LEARNING CENTER
Beranda » Blog » Perbandingan Drone DJI Dock 2 vs DJI Dock 1

Perbandingan Drone DJI Dock 2 vs DJI Dock 1

DJI Dock 2 menghadirkan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan DJI Dock generasi sebelumnya. Halo Robotics akan membahas perbandingan mendalam terkait perbedaan antara kedua solusi drone.

Salah satu perbedaan terbesar antara kedua Dock adalah ukurannya. Drone DJI Dock 2 jauh lebih kecil daripada pendahulunya. Dock 2 juga jauh lebih ringan, dengan berat hanya 34 kg dibandingkan 105 kg pada Dock 1 (berat dihitung tanpa drone).

Hal ini membuat DJI Dock 2 lebih mudah dipindahkan dan dipasang di berbagai area, serta membutuhkan lebih sedikit ruang di lokasi. DJI Dock 2 dapat dibawa oleh dua orang, dan cukup kecil untuk muat di bagian belakang truk.

Sebaliknya, dengan footprint yang lebih besar, DJI Dock 1 membutuhkan beberapa orang untuk membawanya, dan ukuran serta beratnya dapat menyulitkan untuk dipasang di atap (meskipun ini mungkin dilakukan), dan terkadang diperlukan crane.

Kompatibilitas Drone DJI M3D, M3TD & M30TD

Perbandingan Drone DJI Dock 2 vs DJI Dock - Drones

Kompatibilitas drone merupakan pembeda utama antara DJI Dock 2 dan DJI Dock 1. DJI Dock 2 terintegrasi dengan drone DJI M3D dan M3TD baru, sedangkan DJI Dock 1 diimplementasikan dengan DJI M30T (versi Dock).

Dock 2 adalah solusi drone-in-a-box pertama DJI yang dirancang untuk survei presisi tinggi. Hal ini berkat kompatibilitasnya dengan DJI M3D, yang memiliki kamera CMOS 20 MP 4/3 dengan mechanical shutter dan interval shooting 0,7 detik.

Sementara M3D menghadirkan kemampuan pemetaan tingkat survei, M3TD untuk Dock 2 memiliki sensor RGB dan thermal. Adapun Dock 1, M30T memiliki sensor thermal/RGB.

Download Brosur DJI Dock 2

Perbandingan Spesifikasi

Perbandingan Drone DJI Dock 2 vs DJI Dock - Dock

Performa Penerbangan

DJI Dock 2 memungkinkan operator untuk mengumpulkan lebih banyak data dalam sekali terbang. Seri DJI M3D dapat terbang selama 50 menit dan mencapai radius terbang hingga 10 km, saat digunakan dengan DJI Dock 2. Sebaliknya, Seri DJI M30 maksimal mengudara selama 40 menit, dengan radius operasi maksimum 7 km saat digunakan dengan DJI Dock.

Setelah drone kembali ke stasiun dok masing-masing, DJI Dock dapat mengisi daya drone dari 10% hingga 90% dalam 25 menit. Sedangkan DJI Dock 2 membutuhkan waktu 32 menit untuk mengisi daya drone dari 20% hingga 90%.

Drone Seri M3D secara otomatis melewati rintangan selama penerbangan (data rintangan perlu diaktifkan). Sedangkan Seri M30 Dock hanya dapat melayang atau kembali ke titik awal saat menghadapi rintangan.

Tahan Cuaca

Solusi drone-in-a-box dirancang untuk pengumpulan data sesuai permintaan dan sepanjang waktu. Oleh karena itu, kemampuannya untuk menangani semua kondisi cuaca merupakan hal yang penting.

Dalam hal ini, drone Seri M30T (versi Dock) memiliki jangkauan operasional yang sedikit lebih kuat dibandingkan dengan Seri DJI M3D – seperti yang ditunjukkan pada tabel di atas. Tetapi Seri M3D memiliki peringkat IP, sehingga drone ini juga dapat menangani cuaca buruk.

Dari segi ketahanan cuaca, stasiun dok itu sendiri adalah peralatan yang kokoh dan kuat serta dapat mempertahankan kelangsungan operasional dalam kondisi cuaca buruk. Dock 2 dapat menahan suhu dari -25°C hingga 45°C, sedangkan DJI Dock beroperasi dari -35°C hingga 50°C. Keduanya memiliki peringkat IP55.

Performa Docking Station

DJI Dock 2 telah dirancang untuk menghasilkan pengalaman yang lebih optimal – dengan lepas landas yang lebih cepat, pendaratan yang lebih presisi, dan kebutuhan perawatan yang lebih sedikit.

  • Perawatan Lebih Mudah: Dock 2 memiliki struktur yang lebih simpel dengan desain pemusatan slide-ramp, dan pengisian daya wireless. Desain Dock 1 memiliki pemusatan push-rod dan pengisian daya kontak, yang membuatnya lebih rumit untuk dirawat.
  • Lepas Landas lebih Cepat: Dock 2 dapat lepas landas tanpa perlu menunggu perbaikan RTK, sedangkan Dock 1 harus menunggu RTK diperbaiki.
  • Pendaratan Lebih Presisi: Dock 2 memiliki teknologi pengenalan gambar generasi berikutnya untuk mengidentifikasi penanda posisi secara akurat pada landasan pendaratan. Sebaliknya, Dock 1 mengandalkan RTK untuk pendaratan, dibantu oleh algoritma visual.

Dukungan DJI FlightHub 2 dan Pihak Ketiga

DJI FlightHub 2 kompatibel dengan kedua Dock, menyediakan platform berbasis cloud untuk perencanaan misi, pengoperasian jarak jauh, dan sentralisasi data.

Dock 2 dan Dock 1 juga mendukung Cloud API, memungkinkan developer pihak ketiga untuk membangun platform cloud untuk operasi dan manajemen. Dukungan perangkat lunak pihak ketiga termasuk solusi seperti FlytBase dan Drone Harmony.

Perbandingan Drone DJI Dock 2 vs DJI Dock - Soarability

Drone untuk Dock 2 dan Dock 1 juga dapat mendukung muatan pihak ketiga. Gambar di bawah menunjukkan DJI M3TD yang terintegrasi dengan payload untuk mendeteksi gas yaitu Sniffer4D Nano2 dari Soarability.

Contoh Penggunaan Drone DJI Dock 2 vs DJI Dock 1

Salah satu keuntungan terbesar dari Dock 2 adalah kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan yang berkembang akan solusi survei presisi tinggi dari jarak jauh, berkat kompatibilitasnya dengan Matrice 3D. Ini membuka peluang baru dalam skenario seperti manajemen lokasi konstruksi, perhitungan pengerjaan tanah, dan pertambangan.

Penambahan fungsionalitas pemetaan cloud, di mana DJI FlightHub 2 menghasilkan model 3D presisi tinggi berdasarkan data penerbangan yang dikumpulkan. Hal ini merupakan alat yang berguna untuk pembuatan model, begitu juga dengan alat perbandingan yang menampilkan perubahan model dari waktu ke waktu.

Saat digunakan dengan M3TD, Dock 2 dapat digunakan untuk aplikasi seperti patroli keamanan, tanggap darurat, dan inspeksi aset otomatis. Ini adalah kasus penggunaan yang dapat ditiru dengan DJI Dock 1. Perlu dicatat bahwa dengan Seri DJI M30 yang memiliki zoom lebih besar, pengintai laser, dan jangkauan operasional yang sedikit lebih baik, DJI Dock 1 sangat cocok untuk operasi di tempat seperti keamanan dan pemantauan.

Kesimpulan

Salah satu highlight utama adalah Dock 2 lebih disesuaikan untuk aplikasi survei dan pemetaan, saat digunakan dengan drone M3D. Dock 2 juga menghadirkan peningkatan waktu terbang, peningkatan jarak operasi, ukuran yang lebih kecil, pengurangan biaya perangkat keras, dan lepas landas yang lebih cepat.

Halo Robotics, sebagai distributor resmi DJI, dapat membantu industri mengintegrasikan solusi drone-in-a-box DJI Dock 2 untuk berbagai skenario, seperti:

  • Survei dan Pemetaan
  • Keamanan dan Pemantauan
  • Inspeksi dan Manajemen Aset

Dengan menggunakan solusi DJI Dock 2, industri dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasi, serta mengurangi biaya dan risiko.

Perbandingan Drone DJI Dock 2 vs DJI Dock - CTA

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui:
WhatsApp: +62 811-1909-0099
Email: sales@halorobotics.com
www.halorobotics.com

For more information, visit our:
Facebook : https://www.facebook.com/halorobotics/
Instagram : https://www.instagram.com/halorobotics.official/
Instagram: https://www.instagram.com/djiagras.halorobotics/ 
LinkedIn : www.linkedin.com/company/halo-robotics
Youtube: https://www.youtube.com/@Halo-robotics/video

Post Related

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Welcome to Halo Robotics

Button WA Blog