Deteksi Kebakaran Hutan Secara Cepat & Akurat dengan DJI Dock

Kebakaran hutan merupakan ancaman serius bagi lingkungan dan kehidupan. Cepat dan akuratnya deteksi kebakaran hutan adalah kunci untuk merespons dengan efektif dan meminimalisir dampaknya. Salah satu inovasi terbaru yang membantu dalam mendeteksi kebakaran hutan adalah DJI Dock, sebuah sistem penerbangan drone otomatis yang dapat beroperasi 24/7, siang dan malam untuk pemantauan dan deteksi kebakaran hutan secara cepat, akurat, dan efektif.

Contoh Kasus Deteksi Kebakaran Hutan dengan DJI Dock

Lokasi: Hutan di Cleburne, Texas, Amerika Serikat

Skenario: Terjadi kebakaran hutan di daerah pedesaan di Cleburne, Texas, Amerika Serikat seluas 20 hektar yang menyebar dengan cepat dan mengancam rumah–rumah yang berada di dekatnya. Yang mana jauh dari hari itu pihak North Central Texas Public Safety Unmanned Response Team (NTXPSURT) telah memasang DJI Dock di titik strategis di hutan ini yang dilengkapi dengan Drone DJI Matrice 30T Dock Version dengan spesifikasi tinggi yakni:

  • 41 minute max flight time
  • 53 km/h max wind resistance
  • 7000m service ceiling above sea level
  • 8km max transmission range, anti-interference A.I.
  • Optical Zoom Camera 16x 48MP 1/2
  • 8k Images & 4K30fps video
  • Wide camera 12MP 1/2 CMOS 24mm
  • 1200m Laser RangeFinder
  • Flagship IP55 Quadcopter
  • Comprehensive obstacle avoidance sensors and A.I. computer vision systems for safe navigation

Deteksi Kebakaran Hutan Secara Cepat & Akurat dengan DJI Dock

Download Brosur DJI Dock Di Sini

Deteksi: DeDngan cepat sensor Thermal drone DJI Matrice 30T Dock Version mendeteksi sumber titik utama api, memantau besaran api, dan memantau kemana arah api pergi. Yang mana tidak secara langsung penerbangan otonom ini memberikan pihak komando emergency response Texas “aerial awareness” secara real-time, yang kemudian informasi ini dilanjutkan ke tim darat untuk proses eksekusi pemadaman dengan cepat dan akurat di titik-titik tertentu.

Deteksi Kebakaran Hutan Secara Cepat & Akurat dengan DJI Dock

Pemantauan: Dalam kasus kebakaran Cleburne,  komandan NTXPSURT sepenuhnya memanfaatkan DJI FlightHub 2 untuk pemantauan kebakaran. Pertama Ia menggunakan fitur 2D Cloud Mapping untuk membuat peta api orthomosaic dengan cepat.

Deteksi Kebakaran Hutan Secara Cepat & Akurat dengan DJI Dock 2

Kedua ia memanfaatkan sensor laser rangefinder drone DJI M30T ke titik koordinat yang ia buat PinPoints untuk membantu menggambarkan batas api dan mengkomunikasikan ke tim darat titik-titik crucial secara real-time dari kantor melalui DJI FlightHub 2.

Pengambilan Tindakan: Setelah 4 jam kemudian, informasi yang cepat dan akurat dari DJI Dock membantu petugas pemadam kebakaran mengambil tindakan sesegera mungkin, alhasil api telah sepenuhnya dipadamkan. DJI Dock telah terbukti menjadi kekuatan di bidang emergency response seperti ini, dari peningkatan awareness bagi pengambil keputusan hingga penurunan risiko insiden darurat yang kemungkinan terjadi, dan secara dramatis DJI Dock meningkatkan efisiensi tim emergency response dalam mendeteksi kebakaran hutan dengan cepat dan akurat.

Deteksi Kebakaran Hutan Secara Cepat & Akurat dengan DJI Dock 2

Kesimpulan

DJI Dock membuktikan kecanggihan teknologi yang membantu kita lebih responsif dalam menghadapi kebakaran hutan. Dengan cepat mendeteksi dan merespons, kita dapat meminimalkan kerusakan yang ditimbulkan oleh bencana alam ini. Melalui penerapan teknologi seperti DJI Dock secara terus-menerus perlahan kita bergerak menuju perlindungan lingkungan yang lebih baik di Indonesia.

https://halorobotics.com/v2/product/dji-dock-for-dji-m30-series/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui:
WhatsApp: +62 811-1909-0099
Email: sales@halorobotics.com
www.halorobotics.com

For more information, visit our:
Facebook : https://www.facebook.com/halorobotics/
Instagram : https://www.instagram.com/halorobotics/
LinkedIn : www.linkedin.com/company/halo-robotics
Youtube: https://www.youtube.com/@Halo-robotics/videos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Welcome to Halo Robotics

Button WA