Drone Polisi Menangkap Tersangka Melarikan Diri di Ohio

Drone Polisi Membantu Pihak Kepolisian Menangkap Tersangka Melarikan Diri di Ohio

Pada tanggal 18 Januari 2023, pihak kepolisian di Ohio Amerika Serikat mengarahkan pasukan Patroli Jalan Raya Negara Bagian Ohio dan Deputi Kabupaten Ottawa untuk melakukan patroli di persimpangan Rute 2 Ohio dan Jalan Tettau di Kotapraja Erie, saat itu mereka menemukan sebuah mobil yang ditinggal oleh pengemudinya dengan kondisi rusak dan menabrak tiang listrik sampai-sampai tiang listrik tersebut menjuntai ke jalanan, diduga mobil melaju dengan kecepatan tinggi hingga menabrak pagar pemakaman dan menyebabkan beberapa kerusakan pada batu nisan.

Setelah melakukan pencarian selama beberapa jam, salah satu petugas patroli Stephen Levorchick mendapatkan telepon dari seorang penduduk yang berada sekitar satu mil dari lokasi kecelakaan mengatakan bahwa anjing mereka keluar setelah melihat ada seseorang yang lari tepat di depan rumahnya.

Setelah mendengar itu petugas patroli bergegas meminta bantuan kepolisian Port Clinton yang mana mereka baru saja membeli drone dengan kemampuan pencitraan thermal, “Ini pertama kalinya kita keluar dengan drone” kata petugas informasi publik kepolisian Port Clinton, Mike Kilburn.

Saat itu juga, drone polisi yang dilengkapi dengan sensor thermal dikerahkan ke arah hutan lebat atas saran seorang detektif yang yakin melihat tersangka pergi ke arah hutan dan dengan cepat drone mengidentifikasi dan mengikuti tersangka, sementara pada saat bersamaan tim kepolisian mengepung daerah tersebut. 

drone polisi DJI M30T
Drone Polisi Menangkap Tersangka Melarikan Diri di Ohio

Saat ditemukan, tersangka berusaha berbalik arah sebelum akhirnya mengangkat tangan untuk menyerah. Berkat bantuan teknologi drone Kepolisian Ohio menangkap tersangka beridentitas pria 24 tahun dari Olmsted Utara yang sedang mengalami krisis mental pada saat itu, atas penangkapannya tersangka mendapat 4 dakwaan pelanggaran ringan dan dakwaan tambahan karena menghalangi bisnis resmi.

Kesimpulan

Dari kasus diatas, penegak hukum menilai insiden tersebut menunjukkan value dari investasi sebuah drone, dipertegas dengan fakta bahwa drone polisi dapat dikerahkan dengan cepat dan dari segi biaya yang jauh lebih murah jika dibandingkan menggunakan helikopter untuk tujuan yang sama. 

Di lain kasus, menurut Kepala Polisi Port Clinton, David Scott, drone polisi dapat digunakan dalam berbagai skenario termasuk membantu menemukan orang yang lanjut usia yang mungkin tersesat dan hilang, membantu kasus kebakaran besar dengan memberi pandangan lain dari udara dan mengidentifikasi titik-titik panas, serta dapat digunakan sebagai “CCTV” pada saat pihak kepolisian beraksi di lapangan.

Dalam hal ini, drone polisi digambarkan sebagai alat yang “sempurna”.

Rekomendasi Drone yang dapat diterapkan di Indonesia

Drone Thermal DJI M30T

Harga Drone polisi DJI M30T

Spesifikasi Drone DJI M30T

Drone terbaru yang dirilis pada tahun 2022 yang memang diperuntukan untuk misi keselamatan adalah drone thermal DJI M30T drone yang dilengkapi dengan multi-sensor yakni kamera RGB, kamera Thermal, sensor Night Vision, dan Laser Rangefinder. Drone M30T memiliki waktu penerbangan yang panjang yaitu 41 menit, jangkauan transmisi 15 km dan rate IP55 yang memungkinkan drone M30T beroperasi saat hujan deras, angin kencang dan di kondisi cuaca ekstrem antara -20° C hingga 50° C.

Harga Drone DJI M30T

Harga drone DJI M30T: Rp. 210.000.000,
untuk pemesanan silahkan hubungi kami disini

Comments are closed.

Welcome to Halo Robotics

Button WA