DJI FlyCart 30, Drone Logistik Solusi Pengiriman di Masa Depan

Drone Logistik - DJI FlyCart 30

Penggunaan drone logistik mungkin terbilang masih minim di Indonesia. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi bukan tidak mungkin penggunaannya menjadi solusi di dunia ekspedisi. Drone logistik di luar negeri memiliki sejarah yang panjang hingga sampai menjadi hal yang lumrah saat ini disana.

Apa yang Perlu Anda Ketahui tentang Pengiriman Menggunakan Drone?

Pengiriman barang menggunakan drone logistik bisa menjadi solusi pengiriman yang efektif bagi setiap bisnis untuk mengirimkan barang ke pelanggan. Drone ini juga bisa sangat membantu dalam mengangkut barang-barang sensitif seperti pasokan medis ke daerah-daerah yang sulit diakses dan terpencil.

DJI secara resmi memasuki pasar pengiriman dan logistik, menjawab permintaan dari berbagai industri, termasuk skenario darurat di mana moda transportasi lain mungkin sulit digunakan.

Perusahaan di berbagai industri, seperti e-commerce, logistik, dan layanan kesehatan, telah menjajaki penggunaan drone pengiriman untuk memudahkan operasi. Halo Robotics, sebagai distributor DJI satu-satunya di Indonesia menyediakan drone pengiriman DJI FlyCart 30 sebagai solusi pengiriman udara tanpa batas.

Manfaat Pengiriman Menggunakan Drone

Beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh penyedia atau perusahaan di berbagai industri saat menggunakan drone logistik ini antara lain:

  • Penyortiran Barang Lebih Mudah. Bandingkan pengiriman dengan cara tradisional, dimana kurir harus memilah barang mana untuk konsumen dan menjadi tantangan ketika kurir merencanakan rute dari gudang ke pelanggan. Dengan drone, dapat memberikan pengalaman konsumen baru bagi perusahaan dalam meningkatkan pelayanan direct to customer.
  • Daerah-daerah Tertinggal atau Terpencil Dapat Dilayani Dengan Lebih Mudah. Misalnya untuk pengiriman langsung ke perkantoran yang ada di lantai atas, daerah yang terkena imbas bencana alam, jalanan rusak, dan lain sebagainya. Sehingga, barang lebih cepat sampai.
  • Kecepatan. Pengiriman dengan drone pada dasarnya adalah solusi pengiriman melalui udara langsung ke pelanggan, menjadikannya jauh lebih cepat dibandingkan metode pengiriman tradisional.
  • Menghindari Kemacetan Lalu Lintas. Menurut Amazon, sebagian besar paket pelanggan berukuran kurang dari 2 kilogram, menjadikannya ideal untuk teknologi drone. Jika pengiriman dengan drone dapat mengambil alih semua paket ringan tersebut, maka hal ini akan memberikan ruang pada kendaraan pengiriman tradisional, yang berarti lebih sedikit yang harus berada di jalan pada satu waktu.
  • Hemat Biaya. Biaya tenaga kerja dan kendaraan yang digunakan pengiriman tradisional akan semakin mahal seiring berjalannya waktu. Dalam hal ini adalah biaya bahan bakar yang dapat diminimalisir dan dapat diinvestasikan untuk drone pengiriman. Meskipun harga awal teknologi drone pengiriman mungkin mahal, jumlah tenaga kerja yang terlibat jauh lebih sedikit, sehingga pengiriman menggunakan drone menjadi lebih hemat biaya dari waktu ke waktu.
  • Ramah Lingkungan. Kebanyakan drone pengiriman menggunakan listrik, menjadikannya sangat ramah lingkungan. Selain itu, dengan lebih sedikit kendaraan pengantar barang di jalan, emisi karbon akan menurun.

Seberapa Cepat Pengiriman Drone Dibandingkan Metode Pengiriman Tradisional?

Lamanya waktu yang dibutuhkan pengiriman menggunakan drone DJI FlyCart 30 ditentukan oleh seberapa cepat drone dapat melakukan perjalanan dari titik A ke titik B dalam garis lurus. Bagian “dalam garis lurus” adalah kuncinya, karena hal itulah yang menjadikan drone sangat berharga bagi perusahaan yang perlu mengangkut barang dengan cepat dan efisien. 

Seperti disebutkan sebelumnya, drone dapat menghindari tikungan, belokan, dan lalu lintas jalan raya, sehingga sangat cocok sebagai alternatif pengganti metode pengiriman tradisional. Meskipun kecepatan pengiriman sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada jarak yang ditempuh, drone biasanya mampu bergerak hingga 80 km/jam.

Download Brosur DJI FlyCart 30

Hal yang Perlu Diperhatikan

Perhatikan juga cara mengenai pengiriman barang menggunakan drone:

  • Perhatikan area penerbangan. Sebab, ada beberapa area yang memang dilarang untuk dilintasi drone. Seperti area bandara, kompleks militer, istana negara, dan lainnya.
  • Perhatikan bobot bawaan barang yang dikirimkan. Pastikan sudah sesuai dengan kapasitas maksimum dari payload drone yang digunakan.
  • Jaga jarak terbang yang aman dan tidak terlalu banyak rintangan. Khususnya dengan pesawat berawak. Bila perlu, hindari menerbangkan drone di atas kerumunan banyak orang.
  • Pastikan kondisi drone dan komponen lainnya berfungsi dengan baik selama proses pengiriman hingga selesai. Ini agar drone dan barang tidak jatuh dan rusak.
  • Pertahankan kecepatan drone setidaknya di bawah 160 km/jam. Kemudian, drone berada dalam jarak sekitar 120 meter dari dekat bangunan maupun darat.
  • Hindari menerbangkan drone pada kondisi malam hari. Jika diperlukan, Anda bisa menggunakan perangkat tambahan seperti pencahayaan dengan sensor anti tabrak yang mendukung.
  • Hindari mengoperasikan drone lebih dari satu secara bersamaan.

Baca juga: FAQ DJI Agras T40

Kesimpulan

Pengiriman barang dengan menggunakan drone logistik, DJI FlyCart 30 akan menjadi solusi masa depan transportasi barang, ada banyak manfaat dari drone logistik yang menjadikannya ideal untuk pengangkutan barang. Kemajuannya yang semakin meningkat, hal ini memang diharapkan terjadi pada produk DJI FlyCart 30 yang kompleks dan berteknologi maju. Namun, pada tingkat saat ini, drone logistik akan memberikan keunggulannya karena efisiensi biaya, kecepatan, dan kepraktisannya.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui:
WhatsApp: +62 811-1909-0099
Email: sales@halorobotics.com
www.halorobotics.com

For more information, visit our:
Facebook : https://www.facebook.com/halorobotics/
Instagram : https://www.instagram.com/halorobotics.official/
Instagram: https://www.instagram.com/djiagras.halorobotics/ 
LinkedIn : www.linkedin.com/company/halo-robotics
Youtube: https://www.youtube.com/@Halo-robotics/video

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Welcome to Halo Robotics

Button WA