LEARNING CENTER
Beranda » Blog » Flyability Elios 2 dan Software PIX4Dmapper untuk Pemeliharaan Infrastruktur Bawah Tanah

Flyability Elios 2 dan Software PIX4Dmapper untuk Pemeliharaan Infrastruktur Bawah Tanah

Aplikasi Elios 2 dan PIX4Dmapper untuk Pemeliharaan Infrastruktur

Penggunaan Elios 2 untuk pemeliharaan infrastruktur

Melakukan pemeliharaan bagi infrastruktur bawah tanah dengan Elios 2 dan PIX4Dmapper akan memastikan semuanya bekerja dengan baik, berikut implementasinya.

Banyak sekali jenis infrastruktur bawah tanah yang harus di maintenance secara rutin, hal ini untuk menghindari terjadinya kendala dalam operasional termasuk kerusakan yang tidak teridentifikasi lebih awal.

Tapi bagaimana anda bisa menginspeksinya karena aset ini berada di bawah tanah? Banyak bangunan tidak terlihat di atas permukaan tetapi penting untuk menjaga jalan tetap bersih, rumah tetap hangat, dan drainase bersih. Inspeksi rutin infrastruktur memastikan bahwa semuanya berfungsi sebagaimana mestinya. Dalam hal mengelola infrastruktur penting, pemeliharaan rutin adalah kunci untuk memastikan semuanya berfungsi.

Hasil 3D modelling dengan PIX4D mapper

Tidak hanya terowongan bawah tanah banyak sekali infrastruktur yang memerlukan inspeksi.

Ketika proses inspeksi selesai, perusahaan akan bertanya bagaimana tindak lanjut dari data yang diambil dengan Flyability Elios 2? Bagaimana outcome nya untuk perusahaan?

Software PIX4Dmapper menjembatani keinginan perusahaan untuk melihat hasil data inspeksi yang diambil dengan Elios 2.

Melakukan inspeksi infrastruktur bawah tanah melibatkan kedua teknologi tersebut, untuk memastikan bahwa pekerja tetap aman melakukan inspeksi secara rutin meski hanya dari jarak jauh untuk mengendalikan drone.

Menetapkan Alur Kerja Inspeksi Drone untuk Infrastruktur

PIX4Dmapper-Elios-2
Proses Elios 2 masuk ke underground infrastructure

Setelah proses recheck selesai, pilot bisa melanjutkan langkah selanjutnya. Langkah selanjutnya adalah memasuki terowongan bawah tanah dan mengambil foto dengan hati-hati untuk memastikan bahwa foto yang diambil benar tanpa mengalami gangguan, karena akan berpengaruh pada proses pembuatan 3D modelling aset nantinya.

Drone Elios 2 diterbangkan dengan kontrol pilot daripada rencana penerbangan otomatis karena sifat dari lokasi inspeksi yang tidak dapat diprediksi.

Mereka menyelesaikan model 3D dan membagikannya dengan klien dalam waktu 48 jam setelah memeriksa terowongan bawah tanah, memberikan perputaran cepat dengan data yang dapat ditindaklanjuti oleh perusahaan. Kecepatan waktu responsif data yang diambil sangat mempengaruhi kecepatan tindakan perbaikan.

 PIX4D-mapper-Elios-2-inspeksi-bawah-tanah.jpeg
Inspeksi bawah tanah dengan Elios 2

Pemeliharaan rutin dengan PIX4Dmapper dan Elios 2 perlu dilakukan agar perusahaan dapat menjaga asetnya beroperasi secara maksimal sepanjang waktu, dan dapat meminimalisir kerugian yang ada.Setelah data dikumpulkan, tim memproses gambar dalam PIX4Dmapper, dengan orientasi dan skala disertakan untuk memastikan keakuratan model akhir.

Representasi yang diberikan oleh PIX4Dmapper pada data yang diambil mirip dengan kondisi aset secara realtime, sehingga pengguna dapat melihat secara detil kondisi aset terbaru dan merencanakan perbaikan yang akan dilakukan secepatnya. Model 3D dari software PIX4D adalah representasi akurat, tidak hanya untuk terowongan bawah tanah melainkan pemeliharaan infrastruktur lainnya.

Software PIX4Dmapper berhasil membantu pengguna untuk membuat permodelan infrastruktur bawah tanah secara detil, memungkinkan untuk data hasilnya bisa dengan mudah dibagikan oleh pekerja lain. Penggunaan photogrammetry bersama dengan Elios 2 membuka akses ruang sempit dan terbatas menjadi lebih mudah untuk dianalisa.

Pelajari lebih lanjut terkait drone Elios 2 dan software PIX4D.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: enterprise@halorobotics.com
WhatsApp: +62811-8549-888

This article is a translation, with courtesy from PIX4D. The original article can be found on: Underground Photogrammetry: Surveying for Public Works.

Post Related

Welcome to Halo Robotics

Button WA Blog