EMLID: Cara Memilih GNSS Receiver Yang Tepat Untuk Survei dan Pemetaan

Baru-baru ini, Halo Robotics sebagai distributor resmi EMLID, telah memperluas jangkauan receiver dengan dua produk terbarunya Emlid yaitu Emlid Reach RX dan Emlid Reach RS2+. Mengidentifikasi semua fitur dan memilih receiver mana yang tepat untuk alur kerja anda mungkin akan membingungkan, oleh karena itu baca artikel ini untuk mengetahui opsi mana yang tepat untuk kasus anda.

1. Tentukan Alur Kerja Terlebih Dahulu

Jika anda membutuhkan rover yang mudah digunakan untuk survei RTK (Real-Time Kinematic) di site dengan akses internet, maka anda bisa pilih Reach RX. Emlid Reach RX ini cukup compact dan ringan, sehingga anda dapat membawanya kemanapun anda pergi.

Reach RX berfungsi dengan corrections network apapun (NTRIP). Dipasangkan dengan aplikasi ReachView 3, Reach RX cocok untuk area dengan jangkauan seluler. ReachView 3 menggunakan koneksi Internet di ponsel atau tablet anda untuk mengakses NTRIP corrections dan mengirimkannya ke Reach RX melalui Bluetooth. Dengan Reach RX, anda bisa mendapatkan data yang tepat dalam mode RTK di lokasi site anda, dan anda dapat mengekspornya untuk digunakan lebih lanjut di software CAD atau GIS. Tidak diperlukan pasca-pemrosesan.

Sedangkan Reach RS2+ adalah receiver yang lengkap dan dapat digunakan di berbagai jenis pekerjaan. Percayalah gunakan Reach RS2+ jika anda melakukan survei di area tanpa Internet dan teknik yang berbeda termasuk RTK, PPK (Post-processed kinematic), dan PPP (Precise point positioning).

EMLID: Cara Memilih GNSS Receiver Yang Tepat Untuk Survei dan Pemetaan

Jika anda lebih suka PPK, dengan Reach RS2+, anda dapat mencatat data RINEX untuk pasca-pemrosesan lebih lanjut. Anda juga dapat dengan lancar menggunakan log RINEX dengan OPUS, AUSPOS, dan layanan PPP populer. Untuk survei RTK di lokasi dengan jangkauan seluler, gunakan Reach RS2+ dengan modem LTE internal untuk menyiapkan koneksi melalui NTRIP. Saat tidak ada Internet di lokasi kerja anda, anda dapat melakukan survei dengan dua unit Reach RS2+ yang terhubung melalui radio LoRa.

Cara Memilih GNSS Receiver yang Tepat Antar Emlid Reach RS2+ dan Reach RX

Setup Base Station dan Rovernya

Saat memilih receiver yang tepat untuk pekerjaan anda, anda harus mengenali perbedaan base station dan kemampuan rovernya. Reach RS2+ dapat bertindak sebagai base station yang mentransmisikan koreksi GNSS dan sebagai rover yang menerima koreksi dari sumber lain. Ini memungkinkan anda untuk melakukan survei dengan Reach RS2+ dalam beberapa skenario, misalnya:

  • 2x menggunakan unit Reach RS2+ sebagai base station dan rover yang terhubung melalui LoRa,
  • 2x menggunakan unit Reach RS+ yang terhubung melalui Emlid NTRIP Caster,
  • Menggunakan Reach RS2+ sebagai base station untuk receiver lain atau sUAV berkemampuan RTK,
  • Menggunakan Reach RS2+ sebagai rover yang terhubung ke jaringan koreksi.
EMLID: Cara Memilih GNSS Receiver Yang Tepat Untuk Survei dan Pemetaan

Sedangkan Reach RX adalah network rover yang membutuhkan koreksi GNSS untuk mencapai pemosisian yang tepat hingga skala cm. Untuk streaming koreksi Reach RX, anda dapat menerapkan salah satu skenario berikut:

  • Hubungkan Reach RX ke layanan NTRIP publik mana pun
  • Gunakan Reach RS2 atau RS2+ sebagai basis dan Emlid Caster gratis sebagai cara untuk mengirim koreksi untuk Reach RX.

Konfigurasi

Reach RX dirancang untuk menyederhanakan pengumpulan data, sehingga anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menyiapkan receiver. Yang anda butuhkan untuk memulai adalah memasukkan kredensial untuk jaringan koreksi anda. Konfigurasi nol sama dengan nol kemungkinan pengaturan yang salah.

Kemudahan penggunaan juga merupakan salah satu fitur utama Reach RS2+. Receiver berfitur lengkap profesional ini menyediakan opsi untuk memilih pengaturan anda tergantung pada alur kerja anda. Jika anda memerlukan pengaturan GNSS lanjutan seperti SNR atau Elevation mask, anda dapat mengonfigurasinya di aplikasi ReachView 3.

Bandingkan Spesifikasi Emlid Reach RX dengan Emlid Reach RS2+

Cara memilih gnss receiver yang tepat

Intinya, Reach RX adalah rover yang berguna untuk survei RTK di daerah perkotaan yang dapat menjangkau jaringan seluler. Dalam kasus lain, jika anda menghadapi berbagai kondisi kerja dan perlu melakukan survei baik di RTK maupun PPK, maka Reach RS2+ akan membantu.

Tonton juga video penjelasan RTK & PPK untuk mendapatkan informasi data survey dan mapping yang tepat dan akurat disini:

Jadi gimana? sudahkah anda memutuskan GNSS Receiver yang tepat untuk anda?
Pesan Emlid Reach RS2+ di Halo Robotics dengan menghubungi kami melalui:
Email: sales@halorobotics.com
WhatsApp: +62811-1909-0099

For more information, visit our:
Website : https://halorobotics.com/ 
Online Store : https://halorobotics.com/shop/ 
Facebook : https://www.facebook.com/halorobotics/ 
Instagram : https://www.instagram.com/halorobotics/
LinkedIn : www.linkedin.com/company/halo-robotics
YouTube : https://www.youtube.com/halorobotics

Comments are closed.

Welcome to Halo Robotics

Button WA