Elios 3 UT Payload: Solusi Drone Inspection untuk Badan Kapal

Semua kapal harus menjalani pemeriksaan berkala khusus untuk memastikan kapal aman untuk dioperasikan. Pemeriksaan dapat mengeluarkan biaya yang mahal dan membutuhkan waktu yang lama. Penggunaan drone dalam inspection kapal memiliki manfaat yang signifikan, mulai dari kecepatan, keamanan, visualisasi dan dokumentasi yang lebih baik, hingga pengelolaan data yang efisien serta hasil inspeksi yang lebih mendetail.

Halo Robotics, sebagai penyedia layanan inspeksi NDT menggunakan drone, menghadirkan Elios 3 UT Payload. yang dirancang untuk mengakses ruang terbatas, mengurangi risiko tim inspeksi, dan meningkatkan efisiensi waktu dan biaya. Drone ini mampu mengumpulkan data penting yang vital untuk sertifikasi kondisi aset dan mengidentifikasi potensi kebutuhan perawatan lebih awal. 

Badan kapal harus diperiksa dengan pengukuran ketebalan ultrasonik (UT) untuk memastikannya secara struktural kokoh, serta pemeriksaan visual pada area target. Hal ini difokuskan pada area tengah kapal yang berada di bawah tekanan paling besar saat kapal berada di laut. Pemeriksaan ini sangat penting untuk mengidentifikasi kesalahan yang mungkin tidak terlihat oleh mata manusia atau tersembunyi di dalam struktur kapal. 

Inspeksi UT pada Kapal

Proses untuk mengakses titik inspeksi UT dan melakukan pengukuran biasanya memerlukan waktu kerja berjam-jam. Awak kapal yang memasuki tempat tersebut dan memasang scaffolding memiliki risiko tinggi karena bekerja di tempat yang tinggi.

Bagaimana Drone Inspeksi UT Melayani Industri Maritim

Elios 3 dan payload UT barunya. Drone ini mampu melakukan pemetaan LiDAR dan inspeksi visual secara mendetail. Gambaran visual sangat penting untuk survei berkala karena semua visualisasi harus diambil dari jarak jauh dari objek yang sedang diperiksa. Drone dengan cepat mengumpulkan data visual pada jarak yang diperlukan tanpa harus memanjat scaffolding atau bekerja di ruang terbatas.

Melakukan Inspeksi UT Kapal Dengan Elios 3

Metode inspeksi berbasis drone jauh lebih cepat daripada metode tradisonal dengan menggunakan scaffolding. Saat peralatan berada di atas kapal, inspeksi UT dapat segera dimulai dan dapat menghemat biaya pengeluaran dibandingkan dengan metode scaffolding.

Pengguna dapat menerbangkan drone Elios 3 disekitar tangki dan melakukan pengukuran dibeberapa lokasi seperti yang dipersyaratkan dan area yang diminta.

Elios 3 dapat menyederhanakan inspeksi visual yang diperlukan untuk proses ini. Drone dapat mengumpulkan data visual dan UT selama penerbangan, memberikan pandangan jarak dekat dari area yang disurvei. Hal ini memungkinkan memperoleh informasi dibutuhkan dua kali lebih cepat dengan menempatkan satu drone yang difokuskan pada inspeksi visual dan mengukur titik UT. Hal ini memberikan hasil yang mencakup tampilan visual yang jelas dari titik-titik yang menarik dan pengukuran titik UT. 

Inspektur dapat menyusun data ke dalam format yang diminta dan menyerahkan hasil pemeriksaan untuk ditinjau. Ini jauh lebih cepat daripada metode tradisional karena semua pengumpulan data diselesaikan sekaligus.

Manfaat Drone Inspection untuk Badan Kapal

1. Keamanan

Penggunaan Elios 3 dapat meminimalkan kebutuhan untuk bekerja di ketinggian, perancah, atau memasuki ruang terbatas, sehingga secara signifikan dapat mengurangi risiko yang terkait dengan pemeriksaan badan kapal atau tangki.

2. Kecepatan

Elios 3 dapat digunakan dalam waktu 30 menit setelah tiba di lokasi, dan membantu menghemat ribuan jam kerja yang dihabiskan untuk scaffolding.

3. Menghasilkan Data yang Lebih Detail

Hasil dengan Elios 3 dapat dilihat dalam model 3D, sehingga memudahkan identifikasi dan pengembalian ke titik yang menarik untuk analisis lebih lanjut atau pekerjaan pemeliharaan.

Dengan manfaat ini, inspeksi kapal menggunakan drone menjadi pilihan yang efisien dan aman dalam menjaga kelayakan operasional kapal dan mengoptimalkan operasional secara keseluruhan.

Kesimpulan

Elios 3 UT Payload dapat menyelesaikan inspeksi ketebalan visual dan ultrasonik pada aset di berbagai industri, mulai dari maritim hingga industi minyak dan gas. Hasil yang dicapai dengan menggunakan drone ini membedakan metode tradisional melalui peningkatan kecepatan, keamanan, dan kualitas data komprehensif. Metode ini telah membuka era baru untuk ruang terbatas dan inspeksi UT yang menantang.

Baca Juga: NDT (Non Destructive Testing) pada Industri Semen | Elios 3 UT Payload

Welcome to Halo Robotics

Button WA