Rekomendasi Drone DJI Enterprise Untuk Pengukuran Tanah

Drone DJI Enterprise untuk pengukuran tanah

Dalam memilih drone untuk pengukuran tanah, berikut beberapa ciri-ciri khusus yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa ciri-ciri penting yang harus dipertimbangkan:

  1. Resolusi Kamera:Drone harus dilengkapi dengan kamera berkualitas tinggi untuk mendapatkan citra yang jelas dan detail. Resolusi kamera yang tinggi akan meningkatkan akurasi hasil pengukuran.
  2. Sensor Pemetaan:Drone yang dirancang khusus untuk pemetaan tanah sebaiknya dilengkapi dengan sensor pemetaan, seperti sensor GPS yang dapat memberikan data posisi dan orientasi yang akurat.
  3. Stabilisasi Gimbal:Stabilisasi gimbal pada drone memastikan bahwa kamera tetap stabil selama penerbangan. Ini sangat penting untuk mendapatkan citra yang tajam dan akurat, terutama ketika beroperasi dalam kondisi cuaca yang tidak stabil.
  4. Waktu Terbang yang Lama:Drone dengan masa terbang yang lama memungkinkan untuk pemetaan tanah yang lebih luas dalam satu penerbangan. Ini mengurangi jumlah penerbangan yang diperlukan dan meningkatkan efisiensi.
  5. Jangkauan Operasional:Drone harus memiliki jangkauan operasional yang mencukupi untuk mencakup area tanah yang akan diukur. Pilih drone yang dapat beroperasi pada jarak yang cukup dari titik kontrol atau operator.
  6. Sistem Pemrosesan Citra:Drone yang dilengkapi dengan sistem pemrosesan citra terintegrasi dapat memproses data citra secara real-time atau setelah penerbangan. Ini memungkinkan pengguna mendapatkan hasil pengukuran dengan cepat.
  7. Pengaturan Penerbangan Otomatis:Kemampuan untuk mengatur penerbangan secara otomatis, termasuk jalur penerbangan dan titik-titik pemotretan, memudahkan dalam merencanakan dan melaksanakan misi pemetaan.
  8. Sensor Pemantauan Tanaman:Jika pengukuran tanah melibatkan pertanian atau pemantauan tanaman, drone dapat dilengkapi dengan sensor multispektral atau thermal untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang kesehatan tanaman.
  9. Portabilitas dan Kemudahan Penggunaan:Drone yang ringan, mudah dibawa, dan mudah digunakan akan meningkatkan mobilitas dan produktivitas. Fitur-fitur seperti desain lipat atau kasing transportasi yang kompak dapat menjadi nilai tambah.
  10. Keamanan dan Kepatuhan:Pastikan drone mematuhi peraturan penerbangan setempat dan memiliki fitur keamanan, seperti kembali otomatis ke titik awal jika sinyal hilang.
  11. Harga dan Total Cost of Ownership:Pertimbangkan anggaran yang tersedia dan pastikan untuk memperhitungkan biaya tambahan seperti software pemrosesan data dan perawatan drone.

Rekomendasi Drone DJI Enterprise untuk Pengukuran Tanah

1. DJI Mavic 3 Enterprise

rekomendasi drone dji enterprise untuk pengukuran tanah

Spesifikasi Drone DJI Enterprise untuk Pengukuran Tanah

  • Drone DJI Enterprise untuk pengukuran tanah yang pertama adalah drone DJI Mavic 3 Enterprise yang mana dilengkapi dengan mechanical shutter, 1/2000 shutter time, dengan kecepatan interval 0,7s
  • 4/3 inch CMOS, 20MP, 24mm equivalent focal length
  • DRTK-2 / PPK / Custom RTK (Compatible dengan Trimble base station)
  • Kecepatan pemetaan 15m/s dengan ketinggian 120m
  • Extra tele camera with 1/2 inch CMOS, 12MP, dengan kemampuan zoom 56×
  • Drone DJI Enterprise untuk pengukuran tanah DJI Mavic3E juga dilengkapi dengan peningkatan keamanan Omnidirectional Obstacle Sensing, Advanced RTH, APAS 5.0, yaitu fitur yang dapat mengidentifikasi dan menghindari rintangan atau halangan dari segala arah untuk memastikan drone tidak menabrak objek apapun.
  • Drone DJI Enterprise untuk pengukuran tanah DJI Mavic3E juga dilengkapi dengan kemampuan yang dapat mengikuti/menyesuaikan medan.

Ketahui Lebih Dalam Tentang Drone DJI M3E

  1. Kompatibel dengan DRTK-2
    Sesuai dengan requirement di atas bahwa drone yang digunakan untuk pengukuran tanah harus dilengkapi dengan sensor GPS untuk dapat memberikan data posisi dan orientasi yang akurat, dimana drone DJI Enterprise untuk pengukuran tanah, DJI M3E dapat memberikan posisi dan koordinat yang akurat berkat kemampunnya yang dapat dipasangkan dengan D-RTK2, yaitu peratalan survei dan pemetaan GNSS receiver dari DJI Enterprise.
  2. Kompatibel dengan Trimble Base Station
    Drone DJI Mavic 3 Enterprise juga kompatibel dengan Trimble Base Station yang memungkinkan drone DJI Mavic 3 Enterprise dapat dioperasikan dengan mode RTK
  3. Kompatibel dengan Aero Propeller + M3E PPK
    Drone DJI Mavic 3 Enterprise kompatibel dengan AeroPoints yaitu smart ground control points untuk mendapatkan hasil dengan akurasi tingkat tinggi.
  4. MSDK/Cloud API Extensibility
    Anda juga bisa menggunakan 3th party software development untuk membantu pilot mengatur armada drone dalam proses pengukuran tanah.

2. DJI Zenmuse P1

Beda lagi untuk pengukuran tanah dengan akurat di area yang sulit dijangkau atau lebih besar, Drone DJI Enterprise untuk pengukuran tanah DJI Matrice 350 RTK dan DJI Zenmuse P1 merupakan pilihan Drone DJI Enterprise Untuk Pengukuran Tanah di area yang luas. DJI Zenmuse P1 dilengkapi dengan kamera 45MP yang memungkinkan drone terbang lebih tinggi dan mengcover area lebih luas sambil memaintain Ground Sampling Distance (GCP) yang sama seperti M3E, selain itu DJI Zenmuse P1 ini juga dilengkapi dengan mechanical shutter untuk meminimalisir gambar yang buram seperti yang dilakukan oleh Drone DJI Mavic 3 Enterprise.

Rekomendasi Drone DJI Enterprise Untuk Pengukuran Tanah

3. DJI Zenmuse l2

Bersama dengan dronenya M350 RTK, DJI Zenmuse L2 merupakan sensor yang dapat menghasilkan data Digital Terrain Model (DTM) dari kumpulan point cloud LIDAR yang memungkinkan pengukuran tanah dilakukan dengan akurat di area yang penuh dengan vegetasi, DJI ZENMUSE L2, Sistem LIDAR terbaru DJI hadir dengan desain yang terintegrasi, menggabungkan modul LiDAR, mapping camera, high-accuracy IMU system, dan three-axis gimbal menjadikan pengoperasian pemetaan 3D guna pengukuran tanah menjadi sangat mudah dan jauh lebih efisien.

Rekomendasi Drone DJI Enterprise Untuk Pengukuran Tanah-halo robotics

4. Software DJI Terra

DJI Terra adalah software fotogrametri yang dikhususkan untuk penggunaan pada aplikasi survei dan pemetaan, untuk membuat perencanaan jalur terbang drone, akuisisi data, sekaligus sebagai software post-processing orthophoto termasuk pengukuran tanah dari foto udara.
Anda bisa menggunakan Annotation tool atau Measurement tool pada software DJI Terra untuk mengukur luasnya tanah dengan meletakan pin-pin di titik tertentu.

Rekomendasi Drone DJI Enterprise Untuk Pengukuran Tanah, halo robotics

Rekomendasi Drone DJI Enterprise Untuk Pengukuran Tanah, halo robotics

Baca Juga: Cara Mengukur Stockpile dengan Akurat Menggunakan Drone DJI Enterprise dan DJI Terra

Rekomendasi Drone DJI Enterprise Untuk Pengukuran Tanah

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui:
WhatsApp: +62 811-1909-0099
Email: sales@halorobotics.com
www.halorobotics.com

For more information, visit our:
Facebook : https://www.facebook.com/halorobotics/
Instagram : https://www.instagram.com/halorobotics.official/
Instagram: https://www.instagram.com/djiagras.halorobotics/ 
LinkedIn : www.linkedin.com/company/halo-robotics
Youtube: https://www.youtube.com/@Halo-robotics/videos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Welcome to Halo Robotics

Button WA