5 Industri Yang Menggunakan Fotogrametri

Fotogrametri adalah proses pengukuran gambar yang diambil menggunakan drone untuk menghasilkan output 2D dan 3D yang akurat dan tepat, lalu setelah mendapatkan output tersebut, adakah manfaat lainnya? Simak artikelnya sampai selesai ya.

Manfaat Menggunakan Fotogrametri

Metode fotogrametri melibatkan pengambilan foto dan memprosesnya dengan software khusus. Software ini akan mengonversi gambar dan data geolokasinya menjadi data 2D, 3D, peta data (orthomosaics) atau point clouds 3D.

Software untuk memproses gambar-gambar ini dapat berbasis desktop atau cloud, contohnya seperti PIX4D, dimana PIX4D menawarkan 10 produk yang dapat memproses gambar fotogrametri, peta 2D, digital surface model, digital terrain model, peta multispectral, dan masih banyak lagi yang bisa kalian dapatkan di website Halo Robotics https://halorobotics.com/pix4d/ 

5 industri yang menggunakan fotogrametri - drone pertanian dji mavic 3 multispectral

memiliki output-output ini berarti kita bisa mendapatkan gambaran umum tentang suatu objek atau lokasi, otomatis lebih mudah daripada harus menganalisis ratusan atau ribuan foto.

Manfaat menggunakan fotogrametri bagi beberapa industri adalah:

  1. Dengan memiliki output-output yang sudah kami sebutkan di atas, dengannya kita bisa mendapatkan gambaran umum tentang suatu objek atau lokasi, dibanding harus menganalisis ratusan bahkan ribuan foto
  2. Kita dapat mengukur volume atau jarak objek
  3. Membuat anotasi atau catatan
  4. Kita bisa membagikan hasil analisis melalui laporan PDF atau share link

Intinya adalah dengan fotogrametri yang diproses dengan software seperti PIX4D kita bisa lebih sadar akan situasi sekitar objek kita, membuat komunikasi antar tim menjadi lebih baik, serta fotogrametri yang sudah diproses dapat merepresentasi realitas dengan akurat yang siap digunakan di berbagai industri termasuk survei, pertanian, telekomunikasi, keamanan publik dan konstruksi.

5 industri yang menggunakan fotogrametri - Manfaat fotogrametri

Industri Jasa Survei

Industri pertama yang menggunakan fotogrametri adalah perusahaan yang bergerak sebagai penyedia jasa survei, yang sudah diketahui proyek surveyor bisa berkisar dari hanya memetakan satu bangunan hingga memetakan area ratusan kilometer, dimana surveyor dituntut untuk menganalisa medan dan fitur-fitur yang ada di area tertentu dengan detail dan akurat, oleh sebab itu surveyor di Indonesia bahkan di seluruh dunia beralih ke fotogrametri yang diolah dengan software yang dapat menghasilkan output yang spesifik, seperti digital terrain model atau peta dasar yang relevan dengan proyeknya.

5 industri yang menggunakan fotogrametri - Industri Survey

Industri Pertanian

Industri kedua yang menggunakan fotogrametri adalah industri pertanian, buat apa tuh? Ya seiring berjalannya waktu pertanian terus berkembang demi mengoptimalkan hasil panen dan mengurangi penggunaan pestisida dan bahan kimia yang berlebihan, oleh karena itu dibutuhkan fotogrametri untuk menghasilkan peta tanaman, yang mana dari peta tanaman ini para petani dapat melihat lebih banyak ladang mereka dibanding melihatnya langsung dari lapangan. Boleh dibilang PIX4Dfields merupakan software yang tepat yang dapat menyediakan peta dan model permukaan ladangnya. 

5 industri yang menggunakan fotogrametri - Industri Pertanian

Namun untuk menghasilkan gambar peta multispectral dibutuhkan kamera yang tepat, disini kami merekomendasikan drone pertanian terbaik saat ini drone DJI Mavic 3 Multispectral, dengan drone multispectral sudah dipastikan petani dapat mendeteksi kesehatan tanaman, mendeteksi penyakit tanamannya, melacak pertumbuhannya, bahkan dapat digunakan untuk membuat klaim asuransi terhadap kerusakan yang dilakukan oleh hewan atau banjir.

Industri Telekomunikasi

Industri yang menggunakan fotogrametri selanjutnya adalah industri telekomunikasi, dimana menara yang membantu kita terhubung dengan orang-orang ini memiliki berbagai antena hingga peralatan listrik yang terpasang di atas struktur yang sangat tinggi dan sangat berbahaya. Sebelum menggunakan teknologi drone, kru inspeksi harus memanjat menara dan mengambil foto untuk dianalisa, yang mana metode manual ini merupakan tugas yang berbahaya dan cukup memakan waktu.

5 industri yang menggunakan fotogrametri - Industri Telekomunikasi

Dengan software khusus inspeksi telekomunikasi PIX4Dinspect dan untuk merencanakan penerbangan drone PIX4Dscan, para inspektur dapat menyediakan semua data yang diperlukan. Keuntungan memproses fotogrametri dengan PIX4Dinspect lainnya adalah software ini software PIX4Dinspect dapat mengidentifikasi fitur antena secara otomatis seperti sudut, orientasi, dan azimuth sebelum menyajikan digital twin untuk dapat dianalisa lebih lanjut. 

Dengan photogrammetry para inspektur dapat membuat catatan, mengukur, dan membuat hasil laporannya berupa file PDF, sehingga dapat disimpulkan menggunakan bantuan teknologi dapat menghemat waktu dan memangkas proses inspeksi dari yang tadinya 24 jam menjadi 1 jam.

5 industri yang menggunakan fotogrametri - Industri Telekomunikasi

Industri Keamanan Publik

Kesadaran situasional adalah kunci jika anda bekerja di industri public safety, dimana jika anda sadar dengan situasi lebih cepat, itu akan membantu tim lebih sigap untuk merencanakan misi penyelamatan dan evakuasi, terlebih jika terjadi kebakaran hutan atau letusan gunung berapi, oleh karena itu petugas keselamatan publik memerlukan tinjauan yang akurat dan andal.

Berkat pemetaan udara, para petugas keamanan publik dapat melakukan tinjauan dengan akurat dan andal dengan fotogrametri.

Sementara ada case dimana petugas keamanan publik seperti BASARNAS dan lembaga penegak hukum seperti kepolisian harus merekonstruksi kecelakaan dengan model 3D pada area TKP, tenang kami memiliki solusi untuk hal ini, yakni menggunakan PIX4Dreact software pemetaan cepat 3D ini digunakan untuk skenario seperti kebakaran hutan, dan output yang hasilkan dapat dibagikan melalui handphone dan pemprosesan di laptop dapat dilakukan tanpa koneksi internet, menjadikannya fleksibel sesuai lingkungan.

Selain itu, PIX4Dmapper yang merupakan best photogrammetry app dapat digunakan untuk rekonstruksi adegan kecelakaan berupa model 3D, baik untuk menyelidiki kecelakaan helikopter atau membuat ulang TKP yang berfungsi sebagai alat bukti di pengadilan. PIX4Dmapper juga dapat digunakan untuk pemulihan bencana yang lebih luas dengan pengukuran volume, seperti menghitung puing setelah kebakaran hutan. 

5 industri yang menggunakan fotogrametri - Industri Keamanan Publik

Industri Konstruksi

Bukan hal asing lagi jika industri konstruksi menggunakan teknologi fotogrametri, baik itu digunakan untuk pemetaan udara, melacak progress site, atau untuk scan terestrial. 

Dalam hal ini kita bisa memanfaatkan viDoc RTK rover atau handheld rover yang terhubung ke handphone untuk mengumpulkan data fotogrametri dan LIDAR dengan aplikasi PIX4Dcatch guna mendokumentasikan posisi saluran, mengukur jarak atau volume timbunan di area konstruksi, dan untuk meningkatkan komunikasi serta mengurangi kunjungan ke lokasi yang tidak perlu oleh manajer.

Artinya handphone bisa menjadi alat survey dengan akurasi centimeter lho, selain itu data drone dapat digunakan untuk membandingkan rencana yang dibuat dengan yang dirancang, juga untuk melihat progress sitenya, yang kemudian bisa kita bagikan ke rekan kita melalui platform berbasis cloud yakni PIX4Dcloud.

5 industri yang menggunakan fotogrametri - Industri Konstruksi

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:
https://halorobotics.com/
Email: sales@halorobotics.com
WhatsApp: +62811-1909-0099

For more information, visit our:
Website : https://halorobotics.com/
Online Store : https://halorobotics.com/shop/
Facebook : https://www.facebook.com/halorobotics/
Instagram : https://www.instagram.com/halorobotics/
LinkedIn : www.linkedin.com/company/halo-robotics
YouTube : https://www.youtube.com

 

 

 

Comments are closed.

Welcome to Halo Robotics

Button WA