DJI Mavic 3 Multispectral untuk Analisa Kesehatan Tanaman yang Lebih Akurat

Drone DJI Mavic 3 Multispectral adalah salah satu pengganti dari drone sebelumnya yaitu DJI Phantom 4 Multispectral. Drone ini memiliki daya tahan baterai lebih lama dan ukuran yang lebih ringan dan ringkas. Dengan dibekali baterai sebesar 5000 mAh dan dapat terbang hingga 43 menit, mengcover area 200 hektar dalam satu kali flight dengan kondisi tertentu. Halo Robotics, sebagai distributor resmi DJI di Indonesia menyediakan drone DJI Mavic 3 Multispectral untuk kebutuhan analisa kesehatan tanaman dengan hasil yang lebih akurat dan efisien.

Pencitraan Multispektral yang Akurat

Salah satu fitur utama DJI Mavic 3 Multispectral adalah 5 sensor utamanya yaitu Near-infrared (NIR), Red (R), Red edge (RE), dan Green (G), dengan resolusi masing-masing sebesar 5MP. Kemudian, ada satu sensor utama yaitu sensor RGB, yang memiliki resolusi sebesar 20 MP dan dibekali ukuran sensor sebesar 4/3 CMOS.

Akurasi data yang akurat di level sentimeter juga bisa dicapai oleh tambahan modul RTK yang dapat diintegrasikan dengan DJI Mavic 3 Multispectral untuk pengambilan data secara RTK (real-time kinematic).

Implementasi Analisa Kesehatan Tanaman

DJI Mavic 3 Multispectral untuk Analisa Kesehatan Tanaman yang Lebih Akurat - contoh

Dengan DJI Mavic 3 Multispectral kita dapat melihat analisa kesehatan tanaman. Tanaman yang sehat akan memantulkan lebih banyak cahaya hijau daripada tanaman yang tidak sehat. Sedangkan tanaman yang sakit atau terserang hama akan memantulkan lebih banyak cahaya merah atau Near-infrared (NIR).

Tidak hanya itu, DJI Mavic 3 Multispectral dapat digunakan untuk beberapa hal, diantaranya:

  • Dapat digunakan untuk memantau tanaman di berbagai kondisi cuaca, termasuk kondisi berkabut atau berawan.
  • DJI Mavic 3 Multispectral dapat digunakan untuk memantau tanaman di berbagai jenis lahan, termasuk lahan yang tidak rata atau berbukit.
  • Drone ini dapat digunakan untuk memantau tanaman di berbagai skala, mulai dari lahan kecil hingga lahan besar.

Poin-poin di atas menunjukkan bahwa DJI Mavic 3 Multispectral dapat digunakan oleh petani di berbagai kondisi dan skala.

Software Pemetaan dan Analisis Canggih DJI Mavic 3 Multispectral

DJI Mavic 3 Multispectral dilengkapi dengan software pemetaan dan analisis canggih yang memungkinkan pengguna untuk memproses dan menganalisis data yang dikumpulkan oleh drone secara real-time. Ini termasuk fitur seperti pemetaan real-time dari NDVI (Normalized Difference Vegetation Index), indeks yang banyak digunakan untuk menilai kesehatan tanaman.

DJI Mavic 3 Multispectral juga dilengkapi dengan software pemetaan dan analisis canggih yang dapat digunakan untuk memproses dan menganalisis data yang dikumpulkan oleh drone. Perangkat lunak ini dapat digunakan untuk:

  • Membuat peta detail ladang
  • Melacak kemajuan tanaman dari waktu ke waktu
  • Mengidentifikasi hama dan penyakit
  • Menentukan kebutuhan irigasi
  • Merekomendasikan praktik manajemen tanaman

DJI SmartFarm dan DJI Terra

Data dari drone DJI M3M dapat diolah dengan aplikasi DJI SmartFarm dan DJI Terra. Aplikasi DJI SmartFarm dapat langsung menghasilkan gambar lahan pertanian dan kebun berdefinisi tinggi, serta menganalisis pertumbuhan tanaman dengan sangat jelas. Hal ini memungkinkan pengelolaan informasi pertanian digital dengan mudah dengan memberikan panduan untuk pengoperasian otomatis berbagai mesin pertanian dan memantau efektivitas operasi. Sedangkan DJI Terra merupakan software untuk memproses data fotogrametri menjadi model 3D.

Data dari DJI Mavic 3 Multispectral dapat diintegrasikan dengan drone spraying seperti DJI Agras T20P ataupun DJI Agras T40 menggunakan Generate 3D Routes, dimana kita akan membuat jalur terbang untuk drone spraying menggunakan data dari DJI Mavic 3 Multispectral. Kita juga bisa menggunakan data multispectral yang ada dari drone ini untuk menghitung penggunaan jumlah pupuk/pestisida agar lebih efisien dan menghemat biaya untuk penggunaan pupuk dan juga pestisida.

Baca lebih lengkap tentang DJI Mavic 3 Multispectral

Kesimpulan

DJI Mavic 3 Multispectral adalah alat yang ampuh bagi petani yang ingin meningkatkan hasil panen dan efisiensi pertanian mereka. Drone ini menawarkan akurasi analisa, portabilitas, dan kemudahan penggunaan yang tak tertandingi.

DJI Mavic 3 Multispectral untuk Analisa Kesehatan Tanaman yang Lebih Akurat - CTA

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui:
WhatsApp: +62 811-1909-0099
Email: sales@halorobotics.com
www.halorobotics.com

For more information, visit our:
Facebook : https://www.facebook.com/halorobotics/
Instagram : https://www.instagram.com/halorobotics.official/
Instagram: https://www.instagram.com/djiagras.halorobotics/ 
LinkedIn : www.linkedin.com/company/halo-robotics
Youtube: https://www.youtube.com/@Halo-robotics/video

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Welcome to Halo Robotics

Button WA