4 Drone Night Vision DJI Enterprise untuk Operasi Malam Hari

Drone Night Vision

Yang sudah kita ketahui kini drone bukanlah suatu hal yang baru lagi, dimana banyak badan keamanan publik dan kru inspeksi darurat menggunakan drone setiap hari untuk membantu misi mereka, contohnya di negara-negara maju seperti China dan Amerika, namun kenyataannya seringkali tugas memanggil ketika matahari sudah terbenam.

Lantas, adakah drone yang dirancang untuk dapat beroperasi pada malam hari, atau drone yang dilengkapi dengan kemampuan night vision? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Teknologi Night Vision?

Sebelum kita masuk ke pembahasan teknologi drone yang memiliki kemampuan night vision, jauh lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu pengertian night vision itu sendiri, dimulai dari yang kita ketahui bahwa penglihatan manusia itu terbatas, dimana pada penglihatan manusia ada bagian kecil dari spektrum elektromagnetik yang dikenal sebagai “visible light” atau cahaya yang nampak, dan ada juga bagian lain dari spektrum elektromagnetik seperti infrared, ultraviolet, sinar-X, dan sinar gamma yang merupakan cahaya-cahaya yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Di sisi lain, ada teknologi yaitu kamera yang dapat menangkap panjang gelombang cahaya yang berbeda jika dilengkapi dengan sensor yang tepat.

Seperti drone night vision yaitu drone yang memiliki kemampuan yang dapat melihat objek di lingkungan yang minim cahaya atau gelap menggunakan teknologi teknologi Thermal Imaging / Pencitraan Termal dan Starlight Sensor.

4 Drone Night Vision DJI Enterprise untuk Operasi Malam Hari -

Apa itu Thermal Imaging?

Thermal imaging atau pencitraan termal bekerja dengan mendeteksi energi panas atau tanda panas yang dipancarkan secara alami oleh benda hidup dan mati. Kamera thermal memiliki sistem sensor yang memungkinkan frekuensi inframerah yang tidak terlihat melewatinya sehingga suhu permukaan suatu objek dapat diukur. Pada malam hari setelah matahari terbenam, suhu tanah dan lingkungan menjadi dingin, sedangkan tubuh manusia lebih hangat. Perbedaan thermal inilah yang dapat dideteksi, yang menjadikan drone thermal sebagai solusi penglihatan malam yang penting. Meskipun sangat sensitif, kamera thermal dapat dipengaruhi oleh banyak faktor seperti waktu, kondisi permukaan, dan reflektifitas objek.

4 Drone Night Vision DJI Enterprise untuk Operasi Malam Hari - halo

Apa itu Starlight Sensor?

Starlight sensor bekerja berdasarkan prinsip mengumpulkan sejumlah kecil dari sumber cahaya seperti bintang atau cahaya bulan untuk mencapai penglihatan yang lebih baik. Starlight sensors memiliki bukaan yang lebih lebar (wider aperture) dan shutter speed yang lebih rendah sehingga lebih banyak cahaya yang dapat mencapai kamera. Starlight sensor bekerja dengan algoritma dalam menekan gambar yang noise untuk meningkatkan kualitas gambarnya.

4 Drone Night Vision DJI Enterprise untuk Operasi Malam Hari - starlight sensor

Drone DJI Enterprise Yang Memiliki Night Vision

Bisa dibilang ilmu di balik night vision terdengar agak rumit, padahal pada kenyataannya drone dengan kamera night vision sangat mudah digunakan, jadi inilah beberapa drone DJI Enterprise yang memiliki kemampuan night vision:

1. Drone Night Vision DJI Mavic 3 Thermal

Untuk identifikasi objek dengan cepat di lokasi, drone yang sangat serbaguna namun ringkas ini dilengkapi sensor thermal beresolusi 640 × 512 px serta kamera wide dengan resolusil 48 MP ½ CMOS yang memungkinkan rekan-rekan menswitch antara visual, thermal, atau keduanya secara bersamaan untuk kebutuhan misi yang berbeda, seperti pencarian orang hilang, mengidentifikasi pemburu ilegal, patroli malam hari, patroli aset, patroli lokasi konstruksi, dan area sensitif lainnya.

4 Drone Night Vision DJI Enterprise untuk Operasi Malam Hari - dji m3t

2. Drone Night Vision DJI Matrice 350 RTK dengan DJI Zenmuse H20T

Dengan waktu penerbangan 55 menit dan kamera wide-angle FPV, platform serba bisa M350 RTK ini memastikan pengawasan yang efektif tidak peduli seberapa jauh misinya, terlebih jika dipasangkan dengan sensor DJI Zenmuse H20T, anda sudah dapat mengamankan lokasi di malam hari, yang mana sensor ini didukung dengan kamera zoom 20 MP, wide camera 12 MP, laser rangefinder yang dapat mencakup jarak dari 3-1200 m, serta yang paling penting sensor thermalnya yang beresolusi 640 x 512 px.

4 Drone Night Vision DJI Enterprise untuk Operasi Malam Hari - dji zenmuse h20n

3. Drone Night Vision DJI Matrice 350 RTK dengan DJI Zenmuse H20N

DJI Zenmuse H20N memang dirancang khusus untuk operasi malam hari yang mana sensor ini menggabungkan dua kamera starlight dengan kemampuan wide dan zoom sekaligus, dual thermal sensors 640 x 512 px dengan optical zoom 2x\8x, serta laser rangefinder dengan jangkauan deteksi dari 3-1200 m. Payload hybrid ini bisa dibilang paling kuat bila digunakan bersama drone DJI M350 RTK terlebih dalam kondisi gelap dan menantang.

4 Drone Night Vision DJI Enterprise untuk Operasi Malam Hari - dji zenmuse h20n

4. Drone Night Vision DJI Matrice 30T dengan kemampuan Low-Light FPV Camera

Satu lagi drone unggulan DJI yang kokoh dan muat di tas ransel ini yakni DJI Matrice 30T atau M30T mengintegrasikan 48MP 1/2” CMOS sensor zoom camera, 16x optical zoom, 200x digital zoom, kamera wide-angle 12MP, laser rangefinder dengan jangkauan deteksi dari 3- 1200m, dan kamera thermal radiometrik 640 x 512 px, drone night vision DJI Matrice 30T merupakan salah satu drone night vision DJI Enterprise terbaik. Di luar sensor thermal ini, kamera FPV M30T telah dioptimalkan sebagai drone polisi untuk kondisi minim cahaya, sebuah kemampuan yang membuatnya lebih mudah untuk terbang dengan aman di malam hari tanpa harus khawatir menabrak halangan selama misi pencarian dan penyelamatan.

Bisa dilihat di gambar ini, perhatikan pojok kanan bawah. Anda bisa melihat betapa gelapnya kondisi saat dilihat melalui kamera zoom 48MP DJI M30T, namun melalui kamera FPV drone night vision M30T, Anda dapat dengan jelas melihat alam dan potensi rintangan-rintangan didepannya.

4 Drone Night Vision DJI Enterprise untuk Operasi Malam Hari

Baca Juga: Keunggulan Drone DJI M30T Dock Version dalam Operasi Keamanan dan Pengawasan

Untuk apa drone night vision digunakan?

Ada beberapa situasi ketika drone perlu diterbangkan dalam kondisi yang benar-benar gelap total contohnya:

Pencarian dan Penyelamatan (Search and Rescue)

Manfaat drone night vision dalam operasi pencarian dan penyelamatan tidak bisa dibilang berlebihan, karena pada kenyataannya drone mampu menemukan ciri khas manusia dalam kondisi yang paling sulit sekalipun, drone menjadi alat yang penting antara hidup dan mati seseorang. Drone membantu tim SAR dalam menyelamatkan manusia saat bencana alam, contohnya seperti longsor yang mana drone membantu melacak korban dengan sangat akurat.

Penegakan hukum (Law Enforcement)

Petugas polisi dipanggil untuk menangani berbagai jenis insiden di malam hari. Ini dapat berkisar dari mendukung orang-orang yang rentan hingga menangani kejahatan serius dan terorganisir. Ketika sangat penting untuk meminimalkan risiko bagi publik serta subjek sambil memaksimalkan keselamatan petugas, drone night vision dapat dikerahkan untuk mengumpulkan intelijen situasional dan melacak pergerakan tersangka bahkan dalam keadaan gelap total.

Tanggap darurat (Emergency Response)

Manfaat drone night vision untuk tim tanggap darurat adalah dengan kamera thermal dan starlight sensors sebagai alat penting untuk mendeteksi ancaman saat tim bantuan darurat atau hazmat perlu menavigasi dengan cepat dan aman melalui area yang gelap dan tidak dapat diprediksi. Drone dapat mengungkap ancaman kekerasan di tempat-tempat yang tampaknya tidak berbahaya hingga mengatasi kebakaran hutan bahkan setelah matahari terbenam.

Pengawasan Keamanan dan Inspeksi Darurat (Security and Emergency Inspections)

Situs industri besar dan area strategis penting lainnya dapat menambahkan lapisan keamanan ekstra ke perimeternya dengan melakukan pengawasan malam hari dengan drone. Dan dalam keadaan darurat, seperti pemadaman listrik, kru dapat dengan cepat memeriksa perubahan tanda panas dari berbagai komponen dan mencari tahu di mana unit yang tidak berfungsi itu berada. Banyak jenis inspeksi industri dan konstruksi juga dapat dilakukan di malam hari dengan bantuan drone night vision.

Pemantauan dan Pengelolaan Satwa Liar

Sensor pencitraan thermal adalah salah satu cara paling efektif untuk menemukan hewan, baik untuk menghitung satwa liar, pemetaan habitat, pengamatan perilaku, atau memberikan perhatian medis setelah kebakaran hutan.

Kesimpulan

Sementara keadaan darurat tidak dapat dihindari, drone night vision dapat menjadi responden utama pada lembaga penegak hukum, kru inspeksi, dan tim konservasi satwa liar dengan kejelasan yang baru untuk melakukan misi 24/7. Bahkan di malam yang paling gelap, drone dengan kemampuan night vision drone bisa mencari tanda-tanda kehidupan, meningkatkan situational awareness secara keseluruhan, dan memberdayakan petugas untuk membuat keputusan penting dengan lebih cepat.

4 Drone Night Vision DJI Enterprise untuk Operasi Malam Hari - drone dji night vision

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui:
WhatsApp: +62 811-1909-0099
Email: sales@halorobotics.com
www.halorobotics.com

For more information, visit our:
Facebook : https://www.facebook.com/halorobotics/
Instagram : https://www.instagram.com/halorobotics.official/
Instagram: https://www.instagram.com/djiagras.halorobotics/ 
LinkedIn : www.linkedin.com/company/halo-robotics
Youtube: https://www.youtube.com/@Halo-robotics/videos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Welcome to Halo Robotics

Button WA