan 3D LiDAR di Amazon | Kredit: Observatorium Lintas Udara Carnegie. Para rimbawan sudah menggunakan drone LiDAR untuk mengukur segala sesuatu mulai dari ketinggian kanopi hingga luas sehelai daun, dan data ini digunakan untuk mengklasifikasikan lahan, mengelola kebakaran hutan, memahami ekosistem, dan menginventarisasi hutan komersial.

Manfaat drone LiDAR untuk kehutanan LiDAR sangat membantu dalam mengukur ketinggian dan lokasi masing-masing pohon di dalam hutan besar yang lebat, dan kemampuan teknologi untuk bekerja di sekitar puncak pohon juga membuatnya sempurna untuk mengumpulkan informasi di lapangan. Karena teknologi LiDAR mengabaikan bayangan yang ditimbulkan oleh pepohonan, lasernya dapat memantul sampai ke dasar hutan, menawarkan wawasan tentang permukaan tanah yang tidak pernah bisa dilakukan oleh metode lain.

Manfaat Drone LIDAR Untuk Kehutanan

Menghemat Biaya. Manfaat drone LiDAR untuk kehutanan adalah LiDAR udara jauh lebih cepat daripada berjalan kaki di suatu area untuk melakukan survei arboreal dan karenanya jauh lebih murah.

Kecepatan. Manfaat drone LiDAR untuk kehutanan adalah mengubah metode survei tradisional untuk hutan yang tidak efisien, memakan waktu, dan hampir tidak mungkin digunakan tanpa cahaya.

Riset. Manfaat drone LiDAR untuk kehutanan adalah Data LiDAR yang sangat penting untuk meningkatkan pemahaman kita tentang hutan, dari data tentang pohon tertentu dan seluruh kebun.

Pengelolaan sumber daya. Manfaat drone LiDAR untuk kehutanan adalah Data LiDAR dapat membantu menginventarisasi, membuat katalog, dan melacak beberapa titik data penting untuk kehutanan, termasuk jumlah keseluruhan pohon di suatu area, jenisnya, distribusinya, dan bahkan kesehatannya.

Meningkatkan bisnis dan konservasi. Manfaat drone LiDAR untuk kehutanan adalah Penyempurnaan data kehutanan memiliki implikasi baik bagi upaya konservasi maupun bagi industri yang bergantung pada hutan dunia, seperti bisnis kertas, sirup, dan furnitur.

Penggunaan Drone LIDAR Untuk Penegakan Hukum

manfaat drone lidar dalam penegakan hukum

Bagi kebanyakan orang, penegakan hukum mungkin merupakan satu bidang kehidupan di mana mereka telah melihat penggunaan teknologi LiDAR. Mengapa demikian? Karena sejak pergantian abad, departemen kepolisian di seluruh dunia telah memperdagangkan senjata radar mereka untuk senjata LiDAR, menggunakan teknologi yang akurat dan presisi untuk mengukur kecepatan mobil yang lewat dengan lebih baik. Tetapi penggunaan LiDAR dalam penegakan hukum jauh melampaui speed gun. Kami telah berbicara tentang bagaimana drone LiDAR dapat membantu memetakan lokasi kecelakaan, bahkan dalam kegelapan, tetapi drone juga dapat menjadi penting untuk menganalisis TKP aktif juga.

Manfaat Drone LIDAR Untuk Penegakan Hukum

Informasi Taktis. Manfaat drone LiDAR dalam menegakan hukum dalam situasi penyanderaan, polisi dapat menggunakan drone LiDAR untuk mendapatkan gambaran lengkap ancaman dari jauh. Baik siang atau malam, petugas dapat menggunakan drone untuk sepenuhnya memahami dan menilai situasi berbahaya.

Search and Rescue. Manfaat drone LiDAR dalam misi pencarian dan penyelamatan (SAR) adalah drone LiDAR menemukan orang tersesat di daerah terpencil bahkan di malam hari.

Water Rescue. Manfaat drone LiDAR dalam menangani musibah banjir adalah dalam menggunakan sensor LiDAR batimetri (sejenis LiDAR yang menghasilkan lampu hijau tembus air, bukan laser infrared dekat dari LiDAR topografi), responden pertama dapat dengan cepat mengidentifikasi puing-puing atau bahkan korban selamat yang mungkin sebagian atau seluruhnya terendam air.

Penggunaan Drone LIDAR Untuk Pertambangan

Drone Lidar

Satu area terakhir di mana teknologi LiDAR membuat inspeksi, survei, dan pemetaan menjadi lebih efisien dan aman adalah di industri pertambangan. Di pertambangan, drone yang dilengkapi LiDAR digunakan untuk memeriksa ranjau setelah ledakan yang direncanakan, untuk memastikan area tersebut aman sebelum mengirim pekerja manusia. Drone LiDAR juga digunakan untuk mengukur volume bijih dan ruang ekstraksi bijih.

Manfaat Drone LIDAR Untuk Pertambangan

Meningkatkan Ekstraksi Bijih. Manfaat drone LiDAR untuk industri pertambangan adalah Peta 3D yang dibuat menggunakan data LiDAR dapat membantu mengidentifikasi potensi bijih yang tersisa, yang dapat menghasilkan pendapatan tambahan yang sangat besar bagi perusahaan pertambangan.

Perencanaan. Manfaat drone LiDAR untuk industri pertambangan adalah drone LiDAR dapat membandingkan data permukaan baru dengan pemindaian sebelumnya untuk menentukan area tambang mana yang kaya dengan sumber daya atau harus ditargetkan berikutnya.

Keamanan. Manfaat drone LiDAR untuk industri pertambangan adalah drone LiDAR memetakan daerah yang tidak stabil sehingga dapat dievaluasi keamanannya.

Savings. Manfaat drone LiDAR untuk industri pertambangan adalah menambah pemahaman yang lebih baik tentang penggalian penting di tambang dapat menghasilkan lebih banyak ekstraksi bijih dan efisiensi yang lebih besar secara keseluruhan, yang mengarah pada potensi penghematan yang sangat besar.

Contoh Drone LIDAR Terbaik

Sebenarnya, tidak ada satu pun drone LiDAR terbaik. Sebenarnya, frasa itu sendiri agak menyesatkan. Drone terbaik untuk anda tergantung pada situasi anda dan tujuan penggunaannya. Dan dalam hal LiDAR, ada lebih banyak variabel dari biasanya. Dengan drone LiDAR, drone itu sendiri, sensor LiDAR, dan integrasi antara keduanya sama pentingnya.

Namun, meskipun ada drone all-in-one dan paket LiDAR dengan layanan penuh di luar sana, investasi terbaik untuk penghobi, penggemar, atau bahkan bisnis kecil adalah sensor LiDAR berkualitas tinggi. Sensor berkualitas tinggi memastikan anda mendapatkan data yang anda butuhkan. Di bawah ini, Anda akan menemukan beberapa sensor LiDAR yang kompatibel dengan drone terbaik yang tersedia. Tetapi sebelum Anda membelinya, kami sarankan untuk benar-benar memikirkan bagaimana anda merencanakan penggunaannya.

FLYABILITY-ELIOS 3-Drone Inspeksi-Drone Survey dan Mapping-Drone Indoor Manfaat Drone LIDAR - DJI Zenmuse L1

Berikut 4 pertanyaan untuk membantu anda dalam mengambil keputusan menggunaan drone LiDAR

  1. Seberapa mudah cara menggunakannya?

Ingatlah bahwa dalam hal drone pemindai LiDAR, ada banyak hal yang harus dipelajari dan dipahami di luar drone itu sendiri. Pastikan bahwa semua software yang disertakan, termasuk pengoperasian dan fungsi pengumpulan data dari sensor, adalah sesuatu yang sudah anda kenal atau pelajari dengan nyaman.

  1. Akan digunakan untuk apa?

Drone yang berbeda dapat dioptimalkan untuk fungsi yang berbeda, dan hal yang sama berlaku untuk sensor LiDAR. Drone LiDAR terbaik untuk inspeksi gedung mungkin bukan yang terbaik untuk perencanaan irigasi, jadi penting untuk mengetahui kasus penggunaan yang anda maksudkan sebelum membeli sensor LiDAR Anda.

  1. Berapa beratnya?

Jika anda membeli sensor LiDAR untuk drone yang sudah anda miliki, penting untuk mengetahui berapa berat sensor dan apakah payloadnya sesuai dengan daya dukung drone anda. Sensor LiDAR tertentu jauh melebihi batas beberapa drone komersial, jadi pastikan untuk mengerjakan pekerjaan rumah anda.

  1. Apakah LiDAR Pilihan Terbaik?

Meskipun teknologi sensor LiDAR mengesankan dan mutakhir, itu tidak selalu merupakan pilihan terbaik dalam hal pemetaan 3D. Dalam beberapa kasus, sistem seperti fotogrametri mungkin merupakan solusi yang lebih baik.

Pelajari lebih lanjut mengenai drone lidar disini

Jika ada pertanyaan lain, silahkan hubungi kami melalui:
Email: enterprise@halorobotics.com
WhatsApp: +62811-8549-888

For more information, visit our:
Website: https://halorobotics.com/
Online Store: https://halorobotics.com/shop/  
Facebook: www.facebook.com/halorobotics/
Instagram: www.instagram.com/halorobotics/
LinkedIn: www.linkedin.com/company/halo-robotics
Subscribe to our YouTube Channel: www.youtube.com/halorobotics

Comments are closed.

Welcome to Halo Robotics

Button WA