Penggunaan DJI Zenmuse L2 LIDAR dalam Industri Powerline

penggunaan dji zenmuse l2 lidar dalam industri powerline halo robotics

DJI Zenmuse L2 LIDAR

Pada era digital ini, pemetaan berpresisi tinggi menjadi sangat penting, terutama dalam industri powerline. DJI Zenmuse L2, sebuah sistem LIDAR terbaru dari DJI, telah muncul sebagai solusi terdepan dalam pengumpulan data 3D yang presisi dan akurat. Dalam blog ini, kita akan membahas secara rinci mengenai DJI Zenmuse L2 dan bagaimana sensor ini dapat mengubah industri powerline.

DJI Zenmuse L2 adalah produk terbaru dalam keluarga DJI Zenmuse yang dirancang khusus untuk penggunaan survei dan pemetaan di berbagai sektor industri. Dengan desain yang terintegrasi, Zenmuse L2 menggabungkan beberapa teknologi unggulan untuk memastikan pemetaan 3D yang mudah dan efisien. Berikut beberapa keunggulan utama DJI Zenmuse L2:

Keunggulan DJI Zenmuse L2

  1. Desain Terintegrasi: DJI Zenmuse L2 hadir dengan three-axis stabilized gimbal yang stabil. Hal ini memungkinkan drone untuk melakukan berbagai skenario survei dan pemetaan dengan lebih baik.

  2. Metode Scanning: DJI Zenmuse L2 mendukung metode scanning repetitif dan non-repetitif, memberikan fleksibilitas dalam berbagai aplikasi. Metode repetitive scan ini dapat digunakan untuk skenario seperti: survei dan pemetaan perkotaan dan survei dan pemetaan medan, sedangkan untuk bidang pandang vertikal yang lebih besar, lebih banyak informasi struktural yang dapat diperoleh dan meningkatkan efisiensi pengumpulannya lebih tinggi.
    Metode non-repetitive scan ini dapat digunakan untuk skenario seperti: survei inspeksi listrik dan survei kehutanan, dll.
  3. Rentang Pengukuran Yang Lebih Jauh: DJI Zenmuse L2 lidar memiliki jangkauan pengukuran yang lebih luas daripada pendahulunya, DJI Zenmuse L1, yang mana measuring range atau rentang pengukuran DJI Zenmuse L2 meningkat sebesar 30% yakni: Reflektifitas 250 meter 10% klx & reflektifitas 450 meter 50%, 100 klx. Ini membuatnya cocok untuk aplikasi yang lebih beragam, seperti survei inspeksi listrik dan survei kehutanan.

    Spot area yang lebih kecil
    Dengan fokus energi yang lebih terkonsentrasi membuat kualitas point cloud lebih halus dan presentasi model menjadi lebih baik.

    Penggunaan DJI Zenmuse L2 dalam Aplikasi Powerline
    L2-point cloud model (Complete)

     

    Penggunaan DJI Zenmuse L2 dalam industri powerline
    L1-point cloud model (Incomplete)

    Rentang pengukuran meningkat hingga 30%
    Reflektifitas 250 meter 10%, 100 klx; meningkat secara signifikan dibandingkan dengan L1, dimana jangkauan deteksinya lebih panjang, dan ketinggian operasi dapat mencapai 150m, menjadikan operasi penerbangan menjadi lebih aman dan efisien.

  4. Perbandingan hasil model DJI Zenmuse L2 dan L1
    Di bawah kondisi penerbangan yang sama di ketinggian 30 meter di puncak menara, dengan kecepatan penerbangan 7m/s, L2 dapat sepenuhnya menyelesaikan pemodelan point cloud jalur 500kV, konduktor 35kV, dan konduktor 400v melintasi bentang bawah. Sedangkan L1 hanya dapat sepenuhnya memodelkan jalur 500kV teratas dan saluran transmisi 220kV, bisa dilihat bahwa tipe menara yang dihasilkan oleh DJI Zenmuse L2 lebih jelas.

    Penggunaan DJI Zenmuse L2 lidar dalam industri powerline
    L2-Transmission Line
    Penggunaan dji zenmuse l2 lidar dalam industri powerline
    L1-Transmission line

     

  5. Multiple Returns: Modul DJI Zenmuse L2 lidar mendukung hingga lima mode pengembalian (multiple returns), termasuk pengembalian tunggal, ganda, tiga, empat, dan lima. Ini memungkinkan sensor DJI Zenmuse L2 lidar menembus kanopi vegetasi yang cukup lebat dan mengumpulkan lebih banyak data point cloud.

  6. Kecepatan Data Point Cloud: DJI Zenmuse L2 lidar mampu mengumpulkan data point cloud dengan kecepatan tinggi, mencapai 240.000 poin per detik. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan lebih banyak data dalam waktu yang lebih singkat.
  7. Energi Yang Lebih Terkonsentrasi: Modul LIDAR DJI Zenmuse L2 lidar menggunakan energi yang lebih efisien untuk menghasilkan titik tembakan, sehingga pengguna dapat fokus pada tujuan survei dan pemetaan.
  8. Kamera Pemetaan: Mapping camera atau pemetaan kamera sensor DJI Zenmuse L2 dilengkapi dengan pewarnaan point cloud yang lebih kaya, wide angle yang HD, hingga pemotretan beruntun dengan kecepatan yang tinggi. Berikut spesifikasi lebih jelasnya:
    – 4/3 inch CMOS, 20 million pixels
    – Mechanical shutter, 200,000 shutter lifespan
    – Mendukung interval foto tersingkat yaitu 0,7 detik untuk pemotretan beruntun yang efisien
    – Pewarnaan point cloud secara real-time
  9. Presisi dan Efisiensi Tinggi:
    DJI Zenmuse L2 meningkatkan kecepatan dan akurasi operasi survei dan pemetaan
    dimana penggunaan DJI Zenmuse L2 lidar yang digunakan bersama drone DJI M350 RTK dapat mendukung kecepatan penerbangan hingga 15m/s.
    (contoh, ketika operasi penerbangan dilakukan di ketinggian 150m, akurasi model post-processing masih bisa memenuhi akurasi ketinggian 4 cm dan akurasi bidang 5 cm.

    Penggunaan DJI Zenmuse L2 LIDAR dalam Aplikasi Powerline
    L2-single operation 2.5km² measurement area

    Efisiensi 5 kali lebih tinggi dari DJI Zenmuse L1
    Untuk memenuhi persyaratan akurasi yang sama yaitu 1:500, L2 dapat menyelesaikan area kerja seluas 2,5km² dalam sekali misi penerbangan, sedangkan L1 hanya dapat menyelesaikan area kerja seluas 0,5km² dalam sekali misi penerbangan, sehingga 5x lebih efisien.

    penggunaan dji zenmuse l2 lidar dalam industri powerline
    L1-single operation 0.5km² measurement area

Penerapan DJI Zenmuse L2 LIDAR dalam Industri Powerline

Industri powerline sangat mengandalkan pemetaan yang akurat dan presisi. DJI Zenmuse L2 membawa perubahan signifikan dalam industri ini. Dengan kemampuan untuk mengukur jarak yang lebih jauh, mengumpulkan lebih banyak data, dan menghasilkan model dengan lebih banyak detail, perangkat ini menjadi solusi yang ideal untuk survei dan pemetaan jalur transmisi listrik, termasuk jalur 500kV, konduktor 35kV, dan konduktor 400V.

Dengan DJI Zenmuse L2 lidar, operator drone dapat meningkatkan efisiensi operasi mereka secara signifikan. Dalam contoh yang sama, Zenmuse L2 dapat menyelesaikan area kerja yang 5 kali lebih besar daripada DJI Zenmuse L1 dalam satu misi penerbangan. Ini berarti bahwa sensor lidar ini tidak hanya lebih akurat, tetapi juga lebih efisien dalam mengumpulkan data.

Download Brosur DJI Zenmuse L2 LIDAR

Berikut adalah beberapa contoh penerapan produk DJI Zenmuse L2 LiDAR dalam industri powerline:

DJI Zenmuse L2 untuk Inspeksi Saluran Listrik:

DJI Zenmuse L2 LiDAR dapat digunakan untuk melakukan inspeksi saluran listrik dengan sangat cepat dan akurat. LiDAR dapat secara detail memindai saluran listrik dan menangkap data 3D tentang pohon, bangunan, atau benda lain yang mungkin mendekati saluran. Ini membantu dalam mendeteksi potensi risiko keamanan, seperti cabang pohon yang terlalu dekat atau bangunan yang dapat mengganggu jalur listrik.

Penggunaan DJI Zenmuse L2 LIDAR dalam Industri Powerline

DJI Zenmuse L2 LIDAR untuk Pemetaan Jaringan Listrik:

LiDAR dapat digunakan untuk membuat peta 3D dari jaringan listrik. Data ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi potensi titik kerusakan atau titik panas dalam jaringan. Ini membantu perusahaan listrik dalam perencanaan pemeliharaan yang lebih efisien.

DJI Zenmuse L2 LIDAR untuk Manajemen Vegetasi:

DJI Zenmuse L2 LiDAR dapat membantu dalam manajemen vegetasi yang tumbuh di sekitar saluran listrik. Dengan pemindaian LiDAR yang berkala, operator dapat mengidentifikasi pohon-pohon yang tumbuh terlalu dekat dengan saluran listrik dan mengambil tindakan pencegahan sebelum mereka menyebabkan gangguan atau kerusakan.

Baca juga: NEW! DJI Zenmuse L2, Masa Depan Pemetaan Berpresisi Tinggi

DJI Zenmuse L2 LIDAR untuk Pengukuran Jarak dan Tinggi:

LiDAR juga dapat digunakan untuk mengukur jarak dan tinggi saluran listrik dari tanah. Data ini dapat digunakan untuk memeriksa ketinggian bebas dari saluran listrik, menghindari benturan dengan kendaraan besar, seperti truk, atau mengoptimalkan perencanaan rute pengiriman daya.

penggunaan dji zenmuse l2 lidar dalam industri powerline

DJI Zenmuse L2 LIDAR untuk Evaluasi Kerusakan Pasca-Bencana:

Setelah bencana alam, seperti badai atau banjir, DJI Zenmuse L2 LiDAR dapat digunakan untuk mengevaluasi kerusakan pada jaringan listrik. Ini membantu perusahaan listrik dalam perencanaan perbaikan yang lebih cepat dan efisien.

DJI Zenmuse L2 LIDAR untuk Identifikasi Potensi Peningkatan Kapasitas:

LiDAR dapat membantu dalam mengidentifikasi area di jaringan listrik yang memerlukan peningkatan kapasitas. Dengan memahami dengan lebih baik struktur jaringan, perusahaan listrik dapat merencanakan investasi untuk meningkatkan daya serap dan efisiensi jaringan.

dji zenmuse l2 lidar dalam industri powerline

Kesimpulan

DJI Zenmuse L2 LiDAR dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan efisiensi dan keamanan operasi jaringan listrik dalam industri powerline. Dengan data yang akurat dan visualisasi 3D, pemeliharaan dan manajemen jaringan listrik menjadi lebih efisien dan efektif.

pengggunaan dji zenmuse l2 dalam industri powerline

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui:
WhatsApp: +62 811-1909-0099
Email: sales@halorobotics.com
www.halorobotics.com

For more information, visit our:
Facebook : https://www.facebook.com/halorobotics/
Instagram : https://www.instagram.com/halorobotics.official/ 
LinkedIn : www.linkedin.com/company/halo-robotics
Youtube: https://www.youtube.com/@Halo-robotics/videos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Welcome to Halo Robotics

Button WA