Kecanggihan DJI Dock & Drone DJI Matrice 30T dalam inspeksi SUTET

Kecanggihan DJI Dock Drone DJI Matrice 30T dalam Inspeksi SUTET

Drone DJI Matrice 30T dalam inspeksi SUTET

Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) adalah komponen vital dalam infrastruktur kelistrikan yang mengirimkan listrik dari pembangkit ke berbagai daerah di Indonesia. Dimana inspeksi dan pemeliharaan rutin pada aset SUTET sangat penting untuk menjaga keandalan pasokan listrik dan mencegah gangguan listrik yang dapat mengganggu kehidupan sehari-hari. Namun, inspeksi SUTET seringkali melibatkan tantangan logistik yang besar dan berisiko tinggi, terutama ketika dilakukan di daerah yang sulit dijangkau.

Dalam era teknologi modern, sebagai distributor tunggal drone DJI Enterprise di Indonesia, Halo Robotics menghadirkan solusi revolusioner untuk membantu industri-industri esensial di Indonesia, salah satunya industri energi untuk membantu inspeksi SUTET. Teknologi ini adalah DJI Dock dan Drone DJI Matrice 30T.
Lantas, apa saja kecanggihan DJI Dock dan Drone DJI Matrice 30T dalam inspeksi SUTET? Simak artikel berikut sampai selesai.

DJI Dock: Sistem Penerbangan Drone Otomatis

DJI Dock adalah stasiun penerbangan drone otomatis yang dirancang khusus untuk drone inspeksi DJI Matrice 30T, hal ini memungkinkan operasi inspeksi SUTET dilakukan secara otomatis 24/7, siang dan malam, bahkan saat cuaca ekstrem -35 derajat – 50 derajat celcius.

Fitur Utama DJI Dock dalam mendukung Inspeksi SUTET

AUTONOMOUS FLIGHT

DJI Dock mengusung tagline “Work Smarter With Automation” yang artinya inspeksi aset SUTET dengan Dock dapat dilakukan secara otomatis tanpa memerlukan operator untuk peluncuran manual.

FAST CHARGE FOR MINIMAL DOWNTIME

Fitur yang kedua adalah “Fast Charge for Minimal Downtime” setelah misi inspeksi SUTET selesai, drone dapat kembali secara otomatis ke DJI Dock untuk pengisian ulang baterai dengan cepat yakni 25 menit dan terbang kembali untuk melanjutkan misi, guna meminimalkan waktu henti yang lama.

STATIC LOCATION

Dilengkapi dengan “Ingress Protection IP55”, DJI Dock tahan terhadap cuaca ekstrem dari -35℃ to 50℃ yang memungkinkan DJI Dock ditempatkan di area SUTET untuk memudahkan akses drone melakukan inspeksi berkala tanpa perlu khawatir kondisi Dock.

MONITORING INSPECTION

DJI Dock juga dilengkapi fitur pemantauan inspeksi secara real-time, yang mana operator dapat memantau operasi drone dari jarak jauh melalui software DJI FlightHub2. Fitur pemantauan real-time ini dapat membantu dalam pengambilan keputusan real-time selama inspeksi berlangsung. Karena fitur inilah DJI Dock dapat ditempatkan jauh dari pusat kendali, dan karena itu juga maintenance DJI Dock dapat dilakukan setiap 6 bulan sekali.

Tonton juga: DJI Dock Solusi Inspeksi Otomatis dan Sistematis pada Aset Yang Sulit Dijangkau

DJI Matrice 30T Dock Version: Solusi Drone Inspeksi SUTET

DJI Matrice 30T adalah drone yang dirancang khusus untuk inspeksi SUTET dan infrastruktur listrik lainnya. Dilengkapi dengan kamera berspesifikasi tinggi, drone DJI Matrice 30T memungkinkan pengumpulan data inspeksi SUTET yang akurat dan cepat dalam berbagai kondisi.

Fitur Utama Drone DJI M30T Dock Version dalam mendukung Inspeksi SUTET

SENSOR THERMAL
Drone DJI Matrice 30T Dock Version dilengkapi dengan sensor thermal 640 x 512px yang dapat mendeteksi hot spot seperti korsleting yang menyebabkan masalah serius pada sistem transmisi tenaga listrik.

Kecanggihan DJI Dock & Drone DJI Matrice 30T dalam inspeksi SUTET - sensor thermal24

KAMERA OPTICAL ZOOM
Selain sensor Thermal, drone DJI Matrice 30T Dock Version dilengkapi kamera optical zoom 48MP yang memungkinkan drone mendeteksi Korosi yang dapat melemahkan struktur fisik dan menyebabkan kerusakan aset SUTET dengan sangat jelas.

KEMAMPUAN TAHAN ANGIN
Drone DJI Matrice 30T dirancang memiliki 53km/h Max Wind Resistance untuk dapat terbang dalam kondisi angin yang kuat, memastikan bahwa inspeksi SUTET dapat terus berlanjut bahkan dalam kondisi cuaca yang tidak bersahabat.

PEMETAAN 3D
Selain dapat melakukan inspeksi visual, drone DJI Matrice 30T dapat membuat pemetaan 3D dari aset SUTET tersebut, yang mana data 3D ini memberikan inspektur gambaran yang lebih baik tentang kondisi infrastruktur aset SUTET.

SISTEM PENGHINDARAN TABRAKAN 

Drone DJI Matrice 30T Dock Version dilengkapi dengan Comprehensive obstacle avoidance sensor dan A.I computer vision systems untuk mencegah insiden tabrakan selama penerbangan bahkan dalam kondisi yang sulit.

Download Brosur Drone DJI Matrice 30T Dock Version Sekarang!

Kesimpulan

Kombinasi antara DJI Dock dan Drone DJI Matrice 30T Dock Version memberikan solusi yang sangat efisien dan efektif untuk inspeksi SUTET. Dengan peluncuran otonom, pemantauan jarak jauh, dan kemampuan inspeksi yang canggih, perusahaan kelistrikan seperti PLN Indonesia dapat mengurangi risiko bagi pekerja mereka dan meningkatkan akurasi inspeksi. Selain itu, penggunaan drone dalam inspeksi SUTET juga dapat mengurangi biaya operasional jangka panjang dengan menghindari kebutuhan akan helikopter atau pemeriksaan manual yang mahal.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui:
WhatsApp: +62 811-1909-0099
Email: sales@halorobotics.com
www.halorobotics.com

For more information, visit our:
Facebook : https://www.facebook.com/halorobotics/
Instagram : https://www.instagram.com/halorobotics/
LinkedIn : www.linkedin.com/company/halo-robotics
Youtube: https://www.youtube.com/@Halo-robotics/videos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Welcome to Halo Robotics

Button WA