Tips Mendapatkan Penghasilan Lebih Dari Drone DJI Enterprise

cara mendapatkan penghasilan dari drone untuk survei dan pemetaan halo robotics

Drone DJI Enterprise

Tahukah anda hanya dengan mengemudikan drone anda bisa mendapatkan penghasilan lebih lho? bagaimana caranya? Nah pada blog kali ini kami akan membahas secara tuntas bagaimana mendapatkan penghasilan hanya dari mengemudikan drone.

Pada dasarnya drone DJI Enterprise tidak hanya dikemudikan begitu saja, namun untuk mendapatkan penghasilan lebih, sejatinya anda harus memiliki sertifikat drone professional untuk dapat dipercaya oleh berbagai industri besar sebelum anda ditawarkan menangani masalah mereka.

cara mendapatkan penghasilan lebih dari drone

Peluang Karir Dalam Dunia Drone

Dimana ada banyak peluang karir dalam dunia drone, dan jika anda merasa hal ini sebagai usaha sampingan saja, anda bisa memulainya dengan:

  • Koleksi stock gambar: meskipun menjual stock fotografi mungkin terdengar agak klise dalam bisnis drone, perlu diingat kalau jenis media ini sering digunakan dalam film dan acara TV, sehingga berpotensi menguntungkan kita.
  • YouTube Channel
  • Acara pernikahan dan sejenisnya.

Di samping itu, ada beberapa peluang karir menjadi pilot profesional berlisensi untuk industri-industri di bawah ini mengingat permintaan akan pilot drone semakin meningkat.

1. Drone di Bidang Pertanian

Di bidang pertanian, jika biasanya petani melalui proses yang melelahkan, datang ke ladang dan mengamati tanaman secara manual, dengan drone anda dapat membantu petani mendeteksi masalah yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman, menemukan gulma, dan membantu memeriksa kemajuan pertumbuhan tanaman. Khususnya dengan teknologi terbaru drone DJI Mavic 3 Multispectral yang memungkinkan Anda mengukur berapa banyak sinar matahari yang didapat tanaman, dan apakah ada nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan tanaman anda. 

Dibantu dengan teknologi canggih justru memperkuat peluang karir anda dalam membantu pihak pengusaha membuat keputusan tentang bagaimana merawat tanaman mereka dengan menunjukkan ke mana pupuk atau pestisida harus dibawa. Peran Anda dan drone dapat mengurangi biaya operasi, meningkatkan kualitas tanaman, dan juga meningkatkan hasil panen.

tips mendapatkan penghasilan lebih dari drone dji enterprise di bidang pertanian

2. Drone untuk Survei & Pemetaan

Drone telah merevolusi industri survei & pemetaan dengan kemampuannya menangkap data dari atas. Survei yang dilakukan dari atas menggunakan drone DJI Enterprise dan memberikan informasi penting yang memungkinkan pengambilan keputusan. Mulai dari perencanaan lokasi konstruksi hingga desain & pemeliharaan infrastruktur. Drone DJI Enterprise lebih unggul dari metode survei tradisional karena mereka dapat dengan cepat memperoleh data dari titik pandang yang tidak dapat diakses oleh manusia, menghilangkan kebutuhan operator mengakses lokasi berbahaya atau sulit dijangkau, dan menangkap data yang sebanding dalam jangka waktu yang jauh lebih singkat. 

Survei drone dapat menghasilkan berbagai hasil tergantung pada pilihan sensor data dan perangkat lunak survei Anda: 

  • Peta orthomosaic 2D 
  • Peta orthomosaic 3D 
  • model 3D 
  • Survei termal
  • LiDAR 
  • Peta multispektral
tips mendapatkan penghasilan lebih dari drone dji enterprise untuk survei dan pemetaan

3. Drone DJI Enterprise di Bidang Konstruksi

Dalam konstruksi dan manajemen proyek, survei drone dapat memberikan data penting yang sejalan dengan Building Information Modeling (BIM), yang dapat mengurangi kesalahan konstruksi, kelalaian, dan pengerjaan ulang. BIM adalah teknologi perencanaan digital yang memungkinkan kontraktor untuk melihat progress proyek mereka, dan drone DJI Enterprise adalah alat yang sempurna untuk mengumpulkan data akurat untuk sistem ini. 

Drone bermanfaat bagi kontraktor sebelum, selama, dan setelah pekerjaan, dimana drone dapat menyediakan cara yang efisien dan aman untuk mensurvei lokasi pekerjaan dan terus memperbarui pemangku kepentingan tentang keadaan proyek saat ini.

tips mendapatkan penghasilan lebih dari drone dji enterprise di bidang konstruksi

Pelatihan dan sertifikasi drone apa yang Anda butuhkan?

Semua pilot drone profesional memerlukan sertifikasi Federal Aviation Administration (FAA) untuk mendapatkan sertifikat pilot jarak jauh. Di Indonesia, anda dapat mengikuti pelatihan FASI ataupun pelatihan drone DJI Enterprise dari DKPPU yang bisa dilakukan di Halo Robotics. Setelah Anda lulus pelatihan, Anda menjadi pilot drone bersertifikat.

Hubungi Kami Untuk Dapatkan Sertifikasi DKPPU di Halo Robotics

Dapatkan lisensi pilot drone casr part 107 sertifikasi resmi pilot drone indonesia

Apa yang dilakukan apabila sudah punya sertifikat pilot drone?

Sebuah tips kalau anda ingin mendapatkan penghasilan yang lebih besar lagi, alangkah baiknya jika Anda juga ahli dalam memproses data yang diambil, itu artinya anda harus menguasai software pemodelan seperti DJI Terra untuk menghasilkan peta, 3D properti atau infrastruktur yang tepat

Berapa penghasilan sebagai pilot drone?

Jangan berharap untuk segera memulai karir menerbangkan drone dengan menghasilkan banyak uang. Pilot pemula (kurang dari satu tahun pengalaman) menghasilkan rata-rata Rp. 300.000 per jam, tergantung klien. Jika Anda tetap menggunakannya dan mendapatkan lebih banyak pengalaman, rata-rata meningkat menjadi sekitar Rp. 400.000 per jam selama 5-9 tahun pengalaman, dan Rp. 500.000 per jam jika Anda memiliki pengalaman 10 tahun atau lebih.

Sementara gaji tahunan rata-rata untuk seorang pilot drone DJI Enterprise adalah sekitar 700 juta rupiah, jumlah itu bervariasi tergantung pada jenis pekerjaan drone yang dilakukan – serta di mana Anda melakukannya. Misalnya, pilot drone DJI Enterprise komersial umumnya akan menghasilkan lebih dari pilot profesional.

Kesimpulan

Kesimpulan benefit menjadi pilot drone di bidang pertanian, survei dan mapping, konstruksi, dan bidang lainnya sebagai penghasilan tambahan adalah sebagai berikut:

  1. Potensi Pendapatan Tambahan: Menjadi pilot drone dalam berbagai industri memberikan peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Dengan meningkatnya permintaan akan teknologi drone di berbagai sektor, ada peluang besar untuk menawarkan layanan ini dan menghasilkan pendapatan tambahan.
  2. Efisiensi dan Produktivitas: Penggunaan drone dalam pertanian, survei dan mapping, dan konstruksi meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Drone DJI Enterprise dapat melakukan tugas-tugas yang sebelumnya membutuhkan waktu dan sumber daya yang lebih banyak dengan cepat dan akurat. Hal ini memungkinkan pilot drone untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat, sehingga meningkatkan potensi pendapatan.
  3. Pemantauan yang Akurat: Drone dilengkapi dengan teknologi canggih seperti kamera dan sensor yang memungkinkan pemantauan yang akurat. Di bidang pertanian, drone dapat digunakan untuk memantau kesehatan tanaman, penggunaan air, dan pemupukan. Dalam survei dan mapping, drone dapat mengumpulkan data spasial yang presisi untuk pemetaan lahan atau proyek konstruksi. Keakuratan ini memungkinkan pilot drone untuk memberikan informasi yang berharga kepada klien mereka, sehingga meningkatkan nilai tambah layanan mereka.
  4. Pengurangan Risiko dan Biaya: Penggunaan drone dapat mengurangi risiko dan biaya yang terkait dengan pekerjaan di lapangan. Dalam industri konstruksi, misalnya, drone dapat melakukan pemantauan keamanan dan inspeksi bangunan yang sulit dijangkau oleh manusia. Hal ini mengurangi risiko kecelakaan dan meminimalkan biaya yang terkait dengan perawatan dan pemeliharaan.
  5. Fleksibilitas dan Skalabilitas: Menjadi pilot drone DJI Enterprise sebagai penghasilan tambahan menawarkan fleksibilitas dan skalabilitas. Anda dapat mengatur jadwal kerja sesuai kebutuhan Anda dan menyesuaikan volume pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan ketersediaan Anda. Dengan perkembangan teknologi drone yang terus berkembang, ada peluang untuk memperluas jangkauan layanan dan menargetkan industri yang berbeda, seperti pemantauan lingkungan, keamanan, atau pembuatan konten media.
  6. Pengalaman dan Keterampilan: Menjadi pilot drone dalam berbagai industri memberikan kesempatan untuk mengembangkan pengalaman dan keterampilan yang berharga. Anda akan memiliki kesempatan untuk bekerja dengan teknologi canggih, memahami berbagai kebutuhan industri, dan meningkatkan pemahaman tentang penggunaan data dan analisis. Pengalaman dan keterampilan ini dapat meningkatkan prospek karir Anda secara keseluruhan.

Dalam kesimpulan, menjadi pilot drone dalam bidang pertanian, survei dan mapping, konstruksi, dan bidang lainnya sebagai penghasilan tambahan dapat memberikan peluang pendapatan tambahan yang menjanjikan. Dengan menggunakan teknologi drone

For more information, visit our:
Facebook : https://www.facebook.com/halorobotics/
Instagram : https://www.instagram.com/halorobotics/
LinkedIn : www.linkedin.com/company/halo-robotics

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Welcome to Halo Robotics

Button WA