Inspeksi Aset Telekomunikasi dengan Software PIX4DInspect

Inspeksi Aset telekomunikasi datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, dan tidak semua harus dipasang di menara telekomunikasi. Anda akan menemukan aset telekomunikasi menyamar di pohon buatan, di atas bangunan, atau kasus di Prancis dimana aset telekomunikasi berada di atas tower air, dimana ada 16.000 menara air di Prancis.

Baru-baru ini, Instadrone diminta untuk mendigitalkan dan memeriksa aset yang dipasang di tower air. Kliennya yang bernama Illiad, salah satu operator telekomunikasi besar di Prancis, tidak memiliki catatan struktur sebelumnya dan oleh karena itu membutuhkan model 3D yang akurat dan komprehensif untuk mempelajari peralatan apa yang ada di menara, apakah ada ruang tersisa untuk memasang peralatan baru, dan untuk rencana maintenance yang lebih baik di masa depan.

Instadrone adalah penyedia layanan drone yang bekerja di seluruh Prancis yang menawarkan inspeksi, layanan pertanian, komunikasi, survei, dan analisis topografi. Didirikan pada tahun 2014 oleh Cédric Botella, perusahaan ini menginvestasikan energi dan sumber daya ke dalam inspeksi aset dan infrastruktur dengan drone. Mereka ingin merampingkan inspeksi menara telekomunikasi dengan drone untuk menyediakan end-to-end workflow yang mencakup segala hal mulai dari pengambilan data hingga analisis data.

Project Details

Detail Project Inspeksi Aset Telekomunikasi di Prancis

Mendigitalisasi Tower Air dengan Drone DJI M300 RTK dan Payload Zenmuse P1

Untuk proyek ini, tujuan penerbangan drone adalah untuk mengumpulkan data tentang menara dan aset telekomunikasinya demi mengetahui kondisi aset-asetnya dengan tujuan membuat perencanaan maintenance yang lebih baik, melepas peralatan yang sudah lama dan memasangkan aset yang baru.

Pilot Instadrone menggunakan drone M300, yang merupakan model multirotor. Desain multicopter ini adalah desain hardware terbaik untuk inspeksi telekomunikasi karena lebih dapat bermanuver dan dapat menangkap sisi dan sudut objek statis dengan lebih baik. M300 dipasang dengan kamera DJI Zenmuse P1. Data yang diambil dengan drone ini diunggah ke PIX4D dan menghasilkan data digital twin yang memiliki tingkat detail yang tinggi dengan tingkat akurasi 1 centimeter per-piksel. Akurasi ini sangat ideal untuk inspeksi karena itu kesalahan kecil pun dapat dideteksi hanya dengan citra drone.

Drone yang sedang beroperasi mengambil gambar tower air

Menginventaris Gambar Tower Secara Otomatis

Berkat kecerdasan buatan (AI) memberikan solusi skalabel yang dapat direplikasi di berbagai site. Software ini secara otomatis mengenali semua ancillary boxes, panel, dan microwave antennas yang ada di tower air, termasuk dimensinya (azimuth, downtilt, plumb, dan height). Ini akan menghemat banyak waktu dibanding cara manual untuk mengidentifikasi setiap aset dari gambar yang mereka ambil.

Semua aset secara otomatis ditambahkan ke Inventaris Tower di PIX4Dinspect

Terakhir Analisis Tower dan Kondisi Aset dengan PIX4Dinspect

Bersamaan dengan peninjauan otomatis dengan AI, tim Instadrone melakukan analisis sites mereka sendiri menggunakan Tower Air yang sudah digital di aplikasi PIX4D Mereka memeriksa dan menandai semua peralatan sesuai dengan kondisinya dengan menetapkan tingkat keparahan untuk menentukan tindakan yang segera diperlukan. Peninjauan dengan PIX4D anda dapat mengidentifikasi beton yang retak atau tutup yang hilang. Mereka juga mengidentifikasi mur dan baut yang hilang, kabel yang tidak berfungsi, serta karat.

Menemukan kabel yang tidak bermanfaat melalui visual inspeksi

Anda Memiliki Semua Informasi Penting di Satu Tempat

Aplikasi ini mengumpulkan data inventaris dari foto yang telah diambil dan dipilih yang terbaik secara otomatis oleh AI. Semua anotasi dapat dilihat, termasuk pengukuran, foto yang relevan, dan tingkat keparahan. Dan inilah laporan yang dikirim oleh klien dan tim teknisi, agar semua orang mengetahui perkembangan setiap sitenya.

Full Service: Dari Data Gambar Menjadi Data Analis

Instadrone memberikan layanan penuh kepada klien mulai dari menangkap menara dengan operator drone, hingga membuat digital twin dan asetnya, serta menganalisisnya. Teknisi mereka mengidentifikasi area yang memerlukan tindakan segara berkat Software PIX4Dinspect. Dengan ini Instadrone berhasil membuktikan value layanan mereka. Apakah perusahaan anda ingin menjadi salah satunya?

Tonton video ini untuk mempelajari lebih lanjut mengenai PIX4Dinspect:


Jika ada pertanyaan lain, silahkan hubungi kami melalui:
Email: enterprise@halorobotics.com
WhatsApp: +62811-8549-888

For more information, visit our:
Website: https://halorobotics.com/
Online Store: https://halorobotics.com/shop/  
Facebook: www.facebook.com/halorobotics/
Instagram: www.instagram.com/halorobotics/
LinkedIn: www.linkedin.com/company/halo-robotics
Subscribe to our YouTube Channel: www.youtube.com/halorobotics

Comments are closed.

Welcome to Halo Robotics

Button WA