Drone Pengantar Barang Digadang Lebih Cepat & Hemat Ongkir

Drone Pengantar Barang Digadang Lebih Cepat & Hemat Ongkir

Mungkin banyak dari kalian yang bertanya-tanya apakah drone bisa mengirim barang? Atau anda pernah terlintas pertanyaan, sejauh mana jarak drone pengantar barang mengirim barang? Dan berapa berat barang yang dapat dibawa oleh drone?

Nyatanya drone pengiriman barang sudah menjadi hal lumrah lho di luar negeri, seperti akhir-akhir ini banyak perusahan drone seperti Amazon Air, Flirtey, dan Google Wing telah bereksperimen dengan pengiriman drone, karena dengan adanya teknologi pengiriman barang dengan drone dapat membantu kita dalam mengangkut barang-barang sensitif seperti pasokan medis ke area yang sangat membutuhkannya.

Lalu, selain drone digunakan untuk mengirim pasokan medis, berikut manfaat lain dari pengiriman menggunakan drone.

Drone Pengantar Barang Digadang Lebih Cepat & Hemat Ongkir - Halo Robotics

Manfaat Drone Pengantar Barang

  • Peningkatan dari segi Logistik, biasanya pengiriman yang dilakukan secara tradisional menggunakan kendaraan seperti van yang selalu berada di jalan raya dan  akan bertemu macet, jalan yang berliku-liku dan tantangan rute lainnya, sebaliknya pengiriman dengan drone pengantar paket dapat diselesaikan dalam garis lurus dari pusat penyortiran ke tujuan paket, drone membuat operasi logistik jauh lebih efisien.
  • Menjangkau daerah terpelosok. Di banyak wilayah di seluruh dunia, masalah lalu lintas ditambah dengan jalan yang kurang berkembang membuat pengiriman membutuhkan waktu lama untuk diselesaikan. Drone pengiriman tidak harus berurusan dengan lalu lintas jalan sama sekali, yang berarti perusahaan yang melakukan pengiriman dapat memperluas lebih mudah ke area ini.
  • Kecepatan. drone pengirim barang pada dasarnya merupakan solusi pos udara yang “direct-to-customer”, membuatnya jauh lebih cepat daripada metode pengiriman tradisional.
  • Lalu lintas jadi lebih sedikit. Menurut Amazon, sebagian besar paket pelanggan kurang dari lima pound atau sekitar 2 kg, menjadikannya ideal untuk diantar dengan drone. Seperti yang ada sekarang, semua paket itu memakan tempat di kendaraan pengiriman. Jika pengiriman drone dapat mengambil alih semua paket ringan itu, itu akan membebaskan ruang di kendaraan pengiriman, yang berarti lebih sedikit yang perlu berada di jalan pada satu waktu.
  • Lebih hemat. Yang sudah kita ketahui biaya tenaga kerja selalu meningkat di seluruh dunia, yang berarti ongkos kirim akan menjadi lebih mahal dari waktu ke waktu, sementara harga awal teknologi drone mungkin tinggi, tapi tenaga kerja yang terlibat jauh lebih sedikit membuat pengiriman barang menggunakan drone lebih hemat biaya dari waktu ke waktu.
  • Ramah lingkungan. Sebagian besar drone beroperasi dengan listrik, disamping menggunakan itu drone mengurangi pencemaran polusi udara, mengurangi kendaraan pengiriman di jalan, yang pada akhirnya emisi karbon pun akan turun.
Drone Pengantar Barang Digadang Lebih Cepat & Hemat Ongkir - Halo Robotics

Kasus Penggunaan Drone DJI Saat Ini

  • Pengantaran Buku Sekolah. Di Indonesia sendiri untuk pertama kalinya drone digunakan untuk mengirimkan barang yaitu pada uji coba yang dilakukan oleh JD.com bersama JD.ID pada 8 Januari 2019 lalu, di kawasan Jawa Barat, Indonesia. Drone diterbangkan dari Desa Jagabita, Parung Panjang, Bogor ke Sekolah Dasar MIS Nurul Falah Leles, Parung Panjang, Bogor, Jawa Barat, Indonesia dengan tujuan mengirimkan buku-buku untuk para siswa disana.
Drone Pengantar Barang Digadang Lebih Cepat & Hemat Ongkir - Halo Robotics JD.ID
  • Pengantar makanan.  Pengiriman pizza pertama melalui drone terjadi pada tahun 2016 di Selandia Baru. Pada tahun yang sama, 7-Eleven bekerja sama dengan perusahaan drone Flirtey untuk menyelesaikan 77 pengiriman di Reno, NV. Uber Eats, sebagai bagian dari inisiatif Uber Elevate, berharap untuk menggunakan drone pengantar barang menjadi umum pada awal tahun 2023.
  • Kesehatan. Baik itu untuk mengangkut pasokan medis atau organ, pengiriman drone memiliki masa depan yang menjanjikan sebagai sarana distribusi barang ke daerah yang sulit dijangkau. Pada Mei 2019, sebuah ginjal untuk transplantasi diterbangkan melalui drone ke seorang pasien di Baltimore. Drone juga dapat digunakan untuk mengirimkan vaksin dalam wadah terpusat yang dingin atau mengirimkan resep ke panti jompo, sebuah praktik yang dipelopori oleh WeRobotics dan Flying Labs.
  • Tanggap darurat. Mensurvei area setelah bencana alam atau menggunakan “ambulans drone” yang dilengkapi dengan peralatan penyelamat seperti defibrillator adalah aplikasi tanggap darurat yang potensial dari pengiriman menggunakan drone.
  • Bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana. Pada 2017, setelah Badai Harvey melanda, drone memperbaiki saluran listrik di Houston, TX. Pada tahun 2018, setelah kebakaran besar menyebar di Hechingen, Jerman, drone digunakan untuk mengambil gambar sehingga tim pemadam kebakaran tahu ke mana harus mengirim air.

Seberapa cepat drone pengantar barang DJI dibanding metode pengiriman tradisional?

Jumlah waktu pengiriman drone ditentukan oleh seberapa cepat ia dapat melakukan perjalanan dari titik A ke titik B in a straight line atau dalam garis lurus. Bagian “dalam garis lurus” adalah kuncinya, karena itulah bagian besar yang membuat drone sangat berharga bagi perusahaan yang perlu mengangkut barang dengan cepat dan efisien.

Seperti disebutkan sebelumnya, drone dapat menghindari tikungan, belokan, dan lalu lintas jalan yang biasa, yang membuatnya sangat cocok sebagai alternatif metode pengiriman tradisional. Sementara kecepatan sebenarnya untuk pengiriman dapat bervariasi tergantung pada jarak yang ditempuh, drone biasanya mampu bergerak hingga 50 mph.

Do’s and Don’ts Drone Pengantar Barang

Lalu apa saja syarat menggunakan jasa drone pengantar barang?

1. Pertama diperlukan dukungan dari Pemerintah Indonesia dan lembaga/organisasi terkait: seperti Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU)
2. Direktorat Navigasi Penerbangan (DNP)
3. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Republik Indonesia
4. TNU AU
5. Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (AirNav Indonesia)
6. Federasi Aero Sport Indonesia (FASI), dan
7. Asosiasi Sistem dan Teknologi Tanpa Awak (ASTTA)

Selain mendapatkan dukungan-dukungan di atas, berikut peraturan yang berkaitan dengan drone otonom:
-Jangan mengoperasikan drone secara sembarangan atau sembrono.
-Jauhi pesawat berawak.
-Jangan mengemudikan drone dari kendaraan yang bergerak kecuali kondisi tertentu terpenuhi.
-Jangan terbang di atas orang-orang kecuali dalam keadaan tertentu.
-Jangan mengoperasikan lebih dari satu drone sekaligus.
-Jauhkan drone dalam garis pandang anda.
-Terbang pada siang hari, di jam senja juga masih oke dengan syarat drone dilengkapi dengan pencahayaan anti-tabrak.
-Pertahankan drone dalam jarak 120 meter dari darat atau di dekat bangunan.Jangan melebihi 160 km/jam

Rekomendasi Harga Drone Pengantar Barang

Drone DJI Matrice 300 RTK
Harga drone pengantar barang DJI M300: Rp 114.100.000
Klik link berikut untuk informasi selengkapnya: https://halorobotics.com/v2/product/dji-matrice-300-rtk/

Untuk spesial harga silahkan hubungi kami Halo Robotics distributor resmi DJI Enterprise di Indonesia:
Email: sales@halorobotics.com
WhatsApp: +62811-1909-0099

For more information, visit our:
Website : https://halorobotics.com/ 
Online Store : https://halorobotics.com/shop/ 
Facebook : https://www.facebook.com/halorobotics/   
Instagram : https://www.instagram.com/halorobotics/
LinkedIn : www.linkedin.com/company/halo-robotics
Subscribe to our YouTube Channel : https://www.youtube.com/halorobotics

Comments are closed.

Welcome to Halo Robotics

Button WA