Fungsi RTK Hardware Bagi Drone Untuk Posisi Survey Yang Akurat

Apa itu RTK?

Real Time Kinematics atau disingkat RTK Adalah teknik khusus untuk menentukan posisi satelit yang melibatkan pengukuran data satelit terhadap stasiun bumi (Ground Station) untuk mendapatkan informasi data yang tepat dan akurat hingga skala centimeter secara real-time. Menjadikannya sebagai alat yang sangat penting bagi surveyor di seluruh dunia.

D-RTK 2 Mobile Base Station

Bagian-bagian penting dari teknik RTK

A base station: atau terminal, RTK GNSS juga dikenal sebagai stasiun pangkalan. RTK ini ditempatkan di tanah pada titik yang telah ditentukan, dimana lokasi GPSnya selalu bertentangan dengan lokasi drone, nah agar berfungsi dengan baik drone RTK harus tetap terhubung dengan terminalnya (a base station)
RTK receiver: Perangkat ini adalah bagian dari hardware drone yang berfungsi mengirimkan sinyal ke pilot dan satelit.
A controller: A controller merupakan orang yang mengendalikan RTK hardware, yang mengirimkan sinyal dan juga yang menampilkan perubahan titik koordinat.
Satellite: Data satelit masih merupakan bagian penting dari sistem RTK apapun. Namun, daripada hanya berkomunikasi dengan penerima drone, informasi juga diuji terhadap stasiun pangkalan, untuk menetapkan posisi yang akurat.

Keunggulan RTK

Keunggulan dari RTK adalah GPS RTK jauh lebih unggul daripada data satelit sendiri karena dapat digunakan untuk mengoreksi ketidakakuratan dan ketidaksesuaian karena GPS RTK memastikan informasi yang dibuat serealistis mungkin. Ada banyak faktor yang dapat mengubah koordinat satelit, termasuk perubahan cuaca, gedung yang tinggi, gunung, dan masalah lain yang memerlukan koreksi dari RTK, hal ini disebut “tropospheric delays”, sistem RTK mengatasi masalah ini dengan data real-time dari base station dan dronenya.

Manfaat utama dari sistem RTK meliputi:

RTK Module for the Mavic 2 Enterprise Advanced

Improved Accuracy: Manfaat yang paling besar dari RTK adalah jika dibandingkan dengan data satelit saja sistem RTK menawarkan akurasi yang lebih tinggi yakni hingga skala sentimeter.

Real-Time Corrections: Sementara teknologi penyesuaian lainnya seperti PPK (akan dijelaskan dibawah) Manfaat RTK yang kedua adalah RTK dapat mengoreksi data yang miring atau tidak simetris secara otomatis setelah penerbangan selesai.

Fewer Ground Control Points: Ground Control Points adalah titik yang ditetapkan di tanah dengan koordinat yang diketahui dapat digunakan untuk mengatur ulang data GPS. Meletakkan dan mengukur titik-titik ini bisa memakan waktu, namun dengan RTK Base Station memungkinkan Anda menyelesaikan proyek dengan lebih mudah.

Perbedaan drone RTK dengan drone tanpa RTK cukup mengejutkan. Dalam satu studi baru-baru ini, DJI dan DroneDeploy membandingkan Phantom 4 RTK dan Phantom 4 Pro dalam mensurvei Rooftop Gedung, dan lebih dari 30 penerbangan berbeda dengan control-point system, hasil penelitian menunjukkan bahwa drone berkemampuan RTK menghitung akurasi horizontal dan vertikal dari titik yang diukur lebih baik serta akurat dalam pengukuran linier.

Menggunakan Drone RTK dengan PPK

 

Sementara teknologi RTK merupakan kemajuan yang cukup pesat dibandingkan hanya menggunakan data satelit saja (terutama jika tidak dikoreksi dengan ground control points), namun RTK juga memiliki beberapa keterbatasan. Misalnya, jika drone anda kehilangan koneksi dengan pengontrol atau satelit, maka anda tidak bisa melakukan transmisi data secara real-time. Contoh lainnya seperti pekerjaan yang lebih lama berada di medan yang menantang, menyulitkan atau bahkan tidak mungkin mempertahankan transmisi data yang stabil.

Jadi sistem RTK bukan satu-satunya cara surveyor dan profesional drone lainnya mengoreksi koordinat satelit dan tool untuk memastikan akurasi. Ada metode lain yang disebut “Post-Processing Kinematics” atau disingkat PPK. Meskipun sering dibilang sama, penting untuk dicatat bahwa teknologi RTK dan PPK sebenarnya sangat berbeda. PPK pada dasarnya membutuhkan peralatan yang sama dengan RTK, tetapi saat dijalankan mereka memiliki alur kerja yang jauh berbeda. Tidak seperti RTK, alur kerja PPK tidak memerlukan koreksi secara real-time. Sebaliknya sistem drone menyimpan data di dalam drone, dan melakukan perhitungan pasca-penerbangan dengan menggabungkan data drone dan data dari base station, yang kemudian menghasilkan hasil di dalam software PPK di computer.

Data dibuat dengan koordinat geotag dari unit GPS on-board. Sementara base station melacak informasi posisi drone. Nah angka-angka ini yang kemudian dapat dibandingkan satu sama lain setelah penerbangan selesai. Meskipun Anda tidak mendapatkan kemudahan koreksi saat bepergian, sistem PPK memerlukan transmisi yang lebih sedikit dan dapat menyelesaikan pekerjaan bahkan dengan sinyal jaringan yang buruk atau penghalang lainnya. Untuk memaksimalkan potensi dan menutupi keterbatasan setiap metode, banyak solusi perusahaan drone papan atas menggunakan teknologi RTK dan PPK untuk memastikan pemosisian yang paling akurat. Layanan Cloud PPK untuk DJI Phantom 4 RTK misalnya, dapat digunakan untuk melakukan perhitungan pada remote control drone, selain aplikasi perencanaan penerbangan DJI GS RTK. Pengaturan ini juga berarti Anda dapat menyesuaikan Phantom 4 RTK dengan alur kerja yang paling masuk akal untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Rekomendasi Drone RTK DJI Terbaik

Jika Anda mencari sistem RTK yang andal untuk setiap penerbangan, Anda pasti menginginkan drone perusahaan dari DJI. Karena sistem RTK kami menggunakan modul on-drone dan GNSS Mobile Station berpresisi tinggi.  Beberapa drone RTK premier DJI seperti:

DJI Phantom 4 RTK

Drone survei tingkat pemula yang sempurna ada di Phantom 4 RTK, Berkat modul RTK-nya, drone perusahaan ini menawarkan posisi akurat horizontal 1 cm+1 ppm, posisi vertikal 1,5 cm + 1 ppm, dan akurasi horizontal absolut dari model fotogrametri dalam jarak 5 cm. Drone juga menyimpan data observasi satelit untuk digunakan bagi PPK dengan Layanan DJI Cloud PPK.

 

DJI M300 RTK-DJI Matrice 300 RTK

DJI Matrice 300 RTK

Welcome to the future of commercial drones!! Matrice 300 RTK menonjolkan RTK positioning system canggihnya dengan kemampuan AI dan 6 directional sensing positioning. M300RTK juga menambahkan waktu penerbangan menjadi maksimum 55 menit, baterai hot-swappable, dan wide-ranging operating temperature dan bersiaplah melakukan pekerjaan apapun dengan drone DJI M300 RTK ini.

 

 

 

 

Drone DJI Matrice 30T-Drone DJI M30TDJI M30T

Dan yang menarik DJI Matrice 30 mengambil semua yang dimiliki Matrice 300, bedanya M30 bisa anda masukan ke dalam tas backpack. Dengan footprint dan bobot yang lebih kecil, M30 jauh lebih mudah dibawa untuk misi inspeksi anda. Dan dengan modul RTK bawaan, M30 merupakan solusi yang sempurna untuk anda melakukan inspeksi aset dan infrastruktur yang tepat dan memerlukan akurasi tingkat centimeter.

 

DJI Mavic 2 Enterprise Advanced

Alat yang ringkas dan dapat dilipat ini dilengkapi dengan dual-sensor 48MP internal dengan resolusi thermal 640×512 px. Modul RTK yang ada pada DJI Mavic 2 Enterprise Advanced memungkinkan drone ini melakukan misi inspeksi berulang kali dengan hasil yang presisi. Dan dengan waktu penerbangan hingga 31 menit, DJI M2EA merupakan solusi drone portable yang kuat.

viDoc sendiri adalah handheld case atau kasing genggam dengan antena RTK yang dipasang di bagian luar iPhone atau iPad. viDoc ketika digunakan dengan perangkat yang sesuai akan menghasilkan set data yang lengkap mencakup data RTK, gambar, dan LIDAR points dari sensor yang ada pada model IOS tertentu. Itu artinya device yang biasa dipakai dalam keseharian bisa menjadi alat scan terrestrial yang akurat dengan keakuratan hingga 5cm. viDoc didesain khusus untuk saling berinteraksi dengan rangkaian software PIX4D. Hardware dan software bersama mengumpulkan data geolokasi beserta hasil foto, hasilnya dapat diproses dengan produk PIX4D lainnya, termasuk PIX4Dmapper dan PIX4Dmatic, atau platform online seperti PIX4Dcloud.

 

 

Pelajari lebih lanjut mengenai drone RTK disini

Questions? Contact us!
Email: enterprise@halorobotics.com
WhatsApp: +62811-8549-888

For more information, visit our:
Website: https://halorobotics.com/
Online Store: https://halorobotics.com/shop/  
Facebook: www.facebook.com/halorobotics/
Instagram: www.instagram.com/halorobotics/
LinkedIn: www.linkedin.com/company/halo-robotics
Subscribe to our YouTube Channel: www.youtube.com/halorobotics

Comments are closed.

Welcome to Halo Robotics

Button WA