Conservation & Environmental Monitoring

SOLUSI DRONE untuk

konservasi & pemantauan lingkungan

Insinyur lingkungan, konservasionis, peneliti, dan profesional yang bekerja di bidang terkait menggunakan drone sebagai cara yang efektif dan efisien untuk mendapatkan data lingkungan yang akurat yang dapat digunakan untuk berbagai aplikasi penting, mulai dari pengelolaan air dan sumber daya alam, serta keanekaragaman hayati, konservasi lingkungan, hingga pelacakan erosi pantai, identifikasi spesies dan penilaian populasi.

Aplikasi utama meliputi:

  • Konservasi Satwa Liar
  • Analisis Vegetasi & Keanekaragaman Hayati
  • Perhitungan Karbon & Analisis Volumetrik Hutan
  • Analisis & Pengelolaan DAS
  • Deteksi Gas, Kualitas Udara & Pemantauan Emisi

 

Konservasi Satwa Liar

dengan teknologi drone thermal, memungkinkan untuk mengidentifikasi hewan di lingkungan alami, berguna untuk perlindungan spesies yang terancam punah, penghitungan populasi, dan analisis satwa liar di lingkungan alaminya pada siang dan malam hari. Perburuan liar dan penebangan liar juga dapat dideteksi dengan jenis teknologi drone termal canggih yang sama, untuk mendukung perlindungan satwa liar yang terancam punah dan program pemulihan keanekaragaman hayati.

 

Analisis Vegetasi & Keanekaragaman Hayati

citra multispektral adalah jenis data yang kuat untuk keberlanjutan dan ilmu lingkungan, dengan berbagai aplikasi termasuk analisis penelitian keanekaragaman hayati spesies hutan, distribusi penyakit dan hama, analisis kesehatan vegetasi, DAS dan analisis kesehatan pesisir/sungai yang didukung. Menggunakan alat perangkat lunak untuk menghasilkan Indeks Multispektral yang disesuaikan, dimungkinkan untuk mensurvei area yang luas dengan drone dan menerapkan analitik multispektral yang disesuaikan di seluruh area peta besar untuk berbagai jenis tujuan penelitian lingkungan.

 

Perhitungan Karbon & Analisis Volumetrik Hutan

survei LIDAR 3D yang sangat akurat dapat digunakan untuk menganalisis pohon dan hutan untuk aplikasi volumetrik, termasuk penghitungan volume karbon dan analisis penyerapan. Karena LIDAR mampu menembus tutupan pohon hutan untuk memindai seluruh bagian pohon dan tanah di bawahnya, dimungkinkan untuk membuat perhitungan tinggi, diameter, dan volume tentang masing-masing pohon serta seluruh hutan.

 

Analisis & Pengelolaan DAS

Data LIDAR dapat digunakan untuk membuat model medan dan peta kontur, serta menganalisis aliran air, erosi, dan pemantauan pantai dari data survei 3D. Sementara itu, survei multispektral memungkinkan analisis air itu sendiri, misalnya untuk menganalisis kesehatan alga dan rumput laut dan keanekaragaman hayati, atau polusi kimia dan degradasi DAS. Drone DJI sekarang membuatnya lebih mudah dan lebih murah dari sebelumnya untuk mendapatkan analitik bernilai tinggi ini.

 

Deteksi Gas, Kualitas Udara & Pemantauan Emisi

menggunakan sensor dan perangkat lunak pendeteksi gas khusus dengan drone DJI, dimungkinkan untuk mensurvei wilayah udara dan mendapatkan analisis konsentrasi terperinci untuk semua jenis gas yang terkait dengan perubahan iklim dan kualitas udara, termasuk CH4, H2S, SO2, VOC, CO, CO2, PM 1.0, PM 2.5, dan PM 10. Sniffer4D adalah sensor pendeteksi gas untuk drone DJI yang mampu mendeteksi hingga 9 gas sekaligus, dan dilengkapi dengan perangkat lunak canggih untuk memetakan sebaran gas yang terdeteksi di area survei.

Teknologi drone ini sangat penting untuk pemantauan polusi udara perkotaan dan emisi iklim, dan digunakan secara luas oleh pemerintah, LSM, dan perusahaan di seluruh dunia.

 

id_IDBahasa Indonesia