Monitoring Pencemaran Air Limbah Dengan Drone dan Speedip V2

Penggunaan Drone dan Speedip V2 menjadi salah satu solusi saat melakukan monitoring pencemaran air limbah 

Belum lama ini tepatnya pada Senin, 23 Oktober 2023 warga di sekitar sungai Cileungsi mengeluhkan fenomena bau air sungai yang menyengat hingga membuat sesak di dada menurut salah satu warga Perumahan Bumi Mutiara, Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

Fenomena perbedaan warna air dan bau menyengat terlihat sangat jelas di pertemuan Sungai Cileungsi dan Cikeas, dimana aliran air Sungai Cikeas berwarna coklat dan mengalir deras sedangkan Sungai Cileungsi berwarna hitam pekat seperti oli dan alirannya seperti mengendap, sehingga ikan-ikan di perbatasan mengalami penurunan populasi yang mengakibatkan ribuan ikan mati beberapa waktu terakhir karena dampak pencemaran air yang buruk berupa busa dan buih yang diduga berasal dari limbah pabrik sekitar, menurut laporan Republika (24 Oktober 2023) saat menemui pelaksana tugas Kepala DLH Kabupaten Bogor.

Dalam upaya menindaklanjuti pemulihan pencemaran, diperlukan penindakan khusus untuk mencari tahu dari mana asal pencemaran tersebut, namun pada prakteknya Departemen Lingkungan Hidup (DLH) yang bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengelola lingkungan memiliki protokol dan prosedur yang ketat untuk pengambilan sampel air, yang mana dalam pengambilan sampel air memiliki beberapa kesulitan seperti:

  • Aksesibilitas
    Faktor yang pertama ialah lokasi yang sulit dijangkau seperti sungai yang dalam, danau terpencil, atau sumber air alami di daerah terpencil yang dapat menghambat proses pengambilan sampel 
  • Teknikal
    Pengambilan sampel air sering melibatkan penggunaan peralatan khusus, seperti botol sampel air, pompa sampel, atau alat pemantauan kualitas air, yang mana mengoperasikan peralatan-peratalan ini dengan benar menjadi tantangan tersendiri
  • Lingkungan
    Cuaca buruk, air bergerak cepat, atau lingkungan yang penuh dengan vegetasi dapat membuat pengambilan sampel lebih sulit
  • Metodologi
    Kesalahan dalam metode pengambilan sampel bisa menghasilkan data yang tidak akurat
  • Logistik
    Pengambilan sampel air seringkali melibatkan logistik, salah satu contohnya mengangkut sampel ke laboratorium untuk pengujian.

Untuk mengatasi kesulitan ini, disarankan DLH dan lembaga sejenisnya melibatkan penggunaan peralatan yang sesuai dan mematuhi pedoman yang telah ditetapkan. Kesulitan dalam pengambilan sampel air biasanya dapat diatasi dengan perencanaan yang baik, persiapan yang cermat, dan pemahaman yang mendalam tentang lingkungan yang akan diambil sampelnya, seperti Monitoring Pencemaran Air Limbah menggunakan teknologi Drone dan Speedip V2 sebuah sistem yang terintegrasi untuk Monitoring Pencemaran Air Limbah dengan mengumpulkan sampel air di lokasi dengan kedalaman yang ditentukan.

1. Cara Kerja Monitoring Pencemaran Air Limbah dengan Drone DJI M350 dan Speedip V2

Secara garis besar workflow Monitoring Pencemaran Air Limbah dapat dilakukan dengan pengambilan sampel air secara otonom dengan drone seperti DJI M350/DJI M300 + Speedip V2 yakni menggunakan fitur Waypoint di aplikasi DJI Pilot > Take off > Drone terbang ke lokasi target > Tabung Speedip V2 masuk ke kedalaman air yang ditentukan > Kembali dan mendarat seperti biasa. Workflow yang mudah ini menjadikan pengambilan sampel air secara rutin lebih mudah dari sebelumnya.

Monitoring Pencemaran Air Limbah Menggunakan Drone dan Speedip V2 - halo robotics

2. Fitur-Fitur Speedip V2: Alat Monitoring Pencemaran Air Limbah

  1. Fitur Rope Tangling Detection Mechanism
    Speedip V2 dilengkapi dengan fitur yang dapat mendeteksi tali wadah pengisi air mengalami kekusutan, yang mana dengan adanya fitur ini dapat meminimalkan kemungkinan kekusutan yang sulit diperbaiki.
  2. Fitur Grounding Detection
    Speedip V2 juga dilengkapi dengan fitur Grounding Detector untuk memberitahu operator di mana lokasi pengambilan sampel air limbah yang valid/tidak valid.
  3. Fitur New Smart Motion Control Logic
    Fitur Speedip V2 yang dapat menyesuaikan kecepatan pergerakan wadah air berdasarkan tahap pengambilan sampel, sehingga menghasilkan sampel air yang lebih representatif.
  4. Fitur Emergency Releasing Function
    Monitoring Pencemaran Air Limbah dengan Drone dan Speedip V2 memiliki banyak keuntungan salah satunya fitur yang dapat memotong tali wadah untuk membebaskan drone pada saat situasi darurat guna meminimalkan kerugian saat wadah sampel air terjebak.
  5. Ultra-lightweight Design
    Bukan hanya fitur yang canggih, Speedip V2 dirancang dengan bobot yang ringan yakni 540g, berkat penggunaan magnesium alloy.
  6. 2L Max. Sampling Volume
    DJI M350 RTK mampu membawa air seberat 2kg.
  7. Built-in Downward Facing Camera
    Kamera drone DJI M350 yang digunakan bersama Speedip V2 dirancang dapat menghadap ke bawah untuk mendapatkan situational awareness dengan lebih baik.
  8. Built-in High-Resolution mm-wave Radar
    Speedip V2 dilengkapi dengan 1mm radar ultra-high resolutions yang dapat mengukur jarak air dan kedalaman air dengan akurat.
  9. Mounting & Dismounting within 10s
    Maksudnya adalah proses pengambilan air limbah menggunakan drone DJI M350 RTK dan Speedip V2 hanya membutuhkan waktu 10 detik

Download Brosur Speedip V2 Di Sini

Monitoring Pencemaran Air Limbah Menggunakan Drone dan Speedip V2 - halo robotics

3. Kelebihan Monitoring Pencemaran Air Limbah dengan Drone dan Speedip V2

  • Monitoring Pencemaran Air Limbah dengan Drone DJI M350 RTK dan Speedip V2 menumbuhkan kepercayaan operator drone karena kemampuan drone yang memiliki situational awareness yang kuat terhadap lingkungan meski operasi pengambilan sampel dilakukan dari jarak yang jauh.
  • Dengan desain mekanis dan elektroniknya yang elegan, Speedip V2 memiliki bobot yang sangat ringan, sehingga drone dapat membawa 4 jenis wadah yang berbeda untuk situasi yang berbeda.
  • The Smart “Motion Control Logic” kelebihan yang dapat menyesuaikan kecepatan pergerakan wadah berdasarkan tahap pengambilan sampel, sehingga proses Monitoring Pencemaran Air Limbah dengan drone jadi jauh lebih lancar, kontrol kedalaman yang lebih presisi, dan sampel air yang lebih representatif.
  • Yang sudah disebutkan di atas, Speedip V2 dilengkapi dengan mekanisme yang dapat mendeteksi apabila tali mengalami kekusutan dan secara otomatis sistem berhenti dan memberikan notifikasi ketika tali wadah kusut atau wadah menyentuh tanah.
  • Anda tidak perlu khawatir apabila wadah sampel air limbah terjebak, karena Speedip V2 akan memanfaatkan fungsi emergency releasing yaitu memotong tali wadah dengan cepat untuk meminimalkan kerugian lainnya.
Monitoring Pencemaran Air Limbah Menggunakan Drone dan Speedip V2 - halo robotics (2)

4. Perbadingan Monitoring Pencemaran Air Limbah dengan Drone + Speedip V2 dengan Metode Tradisional

  1. Fleksibilitas Yang Rendah
    Dibanding Monitoring Pencemaran Air Limbah dengan Drone dan Speedip V2, metode tradisional memiliki fleksibilitas yang rendah karena terbatasnya medan ketika mengumpulkan sampel air limbah contohnya secara manual menggunakan kapal.
  2. Efisiensi Yang Rendah & Biaya Yang Tinggi
    Bukan hal yang mengagetkan lagi metode tradisional dalam proses pengambilan sampel air limbah membutuhkan banyak waktu, biaya dan energi misalnya untuk mengangkut kapalnya terlebih dahulu.
  3. Pengambilan Sampel Yang Tidak Tepat
    Dengan metode tradisional mengumpulkan sampel air yang representatif di lokasi & kedalaman yang ditentukan menjadi tantangan tersendiri.
Monitoring Pencemaran Air Limbah Dengan Drone dan Speedip V2

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui:
WhatsApp: +62 811-1909-0099
Email: sales@halorobotics.com
www.halorobotics.com

For more information, visit our:
Facebook : https://www.facebook.com/halorobotics/
Instagram : https://www.instagram.com/halorobotics/
LinkedIn : www.linkedin.com/company/halo-robotics
Youtube: https://www.youtube.com/@Halo-robotics/videos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Welcome to Halo Robotics

Button WA