Fire, Search & Rescue, Emergency Response

SOLUSI DRONE untuk

kebakaran, SAR & Tanggap darurat

Penggunaan drone membantu pemetaan dan mitigasi bencana. Pemantauan dampak bencana dapat dilakukan dari jarak jauh sehingga mengatasi keterbatasan akses yang sering dihadapi di lokasi bencana.

Karena dapat dioperasikan dan dimonitor jarak jauh, drone juga mengatasi keterbatasan akses saat menuju lokasi bencana. Tidak jarang area terdampak terisolasi dan sulit dijangkau secara fisik karena rusaknya infrastruktur, seperti jalan dan jembatan.

Data yang dikumpulkan melalui pemantauan menggunakan drone juga dipakai untuk menyusun peta kawasan rawan bencana. Hal ini akan memperkuat mitigasi sehingga masyarakat mengetahui potensi bencana di sekitarnya.

Drone sangat penting dalam operasi keselamatan publik, di antaranya yaitu:

 

  • Deteksi & Respon Kebakaran
  • Pencarian dan Penyelamatan (SAR)
  • Mitigasi Bencana Alam: Tsunami, Gempa Bumi & Gunung Berapi

 

DETEKSI & RESPON KEBAKARAN​

Drone termal memungkinkan deteksi api jarak jauh, dan dapat digunakan untuk menentukan titik api. Drone DJI Enterprise menggunakan jenis sensor termal khusus yang disebut Radiometric Thermal Infrared, di mana setiap piksel menyimpan data suhu yang akurat. Drone termal DJI dapat dikalibrasi untuk suhu tertentu, dan alarm dapat disetel jika sesuatu terdeteksi di luar parameter. Inframerah termal radiometrik memungkinkan identifikasi yang tepat dari titik terpanas api, untuk menemukan sumber api, atau melihat panas yang tepat dari area sekitar, untuk mendukung respons pemadaman kebakaran.

Data GPS dari drone dapat digunakan untuk menemukan posisi tertentu dari api atau hotspot di peta, dan foto panorama dari drone dapat dibagikan ke tim darat, untuk mendukung respons pemadaman kebakaran.

 

PENCARIAN DAN PENYELAMATAN (SAR), SIANG ATAU MALAM

Drone sangat penting untuk operasi pencarian dan penyelamatan / SAR, dan berguna untuk pencarian secara efisien di area yang luas – baik siang atau malam, darat atau laut. Drone DJI dapat dilengkapi dengan sensor thermal radiometrik yang kuat, yang dapat dikalibrasi untuk parameter suhu tertentu, untuk mendeteksi manusia secara efisien di area pencarian yang luas. Sementara itu, kamera zoom jarak jauh memungkinkan pencarian efisien di area yang luas, dan A.I. algoritma juga dapat diterapkan untuk menganalisis umpan video dan meningkatkan efisiensi pencarian.

Drone DJI Enterprise dapat dilengkapi dengan alat dan sensor tambahan untuk mendukung operasi SAR, termasuk Lampu Sorot LED dan Loudspeaker, serta deteksi sinyal GSM ponsel dan komunikasi SMS, untuk meningkatkan jangkauan fungsi deteksi, komunikasi, dan respons dengan drone.

 

MITIGASI BENCANA ALAM

TSUNAMI, GEMPA BUMI & GUNUNG BERAPI​

Drone dapat digunakan untuk pemetaan dan pemodelan cepat dalam situasi ekstrem, dan survei cepat suatu area dapat menjadi penting untuk mendukung tanggap darurat. Model 3D yang sangat akurat dapat mendukung evaluasi cepat kerusakan struktural pada bangunan, dan peta 3D dapat digunakan untuk merencanakan jenis tanggap darurat yang paling efisien terhadap situasi krisis.

Drone yang dilengkapi dengan kamera optik dan termal yang kuat juga penting dalam situasi respons krisis, untuk memeriksa bangunan, mencari area yang luas, dan menemukan manusia di hutan, perairan, atau lingkungan perkotaan.

 

Rekomendasi Drone

DJI Mavic 3 Thermal

DJI Matrice 30T

DJI Matrice 30 M30 Halo Robotics

DJI Matrice 300 & h20n

Rekomendasi Aksesoris

Czi lp21

LED Loudspeaker & Spotlight untuk DJI M30T

CZI LP12 Light Speaker DJI Matrice 30

centum lifeseeker

Deteksi Sinyal Ponsel GSM

en_USEnglish