Perbedaan RTK dan PPK untuk Survey & Mapping

Jika Anda berpikir untuk melakukan misi survei dengan drone, kemungkinan besar Anda pernah mendengar tentang RTK dan PPK. Bahkan ada drone dari DJI Enterprise dengan RTK pada namanya, seperti DJI Matrice 350 RTK.

Namun apa sebenarnya RTK dan PPK itu? Apa perbedaan keduanya dan mana yang sebaiknya Anda gunakan? Halo Robotics akan membahas selengkapnya di bawah ini.

Apa Perbedaan RTK dan PPK?

RTK (real-time kinematic) dan PPK (post-processed kinematic) adalah teknologi koreksi GPS yang membantu mengumpulkan data dengan akurasi tinggi. Kedua metode tersebut menggunakan pengamatan dari dua penerima GNSS – seperti Emlid Reach RS+, RS2 atau Reach RS3 – untuk mencapai akurasi tingkat sentimeter. 

Dalam kasus dua receiver GNSS, satu unit bersifat statis – receiver ini disebut base station. Contohnya termasuk receiver Emlid Reach atau base station DJI D-RTK 2. Receiver lainnya adalah rover yang dapat bergerak bebas.

Dalam hal pemetaan drone, rover dapat ditempatkan dimana saja, baik pada modul RTK bawaan pada drone seperti DJI M350 RTK atau modul Emlid Reach M+/M2 yang dapat diintegrasikan dengan drone pemetaan. Untuk survei tanah, receiver Emlid Reach dapat digunakan sebagai rover, serta base station. Sejumlah rover dapat terhubung ke satu base jika pengaturan inputnya sesuai dengan output dari base.

Metode RTK

Perbedaan RTK dan PPK untuk Survey & Mapping - RTK

Pengaturan RTK terdiri dari dua receiver: Yang pertama bekerja sebagai base yang terletak di atas titik koordinat yang diketahui, dan yang kedua adalah rover yang dapat berpindah-pindah dan mengumpulkan data.

Base meneruskan informasi tentang posisinya dan mengamati data satelit ke rover melalui internet atau radio, yang dapat dikoreksi secara real-time untuk menghitung posisi secara akurat di level sentimeter. Dengan koreksi dan algoritma RTK ini, rover dapat mengecualikan kesalahan atmosfer dan menghitung posisinya secara akurat.

Namun, perbedaannya dengan RTK, modul RTK harus tetap terhubung ke base station saat mengumpulkan data agar komunikasi dua arah dapat menginformasikan penentuan posisi selama misi RTK. Sayangnya, hilangnya sinyal dapat terjadi karena beberapa alasan: Saat berbelok karena orientasi antena, terbang di belakang penghalang selama pemetaan, sinyal tidak merata atau tidak dapat diandalkan, dll. Jika hal ini terjadi, data menjadi tidak dapat diandalkan saat modul RTK mencoba mendapatkan kembali kontak dengan base station.

RTK: Koreksi Menggunakan NTRIP

Penting untuk dicatat bahwa Anda tidak selalu memerlukan unit base Anda sendiri untuk RTK. Dalam kebanyakan kasus, terdapat penyedia layanan lokal yang memungkinkan pengguna untuk sewa base station dan membagikan koreksinya melalui internet dengan teknologi yang disebut NTRIP.

Dengan tidak membutuhkan base station Anda sendiri, dengan sebuah rover dan koneksi internet, Anda dapat mulai melakukan survey.

Download Brosur Drone DJI Matrice 350 RTK

Metode PPK

Perbedaan RTK dan PPK untuk Survey & Mapping - PPK

Seperti disebutkan sebelumnya, PPK merupakan teknik alternatif dari RTK, cara kerjanya hampir sama dengan RTK. PPK juga membutuhkan base dan rover, perbedaannya dengan RTK hanya pada proses koreksinya, dimana koreksi posisi dilakukan saat post processing. Artinya, dalam mode PPK, tidak perlu ada koneksi antara rover dan base station saat Anda bekerja.

Anda hanya perlu mendapatkan data yang kita kenal dengan .RINEX. Data dari base maupun rover akan diunduh ke komputer dan kemudian diproses dengan software PPK untuk post processing lebih lanjut untuk mencapai akurasi tingkat sentimeter.

Kelebihan dan Kekurangan RTK dan PPK

Kelebihan RTK adalah data dapat kita dapatkan secara real-time. Kelemahan RTK yaitu koreksi melalui sinyal radio ataupun internet, dimana akan ada gangguan sinyal ketika proses koreksi, tergantung pada lokasi dan jarak. Jarak RTK untuk GNSS dengan support multiband, dapat menembus sampai dengan 60km.

Kelebihan PPK yaitu tidak dikoreksi secara langsung, sehingga tidak terganggu dengan sinyal radio ataupun internet karena pengolahannya ada di software. Kelemahannya adalah data tidak dapat diambil secara langsung secara real-time, butuh proses terlebih dahulu di software PPK.

Kesimpulan

Metode yang Anda gunakan selama survei bergantung pada misi spesifik Anda, termasuk koneksi jaringan di area lokal. Memahami perbedaan antara RTK dan PPK, beserta kelebihan dan kekurangannya, dapat membantu Anda membuat keputusan dengan lebih mudah.

Rekomendasi Drone RTK: DJI Matrice 350 RTK

Perbedaan RTK dan PPK untuk Survey & Mapping - CTA

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui:
WhatsApp: +62 811-1909-0099
Email: sales@halorobotics.com
www.halorobotics.com

For more information, visit our:
Facebook : https://www.facebook.com/halorobotics/
Instagram : https://www.instagram.com/halorobotics.official/
Instagram: https://www.instagram.com/djiagras.halorobotics/ 
LinkedIn : www.linkedin.com/company/halo-robotics
Youtube: https://www.youtube.com/@Halo-robotics/video

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Welcome to Halo Robotics

Button WA