LEARNING CENTER
Beranda » Blog » Cara Menghitung Ground Sample Distance (GSD) Untuk Skala Pemetaan Yang Akurat

Cara Menghitung Ground Sample Distance (GSD) Untuk Skala Pemetaan Yang Akurat

Apa itu Ground Sample Distance (GSD)?

Ground Sampling Distance (GSD) adalah ukuran resolusi piksel dari hasil foto udara, baik foto udara dengan kamera fotogrametri maupun foto udara dengan kamera non fotogrametri. Jika Anda menggunakan drone udara untuk mensurvei tanah, Anda perlu mengetahui tentang Jarak Sampel Tanah atau Ground Sample Distance, Menghitung Ground Sample Distance sangat penting untuk menentukan skala proyek pemetaan Anda dan memastikan hasil yang dapat dipercaya. Tanpa Ground Sample Distance anda berisiko mengumpulkan data yang tidak akurat atau peta yang anda hasilkan tidak berguna. Baik anda dihired oleh perusahaan untuk menentukan batas sebuah lahan, atau memetakan aliran sungai, atau bahkan untuk membuat 3D model dari pengembangan baru, Ground Sample Distance adalah paradigma yang anda tidak dapat lakukan tanpanya.

Berapa Jarak Sampel Tanah?

Peta drone seperti gambar digital lainnya pada dasarnya adalah kombinasi kotak kecil dengan satu warna, yang disebut sampel. Dalam hal ini, sampel setara dengan satu piksel. Ground Sample Distance menggambarkan jarak antara dua pusat piksel berurutan. Gambar Ground Sample Distance adalah perhitungan penting untuk foto udara dan fotogrametri, yang merupakan teknik yang umum digunakan untuk membuat peta topografi 3D.

Mendapatkan Ground Sample Distance dengan benar adalah yang terpenting, kesalahan 1 cm atau kurang mungkin keliatannya kecil, namun, jika kesalahan diekstrapolasi lebih dari ratusan ribu piksel, itu akan menciptakan ketidakcocokan yang serius antara peta Anda dan kenyataan, membuat pengukuran hampir mustahil, untuk bermain aman, surveyor tanah selalu menggunakan nilai serendah mungkin saat menghitung Ground Sample Distance (lowest possible value)

Ground Sample Distance (GSD)
Ground Sample Distance (GSD)

Untuk Apa GSD Digunakan?

Ground Sample Distance adalah faktor bagi siapa saja yang menggunakan aerial surveying (survei udara) untuk membuat peta dan model yang akurat. Tentu saja, surveyor bekerja di berbagai industri dan pekerjaan mereka sangat diperlukan bagi banyak orang. Di hampir semua sektor survey mapping dimana surveyor harus memberikan pengukuran yang akurat, Ground Sample Distance merupakan metode perhitungan yang penting.

Area di mana saja GSD penting digunakan?

  • Konstruksi: drone digunakan untuk mensurvei seluruh lokasi konstruksi dengan harga yang lebih murah, serta menentukan dimensi berbagai elemen proyek.
  • Kartografi: Tidak mengherankan jika pembuat peta dengan cepat mengadopsi teknologi pemetaan drone.
  • Penambangan: Drone digunakan untuk secara efektif dan aman mensurvei tambang terbuka dan penggalian dengan cara yang tidak dapat dilakukan manusia. Ground Sample Distance juga berguna untuk mengukur volume timbunan.
  • Pemadam kebakaran: Drone sedang diimplementasikan dalam memerangi kebakaran hutan, seperti untuk luka bakar yang ditentukan.
  • Arsitektur: Mirip dengan konstruksi, arsitek menggunakan pemetaan drone untuk membangun model 3D yang akurat dan merencanakan semua seluk beluk tempat kerja.
  • Land Boundries: Aerual Mapping (Pemetaan Udara) dapat digunakan untuk menentukan kepemilikan tanah dan menyelesaikan sengketa.

Sementara semua pekerjaan survei ini memerlukan perhitungan Ground Sample Distance yang akurat, spesifikasi dari jenis pekerjaan juga akan memengaruhi jenis drone mapping yang Anda gunakan.

Drone DJI Enterprise - DJI Phantom 4 RTK - Drone untuk Survey dan Mapping yang Akurat
Survey & Mapping menggunakan DJI Phantom 4 RTK Drone

Tingkat Akurasi GSD Apa yang Anda Butuhkan?

Tingkat akurasi Ground Sample Distance yang diperlukan bergantung pada jenis pekerjaan yang Anda lakukan dan jenis detail yang Anda butuhkan. Sebagai aturan umum, proyek dengan skala yang lebih besar akan memungkinkan Ground Sample Distance yang lebih tinggi, sementara proyek dengan detail yang lebih kecil akan membutuhkan Ground Sample Distance yang lebih rendah.

Jika misalnya, Anda mengerjakan proyek konstruksi dan perlu mengetahui jarak antara dua balok, Anda memerlukan Ground Sample Distance yang cukup kecil untuk dapat mengidentifikasi ukuran masing-masing dan menempatkannya. Namun, jika Anda mencoba menandai garis properti di sebidang tanah yang sangat luas, kemungkinan anda ingin pilot drone anda menerbangkan drone pemetaan di ketinggian yang lebih tinggi.

Pada akhirnya, Ground Sample Distance yang tepat memungkinkan anda untuk menangkap foto udara yang detail saat anda masih terbang di ketinggian yang cukup tinggi untuk menghindari jumlah foto udara yang berlebihan. Namun prngukuran yang terlalu tinggi menghasilkan gambar yang buram, sebaliknya jika anda menerbangkan drone terlalu rendah, proses survey akan memakan ekstra GB dan kemungkinan anda akan membutuhkan waktu yang lebih lama, bahkan dengan software pemetaan canggih seperti DJI Terra Software yang telah dioptimalkan untuk memproses data dan mengubahnya menjadi model 3D dan peta yang dapat anda gunakan.

Bagaimana Cara Menghitung GSD?

Menghitung jarak sampel tanah, hanya membutuhkan beberapa titik data dan diselesaikan dengan tangan atau dengan alat kalkulator. Untuk menghitung Ground Sample Distance sendiri, Anda harus mengetahui tinggi dan lebar sensor, dan tinggi dan lebar gambar pada drone Anda, serta panjang fokus dan tinggi terbang. Masing-masing statistik ini harus tersedia di drone Anda seperti DJI Phantom 4 RTK Anda kemudian dapat memasukkan setiap angka ke dalam dua rumus dasar, satu untuk tinggi Ground Sample Distance dan satu untuk lebar Ground Sample Distance.

GSDh= tinggi terbang x tinggi sensor / panjang fokus x tinggi gambar;

GSDw= tinggi terbang x lebar sensor / panjang fokus x lebar gambar

Nomor Ground Sample Distance yang relevan akan menjadi nilai mana pun yang terendah, untuk memastikan Anda menggunakan skenario terburuk. Atau, jika matematika tidak cocok untuk Anda, Anda dapat menggunakan alat kalkulator online. Alat-alat ini akan memiliki spesifikasi teknis model drone, seperti gambar, panjang dan tinggi sensor, yang sudah direkam; artinya yang harus Anda lakukan adalah memilih drone Anda dan memasukkan ketinggian penerbangan.

Dengan DJI Zenmuse P1 Payload dan DJI M300 RTK Drone: Kombinasi Penghasil Data Pemetaan Yang Akurat

Drone M300 RTK dan Payload DJI Zenmuse P1 Alat Survey dan Mapping yang Akurat
DJI Zenmuse P1 Payload dan DJI M300 RTK Drone Untuk Fotogrametri

Butuh drone yang memungkinkan pemetaan untuk generasi berikutnya? DJI M300 RTK dirancang dengan mempertimbangkan surveyor dan berisi semua fitur yang Anda cari. Drone ini dapat mengukur secara akurat hingga cm dan cukup tangguh untuk pekerjaan apa pun. Gabungkan ini dengan kamera foto digital DJI Zenmuse P1 dan software mapping drone intuitif seperti DJI Terra, dan pengetahuan tentang cara menggunakan perhitungan GSD untuk memaksimalkan hasilnya dan anda akan siap untuk menangani pekerjaan survei udara apa pun dengan produk-produk DJI Enterprise


Questions? Contact us!
Email: enterprise@halorobotics.com
WhatsApp: +62811-8549-888

For more information, visit our:
Website: https://halorobotics.com/
Online Store: https://halorobotics.com/shop/  
Facebook: www.facebook.com/halorobotics/
Instagram: www.instagram.com/halorobotics/
LinkedIn: www.linkedin.com/company/halo-robotics
Subscribe to our YouTube Channel: www.youtube.com/halorobotics

Post Related

Welcome to Halo Robotics

Button WA Blog