4 Keunggulan Inspeksi Melalui Foto Udara & PIX4DInspect

Telecom adalah industri yang selalu berubah, oleh karena itu peluncuran 5G yang berkelanjutan membuat perusahaan telekomunikasi perlu meningkatkan cell towersnya. Dimana drone mempercepat proses inspeksi, pemeliharaan, dan pemasangan. Inspeksi udara dengan menggunakan drone memberikan data gambar yang dapat diproses menggunakan software khusus PIX4Dinspect untuk membuat model 3D digital yang akurat. Alur kerja seperti ini dapat mempercepat operasi inspeksi telekomunikasi setidaknya 60% lebih cepat.

Artikel ini akan membahas contoh studi kasus Motorola Solutions yang sudah kita ketahui merupakan perusahaan telekomunikasi multinasional besar yang mana mereka telah mengadopsi solusi inspeksi menggunakan PIX4Dscan dan PIX4Dinspect untuk mengoptimalkan operasi inspeksi mereka.

Software PIX4Dinspect adalah platform inspeksi berbasis cloud yang menggunakan algoritma AI yang telah disesuaikan untuk menghasilkan aset digital twin untuk inspeksi yang sangat akurat. Ketika PIX4Dinspect dipairing dengan aplikasi perencanaan penerbangan drone PIX4Dscan merupakan sebuah kolaborasi yang optimal dalam mengambil gambar sesedikit mungkin untuk model 3D yang komprehensif.
Alur kerja ini memotong waktu inspeksi dari 24 jam menjadi hanya 1 jam, karena pengumpulan, pemrosesan, dan analisis data dilakukan dengan lebih cepat daripada inspeksi secara manual dengan menyuruh kru inspeksi memanjat dan mengambil catatan secara manual.

Motorola Solutions menggunakan PIX4Dinspect dalam beberapa cara meliputi:

  • Survei Instalasi: untuk memeriksa aset dan menilai cara memasang peralatan baru, membuat rencana, dan memastikan pekerjaan telah diselesaikan dengan sukses.
  • Pemeriksaan kualitas: untuk memastikan semua peralatan baru telah dipasang dan ditempatkan dengan benar
  • Layanan survei darurat: untuk mengidentifikasi peralatan yang rusak akibat badai atau petir dan melaporkan kembali secara cepat untuk merencakan pekerjaan perbaikan.

1. Pemasangan Antena dengan Inspeksi Drone

Pemasangan antena pada menara atau struktur melibatkan beberapa langkah. Pertama, area pemasangan harus diperiksa dan dianalisis untuk merencanakan lokasi peralatan baru sebelum sarang antena dapat dipasang.

Dalam satu contoh, Motorola Solutions ingin memasang 8 antena di atas menara dan perlu mengukur setiap antena untuk memastikan sudutnya 90 derajat (dengan margin kesalahan 2 – 3 derajat). Ini adalah sudut antena optimal untuk jangkauan terkuat. Setelah instalasi, seorang insinyur menggunakan PIX4Dinspect untuk melakukan inspeksi. Dengan software berbasis cloud ini menciptakan data digital twin yang kemudian dapat dianalisis oleh insinyur.

Pertama, mereka menggunakan line tool untuk memastikan semua antena berada pada sudut yang optimal. Setiap elemen baru diberi label dan diberi anotasi untuk disimpan sebagai catatan permanen. Kemudian peralatan yang tidak terpakai di menara, lampu, dan instalasi GPS juga diidentifikasi. Akhirnya, total temuan dikompilasi dalam sebuah laporan yang akan digunakan Motorola Solutions sebagai catatan internal serta berbagi dengan klien potensial yang ingin menyewa ruang di menara.

pix4dinspect

2. Inspeksi dengan PIX4Dinspect Dapat Mengidentifikasi Peralatan yang Tidak Selaras dengan Aerial Imagery

Aset yang sudah terpasang di menara telekomunikasi dapat berpindah posisi karena berbagai alasan. Itu bisa saja rusak atau terkena dampak karena cuaca ekstrem seperti badai angin, atau bahkan secara tidak sengaja jika seseorang sedang mengerjakan bagian menara yang terpisah. Motorola Solutions menggunakan PIX4Dinspect dan PIX4Dscan untuk pemeriksaan otomatis yang dapat mengidentifikasi item di luar posisinya.

Dalam contoh ini, rencana penerbangan helix digunakan untuk PIX4Dscan untuk melakukan inspeksi. Setelah selesai, citra diunggah ke PIX4Dinspect. Seorang insinyur menganalisis kualitas instalasi dan menemukan bahwa dua antena mati setidaknya 3 derajat. Ini di luar batas kesalahan yang dapat diterima dan berarti seorang insinyur menara perlu memanjat dan mengatur ulang antena. Ini akan meningkatkan cakupan di area tersebut dan menyelamatkan Motorola Solutions masalah masa depan yang disebabkan oleh ketidaksejajaran.

Laporan inspeksi telekomunikasi yang komprehensif

pix4dinspect

3. Laporan Inspeksi Menara Telekomunikasi yang Komprehensif

Laporan yang dihasilkan secara otomatis dari PIX4Dinspect sangat ideal untuk meringkas temuan pada suatu aset. Salah satu pemilik menara ingin Motorola Solutions memeriksa peralatan yang terpasang dan membuang material lama. Namun, karena tim telah menyelesaikan survei bulan sebelumnya, mereka sudah memiliki data digital twin yang menyelamatkan semua pihak yang terlibat perjalanan yang tidak perlu ke menara untuk memeriksanya kembali. Karena PIX4Dinspect adalah solusi yang dapat diskalakan, Motorola Solutions dapat menyimpan jaringan aset mereka di peta interaktif yang dapat mereka kunjungi kembali atau bagikan dengan klien kapan saja.

Motorola Solutions hanya mengidentifikasi menara yang relevan dan membuka file untuk menara tersebut. Seorang insinyur melihat menara telekomunikasi digital dan membubuhi keterangan item yang perlu dihapus, menggunakan informasi yang diberikan oleh klien.

Mereka kemudian membuat laporan yang dibagikan dengan kru menara, yang menggunakannya untuk mengonfirmasi tiga item yang perlu dihapus. Ini mencegah materi apa pun dari kesalahan penghapusan karena memberikan instruksi yang jelas.

4. Beradaptasi dengan Aset Telekomunikasi di Lokasi yang Tidak Biasa

PIX4Dinspect dan PIX4Dscan memiliki tool yang dapat menganalisa peralatan yang tidak ada di menara. Sebagai contoh, Motorola Solutions juga telah menggunakan PIX4Dinspect untuk mensurvei tangki air di mana mereka harus memasang “piring aliran” secara khusus. Karena ini adalah barang non-standar, mereka harus merencanakan pemasangan dengan hati-hati. PIX4Dinspect menyediakan model 3D akurat yang dapat dengan mudah dianalisis dan digunakan untuk merencanakan bagaimana kru menara dapat membuat dudukan dan memasang antena baru dengan aman.

Fleksibilitas PIX4Dscan dan PIX4Dinspect telah membantu Motorola Solutions merampingkan operasi dan mengidentifikasi kebutuhan pemeliharaan, serta mencegah kesalahan. Optimalisasi alur kerja inspeksi telah menghemat waktu dan uang mereka, serta meningkatkan keselamatan berkat pengurangan kebutuhan akan tanjakan inspeksi. Peluncuran berkelanjutan penggunaan drone untuk inspeksi telekomunikasi dan analisis aset hanya akan berlanjut, terutama jika digabungkan dengan digital twin seperti dalam kasus PIX4Dinspect.

Jika ada pertanyaan lain, silahkan hubungi kami melalui:
Email: sales@halorobotics.com
WhatsApp: +62 811-1909-0099

For more infomation, visit our:
Website: https://halorobotics.com/
Online Store: https://halorobotics.com/shop/
Facebook: www.facebook.com/halorobotics/
Instagram: www.instagram.com/halorobotics/
LinkedIn: www.linkedin.com/company/halo-robotics
Subscribe to our YouTube Channel: www.youtube.com/halorobotics

Comments are closed.

Welcome to Halo Robotics

Button WA