CASE STUDIES
Beranda » Blog » Review Drone Agriculture DJI Agras T30 dan P4 Multispectral Untuk Pertanian Presisi

Review Drone Agriculture DJI Agras T30 dan P4 Multispectral Untuk Pertanian Presisi

Background

Drone Agriculture DJI Agras T30 dan P4 Multispectral Untuk Pertanian Presisi

Kapas atau katun adalah tanaman serat terpenting di dunia karena kapas memainkan peran penting dalam perekonomian di banyak negara. Pada tahun panen 2020/2021 [1] Cina, India, dan Amerika Serikat merupakan negara yang menduduki peringkat tiga besar dalam produsen kapas. China sendiri berada di peringkat kedua di belakang Australia dalam hal menghasilkan rata-rata sampai 1.879 kg per hektar. Hasil yang tinggi tidak hanya karena tingkat mekanisasi yang tinggi tetapi juga manajemen yang tepat oleh petani kapas. Petani kapas membuat banyak keputusan sepanjang musim tanam – tabur, pembibitan, pemupukan, perawatan pertumbuhan, penyemprotan pestisida, aplikasi defoliant, dll.

Untuk meningkatkan efisiensi dalam pengelolahan tanaman, mengurangi penggunaan bahan kimia, dan meningkatkan hasil, petani kapas di Provinsi Xinjiang China mengadopsi teknologi drone, baik dalam pengolahan lapangan maupun pengaplikasian bahan kimia.

Sebelum Menggunakan Drone Agriculture

Gongxu Chen adalah seorang petani kapas di Xinjiang, Cina, sebelum menggunakan drone agriculture Gongxu Chen mengelola 300 hektar ladang kapas dan untuk mengoptimalkan hasil ladang ia mengaplikasikan Mepiquat Klorida yaitu zat kimia yang digunakan untuk pertumbuhan kapas, yang mana digunakan 6-7 kali dalam satu musim panen untuk menyesuaikan tinggi dan tajuk tanaman kapas. Sebelum pengaplikasian, Gongxu berjalan di lapangan dengan berjalan kaki dan memilih sekitar tiga lokasi sampel di setiap 10 hektar untuk mengukur ketinggian setiap tanaman.

Setelah Menggunakan Drone Pertanian DJI P4 Multispectral dan Software DJI Terra

Pada tahun 2021, Gongxu menggunakan drone DJI Phantom 4 Multispectral untuk membantu dirinya mengelola lapangan. Dalam satu penerbangan 25 menit, drone DJI Phantom 4 Multispectral menangkap citra (gambar) seluas 45 hektar. Gambar tersebut kemudian diproses dalam Software DJI Terra untuk menghasilkan pemetaan RGB dan indeks vegetasi, termasuk NDVI. Dalam waktu kurang dari satu hari, Gongxu menerima peta pertumbuhan NDVI dari pertanian kapas seluas 300 hektar, yang menunjukkan variasi pertumbuhan seluruh ladang. Dengan peta ini, Gongxu dapat membagi/mensegmentasi ladangnya menjadi zona pertumbuhan dan lokasi pengambilan sampel secara strategis untuk inspeksi lebih lanjut.

Review Drone Agriculture DJI Phantom 4 Multispectral dan DJI Agras T30 Untuk Pertanian yang presisi

Manfaat Citra RGB dan Peta NDVI dari Drone DJI Phantom 4 Multispectral pada Ladang Kapas Seluas 45hektar

Peta NDVI digunakan untuk penyemprotan yang tepat. Berdasarkan peta NDVI, Gongxu memodifikasi metode aplikasi flat-rate regulernya menjadi Variable Rate Application (VRA) yang menghasilkan Peta Resep Mepiquat Klorida, di mana hanya area dengan pertumbuhan berlebih yang diberi tingkat penyemprotan, sementara sisanya dibiarkan sebagai non-semprot. Peta resep ini kemudian diunduh ke drone DJI Agras T30 untuk dieksekusi.

Demikian pula, pada tahap pertumbuhan selanjutnya, Gongxu menghasilkan resep VRA untuk pemupukan daun untuk mendorong pertumbuhan area yang lebih lemah dan untuk meningkatkan homogenitas ladang.

Pada intinya adalah Citra RGB dan Peta NDVI dari tangkapan DJI P4 Multispectral mereka menyediakan PETA yang telah diproses pada software DJI Terra untuk anda dapat mengidentifikasi area ladang yang mengalami pertumbuhan yang sehat dan lemah.

Review Drone Agriculture DJI Phantom 4 Multispectral dan DJI Agras T30 Untuk Pertanian yang presisi

Review Drone Agriculture DJI Phantom 4 Multispectral dan DJI Agras T30 Untuk Pertanian yang presisi

Review Drone Agriculture DJI Phantom 4 Multispectral DJI Agras T30 Untuk Pertanian yang Presisi

Kesimpulan

Gongxu puas dan membenarkan “investasi” dalam multispektral dan penyemprotan drone, bahwa manfaat penggunaan Drone DJI Phantom 4 Multispectral, DJI Agras T30 dan Software DJI Terra tidak hanya mengurangi penggunaan bahan kimia hingga 30%, hasil kapas juga meningkat 450 kg per hektar pada tahun panen 2021. Selain itu, ketika tiba saatnya untuk crop scouting, Gongxu tidak lagi harus memilih antara presisi dan efisiensi. Keberhasilan mengadopsi teknologi baru menarik minat petani kapas di wilayah tersebut. Gongxu berencana untuk memperluas bisnisnya untuk menyediakan layanan pertanian presisi ke pertanian tetangga, menjelajahi ladang kapas menggunakan Phantom 4 Multispektral dan menawarkan aplikasi tingkat variabel dengan drone Agras. Dalam dunianya, “Investasi dalam teknologi drone agriculture jelas meningkatkan potensi hasil dan mengurangi biaya pertanian. Dengan menyediakan layanan, lebih banyak petani dapat mengambil manfaat dari solusi pertanian presisi yang inovatif.”

 

Pelajari lebih lanjut mengenai drone agriculture disini

Jika ada pertanyaan lain, silahkan hubungi kami melalui:
Email: enterprise@halorobotics.com
WhatsApp: +62811-8549-888

For more infomation, visit our:
Website: https://halorobotics.com/
Online Store: https://halorobotics.com/shop/
Facebook: www.facebook.com/halorobotics/
Instagram: www.instagram.com/halorobotics/
LinkedIn: www.linkedin.com/company/halo-robotics
Subscribe to our YouTube Channel: www.youtube.com/halorobotics

Post Related

Welcome to Halo Robotics

Button WA Blog