5 Fungsi Drone Pemetaan Thermal Membantu Tim Pemadam Kebakaran Mengatasi Kebakaran Pabrik Kimia di Thailand

Drone membantu tim Pemadam Kebakaran di tengah kekhawatiran kontaminasi bahan kimia dan bahaya ledakan yang lebih besar, Departemen Pencegahan dan Mitigasi Bencana Thailand segera memerintahkan evakuasi darurat dalam radius 5 KM. Ketika pada akhirnya kobaran api menjadi begitu hebat, membuat Tim Pemadam Kebakaran membutuhkan lebih dari satu hari untuk mengendalikan kebakaran yang terjadi, yang mana secara tragis merenggut nyawa seorang petugas Pemadam Kebakaran yang berusia 19 tahun serta menyebabkan lebih dari 60 orang terluka.

Kronologi Kebakaran Pabrik Kimia di Thailand

Pada tanggal 5 Juli 2021, sekitar pukul 02:50, ledakan di pabrik Kimia Ming Dih mengguncang distrik kecil Racha Thewa di Thailand, kurang dari 20 km dari Bangkok. Ledakan yang begitu kuat sehingga meledakkan jendela dan pintu-pintu rumah yang berada di sekitar pabrik, suara ledakan yang keras pun sampai terdengar sekitar 5 KM jauhnya. Sementara petugas Pemadam Kebakaran berjuang dengan berani untuk menyiram lokasi dengan air dan busa, namun api terus berkobar dikarenakan sekitar 50 Ton Bahan Kimia Industri terbakar.

Petugas Pemadam Kebakaran Meminta Support Drone

Tim D.R.A.T membantu tim pemadam kebakaran mengatasi kebakaran pabrik kimia di Thailand dengan drone
Tim D.R.A.T

Ketika situasinya memburuk, Polisi dan Petugas Pemadam Kebakaran meminta support dari Asosiasi Penanggulangan Bencana Thailand (D.R.A.T) dan tim spesialis drone yang dipimpin oleh Systronics.

Drone thermal dalam mengatasi kebakaran: Membantu memetakan area kebakaran dengan cepat untuk mengidentifikasi titik utama api secara detail dan realtime
Tim drone memberikan aeral insight kebakaran yang sedang terjadi

Selama kebakaran berlangsung, operator Systronics langsung menerbangkan drone M300 + H20T ke atas pabrik untuk memberikan awareness ke seluruh pabrik dan memberikan informasi crucial kepada petugas pemadam kebakaran di lapangan.

Dengan sensor Zenmuse H20T, tim dapat melihat asap tebal yang mengepul untuk dapat dengan cepat mengidentifikasi  area beresiko dari penyebaran api serta mendeteksi dan mengarahkan upaya pemadaman kebakaran ke titik api berbahaya.

Hasil Analisis Forensik Pasca Kebakaran

Analisis forensik pasca kebakaran di Thailand dengan bantuan drone
Analisis forensik pasca kebakaran di Thailand

Setelah kebakaran, Tim Systronics memainkan peran penting dalam menganalisis dan pengumpulan bukti dari site tersebut. Mengubah payload ke P1 – > a high resolution mapping sensor –> dan ke L1, yang mana mampu menangkap point cloud dengan kepadatan yang tinggi (Capturing High-Density Point Clouds) Bersama dengan ini, Tim memungkinkan membangun Sophisticated 3D model yang canggih menggunakan software DJI Terra untuk membantu tim forensik secara detail.

Sebagian hasil dari bukti yang dikumpulkan, Menteri Perindustrian Thailand, Suriya Jungrungreangkit, memerintahkan Ming Dih Chemicals untuk menutup pabriknya dan memindahkan operasinya ke kawasan industri jika ingin terus beroperasi.

Fungsi Drone Thermal Dalam Mengatasi Kebakaran

  1. Drone Thermal memberi tim informasi secara detail dan real-time tentang kebakaran kimia
  2. Membantu memetakan area dengan cepat untuk mengidentifikasi Titik Utama Api
  3. Menganalisis hasil forensik pasca-darurat
  4. Dapat menemukan penyebab kebakaran dengan mudah.
  5. Membantu pihak berwenang untuk meningkatkan langkah keamanan demi mengurangi potensi di masa depan.

Sejarah Drone Pemadam Kebakaran

Kebakaran Pabrik Kimia di Arkansas, AS

Ini bukan pertama kalinya robot terbang ini sangat efektif dalam mendukung upaya pemadam kebakaran di perkotaan untuk memerangi kebakaran Kimia. Pada tahun 2019, drone juga digunakan untuk membantu dengan cepat memadamkan kebakaran kimia yang terjadi di sebuah pabrik industri di Arkansas, AS.
Seperti kebakaran di Thailand, Tim Pemadam Kebakaran meminta bantuan drone untuk dengan cepat mengukur situasi dan memberikan 360 derajat hasil analisa kobaran api. Pada tahun yang sama, drone juga siap menangani kebakaran tragis yang melanda Notre Dame di Paris. Dengan ini Halo Robotics dapat mengatakan bahwa Mavic Pro dapat digunakan untuk melacak perkembangan api dan melaporkan kembali ke tim pemadam kebakaran untuk membantu Tim Pemadam Kebakaran menemukan posisi paling efektif untuk  mengerahkan selang dan mengatasi api.

Kesimpulan

Pilot D.R.A.T dan ketiga Payload DJI Zenmuse H20T, DJI Zenmuse P1, DJI Zenmuse L1 dan M300 RTK drone membantu mengatasi kebakaran kimia di Thailand
Pilot D.R.A.T dan payload DJI Zenmuse H20T, P1, dan L1

Teknologi dji enterprise dengan cepat menjadi alat pemadam kebakaran yang penting baik selama dan setelah keadaan darurat. Kebakaran kimia merupakan ancaman terburuk yang harus dihadapi oleh petugas pemadam kebakaran di seluruh dunia. Bahan kimia industri sangat mudah terbakar, bahan kimia juga sangat beracun dan dapat mengancam tim pemadam kebakaran serta penduduk di sekitarnya.

Rekomendasi Drone Thermal

DJI Matrice 30T - DJI M30T - Drone Thermal mengatasi kebakaran kimia di Thailand
Drone Thermal dji M30T

Pelajari lebih lanjut mengenai 9 fitur menarik drone thermal DJI M30T
Questions? Contact us!
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

For more information, visit our:
Website: https://halorobotics.com/
Online Store: https://halorobotics.com/shop/  
Facebook: www.facebook.com/halorobotics/
Instagram: www.instagram.com/halorobotics/
LinkedIn: www.linkedin.com/company/halo-robotics
Subscribe to our YouTube Channel: www.youtube.com/halorobotics

13 Cara Drone Komersial Mengubah Pekerjaan Anda di Tahun 2022
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories