Sistem Keamanan Data Aplikasi | Sistem Keamanan DJI Part 2/6

Sistem Keamanan Data Aplikasi, bagian ini akan menginterpretasikan kebijakan keamanan data dari aplikasi DJI secara detail dari berbagai dimensi seperti komunikasi, penyimpanan data local, data sinkronisasi, dan pengaturan privasi.

1. Sistem Keamanan Data Aplikasi DJI GO

DJI GO adalah aplikasi yang disediakan DJI untuk membantu mengoperasikan drone DJI, termasuk untuk menerbangkan drone dan menggunakan berbagai fitur didalamnya. Aplikasi DJI GO dapat digunakan oleh pengguna smartphone berbasis Android maupun iOS. Didalam aplikasi DJI GO tersedia fitur penerbangan canggih seperti Return to Home, TapFly, ActiveTrack dll, juga dengan DJI GO, sistem keamanan data aplikasi anda akan mendapatkan notifikasi peringatan jika terjadi hal yang tidak beres pada drone.

Aplikasi DJI GO terdiri atas beberapa series termasuk DJI GO dan DJI GO 4, aplikasi ini berinteraksi langsung dengan sistem drone konsumen, dimana sistem keamanan data aplikasi DJI GO yang mengatur sistem komunikasi, interactive control, tampilan live drone secara real-time, juga yang mengatur informasi pengguna, pengeditan gambar dan yang mengatur content sharing atau berbagi konten data ke rekan lainnya, nah semua itu diatur oleh aplikasi DJI GO.

Sistem Keamanan data aplikasi - DJI GO - Halo Robotics

a. Keamanan Data No Fly Zone

Data yang simpan oleh DJI GO meliputi database No-Fly Zone, flight records, dan application logs. Database No-Fly Zone yang disimpan hanya digunakan untuk menampilkan zona yang dilarang untuk melakukan penerbangandi flight interface map (peta penerbangan).
dan pembatasan penerbangan yang sebenarnya, diimplementasikan oleh drone, jadi database No-Fly Zone yang ada pada aplikasi DJI GO telah dienkripsi dan disimpan dengan signatures untuk memastikan sistem keamanan data aplikasi pada DJI GO terjamin kerahasiaannya.

Sistem keamanan data aplikasi - Tutorial Unlock No Fly Zone pada Drone DJI 7

Baca juga Tutorial Unlock No Fly Zone disini:
https://halorobotics.com/learning-center/dji-phantom-4-unlock-no-fly-zone/

b. Keamanan Data Flight Records (Simplied Flight Control Log)

Ada dua jenis flight record: yaitu simplified flight control log dan user flight record data.
Simpified flight control log adalah informasi yang dihasilkan oleh drone termasuk informasi operating environment dan informasi keadaan peralatannya saat iini seperti current altitude (ketinggian penerbangan saat ini), latitude dan longitude, dan tegangan listrik. Informasi-informasi penerbangan ini dilindungi oleh drone dan disimpan di dalam aplikasi DJI GO, dan informasi tersebut tidak secara otomatis terupload ke server DJI.

c. Keamanan Data Flight Records (User Flight Record Data)

User flight record data atau data rekamanan penerbangan pengguna di rekam oleh aplikasi DJI GO selama penerbangan, termasuk waktu penerbangan dan rute penerbangannya. Tenang saja sistem keamanan data aplikasi, memungkinkan data rekaman ini dilindungi dan disimpan secara local dan tidak secara otomatis terupload ke server DJI.


Pengguna bisa melihat simplied flight control log dan user flight flight record data pada page “flight record” dan menguploadnya ke cloud. Aplikasi log telah dienkripsi dan disimpan secara lokal, dan berisi informasi status aplikasi dan crash log, hal ini membantu mendebug dan menemukan bug di software apapun. Hal ini bisa berfungsi saat aplikasi mengalami masalah, pengguna dapat secara manual mengupload aplikasi log ke DJI.

Selama penerbangan pertama aplikasi ini, Sistem keamanan data aplikasi akan otomatis menjelaskan dan membiarkan pengguna mengkonfirmasi setiap penggunaan informasi pribadi. Dalam penggunaan aplikasi selanjutnya, pengguna juga bisa mengaktifkan atau menonaktifkan otoritas informasi pengguna yang mereka pilih kapan saja di tab “Privacy Settings” pada halam aplikasi “Settings”.

Sistem kemanan data aplikasi - Tutorial Unlock No Fly Zone pada Drone DJI 5

2. Sistem Keamanan Data Aplikasi DJI Pilot

DJI Pilot adalah aplikasi yang disediakan DJI untuk membantu mengoperasikan drone khusus penggunaan enterprise atau drone yang digunakan untuk aplikasi industri. Aplikasi DJI Pilot yang mengatur sistem komunikasi, interactive control, tampilan live drone secara real-time, informasi pengguna, dan yang mengatur intelligent tasks atau pekerjaan-pekerjaan cerdas drone.

Sistem keamanan data Aplikasi DJI Pilot menyediakan berbagai fitur software untuk aplikasi drone industri. Selain menyediakan berbagai fitur, DJI Pilot menyediakan fitur untuk memenuhi tuntutan keamanan perusahaan. DJI Pilot mendukung DJI FlightHub, yaitu platform yang disediakan oleh DJI berupa software fleet management berbasis cloud. Klik link berikut ini untuk mengetahui lebih dalam tentang DJI FlightHub

a. Local Data Mode (LDM)

Sebagai agensi kerahasiaan perusahaan dan pemerintahaan, DJI perlu memastikan bahwa data yang dihasilkan selama operasi dilindungi secara efektif. Ya dengan LDM, pengguna dapat mengcut-off atau memutus semua link jaringan dari aplikasi untuk mencegah data apapun menyebar bocor.
Informasi Pengguna:

  • DJI device hardware information / Informasi perangkat keras perangkat DJI: Informasi perangkat DJI yang dipasangkan dengan aplikasi, termasuk serial numbers, gimbal, kamera, dan baterai
  • Mobile device GPS information / Informasi GPS handphone: Informasi GPS handphone yang menjalankan aplikasi.
  • DJI device GPS information / Informasi GPS perangkat DJI: Informasi GPS perangkat DJI yang dipasangkan dengan aplikasi.
  • User experience information / Informasi pengalaman pengguna: Informasi ini digunakan dalam program meningkatkan produk, dan aplikasi ini akan meminta pengguna untuk memilih apakah berpartisipasi selama operasi pertamanya. Informasi termasuk user’s preference setting untuk aplikasi UI Interfacenya dan operasi dronenya, dan informasi ini membantu DJI untuk meningkatkan produk dan layanan dengan secara otomatis mengirimkan diagnoas dan pengunaan data setiap hari. Namun tetap catatan rekaman bersifat anonymous.

Saat ketika Local Data Mode (LDM) diaktifkan, semua data hanya bisa digunakan secara lokal saja, dan tidak ada permintaan jaringan yang akan inisiatif mengirimkan data ke server server sendiri atau ke server pihak ketiga. Ketika pengguna ingin menggunakan layanan jaringan, mereka bisa menonaktifkan LDM sementara untuk mengaksesnya (jadi data yang yang telah diakumulasi sebelum LDM dinonaktifkan tidak akan bisa ditransmisikan) sistem keamanan data aplikasi ya kurang lebih seperti update firmware atau seperti saat unlock pembatasan penerbangan.

b. DJI Pilot PE

DJI Pilot Private Edition (PE) terutama menyediakan 2 mode kerja untuk pengguna:

  • Local Data Mode (LDM): mode LDM ini diaktifkan secara default jika pengguna tidak mengkonfirmasi alamat server cloud pribadi. LDM memutus semua jaringan aplikasi, namun LDM tetap berfungsi saat aplikasi sedang digunakan dan tidak dapat dinonaktifkan secara manual
  • Private Server Mode: aplikasi akan masuk ke mode Private Mode setelah pengguna menkonfigurasi alamat server cloud pribadi pada menu pengaturan. Mode ini perlu digunakan bersamaan dengan DJI FlightHub Private Cloud. Kemudian data akan ditransmisikan kembali ke pengaturan server pribadi yang ditetapkan oleh pengguna, dan tidak akan berinteraksi dengan server DJI.

c. DJI Pilot GE

DJI Pilot Government Edition (GE) secara khusus disesuaikan untuk government users atau pengguna pemerintah. Berdasarkan DJI Pilot PE, DJI Pilot GE dilengkapi dengan kemampuan security control yang support untuk melakukan login tanpa harus memiliki akun dan tidak ada flight logs. Drone versi GE hanya kompatibel dengan DJI Pilot GE.

Sistem keamanan data aplikasi - DJI FlightHub 2-DJI Enterprise-Software Fleet Management

3. Sistem Keamanan Data Aplikasi DJI Assistant 2

DJI Assistant 2 adalah program yang memungkinkan anda untuk memperbaharui firmware drone anda di computer berbasis Windows atau Mac platform. Dengan DJI Assistant 2 pengguna dapat mengendalikan drone serta menyalin data penerbangannya ke komputer. Fungsi dasar DJI Assistant 2 adalah untuk update firmware, flight log export, kalibrasi kamera, simulasi penerbangan, dan sebagai pengaturan parameter perangkat DJI.

Tonton juga tutorial update firmware DJI Matrice 30 Series disini: https://youtu.be/a9QabknZ2f4

sistem keamanan data aplikasi - Tutorial update firmware

Selama menggunakan aplikasi DJI Assistant 2, sistem keamanan data aplikasi memungkinkan semua informasi di bawah ini akan diperoleh untuk memastikan bahwa semua fungsi berfungsi dengan baik (lihat tabel di bawah ini) selama pengoperasian aplikasi pertama kali, sistem keamanan data aplikasi DJI Assistant akan meminta otoritas akses data. Tapi pada penggunaan aplikasi selanjutnya, pengguna dapat mengubah pengaturan otoritas kapanpun pada settings page di bagian atas kanan aplikasi, yang mana hal ini meningkatkan keamanan data komunikasi.

Informasi Pengguna:

  • User Account Information / Informasi Akun Pengguna : Informasi ini termasuk informasi akun pendaftaran dengan DJI
  • DJI Device Serial Number / Indormasi Serial Number Perangkat DJI : Informasi ini adalah serial number perangkat DJI yang terhubung ke aplikasi DJI Assistant 2
  • Payload SDK Information / Informasi Payload SDK : Informasi ini termasuk ID produk dan informasi Lisensi.
  • Onboard SDK Information / Informasi Onboard SDK : Informasi ini terutama mengenai ID app.
  • User experience information / Informasi pengalaman pengguna : Informasi ini digunakan dalam program meningkatkan produk, dan aplikasi ini akan meminta pengguna untuk memilih apakah berpartisipasi selama operasi pertamanya. Informasi termasuk user’s preference setting untuk aplikasi UI Interfacenya dan operasi dronenya, dan informasi ini membantu DJI untuk meningkatkan produk dan layanan dengan secara otomatis mengirimkan diagnosa dan pengunaan data setiap hari. Namun tetap sistem keamanan data aplikasi melindungi catatan rekaman karena bersifat anonymous.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:
https://halorobotics.com/
Email: sales@halorobotics.com
WhatsApp: +62811-1909-0099
WhatsApp: +62811-8549-888

For more information, visit our:
Website : https://halorobotics.com/
Online Store : https://halorobotics.com/shop/
Facebook : https://www.facebook.com/halorobotics/
Instagram : https://www.instagram.com/halorobotics/
LinkedIn : www.linkedin.com/company/halo-robotics
YouTube : https://www.youtube.com

Comments are closed.

Welcome to Halo Robotics

Button WA