LEARNING CENTER
Beranda » Blog » 5 Keunggulan Alat Inspeksi Confined Space Drone Elios 2 Untuk Tambang

5 Keunggulan Alat Inspeksi Confined Space Drone Elios 2 Untuk Tambang

Elios 2 sebagai Alat Inspeksi Tambang

Alat inspeksi confined space drone Elios 2 punya 5 keunggulan sendiri yang tidak bisa ditemukan pada drone sejenis lainnya, apa saja keunggulannya?

Watch the video below to learn more about Elios 2!

Melakukan inspeksi di seluruh area dengan berbagai kondisi pada sektor tambang bukanlah hal yang mudah, akan tetapi perusahaan tambang yang sudah berinvestasi dengan confined space drone Elios 2 beberapa tahun terakhir justru merasakan manfaat dari fitur-fitur confined space drone tersebut, dimana operator tambang memperoleh 5 keunggulan dalam operasionalnya menggunakan Elios 2, sehingga semuanya berujung pada peningkatan efisiensi dan menaikkan level keamanan pekerja ke level paling tinggi.

Menggunakan drone dalam ruangan untuk memeriksa peralatan pertambangan menghilangkan semua risiko ini bagi inspector.

1. Isu Keamanan Pekerja Terselesaikan dengan Mudah

alat-inspeksi-yang-aman-untuk-pekerja-drone-elios-2.jpg
Inspeksi dengan Elios 2

Mereka yang sudah menggunakan Elios 2 untuk memeriksa peralatan pertambangan, tidak harus memasuki ruangan yang sempit, gelap, dan tinggi, sehingga masalah isu keamanan pekerja dapat diselesaikan.

Dengan adanya alat inspeksi modern seperti confined space drone Elios 2, pekerja di sektor tambang ataupun pekerja yang melakukan inspeksi confined space tidak perlu merasa takut akan keselamatan mereka.

Hal ini karena, risiko bahaya inspeksi dengan alat inspeksi menggunakan confined space drone Elios 2 diturunkan, sehingga pekerja tidak akan terkena puing-puing yang jatuh, terpapar zat berbahaya, atau berdiri di atas scaffolding di ketinggian tertentu yang sebelumnya banyak menimbulkan kecelakaan kerja.

2. Memastikan 100% Stope Terinspeksi dengan Baik

alat-inspeksi-indoor-stope-tambang-confined-space-elios-2.jpg
Inspeksi stope dengan Elios 2

Confined space drone Elios 2 dapat terbang melalui dan mengelilingi feeder stockpile, pabrik, sel flotasi, dan bahkan crusher di berbagai arah secara komprehensif untuk mengumpulkan data visual berkualitas tinggi saat berjalan.

Data yang diperoleh akurasi dan kualitasnya 200% menjadi lebih baik dan cepat dikumpulkan daripada menggunakan metode manual. Pada lingkungan atau objek dengan cahaya yang minim, fitur Direct Oblique Lighting pada Elios 2 membantu pekerja melihat kondisi tambang bawah tanah secara 360 derajat di dalam kegelapan. Fitur ini juga membuat Elios 2 dapat mengambil gambar dengan jelas.

Fitur GPS Free Stabilization dari alat inspeksi drone Elios 2 juga membantu drone tersebut terbang dengan aman di kondisi lingkungan tanpa sinyal GPS, sehingga menghasilkan output berupa data yang konsisten, baik data umum atau hanya terfokus pada data Inspeksi yang ada hanya pada area tertentu.

3. Proses Ekstraksi Berlangsung lebih Cepat

alat-inspeksi-drone-indoor-inspeksi-stope-tambang-elios-2.jpg
Inspeksi stope tambang Elios 2

Sebelumnya, penambang tidak bisa memasuki lombong setelah proses blasting. Tetapi menggunakan drone dalam ruangan seperti alat inspeksi Elios 2 untuk mengumpulkan data visual terperinci dari area tersebut, penambang sekarang dapat melakukan penilaian sebelum proses blasting secara aman untuk memungkinkan mereka membuat keputusan yang tepat tentang apakah lombong dan lokasi blasting tersebut aman atau tidak untuk dimasuki.

Fitur Distance Lock confined space drone Elios 2 juga membantu operator tambang untuk mengunci data agar inspeksi terfokus pada area tertentu. Fitur ini akan menjaga agar data yang diambil secara konsisten dan akurat bisa dijadikan acuan oleh pekerja agar tidak salah dalam melakukan penentuan area blasting.

4. Mengoptimalkan Pemeliharaan Aset-Aset Tambang

alat-inspeksi-khusus-confined-space-mocker-elios-2.jpg
Mocker aman dari puing-puing

Mucker adalah alat berat besar yang dikendalikan dari jarak jauh yang digunakan untuk memindahkan batu dan serpihan di tambang. Satu mucker dapat menghabiskan biaya 14 miliar, menjadikannya aset yang sangat berharga untuk operasi penambangan.

Dengan memberikan wawasan mendetail tentang kondisi di dalam area tambang, alat inspeksi Elios 2 yang digunakan didalam ruangan dapat membantu menjaga mucker aman dari puing-puing yang berjatuhan, sehingga menunjukkan potensi penghematan besar bagi perusahaan pertambangan.

5. Mengurangi Downtime dan Waktu Pemrosesan Data

alat-inspeksi-terbaik-efisien-confined-space-drone-elios-2.jpg
Controller Elios 2

Pemeriksaan peralatan pemrosesan yang digunakan dalam operasi penambangan tidak hanya berbahaya, tetapi juga mahal, terutama karena tingginya downtime. Ketika terjadi penundaan 1 jam, maka perusahaan tambang sudah menerima kerugian sebesar 145 juta rupiah.

Namun menggunakan confined space drone Flyability Elios 2 di dalam ruangan untuk mengumpulkan data inspeksi, alih-alih meminta inspektur mengumpulkan data secara langsung dapat berarti bahwa operasi tidak harus dihentikan saat inspeksi berlangsung, sehingga memungkinkan tambang untuk menyadari penghematan yang datang dengan menghindari waktu henti tersebut.

Singkatnya, secara manfaat ekonomi dengan menggunakan alat inspeksi Elios 2 untuk Inspeksi peralatan pertambangan tidak akan menghentikan waktu produksi perusahaan selama 1 jam. Jika dikonversi ke dalam nilai rupiah perusahaan bisa merasakan penghematan langsung sebesar 145 juta rupiah dalam biaya produksi.

Pelajari lebih lengkap teknologi drone Elios 2.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: enterprise@halorobotics.com
WhatsApp: +62811-8549-888

Post Related

Welcome to Halo Robotics

Button WA Blog