LEARNING CENTER
Beranda » Blog » Rekomendasi Drone Inspeksi Terbaik dan Manfaat Drone Inspeksi di Berbagai Industri

Rekomendasi Drone Inspeksi Terbaik dan Manfaat Drone Inspeksi di Berbagai Industri

Sekarang hampir setiap industri memerlukan inspeksi visual sebagai bagian dari prosedur perawatannya. Dengan menggunakan drone untuk mengumpulkan data visual tentang kondisi suatu aset, inspeksi menggunakan drone membantu inspektur mengubah proses manual menjadi lebih cepat dan menghindari keharusan menempatkan diri mereka dalam situasi yang berbahaya. 

Sebagai contoh, sebelum menggunakan drone inspeksi, untuk melakukan inspeksi manual-menara tower selalu ada seseorang yang memanjat tower yang tinggi dan melalui banyak rintangan yang berbahaya untuk sampai ke titik tujuan. 

Namun drone inspeksi mengubah segalanya.
Sekarang, penyedia layanan inspeksi drone seperti kami Halo Robotics dapat menerbangkan drone inspeksi ke menara yang berbahaya bagi manusia, menangkap semua data visual yang dibutuhkan inspektur untuk menyelesaikan inspeksi mereka.

DroneI Inspeksi Indoor - Flyability ELIOS 3

Artikel ini akan menjelaskan mengenai topik dibawah ini:

  • Drone Inspeksi Terbaik
  • Apa Itu Visual Inspection dan Mengapa Begitu Penting?
  • Manfaat Drone Inspeksi
  • Aplikasi Drone  Inspeksi di Berbagai Industri

DRONE INSPEKSI TERBAIK:

Pada kenyataannya, tidak ada satu pun drone profesional terbaik untuk inspeksi, melainkan beberapa model berbeda yang sesuai dengan keadaan di mana anda berencana untuk melakukan inspeksi. Untuk alasan ini, Halo Robotics telah mengatur daftar drone terbaik kami untuk inspeksi sesuai dengan jenis pekerjaan inspeksi yang mereka lakukan.

Berikut adalah daftar drone terbaik Halo Robotics untuk inspeksi:

Elios 3 dari Flyability—drone inspeksi terbaik untuk inspeksi internal (boiler, bejana tekan/pressure vessels, dll.)

DJI’s Matrice 300—drone inspeksi terbaik untuk general inspeksi eksternal (menara seluler, stack eksterior, dll.)

DJI Phantom 4 Pro—drone inspeksi terbaik untuk inspeksi atap (roof inspections)

1. FLYABILITY’S ELIOS 3—INTERNAL INSPECTIONS (GENERAL)

Elios 3 dari Flyability adalah drone inspeksi dalam ruangan yang tangguh yang dibuat untuk terbang di ruang terbatas. Dikelilingi oleh sangkar dan memiliki fitur tahan benturan yang menjadikannya drone inspeksi profesional yang ideal untuk bekerja di ruang internal yang sempit dan sulit dijangkau.

 ELIOS-3-Flyability.

2. DJI’S MATRICE 300—EXTERNAL INSPECTIONS (GENERAL)

Matrice 300 adalah model terbaru dalam jajaran drone inspeksi profesional DJI, seri Matrice. Kompatibel dengan beberapa jenis payload, termasuk kamera berkualitas tinggi dengan fungsi zoom luar biasa melalui seri kamera Zenmuse DJI, DJI Matrice 300 saat ini merupakan model drone standar dalam hal menemukan drone inspeksi untuk sebagian besar kebutuhan inspeksi eksternal.

DJI Zenmuse L1 LIDAR and Matrice 300 RTK with Emlid Reach RS2

3. DJI’S PHANTOM 4 PRO—ROOF INSPECTIONS

Meskipun phantom 4 pro adalah model DJI yang lebih lama, ia menjadi pilihan untuk drone inspeksi atap teratas karena keseimbangan antara keterjangkauan dan kualitas. DJI phantom 4 pro dilengkapi dengan kamera 4K yang memiliki sensor cmos 1″ yang dapat mengambil gambar diam (stills) 20MP, masa pakai baterai 30 menit, dan jangkauan transmisi lebih dari 4 mil, Phantom 4 Pro adalah drone inspeksi yang hebat untuk mengumpulkan data visual atap (visual data of roofs).

Drone-Inspeksi-DJI-Phantom-4-Pro

APA ITU VISUAL INSPECTION DAN MENGAPA BEGITU PENTING?

Inspeksi visual persis seperti yang terdengar: a careful, thorough review with the naked eye dari setiap bagian aset.

Dalam banyak kasus, inspeksi drone akan menjadi inspeksi visual, dengan kamera drone bertindak sebagai mata inspektur.

Dengan menggunakan drone, data visual dikumpulkan dan kemudian direview secara detail oleh inspektur (beberapa review juga dilakukan di tempat, tetapi inspeksi menyeluruh setelah data dikumpulkan mewakili sebagian besar pekerjaan inspeksi visual).

Saat memeriksa menara seluler, misalnya, seorang inspektur akan memanjat seluruh menara untuk mencari area yang mungkin perlu dirawat. untuk inspeksi internal, seperti yang dilakukan di dalam boiler atau bejana tekan (pressure vessels) inspektur harus memanjat tali atau membangun scaffolding sehingga mereka dapat memanjat sisi boiler, mereview secara visual setiap inci persegi saat mereka pergi.

Inspeksi visual sangat penting untuk memastikan pemeliharaan aset perusahaan yang tepat. lagi pula, lebih mudah, apalagi lebih murah, untuk mengganti beberapa paku keling di menara daripada membangun menara baru.

Tetapi inspeksi visual bukan hanya tentang menghemat uang. mereka juga tentang menyelamatkan nyawa dalam kasus bejana tekan (pressure vessels), inspeksi visual dapat membantu mengungkap potensi masalah yang dapat menyebabkan bahaya yang mengancam jiwa jika tidak ditangani dengan benar. jika kapal tidak dirawat dengan baik,maka bisa meledak, dan membahayakan nyawa semua orang di daerah tersebut.

1. TIDAK SEMUA INSPEKSI DRONE ADALAH VISUAL

Memang benar bahwa sebagian besar inspeksi drone adalah inspeksi visual, dengan drone yang hanya menggantikan mata inspektur, drone juga dapat dilengkapi dengan sensor khusus yang memungkinkan mereka melakukan jenis inspeksi lainnya.

Pada dasarnya, semua jenis sensor yang dapat dipasang pada UAV dapat digunakan untuk inspeksi. misalnya, drone pertanian dilengkapi dengan sensor multispektral sehingga petani dapat merekam gambar tanaman dalam pita spektrum yang berbeda. dan dalam inspeksi HVAC, beberapa inspektur memasang kamera termal pada drone mereka untuk mengidentifikasi di mana panas kebocoran keluar dari sebuah gedung.

2. DI MANA INSPEKSI COCOK DALAM PROSES PEMELIHARAAN

Saat merawat segala jenis aset, apakah itu bejana tekan (pressure vessels) atau saluran listrik, prosedur umum yang sama diikuti: pertama anda memeriksa, lalu anda memperbaiki (dengan asumsi inspeksi menunjukkan bahwa perbaikan diperlukan).

Drone membantu langkah pertama— yaitu inspeksi. dengan mengirimkan UAV ke dalam situasi yang akan berbahaya bagi seseorang, seperti ke cerobong asap atau menara telepon seluler, inspektur dapat mengumpulkan data visual tentang kondisi aset tanpa harus mengekspos diri mereka terhadap potensi bahaya.

Inspektur menemukan masalah yang memerlukan perawatan—apakah masalah ditemukan dengan drone atau melalui beberapa metode lain—perbaikan selanjutnya masih harus dilakukan secara manual.

Drone-Inspeksi-Indoor-ELIOS-3-Flyability-2.

Perlu dicatat bahwa drone hanyalah alat tambahan di kotak peralatan inspektur. terkadang inspektur mungkin lebih suka melihat sesuatu dengan mata kepala sendiri untuk memastikan evaluasi tiga dimensi yang lengkap. di lain waktu, seorang inspektur mungkin ingin menggantung kamera inspeksi pada tali dan menjatuhkannya ke dalam aset. dan terkadang, drone adalah alat yang sempurna untuk pekerjaan itu.

MANFAAT DRONE INSPEKSI

Di lain waktu, seorang inspektur kami telah membahas fakta bahwa inspeksi drone dapat membantu menjaga keamanan inspektur dengan menghilangkan kebutuhan mereka untuk memasuki skenario yang berpotensi berbahaya, seperti menara panjat atau high scaffolding.

Tetapi inspeksi drone juga dapat menghemat banyak uang perusahaan.

Kok Bisa?

Pertama, ingatlah bahwa inspeksi hanyalah langkah pertama dari proses pemeliharaan. Langkah kedua adalah perawatan yang sebenarnya.

Tetapi inspeksi sering kali tidak menemukan apa pun yang perlu diperbaiki—tidak jarang hanya 10-20% inspeksi yang benar-benar menemukan masalah yang memerlukan perbaikan.

Dalam kasus yang memang membutuhkan pemeliharaan, seseorang harus hadir secara fisik untuk memperbaiki masalah. Tetapi 80-90% dari waktu inspeksi tidak menemukan pekerjaan yang perlu dilakukan, yang berarti bahwa drone berpotensi digunakan untuk proses pemeliharaan penuh 80-90% dari waktu.

Mengapa ini penting? Karena membangun scaffolding untuk memungkinkan seseorang melakukan inspeksi manual sangat mahal. Dengan hanya membangun scaffolfing saat perawatan sebenarnya diperlukan, perusahaan dapat mengurangi biaya perawatan yang sesuai hingga 80-90%, yang dapat berarti penghematan puluhan ribu, dan dalam beberapa kasus bahkan ratusan ribu dollar, Membangun scaffolding juga membutuhkan waktu.

Saat melakukan inspeksi secara manual, seringkali diperlukan satu hari penuh untuk membangun scaffolding dan kemudian satu hari penuh untuk membongkarnya, yang berarti puluhan jam waktu henti untuk aset yang sedang diperiksa. Dalam banyak kasus, waktu henti tersebut sama dengan hilangnya potensi pendapatan yang signifikan bagi perusahaan.

Akhirnya, apakah inspeksi memerlukan scaffolding atau tidak, mengurangi waktu yang harus dilakukan seorang inspektur ke dalam situasi berbahaya sebesar 80-90% merupakan potensi penghematan yang sangat besar dalam biaya asuransi kewajiban. Sekarang setelah kami memberikan ikhtisar tentang bagaimana inspeksi drone dapat membantu dengan keamanan dan penghematan,

Mari buat daftar manfaat utamanya:

  • Risiko berkurang. Inspektur tidak lagi harus dimasukkan ke dalam situasi yang berpotensi berbahaya.
  • Tabungan—struktur sementara. Penghematan karena tidak perlu membangun scaffolding atau infrastruktur sekali pakai sementara lainnya untuk mendukung inspeksi manual
  • Penghematan—waktu henti. Untuk aset seperti pembangkit listrik tenaga nuklir atau bejana tekan, yang perlu dimatikan sebelum inspeksi dapat dilakukan, setiap detik waktu henti berarti hilangnya pendapatan. Menggunakan drone untuk membuat perputaran lebih efisien dapat berarti penghematan besar bagi perusahaan yang menggunakan aset ini dalam operasi mereka.
  •  Tabungan—asuransi kewajiban. Dengan secara signifikan mengurangi jumlah waktu personel ditempatkan dalam situasi berbahaya, perusahaan dapat mengurangi biaya asuransi yang sesuai.

 Peningkatan keamanan melalui peningkatan inspeksi. Mengingat biaya inspeksi drone yang relatif rendah, banyak perusahaan menggunakannya untuk melakukan inspeksi secara lebih teratur, yang berarti potensi masalah dapat muncul dan ditangani lebih cepat. Catatan yang lebih baik. Data drone mewakili catatan yang cermat tentang kondisi aset dari waktu ke waktu. Dengan mengarsipkan data visual, perusahaan memiliki jejak digital dari riwayat hidup aset yang dapat diakses kapan saja.

PENERAPAN DRONE INSPEKSI DI BERBAGAI INDUSTRI

List Industri

  • Agriculture
  • Chemicals
  • Construction
  • Infrastructure & Utilities
  • Insurance
  • Power Generation
  • Mining
  • Oil & Gas
  • Public Safety
  • Other Drone Inspection Scenarios 

1. DRONE INSPEKSI AGRICULTURE

Ketika kita memikirkan inspeksi, kita biasanya membayangkan aset industri, seperti boiler atau lokasi konstruksi, tetapi inspeksi drone pertanian telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Drone digunakan di bidang pertanian untuk menyediakan pemantauan rutin tanaman dan ternak, dan untuk membuat peta lahan pertanian 3D untuk lebih memahami kondisi irigasi dan masalah terkait. Drone dapat memberikan gambaran umum tentang kondisi panen di lokasi yang jauh di pertanian besar, memberi pemilik wawasan cepat tentang gagal panen sehingga masalah dapat diatasi sebelum menjadi lebih buruk.

Di bidang pertanian, satu manfaat besar dari inspeksi drone adalah meningkatkan hasil panen. Data yang dikumpulkan oleh drone dapat digunakan untuk memastikan bahwa tanaman dan tanah menerima apa yang mereka butuhkan untuk kesehatan dan produktivitas yang optimal, sebuah praktik yang dinamai pertanian presisi. Drone juga membantu petani menghemat waktu—banyak sekali.

Drone dapat menyediakan data tanaman visual dalam penerbangan cepat yang mungkin memakan waktu berjam-jam berjalan di lapangan. Dan karena pengambilan data jauh lebih cepat dengan drone, hal itu dapat dilakukan lebih sering, sehingga menghasilkan kondisi panen yang lebih baik dan hasil yang lebih besar.

Data drone juga dapat digunakan untuk memberikan catatan kesehatan tanaman dari waktu ke waktu, memungkinkan petani membandingkan tanaman dari satu tahun ke tahun berikutnya atau lintas musim untuk mengoptimalkan hasil panen mereka dalam berbagai kondisi.

Aktiva Yang Perlu Diperiksa atau dan Danitangan

  • Tanaman (pantau kesehatan, kematangan, kerusakan, dan masalah terkait)
  • Kondisi irigasi
  • Kondisi lahan secara keseluruhan
  • Kesehatan tanah
  • Ternak

2. DRONE INSPEKSI UNTUK INDUSTRI KIMIA

Pemeriksaan dalam industri kimia dilakukan oleh setiap perusahaan yang membuat atau memerlukan penyimpanan bahan kimia sebagai bagian dari pekerjaannya, termasuk laboratorium. Kebutuhan akan prosedur perawatan yang ketat dengan inspeksi ini jelas. Kebocoran apa pun sebagai akibat dari wadah penyimpanan yang tidak dirawat dengan baik dapat mengakibatkan konsekuensi yang parah, termasuk masalah seperti bahan kimia yang larut ke dalam air atau bumi—skenario yang dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius bagi mereka yang berada di area terdekat. Salah satu manfaat utama menggunakan drone untuk inspeksi di industri kimia adalah mengurangi paparan bahan yang berpotensi berbahaya. Ada juga potensi penghematan besar karena tidak perlu membangun perancah untuk inspeksi, serta mengurangi masalah kewajiban.

Aset yang perlu diperiksa:

  • Rak pipa
  • Kabel
  • Saluran
  • Tangki fermentor
  • Bejana tekan / Tangki penyimpanan
  • Tangki penyimpanan fiberglass
  • Saluran hisap
  • Penukar panas
  • Silo penyimpanan dan tempat sampah

3. DRONE INSPEKSI UNTUK KONSTRUKSI

Perusahaan konstruksi telah menggunakan inspeksi drone untuk sementara waktu sekarang untuk membantu mengumpulkan data dengan cepat tentang kemajuan proyek mereka.

Serupa dengan manfaat yang diberikan inspeksi drone di bidang pertanian, di lokasi konstruksi, kemampuan untuk mengumpulkan data udara tentang status seluruh lokasi dengan cepat dan efisien dapat sangat berharga, dan berpotensi menghemat banyak uang perusahaan.

Berikut adalah beberapa manfaat yang diperoleh perusahaan konstruksi dari drone:

  • Peningkatan akurasi dalam pelaporan
  • Peningkatan keteraturan pelaporan
  • Meningkatkan kondisi keamanan dengan cepat menemukan masalah di tempat
  • Meningkatkan efisiensi operasi

Inspeksi drone juga dapat membantu operasi konstruksi dengan pra-perencanaan, dengan menyediakan data visual yang dapat diubah menjadi peta 3D atau orthomosaic dari suatu area, yang kemudian dapat digunakan untuk mengidentifikasi lokasi ideal untuk sebuah bangunan.

Peta-peta ini dapat digunakan sepanjang umur proyek konstruksi untuk memantau kemajuan, untuk pelaporan rutin kepada pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya, dan untuk melacak dan memantau persediaan bahan di lokasi

Dari semua manfaat menggunakan drone di lokasi konstruksi, salah satu yang terbesar adalah menghindari potensi penundaan. Dengan meningkatkan keteraturan pengumpulan dan pelaporan data, perusahaan konstruksi dapat menemukan masalah jauh sebelumnya, dan menghindari anggaran yang berlebihan.

Aset yang perlu diperiksa:

  • Tanah
  • Lokasi konstruksi—bangunan itu sendiri dan area sekitarnya)
  • Timbunan / agregat di tempat
  • Pagar dan kondisi keamanan terkait—untuk mencegah warga sipil memasuki lokasi
  • Kondisi keselamatan kru—untuk mengidentifikasi area masalah potensial sebelum ada yang terluka

4. DRONE INSPEKSI UNTUK INFRASTRUKTUR DAN UTILITAS

Dari semua kategori industri dalam daftar ini, ini adalah salah satu yang terluas. Infrastruktur & Utilitas termasuk menara utilitas, jembatan, infrastruktur transportasi udara, kereta api, jalan, dan banyak lagi.

Drone digunakan di Infrastruktur & Utilitas untuk inspeksi terkait pemeliharaan rutin, serta inspeksi setelah bencana seperti angin topan dan banjir, di mana status infrastruktur yang ada tidak diketahui.

Manfaat utama menggunakan inspeksi drone untuk Infrastruktur & Utilitas adalah kemampuan untuk mengumpulkan data yang akurat dengan cepat dan murah. Dalam skenario yang menghadirkan potensi bahaya bagi inspektur, seperti inspeksi menara atau jembatan, manfaat tambahannya adalah kemampuan untuk mengumpulkan data visual utama tanpa perlu kehadiran inspektur secara fisik.

Untuk membuat ini lebih konkret, inspeksi visual jembatan tanpa drone dapat mengharuskan inspektur untuk naik ke posisinya, terkadang menggunakan mesin berat untuk mendukung prosesnya, yang semuanya dapat memakan waktu beberapa hari dan berpotensi berbahaya. Dengan menggunakan drone, inspektur dapat mengumpulkan data visual untuk seluruh jembatan hanya dalam satu atau dua jam, dan dapat melakukan inspeksi lanjutan secara lebih teratur karena biaya dan waktu yang dibutuhkan jauh lebih sedikit.

Aset yang perlu diperiksa:

  • Penara utilitas
  • Turbin angin
  • Jembatan
  • Infrastruktur transportasi udara, termasuk lapangan terbang dan menara udara
  • Kereta api
  • Jalan

5. DRONE INSPEKSI UNTUK ASURANSI

Perusahaan asuransi telah menggunakan drone untuk atap dan inspeksi lain yang terkait dengan penyesuaian asuransi untuk sementara waktu sekarang. Pada tahun 2019, State Farm adalah perusahaan pertama yang diberikan pengabaian umum untuk terbang Beyond Visual Line of Sight (BVLOS) untuk melakukan inspeksi penilaian kerusakan terkait klaim asuransi.

Kasus penggunaan inspeksi yang paling umum untuk drone adalah memeriksa kerusakan atap setelah badai besar atau angin topan. Alih-alih mengirim seseorang secara fisik ke atap untuk memeriksa kerusakan yang terjadi, inspeksi drone dapat dengan cepat mengumpulkan data visual tentang kondisi atap dan merekamnya dengan cara yang dapat dengan mudah diakses oleh perusahaan asuransi untuk memvalidasi klaim asuransi. yang telah dibuat.

Ketika bencana alam melanda, kebutuhan pilot drone komersial bersertifikat di suatu daerah dapat melonjak, dengan perusahaan asuransi bergegas untuk menyewa pilot yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pengumpulan data mereka.

Aset yang perlu diperiksa:

  • Atap
  • Situs (kondisi keseluruhan situs)
  • Bangunan dan infrastruktur terkait di lokasi yang diasuransikan
  • Adegan kecelakaan mobil
  • Kerusakan pertanian / tanaman
  • Aset lain yang dapat rusak setelah bencana alam

6. DRONE INSPEKSI UNTUK PEMBANGKIT LISTRIK

Perusahaan listrik bekerja dengan beberapa jenis aset berbeda yang memerlukan inspeksi rutin. Ini termasuk aset yang digunakan dalam produksi energi bertenaga batu bara, seperti boiler dan cerobong asap, serta yang digunakan dalam sumber daya yang lebih ramah lingkungan, seperti turbin angin dan berbagai komponen pembangkit listrik tenaga air. Inspeksi pembangkit listrik sedang direvolusi oleh teknologi drone. Manfaat utama inspeksi drone dibandingkan inspeksi tradisional, seperti dalam banyak skenario inspeksi, adalah menyingkirkan inspektur dari bahaya dan menghemat uang dengan tidak harus membangun perancah atau infrastruktur sementara lainnya untuk mendukung upaya inspeksi.

Aset yang perlu diperiksa:

  • Boiler berbahan bakar batubara
  • Pembangkit listrik tenaga nuklir
  • Pembangkit uap pemulihan panas
  • Insinerator limbah
  • Turbin angin
  • Pembangkit listrik tenaga air
  • Panel surya / pertanian panel surya
  • Transformer
  • Cerobong asap / cerobong asap

7. DRONE INSPEKSI UNTUK PERTAMBANGAN

Setelah operasi penambangan menghilangkan urat bijih, lubang bawah tanah besar yang tersisa tempat bijih diekstraksi bisa sangat tidak stabil, dengan material jatuh dari langit-langit dan runtuh dari dinding. Area-area ini, yang disebut stope dalam industri pertambangan, sangat berbahaya sehingga sebagian besar negara melarang personel pertambangan memasukinya secara hukum.

Namun informasi tentang kondisi lombong bisa menjadi sangat penting bagi perusahaan pertambangan. Bijih mungkin tertinggal di lombong yang bisa direklamasi untuk keuntungan. Juga, perusahaan pertambangan menggunakan peralatan penambangan jarak jauh yang mahal yang dapat dihancurkan jika dikirim ke lombong yang tidak stabil.

Drone menghadirkan peluang unik bagi industri pertambangan untuk dapat mengumpulkan data tentang stope, lintasan bijih, dan area lain dalam operasi penambangan yang tidak mungkin dikumpulkan. Data visual dari situs penggalian yang dikumpulkan oleh drone dapat memberikan penilaian keamanan yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan, memungkinkan akses yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam zona larangan tanpa mengekspos pekerja ke bahaya bawah tanah.

Dan drone baru yang dilengkapi dengan sensor LiDAR kini mempermudah pembuatan model 3D di dalam area ini. Menggunakan perangkat lunak pemetaan baru, data udara yang dikumpulkan oleh drone sekarang dapat dimanfaatkan untuk membuat peta lombong 3D, yang kemudian dapat dibandingkan dengan kondisi sebelum dan sesudah penggalian untuk memahami bagaimana area tersebut telah berubah.

Manfaat terbesar menggunakan inspeksi drone di pertambangan adalah menjauhkan orang dari bahaya. Kondisi di bawah tanah bisa sangat tidak stabil dan kemampuan untuk mengumpulkan data visual dari jarak jauh, dengan cara yang membuat personel pertambangan tetap aman, adalah nilai yang sangat besar untuk keseluruhan operasi.

Manfaat lain menggunakan drone dalam penambangan adalah kemampuan untuk mengakses informasi yang tidak mungkin dikumpulkan. Dan manfaat ketiga datang dalam bentuk penghematan potensial dengan mengidentifikasi bijih yang tidak terkumpul, mencegah hilangnya peralatan dengan menghindari peralatan tersebut memasuki area yang kondisinya tidak stabil, dan dalam mengidentifikasi bijih tambahan yang dapat diekstraksi dari area tertentu. Manfaat terakhir ini patut ditekankan. Peralatan pertambangan yang dioperasikan dari jarak jauh, seperti muckers, bisa sangat mahal. Mampu mengumpulkan data visual tentang status suatu area sebelum peralatan dikirim dapat membantu menghindari kerugian besar dari peralatan yang hancur dan rusak.

Aset yang perlu diperiksa:

  • Berhenti
  • Sabuk konveyor
  • SAG, bola, dan pabrik penggilingan
  • Jatuhkan kenaikan
  • Pengumpan timbunan
  • Penghancur

8. DRONE INSPEKSI UNTUK INDUSTRI MINYAK & GAS

Industri Minyak & Gas menyimpan gas alam dan bensin, antara lain, dalam bejana tekan dan tangki penyimpanan, yang berarti mereka harus melakukan inspeksi rutin terhadap wadah ini.

Drone menjadi semakin populer untuk inspeksi ini karena mereka dapat menggantikan kebutuhan untuk mengirim inspektur ke dalam wadah. Menggunakan drone untuk inspeksi ini bermanfaat karena menghilangkan kebutuhan untuk membangun perancah untuk melihat bagian dalam wadah dari dekat, sehingga menjaga inspektur dari bahaya sambil juga menghemat uang dengan menghindari kebutuhan untuk membangun perancah untuk tujuan inspeksi.

Inspeksi drone tidak hanya berguna untuk pemeliharaan wadah yang menyimpan minyak, bensin, dan bahan lain yang dibuat di industri Minyak & Gas. Mereka juga penting untuk menjaga aset yang digunakan dalam produksi bahan-bahan ini. Misalnya, unit FCC yang biasa digunakan untuk mengubah komponen minyak mentah berat menjadi produk bahan bakar yang lebih berharga terdiri dari beberapa pipa, siklon, dan bejana reaktor.

Pipa di tengah proses ini adalah riser, di mana minyak berat dicampur dengan katalis bubuk pada suhu tinggi. Memeriksa riser biasanya memerlukan langkah ekstrem dengan menggergaji palka akses di bagian atas pipa dan menurunkan inspektur di dalam dengan tali. Dengan drone, kebutuhan untuk memasuki pipa dihilangkan, sehingga menjaga inspektur dari situasi yang berpotensi berbahaya sekaligus menghemat waktu dan sumber daya.

Aset yang perlu diperiksa:

  • Cerobong asap dan cerobong asap
  • Rig lepas pantai, FPSOS, dan kapal pengeboran
  • Tangki penyimpanan
  • kilang minyak
  • Dermaga

9. INSPEKSI DRONE UNTUK INDUSTRI PUBLIC SAFETY

Aplikasi drone dalam keselamatan publik telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir. Beberapa skenario inspeksi di mana drone digunakan untuk keselamatan publik adalah dalam acara langsung yang sedang berlangsung, seperti menemukan orang hilang dalam operasi Pencarian & Penyelamatan, menangkap intelijen udara dalam skenario penembak aktif, atau mendapatkan wawasan tentang bagaimana kebakaran terjadi. menyebar. Tetapi personel keselamatan publik juga menggunakan drone untuk inspeksi dalam situasi yang tidak aktif atau sedang berlangsung, seperti menggunakan data udara yang ditangkap oleh drone untuk membuat peta orthomosaic tempat umum untuk mempersiapkan kemungkinan skenario penembak aktif, atau menggunakan data udara untuk menyelidiki kejahatan. pemandangan.

CARA DRONE INSPEKSI DIGUNAKAN DALAM KESELAMATAN UMUM

Pengumpulan data visual untuk investigasi pembakaran dan skenario pengumpulan data forensik lainnya -Pengumpulan data visual kebakaran yang sedang berlangsung -Pengumpulan data visual dari TKP yang sedang berlangsung untuk memahami titik masuk dan keluar, mengevaluasi skenario penyanderaan, dan membantu petugas polisi merencanakan langkah selanjutnya -Rekonstruksi kecelakaan -Pra-perencanaan untuk skenario kecelakaan dan darurat, dengan menggunakan data udara untuk membuat peta orthomosaic dari area berpenduduk padat seperti sekolah dan mal yang dapat dirujuk jika terjadi kebakaran, penembak aktif, atau peristiwa bencana lainnya -Memeriksa ruang publik seperti stadion dan arena untuk kemungkinan masalah keamanan

SKENARIO INSPEKSI DRONE LAINNYA

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui sekarang, inspeksi drone dapat dilakukan hampir di mana saja inspeksi mungkin diperlukan. Berikut adalah beberapa industri lainnya yang saat ini menggunakan inspeksi drone:

INSPEKSI DRONE MARITIM

Inspeksi terkait maritim mencakup inspeksi kapal kontainer besar yang digunakan untuk mengangkut barang, kontainer itu sendiri, dan mungkin kebutuhan inspeksi lain yang terkait dengan pengiriman dengan kapal.

SEWER & PENGOLAHAN AIR

Inspeksi bawah tanah menghadirkan beberapa kesulitan teknis, dan inspeksi yang terkait dengan saluran pembuangan dan pengolahan air tentu saja bukan inspeksi. Drone yang dibuat khusus untuk inspeksi dalam ruangan membantu meningkatkan proses inspeksi di industri ini dengan memberi inspektur pandangan dekat tentang kondisi di bawah tanah tanpa mengharuskan mereka secara fisik memasuki area yang sedang diperiksa.

Jika ada pertanyaan lain, silahkan hubungi kami melalui:
Email: enterprise@halorobotics.com
WhatsApp: +62811-8549-888

For more infomation, visit our:
Website: https://halorobotics.com/
Online Store: https://halorobotics.com/shop/
Facebook: www.facebook.com/halorobotics/
Instagram: www.instagram.com/halorobotics/
LinkedIn: www.linkedin.com/company/halo-robotics
Subscribe to our YouTube Channel: www.youtube.com/halorobotics    

Post Related

Welcome to Halo Robotics

Button WA Blog