Multi-Gas Detection Sensor Sniffer4D: Metode Baru Inspeksi Pipa Gas

multi-gas-detection-sensor-sniffer-4d.png
Sniffer4D

Multi-Gas Detection Sensor: Sniffer 4D

Keamanan pipa gas merupakan faktor kritis, multi-gas detection sensor Sniffer4D dilengkapi fitur canggih inspeksi pipa gas, seperti apa aplikasinya?

Dengan perkembangan ekonomi yang berkelanjutan, pembangunan pipa gas perkotaan, sebagai salah satu proyek terpenting dalam pembangunan infrastruktur, memainkan peran penting dalam keseluruhan pembangunan dan pengembangan ekonomi.

multi-gas-detection-sniffer4d-inspeksi-pipa.png
Sniffer4D dipasang pada drone DJI M300 RTK

Pada tahun 2020, jarak tempuh yang dijadwalkan dari jaringan pipa gas alam telah melebihi 100.000 kilometer. Karena pipa bawah tanah merupakan aset yang sulit untuk diinspeksi, namun banyak risiko besar yang mungkin terjadi seperti masalah faktor umur seperti pipa lapuk dan tersumbat bahkan masalah korosi yang besar dari sistem pipa bawah tanah, serta masalah penuaan, kerusakan pihak ketiga dan korosi, akan ada beberapa kebocoran di pipa gas perkotaan yang dapat menyebabkan kecelakaan karena kebocoran.

Apabila kecelakaan terjadi dapat mengakibatkkan konsekuensi serius seperti cedera pribadi, pemborosan sumber daya, pencemaran lingkungan dan kerugian ekonomi. Oleh karena itu, cara menangkap kebocoran pipa dengan cepat dan efektif memainkan peran penting dalam mengurangi atau mencegah kecelakaan kebocoran seperti menggunakan multi-gas detection Sniffer4D.

Implementasi di Lapangan

multigas-detection-sensor-sniffer4d-hasil-inspeksi-pipa-pemeliharaan.png
Identifikasi pipa gas yang terindikasi bocor dengan Sniffer4D

Saat ini, pekerjaan utama inspeksi pipa harian adalah untuk memeriksa apakah ada kerusakan pada pipa gas yang disebabkan oleh bencana geologis atau konstruksi pihak ketiga.

Inspeksi terutama dilakukan dengan kendaraan tambahan atau berjalan kaki.

Kemudian, operator memeriksa apakah ada kerusakan pipa dengan menilai dari mata mereka, dan kemudian melakukan pemeriksaan awal dengan perangkat genggam setelah menemukan titik kebocoran yang mencurigakan.

Ketika kebocoran pipa disebabkan oleh pemeliharaan yang kurang maksimal, faktor umur pipa yang sudah tua serta korosi, tidak ada tanda-tanda jelas yang dapat ditemukan oleh mata manusia di permukaan. Integrasi multi-gas detection Sniffer4D dapat digunakan bersama drone DJI seperti Mavic 2 series dan DJI M300 RTK dan Mavic2 dapat secara akurat mendeteksi konsentrasi berbagai gas (seperti CH4, VOC, H2S, CO, dll.)

Sniffer4D menginspeksi pipa gas dibawah permukaaan

Selama proses inspeksi, alat tersebut membantu kru menilai dan mengidentifikasi keberadaan pipa gas yang bocor dan lokasinya. Kemudian, titik kebocoran yang mencurigakan dapat menjadi peta distribusi konsentrasi gas. Baru-baru ini, berdasarkan integrasi dari Sniffer4D dan Mavic2, salah satu perusahaan berhasil melakukan eksperimen pendeteksian simulasi kebocoran pipa gas perkotaan.Melalui penyelidikan di tempat, tim eksperimen melakukan 2 aktivitas situs eksperimen identifikasi dari atas jaringan pipa gas bawah tanah dan pipa gas yang berada di sungai.

Inspeksi pipa yang ada dibawah sungai

Para kru melepaskan gas alam di titik pipa di lokasi untuk mensimulasikan kebocoran gas, kemudian mereka mengoperasikan Drone DJI Mavic 2 untuk lepas landas dengan multi-gas detection Sniffer4D untuk memindai gas di sekitar lokasi kejadian. 

Selama proses pemindaian, perangkat lunak analitik Sniffer4D Mapper menampilkan konsentrasi gas waktu nyata dan menghasilkan peta yang divisualisasikan. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika drone terbang di atas titik bocor yang disimulasikan, konsentrasi gas mencapai nilai maksimum, yang menunjukkan bahwa integrasi Sniffer4D dan Mavic2 berhasil menangkap titik bocor yang disimulasikan.

Berdasarkan penyelidikan lebih lanjut pada skenario pipa, kru percaya bahwa integrasi sistem deteksi multi-gas Sniffer4D dan Mavic2 dapat membantu mengurangi blind spot untuk deteksi dan meningkatkan efisiensinya.

multi-gas-detection-sniffer4d-mounting-dji-m300-rtk.png
Mounting Sniffer4D ke drone DJI Matrice 300

Beberapa keuntungan dari menggunakan Sniffer4D yang pertama adalah fleksibilitas untuk scanning dan monitoring di ketinggian rendah, diman Multi-gas detection sensor Sniffer4D dapat mengumpulkan informasi gas dari berbagai dimensi di lingkungan meski sedang ramai.

Integrasi ini memungkinkan Sniffer4D menjadi lebih akurat dan lebih sensitif untuk menemukan titik kebocoran. Keuntungan selanjutnya adalah Multi-gas detection Sniffer4D yang dipasang di Mavic 2 atau DJI M300 RTK banyak mengurangi hambatan yang biasa ditemui saat akuisisi data dan meningkatkan efisiensi deteksi di bawah kanopi pohon atau jembatan, di atas air atau di atas lereng, dll.

Sementara itu, beberapa gas yang metode pendeteksiannya adalah pantulan laser memiliki persyaratan ketat pada permukaan reflektif, yang membuatnya sulit untuk dideteksi di permukaan air, tetapi Sniffer4D tidak memiliki permintaan seperti itu.

Multi-gas detection Sniffer4D dapat melakukan transmisi data jarak jauh untuk menghindari risiko, memungkinkan kru untuk mengoperasikannya dan memindai gas dalam jarak 6km dari titik deteksi. Para kru dapat menjauh dari tempat kebocoran dan memastikan keselamatan pribadi mereka.

Analisis data visual secara realtime: Informasi gas yang terdeteksi dari Sniffer4D dapat divisualisasikan oleh perangkat lunak analitik Sniffer4D Mapper. Dan dengan membuat peta distribusi konsentrasi gas waktu nyata, kru dapat dengan mudah melihat konsentrasi dan distribusi polusi gas dan membuat keputusan yang sesuai tepat waktu.

Pelajari lebih lanjut solusi drone dan alat deteksi berbagai jenis gas lainnya.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

Perbandingan Fitur Drone Pertanian DJI Agras T10 vs. Agras T30
Cara Inspeksi Tower Telekomunikasi dengan Drone DJI dan Software PIX4D
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories