Penggabungan LIDAR dan Fotogrametri untuk 3D Model Jembatan

Perawatan jembatan bisa menjadi tantangan yang kompleks, sebenarnya bisa saja inspeksi dilakukan dengan cara manual yaitu menggambar sketsa atau dengan inspeksi individu oleh tim khusus. Namun, sketsa atau foto yang digambar tangan mungkin tidak memberikan informasi yang lengkap, bahkan sering kali melewatkan detail-detail yang kecil.

Solusinya adalah dengan menciptakan Digital Twin atau data kembar yang mana digital twin ini sebagai replika yang real dan tepat bagi para insinyur, perencana proyek, dan tim konstruksi. Nah menggunakan fotogrametri khusus, software dan hardware LIDAR dapat membuat proses ini jadi lebih akurat, aman, dan lebih cepat. Halo Robotics menganggap bahwa untuk melakukan inspeksi jembatan yang modern perlu mengandalkan teknologi survey yang mutakhir untuk menghemat waktu dan pengeluaran. Atay, mitra premium Pix4D di Turki, menerapkan inovasi terbaru dalam rover GPS genggam untuk pemeriksaan jembatan yang baru-baru ini mereka selesaikan: yaitu rover viDoc RTK.

ViDoc adalah rover GNSS yang dirancang oleh Jerman yang terhubung ke aplikasi PIX4Dcatch untuk pemindaian situs atau site scanning yang akurat dan terpasang pada Phone atau iPad untuk mengumpulkan data LiDAR dan fotogrametri.

handheld rover RTK untuk survey

Atay memiliki pengalaman di industri seperti survei, pertambangan, pertanian, dan manajemen infrastruktur. Mereka menggunakan software Pix4D dan viDoc untuk menilai jembatan batu tua untuk melihat apakah perlu ada perawatan. Ini terjadi di Ankara, di mana ada upaya di seluruh kota untuk melestarikan warisan budaya dan sejarah. Jembatan khusus ini cukup tua sehingga terdaftar di bawah kategori pelestarian bersejarah, dan sebagai akibatnya, ini sangat membutuhkan pemeriksaan dan pekerjaan restorasi yang cermat.

Detail Projek

detail projek penggabungan LIDAR dan fotogrammetri copy

Menggunakan Rover Genggam dengan Keakuratan RTK

ViDoc cocok dengan iPhone atau iPad seperti kasing dengan antena RTK di atasnya. Saat terpasang, viDoc digabungkan dengan aplikasi gratis PIX4Dcatch, serta jaringan NTRIP yang ditunjuk oleh pengguna. Kemudian, PIX4Dcatch menggunakan kamera perangkat seluler untuk mengumpulkan data fotogrametri dan LiDAR, sedangkan antena RTK pada rover viDoc menyediakan data geolokasi dengan akurasi sentimeter.

Gabungan PIX4Dcatch dan viDoc menghasilkan tangkapan yang detail dari sebuah jembatan

Tim Atay keluar dengan rover viDoc dan handphone dengan tujuan mengumpulkan data, memprosesnya, dan membuat vektorisasi sehingga dapat digunakan untuk CAD atau untuk  perencanaan proyek lebih lanjut. Keberhasilan alur kerja ini akan ditunjukkan dengan keakuratan hasil akhirnya.

Pengumpulan Data Terestrial Dengan Software PIX4D

Atay merencanakan tiga jalur pengumpulan data untuk menangkap keseluruhan jembatan: untuk kedua sisi jembatan diambil dari tanah/bawah dan satunya melewati bagian atas jembatan. Ketika mereka tidak dapat mencapai bagian jembatan yang lebih tinggi untuk pengumpulan data dengan tangan mereka, mereka memasang handphone ke surveying rod untuk menscan sisi atas jembatan. Ini memastikan pengumpulan data yang lengkap tanpa ada kesenjangan dalam hasil akhir. Secara keseluruhan, pengumpulan data hanya memakan waktu 45 menit.

Penggabungan LIDAR dan Fotogrametri untuk model 3D Jembatan 2

Pemprosesan Data Dari PIX4Dcatch ke PIX4Dmatic

Setelah data dikumpulkan dengan PIX4Dcatch, surveyor mentransfer data ke PIX4Dmatic dan ke software fotogrametri desktop. PIX4Dmatic adalah software canggih yang dapat menangani proyek skala besar dari penerbangan koridor dengan drone, serta survei terestrial dengan PIX4Dcatch. PIX4Dcatch mengumpulkan data LIDAR dan fotogrametri, PIX4Dcatch memiliki berbagai citra dan informasi yang tersedia untuk diproses. Nah PIX4Dmatic memiliki fitur yang dirancang khusus untuk menangani alur kerja seperti PIX4Dcatch, PIX4Dmatic memberi pengguna opsi untuk membuat points clouds fotogrametri dan points clouds LiDAR, atau gabungan kedua set data di dalamnya (juga dikenal sebagai software yang membuat points clouds yang padat, dalam, dan menyatu). PIX4Dmatic juga memiliki opsi noise dan sky filtering atau penyaringan kebisingan untuk memastikan points clouds yang rapi dengan gangguan minimal. Hal ini dapat menghemat waktu pengeditan points clouds setelah diproses.

hasil akhir model 3D jembatan

Pemprosesan Data LIDAR dari PIX4Dmatic ke PIX4Dsurvey

Pemrosesan memakan waktu kurang dari 3 jam, setelah itu point cloud diekspor ke PIX4Dsurvey. PIX4Dmatic selain membuat vektor point cloud, PIX4Dmatic memiliki fitur yang dapat mengidentifikasi penanda jalan atau elemen-elemen lainnya seperti penutup lubang got secara otomatis. PIX4Dsurvey memungkinkan pengguna untuk beralih dari step pemrosesan dan analisis ke step  elemen desain, saat mengekstrak data untuk digunakan dalam CAD, PIX4Dsurvey mengisi celah yang hilang antara fotogrametri dan CAD. PIX4Dsurvey menangani point clouds yang besar dengan milyaran point cloud yang dapat berupa LIDAR atau Fotogrametri, yang mana membuatnya menjadi aplikasi yang ideal dalam step terakhir proses ini.

Melestarikan Warisan Budaya Dengan Fotogrametri

Atay berhasil membuat model 3D jembatan yang dapat diukur dan dianalisis untuk upaya inspeksi dan restorasi. Seluruh proses perjalanan ke situs, pengumpulan data, dan pemrosesan memakan waktu sekitar 4 jam 15 menit, menunjukkan kecepatan dan efisiensi software ini. Keakuratan dan detail proyek ditunjukkan dengan pemrosesan yang mulus dan GSD hanya 0,2 cm. Tingkat detail yang tinggi dimungkinkan karena PIX4Dcatch dan viDoc jauh lebih dekat daripada penerbangan drone biasa, memungkinkan pemindaian terestrial yang akurat dengan handphone. Ini adalah aplikasi yang berkembang untuk menggunakan fotogrametri dalam pekerjaan umum seperti pemeliharaan jembatan dan pemasangan pipa. point cloud yang dihasilkan tidak memerlukan pengeditan lebih lanjut berkat alat sky filtering di PIX4Dmatic, anda dengan mudah mengekspor ke PIX4Dsurvey, berkat workflow yang dapat berpindah ke antara sistem software PIX4D

“Saya tidak perlu menggunakan software lain untuk melakukan pemrosesan. PIX4Dmatic secara otomatis mengidentifikasi data proyek dan menggunakan peta kedalaman dari PIX4Dcatch yang memberikan hasil yang sangat berguna.” – Yiğit Yüksel, insinyur Geomatika, Atay

Proyek ini penting sebagai bagian dari restorasi yang sedang berlangsung di seluruh Ankara dan melestarikan warisan budaya dengan teknologi modern. Berkat alur kerja asli antara hardware dan software seluruh proses menjadi mudah dan efisien.

Jika ada pertanyaan lain, silahkan hubungi kami melalui:
Email: enterprise@halorobotics.com
WhatsApp: +62811-8549-888

For more infomation, visit our:
Website: https://halorobotics.com/
Online Store: https://halorobotics.com/shop/
Facebook: www.facebook.com/halorobotics/
Instagram: www.instagram.com/halorobotics/
LinkedIn: www.linkedin.com/company/halo-robotics
Subscribe to our YouTube Channel: www.youtube.com/halorobotics

Comments are closed.

Welcome to Halo Robotics

Button WA