NEWS
Beranda » Blog » Efisiensi Survei Konstruksi dengan DJI Dock

Efisiensi Survei Konstruksi dengan DJI Dock

Penggunaan DJI Dock, Drone DJI M30, dan Software yang tepat dapat meningkatkan efisiensi, menghemat waktu, biaya, dan meningkatkan akurasi survei.

Dalam industri konstruksi, efisiensi adalah kunci untuk memastikan proyek-proyek berjalan dengan lancar, tepat waktu, dan sesuai anggaran. Salah satu teknologi terbaru yang telah merevolusi survei konstruksi adalah DJI Dock teknologi yang memungkinkan drone melakukan operasi survei dan pemetaan site konstruksi secara otomatis.
Sebagai distributor tunggal drone DJI Enterprise di Indonesia, Halo Robotics baru saja meresmikan teknologi DJI Dock pertama di Indonesia pada 24 Agustus 2023 lalu. Lantas bagaimana DJI Dock menjadi alat yang sangat efisien untuk keperluan survei dan pemetaan di bidang konstruksi dan bagaimana contoh penggunaan DJI Dock dalam proyek nyata? Simak penjelasannya di bawah ini.

DJI Dock

Survei konstruksi merupakan salah satu langkah penting dalam setiap proyek pembangunan, dimana dalam proses survei konstruksi, perusahaan selalu menempatkan surveyor untuk mendapatkan progress atau perkembangan proyek di lapangan. Namun, survei konstruksi dengan cara tradisional ini seringkali memakan waktu, mengeluarkan biaya yang mahal, dan kadang-kadang berisiko tinggi. Dengan latar belakang itu, DJI Dock dirancang untuk mengatasi hal-hal tersebut.

DJI Dock sendiri adalah sistem penerbangan drone otomatis atau stasiun drone khusus DJI M30 Dock Version yang digunakan sebagai tempat mendaratkan, menerbangkan, dan mengisi daya secara otomatis dan dapat beroperasi siang dan malam, cerah maupun hujan, tanpa memerlukan manusia untuk sekedar mengganti baterai dronenya.

tingkatkan efisiensi dan akurasi data survei dengan dji dock - halo robotics

Fitur-Fitur DJI Dock yang Dapat Meningkatkan Efisiensi Survei Konstruksi

1. Ingress Protection IP55

Dalam survei konstruksi, biasanya surveyor menghabiskan 8 jam sehari bahkan lebih untuk memantau proyek terutama jika proyek tertentu membutuhkan pemantauan atau penyelesaian dalam waktu tertentu, dan terkadang banyak faktor lain yang menghalangi proses pemantauan, salah satunya kondisi cuaca yang tidak menentu.

DJI Dock dirancang dengan Ingress Protection IP55 yang memungkinkan drone dan stasiun beroperasi di kondisi -35 hingga 50 derajat celcius, hal ini membuktikan bahwa cuaca bukanlah masalah besar dalam survei konstruksi.

2. 25 Minutes Fast Charge

DJI Dock dirancang untuk dapat beroperasi dengan cepat dan otomatis termasuk pada saat pengisian baterai, dimana hanya membutuhkan waktu 25 menit saja, drone dapat terbang kembali dan melanjutkan misinya. Hal ini didukung dengan sistem TEC air conditioning yang berfungsi mendinginkan kondisi baterai drone selepas penerbangan jauh, sehingga efisiensi survei konstruksi tetap terjaga.

Efisiensi Survei Konstruksi dengan DJI Dock - 25 Minutes Fast Charge

3. 40 minutes Flight Time

Drone DJI M30 Dock Version dapat mengcover hingga 7 km dengan waktu penerbangan 40 menit/misi, itu artinya proyek seperti konstruksi berskala besar cukup menempatkan 1-2 Dock pada area-area (interval) tertentu, surveyor sudah mendapatkan data koordinat untuk dapat dianalisa lebih lanjut secara rutin.

4. DJI FlightHub 2

Berkali-kali dikatakan bahwa pengoperasian DJI Dock sepenuhnya otomatis tanpa intervensi manusia, termasuk dalam perencanaan misinya. Dengan software DJI FlightHub 2 anda bisa merencanakan jadwal penerbangan survei, koordinasi dengan tim tim darat, processing data perkembangan proyek konstruksi, bersama-sama review data perkembangan proyek secara remote, dan juga menonton proses survei drone secara LIVE (live streaming).

Baca Juga Pembaharuan 3 Fitur Menarik DJI Dock di sini

Contoh Penggunaan DJI Dock dalam Survei Konstruksi

Pada proyek-proyek seperti pembangunan jembatan baru, konstruksi bangunan tinggi, proyek infrastruktur jalan raya, pembangunan lapangan terbang, proyek pertambangan penambangan, dan juga konstruksi energi terbarukan, survei konstruksi menjadi tantangan besar, dimana proyek ini akan melibatkan sejumlah besar tanah yang harus diukur dengan akurasi tinggi, membutuhkan surveyor yang harus berjalan-jalan di seluruh area proyek, mencatat pengukuran dengan peralatan konvensional seperti pembanding jarak, dan proses-proses lainnya yang memakan waktu berbulan-bulan, mahal, dan rentan terhadap kesalahan.

1. Visualisasi Proyek

Dengan menggunakan DJI Dock sebagai alat survei konstruksinya dan software khusus PIX4Dcloud Advanced untuk mengolah data survei, anda akan mendapatkan data 2D dan 3D yang dapat dilihat secara bersamaan secara realistis dan akurat. Sedangkan data orthomosaics dan point cloud 3D yang ada di gambar menunjukan status proyek saat ini.

Efisiensi Survei Konstruksi dengan DJI Dock - Fitur-Fitur DJI Dock yang Dapat Meningkatkan Efisiensi Survei Konstruksi

2. Tracking Perkembangan Proyek

Anda dapat membandingkan output 2D/3D dan menganalisis secara visual perbedaan antara kondisi as-built dan as-design untuk mengidentifikasi misalnya ada penyimpangan, ketidaksesuaian, atau area dimana kondisi as-built berbeda dengan dengan desain yang diharapkan. Perbandingan ini memungkinkan anda melakukan quality control secara efektif, memverifikasi, dan mendokumentasikan progress konstruksi proyek.

3. Rekonstruksi Medan dengan Akurat

Survei dengan DJI Dock anda akan mendapatkan informasi bentuk dan ketinggian medan,
Anda bisa memvisualisasikan garis kontur dengan model 3D untuk merepresentasi medan yang kira-kira komprehensif yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan analisis dan desain.

4. Digitalisasi

Survei dengan DJI Dock anda dapat mendigitalkan data ketinggian, batas properti, dan lokasi utilitas untuk dapat dianalisis lebih lanjut, yang mana file digital ini dapat membantu anda dalam memahami kondisi lokasi proyek sehingga membantu anda mengoptimalkan keputusan desain berdasarkan informasi geospasial yang akurat.

Download Brosur DJI Dock Sekarang

Kesimpulan

Penggunaan DJI Dock dalam survei konstruksi dapat meningkatkan efisiensi yang signifikan, banyak proyek-proyek konstruksi yang dapat menunjukkan betapa efektifnya kombinasi penggunaan Drone, Dock, dan Software dalam menghemat waktu, mengurangi biaya, dan meningkatkan akurasi survei proyek.

tingkatkan efisiensi dan akurasi data survei dengan dji dock

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui:
WhatsApp: +62 811-1909-0099
Email: sales@halorobotics.com
www.halorobotics.com

For more information, visit our:
Facebook : https://www.facebook.com/halorobotics/
Instagram : https://www.instagram.com/halorobotics/
LinkedIn : www.linkedin.com/company/halo-robotics
Youtube: https://www.youtube.com/@Halo-robotics/videos

Post Related

Leave a Reply

Your email address will not be published.