NEWS
Beranda » Blog » DJI Dock 2: Sistem Drone Otomatis Generasi Baru

DJI Dock 2: Sistem Drone Otomatis Generasi Baru

Halo Robotics, sebagai distributor resmi DJI satu-satunya di Indonesia, dengan bangga memperkenalkan DJI Dock 2, generasi penerus dari sistem drone otomatis yang revolusioner. DJI Dock 2 adalah solusi operasi drone otomatis yang lebih efisien dan mudah diakses untuk memperluas jangkauan operasi survei & pemetaan, keamanan & pemantauan, dan juga inspeksi. DJI Dock 2 hadir dengan dua drone Matrice 3D Series, yaitu M3D dan M3TD.

Drone Otomatis yang Lebih Ringkas dan Efisien

Perlindungan IP55 memastikan operasi yang stabil dalam berbagai kondisi cuaca dan lingkungan yang ekstrem, memungkinkan penerbangan 24/7 dengan otomasi penuh yang diprogram melalui DJI FlightHub 2. Sistem drone otomatis ini memiliki desain yang lebih ringan dan ringkas, hanya 34 kg dengan ukuran 0.34 m². Sehingga Dock 2 dapat diangkat oleh dua orang saja, memudahkan operasi dan mengurangi biaya transportasi.

Sistem pemantauan lingkungan terintegrasi memberikan informasi real-time tentang cuaca dan lingkungan sekitar menggunakan sensor penglihatan dan dengan cepat menentukan apakah area tersebut memiliki sinyal GNSS yang kuat. Evaluasi berbasis penglihatan yang baru ini secara nyata mempercepat pemilihan lokasi, mengurangi waktu yang dibutuhkan dari lima jam menjadi dua belas menit atau kurang.

Matrice 3D Series

Dirancang khusus untuk operasi drone otomatis DJI Dock 2, drone Matrice 3D dan Matrice 3TD adalah drone ringkas dengan performa tinggi. Kedua model drone memiliki ketahanan debu dan air dengan rating IP54, menunjukkan kemampuan beradaptasi yang luar biasa.

DJI Dock 2: Sistem Drone Otomatis Generasi Berikutnya - Applications

M3D untuk Survei & Pemetaan

Drone ini dapat digunakan untuk sistem survei & pemetaan otomatis. Dengan spesifikasi yang mumpuni, M3D dapat digunakan untuk perhitungan volume stockpile, pemantauan perubahan geologi atau potensi bahaya dan pembuatan peta 2D/model 3D dengan tingkat akurasi hingga 3 cm.

Wide-Angle Camera

  • 4/3 CMOS
  • 24mm Format Equivalent
  • 20MP Effective Pixels
  • Mechanical Shutter

Tele Camera

  • 1/2-inch CMOS
  • ‌162mm Format Equivalent
  • 12MP Effective Pixels

M3TD untuk Keamanan, Pemantauan, dan Inspeksi

Dilengkapi dengan kamera thermal, drone ini cocok untuk sistem keamanan, pemantauan, dan pengawasan otomatis. M3TD dapat menghasilkan gambar RGB dan termal yang cocok untuk operasi pada siang maupun malam hari, seperti patroli rutin 24/7, pemeriksaan sisa peralatan konstruksi besar, pemantauan area sensitif pada malam hari, ataupun untuk mendeteksi kebocoran gas dan potensi titik panas.

Wide-Angle Camera

  • 1/1.32-inch CMOS
  • 24mm Format Equivalent
  • 48MP Effective Pixels

Tele Camera

  • 1/2-inch CMOS
  • ‌162mm Format Equivalent
  • 12MP Effective Pixels

Infrared Camera

  • 40mm Format Equivalent
  • Normal Mode: 640×512@30fps
  • UHR Infrared Image Mode: 1280×1024@30fps (With the UHR Infrared Image function enabled, the aircraft automatically enables or disables UHR Infrared Image mode according to the ambient light brightness.)
  • 28x Digital Zoom

Fitur-Fitur Canggih DJI Dock 2

DJI Dock 2: Sistem Drone Otomatis Generasi Baru - Photo

Quick Takeoff: DJI Dock 2 mengintegrasikan antena RTK ganda, memungkinkan drone memperoleh informasi lokasi RTH yang akurat tanpa menunggu data RTK menyatu. Dock 2 juga melakukan inspeksi baling-baling lengkap dan lepas landas hanya dalam waktu 45 detik, dengan cepat memasuki status operasional.

Quick Charging: Pengisian daya dari 20% hingga 90% hanya dalam 32 menit [12] untuk memberikan daya yang efisien untuk pengoperasian berturut-turut.

Dual-Camera Monitoring: DJI Dock 2 dilengkapi kamera fisheye internal dan eksternal untuk menghasilkan tampilan real-time. Pemantauan ketat di dalam dan di luar dock memungkinkan operator mengamati kondisi cuaca, keadaan lingkungan, serta lepas landas dan mendarat dari jarak jauh.

FlightHub 2 Cloud Mapping: Setelah drone menyelesaikan tugas penerbangannya, DJI FlightHub 2 menghasilkan model 3D presisi tinggi berdasarkan data penerbangan yang dikumpulkan, sehingga memulihkan lingkungan pengoperasian secara autentik. Model-model ini dapat dianotasi, diukur, dan diunduh.

AI Spot-Check: Bingkai area tertentu dalam model 3D, dan drone akan secara otomatis membandingkan area yang akan diambil gambarnya dengan area yang dibingkai dalam operasi otomatis berikutnya, secara aktif menyesuaikan sudut kamera untuk memastikan pengambilan akurat pada area yang sama di beberapa penerbangan.

FlyTo Tasks: FlyTo Tasks DJI FlightHub 2 memanfaatkan model 3D presisi tinggi untuk secara otomatis merencanakan rute penerbangan optimal. Sebelum melakukan tugas mendesak, operator hanya perlu mengklik subjeknya, dan drone akan terbang ke tujuan melalui rute yang efisien dan aman.

Live Flight Controls: Berdasarkan DJI FlightHub 2 atau platform cloud pihak ketiga, meskipun DJI Dock 2 ditempatkan di wilayah terpencil, operator masih dapat mengontrol sudut penerbangan dan gimbal melalui keyboard dan mouse.

Obstacle Bypass: Saat melakukan tugas penerbangan otomatis, drone menggunakan penginderaan hambatan segala arah dan fungsi bypass hambatan otomatis untuk meningkatkan tingkat keberhasilan tugas penerbangan.

Drone Otomatis untuk Berbagai Skenario

DJI Dock 2: Sistem Drone Otomatis Generasi Baru - Survey & Mapping

Keamanan & Pemantauan: Melindungi aset dan infrastruktur kritis dengan pengawasan udara 24/7, meningkatkan keamanan dan respon insiden.
Inspeksi: Memeriksa menara seluler, jembatan, dan struktur lainnya dengan efisiensi dan keamanan, mempercepat proses inspeksi dan meningkatkan akurasi data.
Survei & Pemetaan: Membuat peta topografi, model 3D, dan orthophoto dengan presisi tinggi, menghasilkan data yang lebih akurat dan terpercaya untuk berbagai aplikasi.

Kesimpulan

Kehadiran DJI Dock 2 membuka era baru dalam operasi drone otomatis. DJI Dock 2 dapat memenuhi operasi 24/7 tanpa pengawasan, menghemat waktu dan sumber daya, untuk memenuhi berbagai kebutuhan industri.

DJI Dock 2: Sistem Drone Otomatis Generasi Baru - CTA

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui:
WhatsApp: +62 811-1909-0099
Email: sales@halorobotics.com
www.halorobotics.com

For more information, visit our:
Facebook : https://www.facebook.com/halorobotics/
Instagram : https://www.instagram.com/halorobotics.official/
Instagram: https://www.instagram.com/djiagras.halorobotics/ 
LinkedIn : www.linkedin.com/company/halo-robotics
Youtube: https://www.youtube.com/@Halo-robotics/video

Post Related

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Welcome to Halo Robotics

Button WA Blog