Keamanan Data DJI FlightHub 2 | Software Berbasis Cloud

DJI FlightHub 2

DJI FlightHub 2 adalah software fleet management berbasis cloud untuk mendukung sinkronisasi dan kordinasi antar tim lapangan untuk dapat melakukan pekerjaan di area kerja secara real-time. Manajemen misi penerbangan DJI FlightHub 2 dan penglihatan langsung dari kamera drone dapat diakses dari mana saja menggunakan web browser pada komputer, tablet, dan juga smart phone. Pada saat operasi drone berlangsung, semua pihak dari pengambil keputusan dikantor sampai koordinator lapangan di area kerja, dapat mengakses operasi dan misi drone yang sama secara real-time untuk melihat data dari drone yang sedang diterbangkan. Software Fleet Management DJI FlightHub 2 juga mendukung fitur pemetaan secara langsung untuk dapat memberikan kemudahan pengambilan keputusan cepat pada situasi yang selalu berkembang di lapangan.

Sistem Topologi DJI FlightHub 2

Keamanan Data DJI FlightHub 2

Gambaran Keamanan Data DJI FlightHub 2

  • Link akses dilengkapi dengan multi-layer protection, termasuk WAF, dan one-device-one-key, untuk memastikan bahwa server tidak akan diserang dan untuk mencegah pembongkaran informasi penting apapun.
  • Dihosting di server AWS yang diterapkan di Virginia, AS
  • Sesuai ISO27001, CSA STAR Certified, dan SOC audited

*Sistem operasi dan maintenance DJI memiliki SOP yang sangat ketat

Keamanan Data DJI FlightHub 2

Keamanan Cloud (Cloud Security)

DJI menyediakan berbagai layanan cloud (cloud services) kepada pengguna untuk memperkaya fitur produk. Setelah mendapatkan izin dari pengguna, cloud akan menyimpan data. Bagian ini menjelaskan bagaimana DJI memberikan keamanan yang kuat untuk cloud services dan cloud storage.

Keamanan Akun Pengguna (User Account Security)

Semua aplikasi DJI menerapkan sistem akun terintegrasi, termasuk toko online, forum, aktivasi drone, dll
Jika aplikasi lain melakukan operasi akun via embedded web pages, OAuth, dan API yang relevan.
Berikut metode yang diadopsi oleh DJI untuk melindungi keamanan akun pengguna:

– Account Center Risk Management System
Sistem ini mendeteksi perilaku berbahaya, termasuk abnormal login, serangan tabrakan (collision attack), dan registrasi berbahaya (malicious registration). Sebagai contoh, gambar verifikasi akan diperlukan jika akun masuk di lokasi yang tidak termasuk dalam daftar lokasi yang umum digunakan.

– Traffic Limit: Untuk mencegah situs menerima volume permintaan berbahaya yang tinggi, pusat pengguna (user center) menetapkan traffic limit dan blacklist setiap IP yang berbahaya.

– User Informastion Encryption: Mengenkripsi informasi kunci pengguna dalam database dan mengenkripsi network traffics dengan HTTPS.

Keamanan DJI FlightHub 2 - keamanan Akun Pengguna - Halo Robotics

Keamanan Host (Host Security)

Sebenarnya layanan internet DJI atau DJI internet services diperuntukan terutama untuk keperluan Cloud, jadi keamanan layanan sangat bergantung pada cloud providernya. Kemudian DJI mempekerjakan Amazon AWS dan Alibaba Cloud sebagai penyedia layanan cloud (cloud service providers) yang dikenal dengan kualifikasi dan keandalan keamanannya yang sangat tinggi. AWS sendiri memiliki sertifikasi komitmen ISO 27001/27017/27018, dan Alibaba Cloud yang juga memiliki sertifikasi yaitu ISO 27001, selain itu AWS juga memiliki sertifikat STAR CSA dan SOC (Service Organizational Control) independent audits.

  • Untuk informasi saja terkait keamanan AWS (AWS security), informasi lebih lengkapnya klik link berikut ini aws.amazon.com/security/
  • Untuk informasi terkait keamanan atau Alibaba Cloud Security klik juga link berikut ini alibabacloud.com/trust-center

Bisa dilihat, DJI sangat mementingkan keamanan host dan menjadwalkan pemindaian untuk memeriksa konfigurasi host demi memastikan keamanan dapat ditangani.

Keamanan Aplikasi Internet (Internet Application Security)

Dalam kebanyakan kasus, permintaan jaringan akan melewati beberapa lapisan perlindungan keamanan yang dirancang oleh DJI sebelum mencapai backend, layanan, termasuk pembersihan traffics untuk anti-DDoS, web application firewall (WAF), dan runtime application berupa self-protection (RASP). DJI akan melakukan pengujian penetrasi dan analisis kode terhadap aplikasi online secara berkala. Selain itu, kode terkait aplikasi drone akan diaudit secara ketat oleh profesional keamanan jika “kerentanan” terdeteksi selama inspeksi, yang nantinya tim developer akan memperbaikinya sesegera mungkin dan seefisien mungkin.

Keamanan Data DJI FlightHub 2, Live Streaming, Cloud Storage, DJI Dock, Halo Robotics -

Keamanan Operasi (Operation Security)

Server-end operation security dijaga dan dioperasikan oleh tim operasi profesional DJI, tim operasi DJI sendiri mengikuti praktikum terbaik dari resource management dan authorization management yang direkomendasikan oleh Amazon AWS dan Alibaba Cloud, yakni observasi prinsip-prinsip Need-to-Know dan minimum otoritasi. Izin host dan sistem dialokasikan dan dikontrol dengan ketat. Sementara itu, operasi yang dilakukan di ujung server (server-end) dibatasi oleh standar operasional prosedur (SOP).
tim manajemen operasi dan maintenance DJI telah lulus sertifikasi ISO 27001 pada Februari 2022 dan terus memperoleh sertifikasi validitas. DJI diberikan sertifikasi ISO 27001 dan verifikasi independen oleh customers DJI karena keamanan informasinya.

Keamanan Data DJI FlightHub 2, Live Streaming, Cloud Storage, DJI Dock, Halo Robotics

Layanan Cloud dan Keamanan Data (Cloud Services and Data Security)

DJI menyediakan berbagai layanan cloud untuk pengguna tingkat konsumen dan pengguna tingkat perusahaan, yang hanya menyimpan data khusus pengguna dengan izin. DJI telah merumuskan “Spesifikasi Perlindungan Data Pribadi” sesuai dengan undang-undang dan peraturan terkait untuk mengatur penyimpanan data dari setiap aplikasi. Data pribadi seperti nama, email, lokasi geografis, dan catatan penerbangan akan dienkripsi menggunakan AES256 untuk memastikan semua data bersifat rahasia. Transmisi data DJI dienkripsi untuk mencegah pihak jahat mendapatkannya. Praktek-praktek ini ditentukan di bawah ini:

Keamanan Data DJI FlightHub 2

Data dan Komunikasi DJI FlightHub 2 (Data and Communication DJI FlightHub 2)

DJI FlightHub 2 adalah platform manajemen operasi drone berbasis cloud jarak jauh DJI. Ini terutama mencakup live streaming video, rute perencanaan, penjadwalan tugas penerbangan, manajemen media, dan pengoperasian & pemeliharaan peralatan DJI Dock. Data yang terlibat dalam komunikasi antara DJI FlightHub dan pesawat/DJI Dock mencakup hal berikut:

  • Video langsung dari kamera/FPV drone: pengontrol penerbangan SN, informasi pengguna, lintang, bujur, kecepatan, ketinggian, yaw angle, tim yang diperuntukan untuk drone, status motor, ketersediaan live camera, ketersediaan video recording, real-time power, informasi baterai, dan informasi rute;
  • File media, informasi transmisi video, informasi file, dll.
    Data di atas akan diunggah dan disimpan dengan persetujuan pengguna. Komunikasi terenkripsi HTTPS dan WSS didukung selama proses komunikasi. Untuk informasi streaming video, settingan anti-leech juga didukung. DJI FlightHub 2 mengunggah, menyimpan, dan mengelola data di server cloud yang dioperasikan oleh Amazon Web Services, yang sesuai dengan sertifikasi keamanan ISO/IEC 27001.
Keamanan DJI FlightHub 2 - DJI Dock - Halo Robotics - Drone

Pengguna harus mengotorisasi koneksi (authorize the connection) terlebih dahulu sebelum menggunakan versi cloud dari DJI FlightHub. Jika tidak ada otorisasi pengguna (user authorization) maka tidak ada data yang akan keupload ke cloud DJI FligtHub. Jika pengguna harus menghapus data media yang terupload, mereka juga bisa menghapus corresponding record di page Media Files. Public cloud disebarkan dan dimanage di server pihak ketiga yang independent, jadi data itu tidak saling berinteraksi satu sama lain.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:
Halo Robotics: DJI Enterprise Gold Distributor, Indonesia
Email: sales@halorobotics.com
WhatsApp: +62811-1909-0099
WhatsApp: +62811-8549-888

For more information, visit our:
Website : https://halorobotics.com/
Online Store : https://halorobotics.com/shop/
Facebook : https://www.facebook.com/halorobotics/
Instagram : https://www.instagram.com/halorobotics/
LinkedIn : www.linkedin.com/company/halo-robotics
YouTube : https://www.youtube.com

Comments are closed.

Welcome to Halo Robotics

Button WA