NEWS
Beranda » Blog » NEW! DJI Zenmuse L2, Masa Depan Pemetaan Berpresisi Tinggi

NEW! DJI Zenmuse L2, Masa Depan Pemetaan Berpresisi Tinggi

NEW! DJI Zenmuse L2, Masa Depan Pemetaan Berpresisi Tinggi

Halo Robotics memperkenalkan DJI ZENMUSE L2, Sistem LIDAR terbaru DJI yang dirancang untuk pengumpulan data 3D yang presisi dan akurat. Dengan perubahan yang signifikan, Drone DJI Zenmuse L2 diharapkan mampu melampaui produk pendahulunya yaitu DJI Zenmuse L1 sebagai produk unggulan dan paling laris untuk penggunaan Survey & Mapping bagi berbagai sektor industri.

DJI Zenmuse L2 hadir dengan desain yang terintegrasi, menggabungkan modul LiDAR, mapping camera, high-accuracy IMU system, dan three-axis gimbal. Menjadikan pengoperasian pemetaan 3D menjadi sangat mudah dan jauh lebih efisien. Berkat kemampuan hardware yang tangguh, Zenmuse L2 dapat digunakan dalam berbagai skenario survei dan pemetaan di beberapa sektor industri seperti Minyak dan Gas, Kehutanan dan Perkebunan, Konstruksi dan Infrastruktur, sampai inspeksi jalur Sutet.

Lantas, bagaimana spesifikasi detail, cara kerja, serta contoh data yang diperoleh dari sistem LIDAR yang dihasilkan oleh DJI Zenmuse L2? Mari kita telusuri selengkapnya di bawah ini!

MODUL LIDAR DJI ZENMUSE L2

1. Desain

Dari desainnya sendiri DJI Zenmuse L2 dirancang tergabung dengan three-axis stabilized gimbal yang memungkinkan drone melakukan lebih banyak skenario survei dan pemetaan.

2. Metode Scanning

DJI Zenmuse L2 mendukung metode repetitive dan non-repetitive scanning.

  • Repetitive Scan
    DJI Zenmuse L2 dapat melakukan scanning yang lebih seragam dan memperoleh akurasi  yang lebih tinggi untuk memenuhi persyaratan survei dan pemetaan presisi tinggi. Metode repetitive scan ini dapat digunakan untuk skenario seperti: survei dan pemetaan perkotaan dan survei dan pemetaan medan.
  • Non-repetitive Scan
    Dengan bidang pandang vertikal yang lebih besar, lebih banyak informasi struktural yang dapat diperoleh dan meningkatkan efisiensi pengumpulannya lebih tinggi.
    Metode non-repetitive scan ini dapat digunakan untuk skenario seperti: survei inspeksi listrik dan survei kehutanan, dll.


3. Rentang Pengukuran Yang Lebih Jauh

Measuring range atau rentang pengukuran DJI Zenmuse L2 meningkat sebesar 30%, yakni: Reflektifitas 250 meter 10%, 100 klx & Reflektifitas 450 meter 50%, 100 klx,

  • Spot area yang lebih kecil
    Dengan fokus energi yang lebih terkonsentrasi membuat kualitas point cloud lebih halus dan presentasi model menjadi lebih baik.

NEW! DJI Zenmuse L2, Masa Depan Pemetaan Berpresisi Tinggi - LIDAR MODULE - L2

L2-point cloud model (Complete)

NEW! DJI Zenmuse L2, Masa Depan Pemetaan Berpresisi Tinggi - LIDAR MODULE - L1

L1-point cloud model (Incomplete)

  • Rentang pengukuran meningkat hingga 30%
    Reflektifitas 250 meter 10%, 100 klx; meningkat secara signifikan dibandingkan dengan L1, dimana jangkauan deteksinya lebih panjang, dan ketinggian operasi tdapat mencapai 150m, menjadikan operasi penerbangan menjadi lebih aman dan efisien.
  • Perbandingan hasil model DJI Zenmuse L2 dan L1
    Di bawah kondisi penerbangan yang sama di ketinggian 30 meter di puncak menara, dengan kecepatan penerbangan 7m/s, L2 dapat sepenuhnya menyelesaikan pemodelan point cloud jalur 500kV, konduktor 35kV, dan konduktor 400v melintasi bentang bawah. Sedangkan L1 hanya dapat sepenuhnya memodelkan jalur 500kV teratas dan saluran transmisi 220kV, bisa dilihat bahwa tipe menara yang dihasilkan oleh DJI Zenmuse L2 lebih jelas.

NEW! DJI Zenmuse L2, Masa Depan Pemetaan Berpresisi Tinggi - Perbandingan hasil model DJI Zenmuse L2 dan L1 (L2)

L2-Transmission Line

NEW! DJI Zenmuse L2, Masa Depan Pemetaan Berpresisi Tinggi - Perbandingan hasil model DJI Zenmuse L2 dan L1 (L1)

L1-Transmission line

4. Multiple Returns

Modul LIDAR DJI Zenmuse L2 memungkinkan sensor menembus kanopi vegetasi yang cukup lebat (maximum 5 returns).

Download Brosur DJI Zenmuse L2 Di Sini

5. Kecepatan Data Point Cloud

Emisivitas point cloud maksimum L2 mencapai 240,000 pts/s dalam mode single-return dan mode multi-return, yang mana dengan kecepatan data point cloud ini mendukung frekuensi pengambilan sampel 240 kHz; yakni lebih banyak data point cloud yang dapat diperoleh per satuan waktu.

6. Energi Yang Lebih Terkonsentrasi

Secara spesifik DJI Zenmuse L2 memiliki ukuran titik tembakan sebesar 4x12cm pada jarak 100 meter, itu artinya jika dibandingkan dengan DJI Zenmuse L1, Zenmuse L2 hanya menggunakan ⅕ dari energi yang diperlukan untuk mencapai ukuran titik tembakan tersebut, hal ini menunjukkan efisiensi yang lebih tinggi dalam penggunaan energi dan memungkinkan penggunaan yang lebih konsen pada tujuan survei dan pemetaan.

KAMERA PEMETAAN

Mapping camera atau pemetaan kamera sensor DJI Zenmuse L2 dilengkapi dengan pewarnaan point cloud yang lebih kaya, wide angle yang HD, hingga pemotretan beruntun dengan kecepatan yang tinggi. Berikut spesifikasi lebih jelasnya:
– 4/3 inch CMOS, 20 million pixels
– Mechanical shutter, 200,000 shutter lifespan
– Mendukung interval foto tersingkat yaitu 0,7 detik untuk pemotretan beruntun yang efisien
– Pewarnaan point cloud secara real-time

NEW! DJI Zenmuse L2, Masa Depan Pemetaan Berpresisi Tinggi - Kamera Pemetaan

PRESISI DAN EFISIENSI TINGGI

  • DJI Zenmuse L2 meningkatkan kecepatan dan akurasi operasi survei dan pemetaan
    dimana penggunaan DJI Zenmuse L2 yang digunakan bersama drone DJI M350 dapat mendukung kecepatan penerbangan hingga 15m/s.
    (contoh, ketika operasi penerbangan dilakukan di ketinggian 150m, akurasi model post-processing masih bisa memenuhi akurasi ketinggian 4 cm dan akurasi bidang 5 cm.

NEW! DJI Zenmuse L2, Masa Depan Pemetaan Berpresisi Tinggi - DJI Zenmuse L2 meningkatkan kecepatan dan akurasi operasi survei dan pemetaan

L2-single operation 2.5km² measurement area

  • Efisiensi 5 kali lebih tinggi dari DJI Zenmuse L1
    Untuk memenuhi persyaratan akurasi yang sama yaitu 1:500, L2 dapat menyelesaikan area kerja seluas 2,5km² dalam sekali misi penerbangan, sedangkan L1 hanya dapat menyelesaikan area kerja seluas 0,5km² dalam sekali misi penerbangan, sehingga 5x lebih efisien.

Efisiensi 5 kali lebih tinggi dari DJI Zenmuse L1

L1-single operation 0.5km² measurement area

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui:
WhatsApp: +62 811-1909-0099
Email: sales@halorobotics.com
www.halorobotics.com

For more information, visit our:
Facebook : https://www.facebook.com/halorobotics/
Instagram : https://www.instagram.com/halorobotics/
LinkedIn : www.linkedin.com/company/halo-robotics
Youtube: https://www.youtube.com/@Halo-robotics/videos

Post Related

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Welcome to Halo Robotics

Button WA Blog