LEARNING CENTER
Beranda » Blog » 8 Fitur Terbaik Drone Pertanian DJI Mavic 3 Multispectral

8 Fitur Terbaik Drone Pertanian DJI Mavic 3 Multispectral

Drone pertanian DJI Mavic 3 Multispectral

Pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir menyebabkan ancaman perubahan iklim hingga konflik geopolitik yang mengakibatkan krisis pangan global dan energi. Kondisi ini melatarbelakangi pertemuan tingkat deputi ke-2 Kementerian Pertanian dengan para anggota G20.

3 Isu perihal pangan dan pertanian yang dibahas pada pertemuan G20

Ada tiga isu utama di bidang pertanian saat ini yaitu:
1. Kementerian Pertanian mengajak negara anggota G20 untuk bersama meningkatkan ketersediaan pangan, kecukupan kalori, dan protein.
2. Sistem perdagangan pertanian yang terbuka, adil, transparan, dan dapat diprediksi. Hal ini didasari harga pangan yang terus menerus turun-naik ditambah dengan pembatasan ekspor yang dilakukan oleh beberapa negara produsen pangan, hal membuat perubahan besar-besaran dan menjadi tidak terkendali selama 2 tahun terakhir.
3. Isu yang ketiga adalah pengembangan agripreneurial inovatif melalui penerapan teknologi pada sektor pertanian untuk meningkatkan penghidupan petani khususnya di daerah pedesaan. 

Berbicara mengenai pengembangan agripreneurial inovatif melalui penerapan teknologi, petani di seluruh dunia sudah mengandalkan peralatan drone pertanian untuk merencanakan, mengelola, kesehatan tanaman, dan untuk mengidentifikasi masalah yang terjadi pada pertumbuhan atau hasil panen sebelum berdampak pada keuntungan. Drone menjadi alat yang diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dan memaksimalkan hasil. Data multispectral pada drone terbaru drone pertanian DJI Mavic 3 Multispectral dapat menjadi platform yang mampu menjawab isu prioritas utama pembahasan Kementerian Pertanian Indonesia bersama para anggota negara G20 tempo hari.

Berikut delapan fitur terbaik drone pertanian DJI Mavic 3 Multispectral:

1.   4 Sensor Multispectral untuk Menghasilkan Indeks Vegetasi

Multispectral imagery atau pencitraan multispectral memberikan anda kemampuan penglihatan yang tidak dapat dilihat oleh mata manusia, itu karena drone pertanian DJI Mavic 3 Multispectral memiliki sensor bawaan yang menggabungkan sensor Green, Red, Red Edge, dan Near Infrared untuk mendukung indeks vegetasi NDVI, GNDVI, dan NDRE.

Ketiga indeks tersebut dapat memberikan anda pengetahuan lebih dalam tentang tanaman anda. Pertama, indeks NDVI adalah indeks untuk mendeteksi kesehatan tanaman atau tanaman yang mengalami setres, indeks NDVI membantu anda membedakan antar tanaman dan menentukan sudah di tahap mana siklus pertumbuhan tanaman tersebut.

Lain dengan indeks NDRE, indeks NDRE memberikan anda pengetahuan tentang kandungan klorofil pada daun, sedangkan indeks GNDVI adalah indeks yang berguna untuk mengestimasi aktivitas fotosintetis, estimasi kandungan air dan nitrogen pada kanopi tanaman.

Kecanggihan lainnya adalah pilot bisa mengetahui kesehatan tanamannya secara real-time berkat fitur live vegetation indices di split-screen yang ada pada remote controller.

8 Fitur Terbaik Drone Pertanian DJI Mavic 3 Multispectral - 4 Sensor Multispectral untuk Menghasilkan Indeks Vegetasi

2.   Incident Light Sensor untuk Menyesuaikan Radiasi Matahari

Yang sudah kita ketahui bahwa setiap hari alam ini mengalami perubahan cuaca, yang mana hal ini menggangu kejelasan hasil indeks NDVI anda, namun tidak dengan menggunakan drone pertanian DJI Mavic 3 Multispectral, karena Mavic 3M sudah dilengkapi dengan Incident Light Sensor bawaan yang dipasang di bagian belakang badan drone. Incident Light Sensor berfungsi untuk menyesuaikan tingkat radiasi matahari sehingga anda tetap mendapatkan data NDVI yang akurat gimanapun cuacanya.

8 Fitur Terbaik Drone Pertanian DJI Mavic 3 Multispectral - Incident Light Sensor untuk Menyesuaikan Radiasi Matahari

3.   Kamera Visual 20MP untuk Survei dan Pemetaan yang Efisien

Di luar kemampuan multispectralnya, drone pertanian Mavic 3 Multispectral memiliki kamera visual yang telah dikembangkan untuk melakukan survei dan pemetaan di area ketinggian yang bervariasi untuk alur kerja pertanian yang lebih efisien, dengan spesifikasi sensor 20MP dan 4/3 CMOS, kamera visual drone pertanian DJI Mavic 3 Multispectral dapat melakukan mechanical shutter dan pemotretan interval secepat 0.7 detik dan waktu penerbangan 43 menit, drone pertanian DJI Mavic 3 Multispectral dapat menangkap data hingga 2km persegi dalam satu penerbangan, semua ini diarahkan untuk survei udara yang cepat dan data yang berkualitas.

Hanya menggunakan satu drone saja anda dapat menghasilkan aset fotogrametri dan multispectral berkualitas tinggi, membuatnya lebih murah dan lebih mudah untuk menyiapkan data digital twin dan overlay data NDVI dari waktu ke waktu.Terakhir kamera visual DJI Mavic 3 Multispectral telah dirancang fleksibel yakni dengan 3.3μm pixels dan software yang telah ditingkatkan memungkinkan anda untuk bekerja di kondisi minim cahaya atau malam hari, pada intinya adalah DJI Mavic 3M membantu anda bekerja lebih cepat dan lebih cerdas.

8 Fitur Terbaik Drone Pertanian DJI Mavic 3 Multispectral - Kamera Visual 20MP untuk Survei dan Pemetaan yang Efisien
default

4.   Modul RTK untuk Survei Lahan yang Presisi

Saat membuat aset fotogrametri dan mengumpulkan data multispectral, presisi merupakan hal yang wajib, dimana drone pertanian DJI Mavic 3 Multispectral kompatibel dengan aksesori RTK module yang memungkinkan petani melakukan survei lahan dengan lebih akurat, presisi, efisien dan yang paling penting tanpa memerlukan Ground Control Point.

Fungsi modul RTK lainnya adalah anda dapat meratakan lahan, menyemprot tanaman, mengumpulkan data multispectral, mengoptimalkan jalur panen dengan akurasi tingkat centimeter, hal ini membuat perbedaan besar pada kualitas insight tanaman anda dan detail perencanaan anda, tentu dengan lebih sedikit kesalahan mempengaruhi keuntungan yang lebih besar.

8 Fitur Terbaik Drone Pertanian DJI Mavic 3 Multispectral - Modul RTK untuk Survei Lahan yang Presisi

5.   Fitur Stabilitas dan Anti Tabrak

Drone DJI Mavic 3 multispectral memanfaatkan teknologi keselamatan transmisi terbaru untuk mengurangi risiko kecelakaan.

Fitur APAS 5.0
Yang pertama adalah fitur anti tabrak yaitu Advanced Pilot Assistance System (APAS 5.0) dibantu dengan keenam vision sensors dan dua sensor wide angle yang dapat mendeteksi halangan/rintangan di segala arah.

Fitur Return To Home
APAS 5.0 mendukung fitur Return to Home yaitu fitur yang mengoptimalkan jalur penerbangan anda dengan tujuan penghematan baterai, fitur return to home dapat membawa pulang drone anda dengan aman hanya dengan sekali menekan tombol.

Fitur AirSense
Sistem AirSense adalah fitur yang memberikan anda peringatan dini tentang adanya drone lain di sekitar anda, AirSense akan mentransmisikan sinyal ADS-B untuk memberi tahu anda informasi ketinggian, posisi, kecepatan, arah, dan informasi lainnya tentang drone di sekitar.

Fitur DJI O3
Fitur DJI O3 adalah fitur yang menyediakan kestabilan antar drone dan pilot, baik stabilitas video maupun kontrol antar drone dan pilot.

8 Fitur Terbaik Drone Pertanian DJI Mavic 3 Multispectral - Fitur Smart Terrain Follow
default

6. Bentuknya yang compact dan mudah digunakan

Jika biasanya petani terbiasa bekerja dengan alat berat, tetapi mengumpulkan data tidak harus selalu seperti itu, dengan drone pertanian DJI Mavic 3M yang memiliki ukuran kecil, bobot yang ringan, ringkas, dan dapat dilipat bahkan bisa dimasukkan ke dalam ransel, sifatnya yang compact ini memudahkan anda dalam hal fleksibilitas berkendara dari satu tempat ke tempat lain.

8 Fitur Terbaik Drone Pertanian DJI Mavic 3 Multispectral - Bentuknya yang compact dan mudah digunakan

7. Full Kompatibel dengan DJI SmartFarm App dan DJI Terra

Teknologi drone untuk pertanian Mavic 3 Multispectral sepenuhnya kompatibel dengan aplikasi DJI SmartFarm, memungkinkan profesional pertanian mengoordinasikan data apa pun yang dikumpulkan dengan operasi penyemprotan dan penyebaran.

SmartFarm hadir dengan serangkaian fitur yang menyederhanakan alur kerja termasuk perencanaan misi yang intuitif, ikhtisar lengkap armada, manajemen lapangan, penilaian data, dan kolaborasi mudah antar tim.

Data yang ditangkap oleh Mavic 3M juga sepenuhnya kompatibel dengan DJI Terra, sehingga anda dapat dengan mudah dan efisien membuat peta dan model target anda.

8. Fitur Smart Terrain Follow

Kami sangat menyadari bahwa tidak ada drone untuk pertanian yang sama dan, khususnya, tidak semua pertanian berada di medan datar. Itulah mengapa drone pertanian Mavic 3M menawarkan Terrain Follow sehingga anda dapat mempertahankan ketinggian yang rata saat menerbangkan misi survei melintasi berbagai medan. Dengan menyesuaikan secara lancar menurut medan, anda dapat mengamankan integritas data anda saat dikumpulkan, tanpa harus memperhitungkan perbedaan apa pun dalam pasca-pemrosesan.

Untuk situasi ketika Anda tidak dapat mengimpor DSM atau data elevasi lokal pra-penerbangan, sensor anti-tabrak Mavic 3M dapat mengambil alih dengan mendeteksi tanah di bawah dan secara otomatis menyesuaikan ketinggian penerbangan.

Drone pertanian DJI Mavic 3 Multispectral menawarkan revolusioner untuk pertanian yang profesional.  Drone ini mengubah standar industri sebagai alat pertanian yang kecil dan berarti untuk semua orang.

8 Fitur Terbaik Drone Pertanian DJI Mavic 3 Multispectral - 5.   Fitur Stabilitas dan Anti Tabrak

Harga drone pertanian DJI Mavic 3 Multispectral: Rp87.650.000 https://halorobotics.com/v2/product/dji-mavic-3-multispectral/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:
https://halorobotics.com/
Email: sales@halorobotics.com
WhatsApp: +62811-1909-0099
WhatsApp: +62811-8549-888

For more information, visit our:
Website : https://halorobotics.com/
Online Store : https://halorobotics.com/shop/
Facebook : https://www.facebook.com/halorobotics/
Instagram : https://www.instagram.com/halorobotics/
LinkedIn : www.linkedin.com/company/halo-robotics
YouTube : https://www.youtube.com

Post Related

Welcome to Halo Robotics

Button WA Blog