Uji Coba Drone DJI M30T untuk Deteksi Titik Api Kebakaran

Uji coba deteksi titik api dengan drone dji m30t

Industri-industri berat seperti Minyak & Gas dan Ketenagalistrikan rentan terhadap berbagai bahaya seperti kebakaran bahan bakar gas cair (LPG), kebakaran gas alam cair (LNG), dan kebocoran gas alam. Kebakaran ini dapat menimbulkan kerugian yang signifikan mulai dari hilangnya harta benda sampai dengan kematian, hal ini membuat tanggap darurat menjadi hal penting bagi industri ini.

Baru-baru ini Halo Robotics melakukan uji coba penggunaan drone DJI M30T pada 3 kasus kebakaran yakni: kebakaran LPG, kebakaran tangki minyak, dan kebakaran gedung di fasilitas pelatihan kebakaran, pencarian dan keselamatan (SAR) yakni PT Samson Tiara, yang ditunjuk oleh Dirjen Perhubungan Udara Indonesia sebagai pemimpin dalam membawa drone ke industri berat khususnya operasi tanggap darurat.

penggunaan drone dji m30t dalam uji coba deteksi titik api kebakaran dapat memitigasi risiko yang ditimbulkan oleh bahaya kebakaran

Selama uji tanggap darurat dan kebakaran, Samson Tiara menguji 3 kasus penggunaan drone DJI M30T yang meliputi:

  1. Kebakaran Liquid Petroleum Gas (LPG): drone mengidentifikasi sumber kebocoran gas sehingga petugas tanggap darurat dapat dengan cepat menemukan shut-off valve atau katup penutup gas.
  2. Kebakaran Tangki Minyak Mentah: drone dapat mengidentifikasi titik api untuk mendukung tanggap darurat yang cepat.
  3. Kebakaran Gedung: Tes ketiga adalah kebakaran gedung di mana drone DJI M30T dapat mengidentifikasi titik api di dalam gedung, termasuk lokasi pusat kebakaran, untuk mendukung tim darat dalam memadamkan api secara efisien dan aman.

Semua prosedur dikoordinasikan melalui software DJI FlightHub 2 yang dipasang di room control Samson Tiara sebagai command center untuk memantau perkembangan operasi penyelamatan secara LIVE guna meningkatkan koordinasi antar ground team dan command center pada operasi berisiko tinggi.

Kesimpulan Uji Coba Penggunaan Drone DJI M30T

Kesimpulannya adalah penggunaan drone DJI M30T dalam kasus tanggap darurat dapat mendeteksi titik api secara akurat meski ditutupi asap yang tebal di dalam/luar ruangan yang didukung dengan software DJI FlightHub 2 sebagai command center menjadikannya langkah maju yang penting dalam memitigasi risiko yang ditimbulkan oleh bahaya kebakaran khususnya di industri-industri berat seperti Minyak & Gas dan Ketenagalistrikan.

Untuk informasi lengkapnya, silahkan hubungi kami melalui:
WhatsApp: +62 811-1909-0099
Email: sales@halorobotics.com

For more information, visit our:
Instagram : https://www.instagram.com/halorobotics/
LinkedIn : www.linkedin.com/company/halo-robotics
Youtube : www.youtube.com/@Halo-robotics/videos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Welcome to Halo Robotics

Button WA