DJI Dock 2: Drone Security Camera untuk Meningkatkan Perlindungan Aset

Penggunaan drone oleh sektor keamanan atau lembaga penegak hukum telah tumbuh secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini karena kemajuan teknologi drone security camera yang lebih efisien digunakan. Drone security camera digunakan untuk melakukan pemantauan dan keamanan yang efektif yang dapat membantu kepolisian atau sektor keamanan mengelola risiko.

Halo Robotics sebagai distributor drone DJI Enterprise di Indonesia, merekomendasikan DJI Dock 2 sebagai solusi meningkatkan perlindungan aset dengan efisien.

Drone security camera

Dalam beberapa tahun terakhir sektor keamanan mengandalkan drone security camera untuk mengevaluasi risiko, menanggapi potensi penyusup, dan melindungi aset berharga. DJI Dock 2 berfungsi untuk mengumpulkan informasi dari udara tentang situasi di lapangan yang memungkinkan untuk mengerahkan personel secara efektif.

Tantangan Keamanan Metode Tradisional

Metode keamanan secara tradisional sering kali gagal mengatasi ancaman yang dihadapi saat ini. Mulai dari jangkauan yang terbatas hingga waktu respon yang lama, sektor keamanan menghadapi berbagai kendala dalam menjaga aset mereka. Lokasi industri, seperti pabrik manufaktur dan pusat distribusi, memiliki tantangan karena luasnya jangkauan dan potensi risiko keselamatan.

Penerapan teknologi piloting jarak jauh dengan DJI Dock 2 telah merevolusi cara bisnis untuk melindungi aset mereka. Dengan drone ini personel dapat mengerahkan drone dengan cepat untuk memantau area yang luas, melacak aktivitas mencurigakan, dan menanggapi keadaan darurat secara real-time. 

Drone security camera
Peta yang menampilkan operasi drone jarak jauh

Drone Otomatis yang Ringkas dan Efisien

DJI Dock 2 hadir dengan dua versi, yaitu DJI Matrice 3 Dock (M3D) dan DJI Matrice 3 Thermal Dock (M3TD). M3D digunakan untuk kebutuhan survey mapping, sedangkan M3TD digunakan untuk kebutuhan Security, Fire Monitoring, Inspections. Kedua versi drone tersebut memiliki ketahanan debu dan air dengan rating IP55, hal ini menunjukkan kemampuan beradaptasi yang luar biasa.

Drone ini memiliki berat 34 kg dan ukuran 0.34 meter persegi, membuatnya dapat diangkat oleh dua orang saja. Selain itu, dilengkapi fungsi automatic obstacle bypass untuk melindunginya agar tidak menabrak benda seperti pohon, bangunan, dan rintangan lainnya. DJI Dock 2 memiliki kemampuan untuk menjelajah dengan cepat, meluncur secara otomatis, dan menjalankan patroli udara berkelanjutan dengan cakupan menyeluruh dari area yang ditentukan.

Drone security camera - Dock 2

DJI Matrice 3 Thermal Dock Version (M3TD) 

M3TD solusi drone security camera yang komprehensif karena dilengkapi dengan kamera thermal sehingga cocok untuk sistem keamanan, pemantauan, dan pengawasan otomatis. Gambar yang dihasilkan dari M3TD berupa RGB dan termal yang cocok untuk operasi di siang maupun malam hari. Anda dapat menggunakannya untuk melakukan patroli secara rutin 24/7, melakukan pemantauan aset, pemantauan area sensitif di malam hari, hingga mendeteksi kebocoran gas serta potensi titik panas di area pertambangan. Berikut spesifikasi M3TD:

Wide-Angle Camera

  • 1/1.32-inch CMOS
  • 24mm Format Equivalent
  • 48MP Effective Pixels

Tele Camera

  • 1/2-inch CMOS
  • ‌162mm Format Equivalent
  • 12MP Effective Pixels

Infrared Camera

  • 40mm Format Equivalent
  • Normal Mode: 640×512@30fps
  • UHR Infrared Image Mode: 1280×1024@30fps (Dengan mengaktifkan fungsi Gambar Infrared UHR, drone secara otomatis mengaktifkan atau menonaktifkan mode Gambar Infrared UHR sesuai dengan kecerahan cahaya sekitar)
  • 28x Digital Zoom

Selain itu, DJI Dock 2 menyediakan zona pendaratan yang aman dan stabil bagi Matrice 3TD setelah menyelesaikan misinya. Fitur ini memastikan keselamatan drone dan memfasilitasi pengembalian yang cepat dan mudah untuk pengisian ulang baterai sekaligus meminimalkan waktu henti.

Keamanan dan Berbagi Data

Drone security camera

Mengingat sifat sensitif data yang diambil selama operasional, integrasi dengan AWS Secure Cloud memberikan solusi untuk berbagi data dengan cepat dan aman. Integrasi yang lancar ini memungkinkan operator untuk berbagi informasi sensitif kepada pemangku kepentingan tanpa mengorbankan integritas data atau risiko akses yang tidak sah.

Baca Juga: Rekomendasi Security Surveillance Drone untuk Tim SAR

 

Welcome to Halo Robotics

Button WA