NEWS
Beranda » Blog » 3 Software Pengelolaan Data Point Cloud | Terrasolid (TerraScan, TerraModeler, TerraMatch)

3 Software Pengelolaan Data Point Cloud | Terrasolid (TerraScan, TerraModeler, TerraMatch)

Terrasolid adalah software standar industri untuk pengelolaan data point cloud dan image processing yang dapat memproses data point clouds dari LiDAR atau foto udara dalam satu software yang terintegrasi penuh untuk efisiensi dan akurasi data terbaik yang dapat dihasilkan.

Pada artikel ini, Halo Robotics, sebagai distributor DJI resmi di Indonesia akan menjelaskan secara lengkap bagaimana Terrasolid dapat membantu profesional, geospasial, teknik operasi dan lingkungan dalam mengelola data point cloud dengan akurasi tinggi.

Software ini menggunakan informasi trajectory, titik kontrol GPS dan juga metadata dari drone dan juga peralatan survey lainnya, membuat software ini menjadi software gabungan terbaik dikelasnya untuk melakukan klasifikasi serta analisa data dan juga meningkatkan akurasi dari data point cloud yang dihasilkan. Terrasolid memiliki beberapa software, diantaranya:

TerraScan

Software ini digunakan untuk mengelola dan memproses semua jenis point cloud. Software ini juga menawarkan impor dan penataan proyek untuk menangani sejumlah besar points dari pemindaian laser serta informasi lintasan yang sesuai. Berbagai rutinitas klasifikasi memungkinkan pemfilteran kumpulan points secara otomatis.

Pengelolaan, pemrosesan, dan visualisasi point cloud hanyalah sebagian dari kemampuan TerraScan. Software ini menyediakan alat otomatis untuk membuat data vektor 3D berdasarkan titik laser. Pengguna dapat menghasilkan model vektor 3D bangunan (hingga LOD2) secara otomatis di seluruh wilayah, membuat vektor saluran listrik, menjalankan pelaporan analisis koridor yang melaporkan objek berbahaya, menganalisis kondisi permukaan jalan, atau mendeteksi garis marka jalan dan trotoar. Hasil dari klasifikasi otomatis penuh dapat disempurnakan dengan menggunakan alat klasifikasi semi-otomatis dan manual yang dikombinasikan dengan opsi visualisasi kumpulan point cloud 3D yang serbaguna.

3 Software Pengelolaan Data Point Cloud | Terrasolid (TerraScan, TerraModeler, TerraMatch) - TerraScan

Software ini mendukung beberapa format impor dan ekspor, termasuk format LAS dan LAZ, format TerraScan Binary dan TerraScan Fast Binary, serta format ASCII yang dapat ditentukan sesuai kebutuhan pengguna. Dikenal oleh semua profesional yang bekerja dengan data LiDAR. Software ini dapat menghasilkan data dan mendapatkan hasil akhir untuk berbagai industri. Hasil akhir termasuk data point cloud terklasifikasi berkualitas tinggi atau data vektor yang digunakan dalam berbagai aplikasi teknik dan pemeliharaan.

TerraModeler

Digunakan untuk membuat, mengedit, dan menggunakan model permukaan. Model permukaan ini dibuat (disebut TIN) menggunakan berbagai sumber data, seperti titik LiDAR yang tersimpan dalam file binary atau dimuat di TerraScan, file teks XYZ, dan juga elemen desain grafis.

Software ini menawarkan berbagai pilihan untuk menampilkan model permukaan Anda, termasuk:

  • Permukaan berwarna dengan bayangan
  • Garis kontur (elevasi)
  • Grid (jaring-jaring garis)
  • Jaring segitiga berwarna
  • Teks ketinggian
  • Arah lereng
  • Permukaan bertekstur (dengan menggunakan TerraPhoto)

Selain itu, software ini juga memiliki fungsi tambahan seperti membuat garis kontur dan model kisi secara otomatis (batch processing), memodifikasi TIN, membuat profil (potongan melintang), menghitung volume, menghitung perbedaan ketinggian atau volume antara dua model permukaan, memberi label pada model, dan berbagai alat lainnya untuk keperluan desain.

3 Software Pengelolaan Data Point Cloud | Terrasolid (TerraScan, TerraModeler, TerraMatch) - TerraModeler

Dengan berbagai pilihan ekspor yang tersedia, menjadikannya alat yang serbaguna untuk berbagai pekerjaan desain dan pemodelan. Software ini bisa menggunakan berbagai sumber data untuk membuat model permukaan, misalnya titik LiDAR, elemen garis putus-putus (digunakan untuk menunjukkan perubahan elevasi secara tiba-tiba), ataupun file teks XYZ. Dengan menggunakan berbagai sumber data ini, TerraModeler dapat menghasilkan model permukaan yang terbaik untuk analisis atau produk akhir Anda. Selain itu juga dapat memproduksi garis kontur. LiDAR menghasilkan point cloud yang mewakili permukaan tanah dan objek di atasnya. Point-point yang diklasifikasikan dengan TerraScan dapat digunakan sebagai dasar untuk pembuatan garis kontur. Software Terrasolid membedakan dua jenis garis kontur:

  • Garis Kontur Matematis: mengikuti ketinggian titik laser dengan sangat akurat, namun kurang cocok untuk keperluan pemetaan.
  • Garis Kontur Kartografi: halus dan tampak bagus, namun keakuratannya lebih rendah.

Download Brosur Terrasolid

TerraMatch

Fungsi dari software ini adalah untuk meningkatkan akurasi dan kualitas data point cloud LiDAR mentah dan membandingkan data laser dari jalur penerbangan atau lintasan yang saling tumpang tindih, kemudian menghitung nilai koreksi untuk sudut ketidaksejajaran serta kesalahan lokasi xyz. Perbandingan dan penghitungan nilai koreksi ini dapat didasarkan pada pencocokan permukaan atau pada berbagai jenis garis ikat (tie line).

Garis ikat terdiri dari titik atau garis pada permukaan horizontal (datar), vertikal (tegak lurus), atau miring. Garis ikat ini digunakan untuk:

  • Mencocokkan jalur penerbangan/lintasan satu sama lain.
  • Menyesuaikan point cloud LiDAR dengan titik atau garis referensi yang diketahui posisinya akurat (kontrol pengukuran).

TerraMatch memungkinkan penyesuaian strip (strip adjustment) data laser dari berbagai sensor bergerak, baik yang dipasang di udara (airborne) maupun bergerak di darat (mobile). Pemindaian laser mobile seringkali memerlukan pemrosesan dan koreksi yang lebih canggih karena kualitas posisi GNSS (Global Navigation Satellite System) dapat berfluktuasi tergantung pada akses sinyal satelit di lapangan.

3 Software Pengelolaan Data Point Cloud | Terrasolid (TerraScan, TerraModeler, TerraMatch) - TerraMatch

Kalibrasi ketidaksejajaran juga dapat dilakukan dengan TerraMatch. Kalibrasi harus dilakukan secara teratur pada semua sistem sebelum penyesuaian strip dan koreksi fluktuasi. Jika perlu, data dapat dikumpulkan di lokasi kalibrasi khusus yang menghasilkan point cloud khusus untuk tugas kalibrasi. Jika sistem menyertakan beberapa pemindai laser, kalibrasi melibatkan pencocokan antar-pemindai (scanner-to-scanner matching).

Penggabungan (fusing) point cloud dari sumber data yang berbeda juga dapat dilakukan oleh TerraMatch. Point cloud airborne dan mobile mungkin tumpang tindih dan software ini mampu menggabungkan point cloud tersebut sehingga menghasilkan kumpulan data yang mulus untuk penggunaan selanjutnya.

Software ini memiliki alat untuk mengekspor sejumlah statistik yang dapat digunakan untuk evaluasi dan verifikasi akurasi. Ada juga alat untuk evaluasi visual yang membantu pengguna mengidentifikasi area dengan akurasi posisi yang buruk atau ketidakcocokan (mismatch) yang besar. TerraMatch harus digunakan bersama dengan TerraScan.

Tonton Juga: Memaksimalkan Akurasi Data LIDAR dengan TerraMatch: Software Strip Adjustment

Kesimpulan

Software-software Terrasolid dapat digunakan untuk berbagai industri seperti pemetaan 3D kota, kebutuhan powerline, jalan raya, pertambangan, dan industri lainnya. Menjawab tantangan dimana surveyor dapat melakukan pengolahan data pemetaan yang dapat menyelesaikan masalah secara luas, baik di area aplikasi yang berbeda atau jenis data yang berbeda. Kami merekomendasikan pengambilan data menggunakan drone DJI M350 RTK dan dilengkapi dengan DJI Zenmuse L2 LiDAR.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui:
WhatsApp: +62 811-1909-0099
Email: sales@halorobotics.com
www.halorobotics.com

For more information, visit our:
Facebook : https://www.facebook.com/halorobotics/
Instagram : https://www.instagram.com/halorobotics.official/
Instagram: https://www.instagram.com/djiagras.halorobotics/ 
LinkedIn : www.linkedin.com/company/halo-robotics
Youtube: https://www.youtube.com/@Halo-robotics/video

Post Related

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Welcome to Halo Robotics

Button WA Blog