NEWS
Beranda » Blog » New Upgrade PIX4Dmatic 1.31: Software Survei & Pemetaan Model 3D

New Upgrade PIX4Dmatic 1.31: Software Survei & Pemetaan Model 3D

Software survei dan pemetaan PIX4Dmatic hadir dengan orthomosaics yang lebih cepat, workplace dan workshop baru serta generasi mesh yang sudah ditingkatkan

Saat ini kita berada di pertengahan tahun 2022, software developer PIX4D telah bekerja keras dalam melakukan upgrade untuk PIX4Dmatic secara rutin, sehingga saat ini software PIX4Dmatic memiliki banyak fitur terbaru termasuk peningkatan kualitas laporan (report), peningkatan kualitas report yang dihasilkan dari PIX4Dmatic membantu profesional menampilkan keakuratan hasil kerja mereka, dengan upgrade seperti ini para profesionalpun menyarankan agar PIX4Dmatic melakukan upgrade kembali dalam meningkatkan langkah pemrosesan data di masa mendatang.

Kualitas report yang sekarang sudah menyertakan camera internal parameters yang dapat membantu pengguna dalam menilai prosedur kalibrasi, dan pengguna juga dapat membuat perubahan apapun yang diperlukan untuk meningkatkan akurasi projek secara keseluruhan (misalnya: pengguna menambahkan tie points secara manual atau pengguna mengubah pengaturan pemrosesan kalibrasi).

Peningkatan Mesh Generation

Salah satu pembaharuan terbaru dari PIX4D adalah peningkatan Mesh Generation. Dengan pembaharuan terbaru pengguna dapat menentukan template mesh sesuai dengan persyaratan dan geometri projeknya, pengguna juga dapat menggunakan sky mask untuk meningkatkan kualitas mesh itu sendiri. Algoritme mesh generation yang telah ditingkatkan di sekarang menghasilkan mesh yang lebih tajam dan lebih akurat secara geometris.

New Upgrade PIX4Dmatic 1.31 Software Survei & Pemetaan Model 3D-Peningkatan Mesh Generation

Proses Export Lebih Efisien

PIX4Dmatic adalah solusi fotogrametri ideal bagi para profesional yang perlu menghasilkan hasil yang akurat secepat mungkin. Dengan pembaharuan software pemetaan ini, anda dapat menghasilkan fotogrametri dan orthomosaic 10x kali lebih cepat dibanding software sebelumnya. Selain itu data orthomosaic dapat diekspor menjadi format .jpg dan format .jgw untuk geolokasi yang akurat. Fitur ini hadir karena adanya feedback dari para professional survei karena format .jpg mudah untuk ditransfer, dibagikan, dicetak, dan dapat digunakan untuk presentasi formal, demo, edukasi, website, dan aplikasi online sebagai peta dasarnya.

Proses Export Lebih Efisien-Proses Export Lebih Efisien

Workshop Baru

Bersama dengan semua improvement di atas, pembaharuan ini membuat pemetaan menjadi lebih mudah. Selain itu, bekerja dengan Manual Tie Points (MTPs) atau GCP sekarang lebih lancar dan lebih mudah dikelola karena ukurannya menyesuaikan dengan pengaturan zoom yang diterapkan pengguna saat mengerjakan proyek. Pembaharuan ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan lebih banyak poin di area kecil sambil mengurangi kesan terlalu penuh. Selain itu, pembaharuan ini memudahkan pengguna untuk menambahkan lebih banyak tie points dan kita masih bisa melihat points-points lainnya.

 

Jika kita melihat ke belakang sedikit, PIX4Dmatic telah melakukan pembaharuan yang signifikan dan kasus penggunaan yang mengesankan banyak pengguna dalam 2 tahun terakhir, software ini mampu melakukan banyak hal, salah satunya menggabungkan LIDAR dan point clouds photorammetry dan memproses kumpulan data dengan lebih dari 10.000 gambar dengan akurat. PIX4Dmatic tidak main-main dalam membantu pengguna untuk melakukan survey dan mapping untuk menghasilkan data seakurat mungkin.

Dari sekian banyak fitur yang dimilikinya, fitur yang paling menarik dari PIX4Dmatic adalah kemampuanya dalam memproses citra LIDAR dan photogrammetry dalam proyek yang sama sehingga satu output 3D memiliki akses ke data pointcloud yang padat dengan opsi filter yang ada pada software ini. itu artinya PIX4Dmatic sekarang sepenuhnya kompatibel dengan PIX4Dcatch.

Bagaimana bisa PIX4Dcatch kompatibel dengan PIX4Dmatic? software PIX4Dmatic bertugas untuk menggabungkan point cloud yang dalam dan padat, untuk mendapatkan point cloud tersebut kita memprosesnya menggunakan PIX4Dcatch untuk menangkap gambar LIDAR dan RGB (gambar RGB disini adalah hasil photogrammetry) dari mobile devices (sekarang scanning LIDAR dapat menggunakan iPhone dan iPad terbaru). Nah kedua set data inilah digabungkan ke dalam PIX4Dmatic untuk mendapatkan hasil maksimal dari kedua input ini.

Dalam pemrosesan penangkapan gambar LIDAR dan Photogrammetry menggunakan PIX4Dcatch mungkin tidak selalu mulus, ada beberapa masalah yang mungkin kita alami sebagai contoh, adanya penyimpangan GPS dan IMU pada mobile device yang kita gunakan. Hal ini bisa terjadi karena estimasi posisi/orientasi real-time dari ARKit mobile device itu sendiri yang tidak selalu sesuai dengan posisi sebenarnya. ini berarti proses scanning LIDAR menghasilkan data yang kurang akurat.

PIX4Dmatic memecahkan masalah ini, PIX4Dmatic dapat menghitung data geolokasi dan orientasi yang lebih akurat dalam pemrosesan photogrammetry. Data photogrammetry yang sudah akurat ini digunakan untuk menyelaraskan hasil scanning LIDAR dan memungkinkan data LIDAR menjadi akurat juga. 

Dalam beberapa kasus dimana pemrosesan photogrammetry yang memerlukan beberapa perbaikan, PIX4Dmatic menambahkan data baru untuk diproses melalui Manual Tie Points (MTPs) yang dapat menegakkan keselarasan yang benar antara photogrammetry dan data LIDAR. setelah point cloud LIDAR dan photorammetry selesai dibuat, PIX4Dmatic menyediakan opsi untuk menggabungkan kedua point cloud ini menjadi satu atau mengekspornya masing-masing secara terpisah.

Ada cara lain untuk memastikan posisi/orientasi data menjadi akurat yaitu dengan menggunakan rover viDoc RTK. kedua opsi ini menjadikan handphone anda menjadi alat survey-grade yang canggih. Begitu juga dengan PIX4Dmatic yang menawarkan kombinasi unik, mulai dari LIDAR, Photogrammetry, dan Manual Tie Points (MTPs) untuk kebutuhan survei dan pemetaan yang akurat dan terbaik untuk perusahaan anda. 

PIX4Dmatic dapat menggabungkan LIDAR dan photogrammetry yang akurat menggunakan PIX4Dcatch

Jika ada pertanyaan lain, silahkan hubungi kami melalui:
Email: enterprise@halorobotics.com
WhatsApp: +62811-8549-888

For more infomation, visit our:
Website: https://halorobotics.com/
Online Store: https://halorobotics.com/shop/
Facebook: www.facebook.com/halorobotics/
Instagram: www.instagram.com/halorobotics/
LinkedIn: www.linkedin.com/company/halo-robotics
Subscribe to our YouTube Channel: www.youtube.com/halorobotics  

Post Related

Welcome to Halo Robotics

Button WA Blog