Manfaat Teknologi Drone Bawah Air dan Rekomendasinya

drone bawah air

Drone bawah air telah menjadi inovasi terbaru dalam teknologi eksplorasi laut yang semakin berkembang. Dengan kemampuan untuk menyelam di dalam air dan mengambil gambar serta data dari kedalaman laut yang sulit dijangkau oleh manusia, drone bawah air telah membuka peluang baru dalam penelitian, pemetaan, inspeksi dan pemeliharaan ekosistem laut.

Halo Robotics akan membahas lebih lanjut mengenai manfaat drone bawah air untuk berbagai industri dan rekomendasinya. Simak terus ulasannya!

Drone Bawah Air sebagai Teknologi Masa Depan

Eksplorasi bawah permukaan laut telah menjadi fokus utama dalam penelitian, inspeksi dan pemetaan laut. Namun, akses ke kedalaman laut yang ekstrem dan kondisi yang berbahaya bagi manusia membuat eksplorasi ini menjadi sulit dilakukan. Inilah mengapa drone bawah air menjadi solusi yang inovatif dan efektif. Dengan kemampuan untuk menyelam di laut dan mengambil gambar serta data, drone bawah air telah membuka jalan baru dalam eksplorasi di bawah permukaan laut.

Drone bawah air memiliki berbagai fitur dan teknologi canggih yang memungkinkannya untuk menjelajahi lingkungan laut dengan akurasi tinggi. Beberapa drone bawah air dilengkapi dengan kamera berkualitas tinggi, sistem navigasi canggih, dan kemampuan penyelaman hingga kedalaman yang mencapai ratusan meter. Dengan kemampuan ini, drone bawah air dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti penelitian kelautan, pemetaan bawah laut, pemantauan ekosistem laut, dan bahkan kegiatan komersial seperti pengeboran minyak dan gas.

Pemanfaatan Drone Bawah Air

Drone bawah air memiliki potensi yang besar dalam eksplorasi bawah permukaan laut. Dengan kemampuan untuk menyelam di laut dan mengambil gambar serta data, drone bawah air telah memberikan manfaat signifikan dalam penelitian, pemetaan, pemeliharaan ekosistem laut hingga misi pencarian dan penyelamatan (SAR). Beberapa manfaat penting dari penggunaan drone bawah air adalah sebagai berikut:

1. Inspeksi dan Pemeliharaan Fasilitas Bawah Laut

Drone bawah air juga bisa digunakan dalam inspeksi bawah laut. Khususnya dalam industri pertambangan dan energi hingga perusahaan galangan kapal. Dengan kemampuan untuk menyelam di laut dan mengambil gambar serta data, drone ini dapat memantau proses pengeboran minyak dan gas dan memeriksa kerusakan pipa gas, kabel sambungan telekomunikasi dan kelistrikan bawah laut, serta mengecek kondisi bagian bawah kapal. Sehingga, kerusakan sekecil apapun dapat segera terpantau dan ditangani dengan cepat. Pemantauan ini dapat mengurangi risiko kecelakaan, biaya yang dikeluarkan, dan kerusakan lingkungan.

2. Pemetaan dan Penelitian Bawah Laut

Penggunaan yang cukup sering ialah untuk keperluan pemetaan dan penelitian biota bawah laut yang akurat dan mendalam. Proses ini lebih efisien karena alat yang digunakan relatif kecil dan tidak terlalu mengganggu keberadaan ekosistem di bawah laut. Selain itu, lebih aman bagi para peneliti sebab mereka tidak perlu menyelam di kedalaman tertentu dan itu cukup membahayakan. Cukup dengan memantaunya dari drone secara realtime dan kumpulkan informasi yang diperlukan sebanyak mungkin dalam waktu singkat.

3. Misi Pencarian dan Penyelamatan (SAR)

Drone bawah laut juga kompatibel dipasangi perangkat teknologi tambahan. Inilah yang membuatnya cocok untuk digunakan dalam misi SAR. Drone akan mengirimkan informasi secara cepat mengenai objek tertentu. Bahkan, beberapa drone dengan ukuran khusus bisa membawa muatan lebih banyak dibandingkan dengan manusia yang terbatas. Termasuk melakukan pencarian di kedalaman tertentu yang mungkin tidak bisa dijangkau oleh manusia.

4. Pemantauan Ekosistem Laut yang Lebih Intensif

Drone bawah air juga telah digunakan untuk pemantauan ekosistem laut yang lebih intensif. Dengan kemampuan penyelaman yang tinggi dan kamera berkualitas tinggi, drone ini dapat memantau kehidupan laut, perubahan suhu air, pola arus, dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi ekosistem laut. Pemantauan ini memungkinkan pengambilan langkah-langkah yang lebih baik dalam menjaga dan melestarikan ekosistem laut yang rentan terhadap kerusakan.

Rekomendasi Drone Bawah Air

FIFISH V-EVO

FIFISH V-EVO dari QYSEA menghasilkan perekaman video 4K UHD pada 60 frame per detik, bersama dengan bidang pandang 166 derajat yang sangat lebar. Mencapai standar baru dalam pencitraan bawah air, menangkap visual yang kuat, jelas dan berkesan.

  • A.I. Vision Lock & Position Hold
  • 166° Ultra-wide View
  • 100m Depth, 3 Knots Max Speed
  • 5000 Lumen LED Light
  • 2 Knot Flow Resistance

FIFISH E-GO

FIFISH E-GO adalah drone underwater yang bersifat modular dan memiliki berbagai add-on yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Dilengkapi kamera 4K dan berbagai lampu yang memungkinkannya mengambil gambar dan video yang jelas bahkan dalam kondisi pencahayaan rendah. FIFISH E-GO dapat digunakan di kedalaman hingga 200 meter dan memiliki kecepatan tertinggi 3 knot, serta memiliki sejumlah fitur AI yang membantunya beroperasi dengan lebih efisien.

  • Dapat digunakan untuk inspeksi, budidaya perairan & perikanan, atau operasi SAR
  • 4K/30fps ultra HD video recording & RAW format photo shooting
  • 360° omnidirectional movement
  • Detachable Micro SD card slot, dapat merekam, membaca, dan transfer foto atau video dengan mudah
  • Fast charging, mengisi baterai sampai 90% dalam 50 mins
  • Waktu operasi 2.5+ jam

FIFISH PRO W6

W6 adalah ROV Kelas II dengan spesifikasi yang sangat tinggi dan harga yang sangat terjangkau, dengan beragam payload tambahan yang dapat diintegrasikan untuk banyak kebutuhan pada sektor industri.

Baca Juga: Sniffer4D: Solusi Alat Deteksi Gas Berbahaya Akurat!

Welcome to Halo Robotics

Button WA