NEWS
Beranda » Blog » Benefit Penggunaan Drone Agriculture DJI Bagi Petani Asia, Termasuk Indonesia

Benefit Penggunaan Drone Agriculture DJI Bagi Petani Asia, Termasuk Indonesia

drone pertanian

Pada tanggal 8 Maret, DJI Agriculture menghadiri forum industri yang diselenggarakan oleh Croplife of Asia (CLA), sebuah organisasi yang didirikan bersama oleh BASF, Bayer, Syngenta, Formosa, Cordywa, Sumitomo Chemical, dan perusahaan farmasi ternama lainnya. CLA telah bekerja dengan DJI Agriculture sejak 2017 untuk mempromosikan dan menerapkan drone aplikasi udara dan teknologi pestisida terkait di kawasan Asia-Pasifik.

Di forum tersebut, DJI Agriculture berbagi teknologi drone terbaik mereka, menjelaskan manfaat penggunaan drone pertanian bagi perkembangan ekonomi pertanian, praktik pertanian digital, dan mendiskusikan bagaimana petani di seluruh dunia dapat mengambil manfaat dari penerapan drone agriculture untuk pertanian yang lebih baik.

Benefit Pertanian Digital Modern Bagi Petani Asia

Pertanian sangat penting di sebagian besar negara di kawasan Asia-Pasifik, di mana lebih dari 60% dari 2,2 miliar penduduk yang produktif secara ekonomi bergantung pada pertanian sebagai sumber pendapatan utama mereka. Dengan lokasi geografis dan iklim yang serupa, negara-negara Asia berbagi mode produksi pertanian yang serupa. Sejak memasuki pasar aerial application (aplikasi udara) pada tahun 2015, drone pertanian DJI dengan cepat menjadi populer di Jepang, Korea dan Asia Tenggara, membawa pengetahuan tentang penerapan teknologi udara (Aerial Application) dari China ke Asia.

Korea Selatan

Jaringan penjualan DJI Agriculture saat ini mencakup Korea Selatan. DJI bekerja dengan perusahaan farmasi terkenal seperti Syngenta (Korea) untuk melatih operator lokal dan mempromosikan pengembangan standar dan sehat dari industri aplikasi udara (Aerial application industry)

Benefit Drone Agriculture DJI Bagi Petani Asia, Termasuk Indonesia-di Korea Selatan

Vietnam

Vietnam melangkah ke era Pertanian 4.0 dengan bantuan aerial drone DJI Agriculture. DJI Agriculture sekarang membangun sistem dealer yang matang di Vietnam dengan pangsa pasarnya berkembang pesat. Sementara itu, DJI Agriculture bekerja sama dengan Hue University of Agriculture and Forestry untuk menyelenggarakan kursus pelatihan drone untuk mengembangkan bakat pertanian baru.

Benefit Drone Agriculture DJI Bagi Petani Asia, Termasuk Indonesia-di Korea Selatan

Malaysia

Setelah bertahun-tahun melakukan eksplorasi pasar, DJI Agriculture tidak hanya menyediakan layanan penyemprotan untuk perkebunan besar di Malaysia, terlebih DJI telah memasuki pasar kelapa sawit. DJI menyediakan layanan penyemprotan yang tepat untuk perusahaan minyak sawit besar di Malaysia, teknologi drone agriculture mengurangi biaya tenaga kerja dan meningkatkan efisiensi produksi.

Benefit-Drone-Agriculture-DJI-Bagi-Petani-Asia-Termasuk-Indonesia-di-Malaysia

Thailand

Petani di Phetchaburi, Thailand telah terbiasa dengan “modus pohon buah” selama enam bulan terakhir, dan mendapat manfaat dari solusi penyemprotan presisi menggunakan drone DJI Agriculture dengan efisiensi tinggi, kualitas tinggi, dan biaya rendah. Saat ini, Drone pertanian DJI dapat dilihat di atas sawah Thailand utara dan pohon buah-buahan tropis.

Benefit Drone Agriculture DJI Bagi Petani Asia, Termasuk Indonesia-di Thailand

Indonesia

Halo Robotics Melakukan Edukasi dan Demonstrasi Mekanisme Drone Pertanian DJI Agras T10 Bersama Petani Malang & Blitar.

Berdasarkan hasil demonstrasi kita dapatkan bahwa penggunaan drone spraying terbukti dapat meningkatkan efisiensi dalam penyemprotan peptisida, bukan hanya itu saja Halo Robotics merangkum manfaat lainnya dalam penggunaan drone pertanian menurut petani setempat:

  • Dengan menggunakan spray drone, proses penyemprotan sangat baik dan merata, hembusan angin yang dikeluarkan oleh drone tidak terlalu kencang yang mengakibatkan daun menjadi rusak.
  • Dibanding dengan metode manual, biasanya petani membutuhkan 4-5 orang untuk menyemprot tanaman dengan alat sprayer tradisional menggunakan pompa yang dipanggul, berbeda dengan drone proses pertanian menggunakan drone dapat mempersingkat tenaga dan waktu, dan jauh lebih efisien.
  • Aplikasi pengendalian hama dan penyakit tanaman dapat tepat sasaran menggunakan drone pertanian.
  • Selain menggunakan drone pertanian dapat menghemat biaya, drone dapat dimanfaatkan untuk kegiatan cocok tanam yang lebih banyak untuk kedepannya.
  • Menggunakan drone pertanian dapat meningkatkan pendapatan petani dan juga meningkatkan hasil panen yang mereka dapatkan.

tantangan yang dihadapi petani saat ini banyak dari mereka menggunakan metode manual sehingga untuk pengerjaannya membutuhkan waktu yang lebih lama, selain itu dengan adanya teknologi ini dapat memenuhi kebutuhan petani dalam melakukan penyemprotan yang lebih merata, lebih cepat, lebih efektif, dan lebih efisien.

Meningkatkan Manfaat dengan Pertanian Digital DJI

Solusi pertanian digital DJI tidak hanya mengelola lahan pertanian secara efisien dengan drone, tetapi juga memperoleh gambar dan data yang dapat digunakan oleh mesin pertanian lainnya. Dengan loop tertutup dari aplikasi yang lebih efisien yang dibangun, produksi dan pendapatan para petani dapat meningkat.

Sekarang dan di masa depan, DJI dan Halo Robotics sebagai distributor resmi di Indonesia akan terus bekerja untuk kelangsungan pertanian yang sustainable dan membangun pertanian cerdas yang sepenuhnya otomatis, sehingga lebih banyak petani yang dapat mengambil manfaat dari teknologi ini.

Benefit Drone Agriculture DJI Bagi Petani Asia, Termasuk Indonesia-Halo Robotics

Benefit Drone Agriculture DJI Bagi Petani Asia, Termasuk Indonesia-Halo Robotics

Benefit Drone Agriculture DJI Bagi Petani Asia, Termasuk Indonesia-Halo Robotics

Berikut rekomendasi drone pertanian DJI terbaik:

Drone DJI Agras T30

Dengan kapasitas tangki 30 liter, Agras T30 memiliki kapabilitas lebar semprotan 7-9 meter, dan dapat mencakup 18 hektar area semprot per jamnya. Walaupun ukuran tangki yang besar, Agras T30 dapat tetap dengan mudah dilipat dan dibawa kemana saja. Baterai dan tangkinya dapat dengan mudah diganti untuk operasi terus menerus. Agras T30 memiliki modul RTK untuk akurasi penerbangannya, serta radar anti tabrak segala arah dan fitur penerbangan mengikuti kontur secara otomatis.

Rekomendasi drone pertanian-DJI Agras T30-Benefit Drone Agriculture DJI Bagi Petani Asia, Termasuk Indonesia

Drone DJI Agras T10

Dengan kapasitas tangki 10 Liter, Agras T10 spraying drone memiliki lebar semprotan sampai dengan 5.5 meter dan dapat mencakup area 6.7 hektar per jam terbangnya. Agras T10 memiliki ukuran yang kecil, dapat dilipat dan dengan mudah dibawa kemana-mana dengan mobil pribadi ataupun sepeda motor. Baterai dan tangkinya dapat diganti dengan cepat, memudahkan operasi secara terus menerus. T10 juga memiliki modul RTK untuk akurasi penerbangannya, dengan remote controller terbaru dengan layar yang terang untuk penggunaannya di lapangan.

Rekomendasi drone pertanian-DJI Agras T10-Benefit Drone Agriculture DJI Bagi Petani Asia, Termasuk Indonesia.

Post Related

Welcome to Halo Robotics

Button WA Blog