NEWS Uncategorized
Beranda » Blog » DJI Zenmuse L2 LIDAR untuk Pengelolaan Hutan Yang Efisien

DJI Zenmuse L2 LIDAR untuk Pengelolaan Hutan Yang Efisien

dji zenmuse l2 lidar untuk pengelolaan hutan yang efisien

DJI Zenmuse L2

Bukan pengetahuan baru lagi bahwa hutan merupakan bagian penting dari ekosistem alam kita, namun dalam proses pengelolaannya seringkali mengalami sejumlah tantangan, terutama ketika harus mencakup area yang sangat luas. Salah satu proyek yang menghadapi tantangan tersebut adalah proyek pengelolaan hutan dengan area logging yang mencapai lebih dari 5 km^2, yang mana laporan proyek ini diambil dari studi kasus nyata penggunaan sensor drone DJI Zenmuse L2 untuk pengelolaan salah satu hutan di China yang ditulis oleh DJI Enterprise.

  • Tantangan pertama yang dihadapi adalah penyebaran area logging yang tersebar dan sulit dijangkau, yang mana dengan situasi seperti ini kegiatan survei tanah secara manual menjadi tidak efisien karena jarak yang jauh dan sulitnya akses jalan di beberapa area hutan.
  • Tantangan kedua yang dihadapi dari pengukuran secara manual adalah kurangnya gambar visual dan data point cloud area hutan.
  • Tantangan terakhir yang dihadapi adalah bahwa single ground measurement memiliki tingkat keakuratan yang rendah dalam memperkirakan volume pohon dan kurangnya efektivitas memperoleh informasi mengenai kanopi pohon.

DJI Zenmuse L2 LIDAR untuk Pengelolaan Hutan Yang Efisien-teknis pengelolaan sumber daya hutan

Lantas, bagaimana sensor drone DJI Zenmuse L2 dalam meningkatkan efisiensi pengelolaan hutan? Simak artikel selengkapnya di bawah ini:

Teknis Pengelolaan Sumber Daya Hutan dengan DJI Zenmuse L2

Peralatan:

Proyek pengelolaan hutan ini menggunakan beberapa peralatan canggih yakni:
– Drone DJI M350 RTK
– Sensor Drone DJI Zenmuse L2 LIDAR
– Software DJI Terra
– Software Pengolahan Data LIDAR Terrasolid

Perencanaan Misi:

Perencanaan misi yang pertama adalah mengumpulkan data orthophoto dan data point cloud menggunakan drone DJI M350 RTK yang dilengkapi dengan sensor DJI Zenmuse L2, kemudian untuk processing datanya kita menggunakan software DJI Terra untuk menghasilkan data point cloud dan data DEM yang berkualitas tinggi, sedangkan software Terrasolid kita gunakan untuk melakukan segmentasi pepohonan tunggal, tinggi pohon, kanopi, dan perhitungan lainnya.

Pengumpulan Data:

Untuk waktu pengumpulan data dilakukan dalam waktu 2 jam dengan 4x penerbangan, yang mana settingan penerbangan drone meliputi:
– 80m AGL
– DSM Enable
– 10m/s
– 5 Returns, serta menggunakan
– non-repetitive scan mode.

Download Brosur Sensor LIDAR DJI Zenmuse L2 Sekarang!

DJI Zenmuse L2 LIDAR untuk Pengelolaan Hutan Yang Efisien- teknis pengelolaan sumber daya hutan

Praktis Pengelolaan Sumber Daya Hutan dengan DJI Zenmuse L2

Dengan memanfaatkan Drone DJI M350 RTK yang dilengkapi dengan sensor DJI Zenmuse L2 LIDAR, proyek ini mendapatkan beberapa keunggulan:

Output Hasil Pengelolaan Sumber Daya Hutan

Aerial view of forest area from drone

DJI Terra Forestry Point Cloud View

Single tree segmentation, tree height, tree crown calculation

DJI Zenmuse L2 LIDAR untuk Pengelolaan Hutan Yang efisien-peningkatan efisiensi yang tinggi

Peningkatan Akurasi yang Tinggi

Dari penggunaan sensor DJI Zenmuse L2 dalam pengelolaan hutan didapatkan keunggulan berupa akurasi tinggi dari berbagai aspek yakni:
1. Karena dilengkapi dengan dual RTK modules dan teknologi microsecond-level time synchronization, keduanya memenuhi persyaratan untuk mendapatkan high-precision topographic maps atau peta topografi dengan tingkat presisi yang tinggi.
2. Drone DJI M350 RTK dilengkapi dengan fitur terrain follow yang memungkinkan drone mengikuti kontur tanah yang dapat memastikan keselamatan penerbangan dan akuisisi data yang akurat.
3. DJI Zenmuse L2 dilengkapi dengan kemampuan 5 return yang secara signifikan meningkatkan proses penetrasi hutan dan pengumpulan data ground point cloud yang akurat.

Baca Juga: DJI Zenmuse L2, Masa Depan Pemetaan Berpresisi Tinggi

DJI Zenmuse L2 LIDAR untuk Pengelolaan Hutan Yang efisien-peningkatan akurasi yang tinggi

Peningkatan Efisiensi yang Tinggi

Dibandingkan dengan pengukuran manual tradisional yang memakan waktu seminggu atau lebih, seluruh pekerjaan pengumpulan data dengan drone DJI M350 RTK dan sensor DJI Zenmuse L2 dapat diselesaikan hanya dalam 4x penerbangan atau setengah hari saja, selain itu peningkatan efisiensi operasional juga didapatkan dari baterai drone DJI M350 RTK yang memiliki performa pendingin yang lebih baik yakni memungkinkan rekan-rekan melakukan pergantian baterai sesegera mungkin tanpa harus menunggu baterai mendingin, yang mana secara langsung keunggulan ini dapat meningkatkan efisiensi kerja.

DJI Zenmuse L2 LIDAR untuk Pengelolaan Hutan Yang efisien-peningkatan efisiensi yang tinggi

Kesimpulan

Proyek ini menunjukkan bahwa teknologi LIDAR yang digunakan dalam pengelolaan hutan memberikan solusi efisien dan akurat. Dengan menggunakan peralatan canggih seperti Drone DJI M350 RTK dan sensor DJI Zenmuse L2, pengumpulan data dapat dilakukan lebih cepat dan akurat, meningkatkan efisiensi pengelolaan sumber daya hutan, serta secara tidak langsung membantu menuju pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan.

DJI Zenmuse L2 LIDAR untuk Pengelolaan Hutan Yang Efisien-halo robotics

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui:
WhatsApp: +62 811-1909-0099
Email: sales@halorobotics.com
www.halorobotics.com

For more information, visit our:
Facebook : https://www.facebook.com/halorobotics/
Instagram : https://www.instagram.com/halorobotics.official/
Instagram: https://www.instagram.com/djiagras.halorobotics/ 
LinkedIn : www.linkedin.com/company/halo-robotics
Youtube: https://www.youtube.com/@Halo-robotics/videos

Post Related

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Welcome to Halo Robotics

Button WA Blog