10 Fitur Drone Keamanan Publik Yang Wajib Diketahui

10 Fitur Drone Keamanan Publik Yang Wajib Diketahui dan cara menggunakannya, tutorial drone, halo robotics

Fitur Drone Keamanan Publik

Dalam landscape keselamatan publik yang terus berkembang, drone telah menjadi alat penting dalam memberikan respons yang efisien dan efektif, baik untuk memitigasi kebakaran hutan, mendokumentasikan bencana alam, atau meningkatkan aktivitas secara real-time. Sehubungan dengan itu pilot drone pasti mengandalkan “data” untuk membuat keputusan di lapangan, terlebih untuk situasi-situasi yang sangat kritis, oleh karena itu memahami fitur dan kemampuan drone menjadi penentu, fitur yang mana yang tepat untuk penyelamatan nyawa.

Lantas, fitur drone keamanan publik apa saja yang mesti rekan-rekan ketahui guna meningkatkan strategi keselamatan publik? Simak artikel selengkapnya di bawah ini:

1. Fitur PinPoint dan Location Sharing

PinPoints yaitu fitur keamanan publik yang memungkinkan rekan-rekan mendapatkan titik koordinat lokasi dengan menjatuhkan pin di lokasi yang sedang dilihat di Pilot 2. Fitur ini sangat berguna saat mendeteksi objects of interest atau objek menonjol seperti pencarian orang hilang. Fitur ini akan sangat berguna apabila dikombinasikan dengan penggunaan sensor thermal seperti yang ada pada drone DJI Matrice 30T atau DJI Mavic 3T. Lantas, bagaimana cara membagikan “pin” tersebut untuk tim yang berada di darat untuk eksekusi yang lebih cepat? berikut caranya:

Dengan Pilot 2 Offline Export untuk semua pin:

  1. Tap and hold the pin button Tekan dan tahan tombol pin
  2. Periksa semua pin
  3. Export ke SD Card
  4. Import ke program yang digunakan tim lapangan

 

Dengan Pilot 2: Membagikan lokasi pin tertentu melalui QR Code:

  1. Pilih pin yang di peta
  2. Pilih icon export dan scan QR Code dengan handphone
  3. Kirim/Bagikan ke tim

 

2. Panorama

Rekan-rekan bisa mendapatkan hasil data pencitraan beresolusi tinggi dari suatu area dengan cepat menggunakan drone melalui “automated mission”, yang mana untuk mendapatkan data ini dapat direncanakan terlebih dahulu melalui Pilot 2 dan memprosesnya di software DJI FlightHub 2 (Software berbasis cloud) atau DJI Terra (Offline software yang memerlukan spesifikasi komputer yang cukup tinggi).

Dalam situasi yang kritis memiliki perspektif cepat terhadap situasi menjadi kunci dalam merencanakan strategi penyelamatan, disinilah fitur drone keamanan publik Panorama sangat bermanfaat, seperti penangkapan 360 derajat yang cepat, ukuran file yang kecil sekitar (~30MB), geolokasi yang tepat untuk penangkapan lokasi, dan kemudahan uploading data ke map services seperti DJI FlightHub 2.

Cara menggunakan fitur drone keamanan publik “Panorama” di Pilot 2:

  1. Pilih Photo Mode > Photo > Panorama > Tekan tombol Capture
  2. Supported by Mavic 3 Enterprise Series, Matrice 30 Series, M300/M350 + H20 Series
  3. Untuk melihat di external device, hasil panorama haris diimport ke viewer seperti DJI FlightHub 2 yang support menampilkan output gambar.

 

3. Customized Flight Areas

Banyak lembaga yang sudah mengerahkan drone sebagai first responder operations (DFR), atau di Indonesia contohnya seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kepolisian Republik Indonesia (POLRI), serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Untuk hal ini, fitur drone keamanan publik DJI Dock dapat menjadi solusi keamanan publik secara otomatis dan real-time, DJI Dock ini juga memiliki kemampuan untuk membuat custom area penerbangan khususnya dengan drone yang memang diperuntukkan untuk penggunaan DJI Dock yaitu DJI Matrice 30 Dock Version. Jadi rekan-rekan di sini bukan hanya dapat menentukan di mana drone harus dan tidak boleh terbang, namun drone bisa kembali ke rumah atau “return to home” untuk menghindari terbang melalui no-fly zones secara otomatis.

Baca Juga: DJI Dock: Solusi Pencarian dan Penyelamatan Bencana Alam

Cara Membuat Custom Flight Area

  1. Connect atau hubungkan drone ke DJI Dock atau DJI FlightHub
  2. Connect aircraft and/or DJI Dock to FlightHub 2
  3. Arahka ke sub-menu geocaging
  4. Gambar area penerbangan yang diinginkan
  5. Sinkronkan dengan dronenya

 

4. Local Data Mode for Secure Missions

Saat pertama kali membuka aplikasi Pilot 2 dengan remote controller, operator dapat mengaktifkan mode local data, yang mana mode local data ini dapat menonaktifkan koneksi internet apapun antara aplikasi Pilot 2 dan Internet.

Selain kemampuan untuk beroperasi sepenuhnya secara offline, operator juga memiliki kemampuan untuk membawa item-item penting untuk operasi offline melalui SD Card termasuk firmware update, FlySafe unlocking certificates, dan maps. Tool-tool fitur drone keamanan publik inilah memungkinkan operator untuk memastikan bahwa mereka masih memiliki kemampuan yang mereka perlukan saat beroperasi secara offline.

Cara mengaktifkan Local Data Mode

  1. Pilih icon security di home page aplikasi Pilot 2
  2. Buka bagian Network Security Mode
  3. Aktifkan Local Data Mode

 

5. Fitur Drone Keamanan Publik “Look At Pin”

Drone dapat dikerahkan dengan cepat saat melakukan pengejaran untuk memberikan wawasan kepada tim darat. Operator drone dapat menjatuhkan pin dan kemudian dengan mudah membuat kamera secara otomatis berpindah kembali ke lokasi pin dengan menekan sebuah tombol.

Di pojok kiri atas, Anda akan menemukan fitur drone keamanan publik “Look at Pin”. Saat mengklik “Pin” terakhir yang dijatuhkan dipilih, kamera drone dapat dengan cepat berpindah ke lokasi yang dipilih di peta atau istilahnya fitur ini adalah shortcut.

 

6. Annotations dan Flight Paths

Fitur drone keamanan publik FlightHub 2 menyediakan opsi untuk komunikasi dua arah antara tim darat dan pusat kendali melalui live streaming, telemetry view, dan kemampuan untuk menyinkronkan anotasi termasuk garis, titik, dan poligon. Hal ini memudahkan pusat kendali untuk menetapkan lokasi dan area yang akan dicari oleh tim drone. Tim mungkin ingin melihat ke mana drone itu terbang setelah sekian lama beroperasi.

 

Cara Melihat Flight Paths di FlightHub 2

  1. Import DJI Pilot 2 flight record ke dalam layanan pihak ketiga sepeti AirData
  2. Kelompokkan penerbangan ke dalam satu file dan eksport
  3. Import ke map service pilihan seperti DJI FlightHub 2

 

7. Fitur Drone Keamanan Publik “Smart Track”

Sekarang drone dapat digunakan sebagai second point of view bagi tim darat yang memberikan insight penting bagi petugas drone keamanan publik atau operator. Yang mana custom smart tracking ini memungkinkan operator mengurangi beban kognitif hanya dengan menyesuaikan gimbal untuk mentracking tim darat secara otomatis menggunakan kamera zoom yang ada pada drone DJI M30 Series misalnya, atau sensor H20 Series yang penggunaannya bersama drone DJI Matrice 350 terbaru.

Cara menggunakan fitur drone keamanan publik “Smart Track”

  1. Klik enable Smart Track
  2. Tekan, drag, dan custom box sebesar objek
  3. Pilih “Track”
  4. Smart track akan aktif secara otomatis

Download Brosur Drone DJI Matrice 30 Series Sekarang

 

8. Fitur Drone Keamanan Publik “Night Scene”

IR Beacon dapat digunakan untuk mengidentifikasi anggota tim dalam kondisi gelap. IR Beacon hanya akan muncul ketika kamera Zoom visual (RGB) berada dalam mode “Night Scene” (IR Cut).

 

 

9. Fitur Drone Keamanan Publik “Live Streaming”

Tidak masalah apakah itu penegakan hukum, pemadaman kebakaran, atau pencarian dan penyelamatan, mengintegrasikan drone keselamatan publik adalah soal kerja sama tim. Kolaborasi antara pilot dan tim darat mengharuskan operator non-drone untuk memiliki akses terhadap bird-eye view drone, untuk mengkomunikasikan temuan dan membuat keputusan yang akurat.

Fitur drone keamanan publik Live Streaming adalah alat yang umum digunakan oleh operator untuk merespons insiden. Hal ini dapat dilakukan melalui software fleet management FlightHub 2 di mana link video dapat dengan mudah dibagikan kepada pemangku kepentingan untuk meningkatkan keandalan dan kecepatan jaringan bagi operator di lokasi tetap (fixed location), yang mana remote controller juga bisa dihubungkan langsung dengan ethernet jika dibutuhkan.

10 Fitur Drone Keamanan Publik Yang Wajib Diketahui-live streaming

10. Penerbangan Orbit untuk Rekonstruksi Kejadian

Baik mendokumentasikan lokasi kecelakaan di jalan raya atau insiden lainnya, membuat model 3D yang detail dan akurat telah menjadi alat penting untuk keperluan penyelamatan. Meskipun data pemetaan diambil dari atas dalam pola “mesin pemotong rumput”, menambahkan citra miring yang mendetail dari orbit di ketinggian yang lebih rendah dapat berguna untuk mendapatkan detail objek atau struktur vertikal yang lebih baik. Sebelum pembaruan firmware V7.1, orbit ini harus diterbangkan secara manual, sehingga menyulitkan pilot yang kurang berpengalaman untuk menangkap data ini, tetapi sekarang data tersebut dapat dengan mudah diotomatisasi dengan Mavic 3 Enterprise Series.

10 Fitur Drone Keamanan Publik Yang Wajib Diketahui-fitur orbit flight for scene reconstruction

Cara Mengaktifkan Orbit:

  1. Jatuhkan pin di tengah-tengah scene pada ketinggian orbit
  2. Terbangkan drone ke ukuran orbit yang diinginkan
  3. Aktifkan dengan mengklik “Enable Orbit”
  4. Gunakan kanan kiri untuk mulai mengorbit, optional: rekan-rekan bisa terbang perlahan satu orbit untuk memeriksa rute
  5. Kunci kecepatan dengan menekan C1

Cara Mengaktifkan Orbit dengan Automate Photo Capture

  1. Kunci pitch gimbal dengan menekan tombol C2
  2. Aktifkan pengambilan foto
  3. Selesaikan orbit secara menyeluruh
  4. Hentikan pengambilan foto
    Opsional: Ulangi pada ketinggian yang lebih rendah/lebih tinggi untuk data tambahan

Kesimpulan

Fitur-fitur drone keamanan publik memiliki peran krusial dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas respons dalam situasi-situasi kritis. Fitur seperti PinPoint dan Location Sharing memungkinkan tim mendapatkan koordinat lokasi secara akurat, sedangkan Panorama memberikan data pencitraan beresolusi tinggi untuk pemahaman yang lebih baik. Customized Flight Areas dengan DJI Dock memberikan kontrol penuh atas area penerbangan, sementara Local Data Mode memastikan operasi yang aman dan tanpa ketergantungan pada internet. Fitur Look at Pin, Annotations, dan Flight Paths memfasilitasi komunikasi dan analisis data, sedangkan Smart Track, Night Scene, dan Live Streaming meningkatkan kemampuan operasional di berbagai kondisi. Penerbangan Orbit untuk rekonstruksi kejadian membuktikan kemajuan dalam dokumentasi kejadian kritis. Dengan demikian, pemahaman mendalam terhadap fitur-fitur ini menjadi kunci untuk mengoptimalkan strategi keselamatan publik menggunakan teknologi drone.

10 fitur drone keamanan publik yang wajib diketahui dan cara menggunakannya

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui:
WhatsApp: +62 811-1909-0099
Email: sales@halorobotics.com
www.halorobotics.com

For more information, visit our:
Facebook : https://www.facebook.com/halorobotics/
Instagram : https://www.instagram.com/halorobotics.official/
Instagram: https://www.instagram.com/djiagras.halorobotics/ 
LinkedIn : www.linkedin.com/company/halo-robotics
Youtube: https://www.youtube.com/@Halo-robotics/videos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Welcome to Halo Robotics

Button WA