Case Study Voliro: Inspeksi NDT Transmission Tower di Indonesia

Tantangan Inspeksi Transmission Tower Tradisional

Inspeksi perlindungan korosi pada transmission tower tegangan tinggi umumnya dilakukan secara manual, menghadirkan beberapa tantangan:

  • Proses yang kompleks: Inspeksi perlu direncanakan sebelumnya, saluran listrik harus dimatikan, dan tim harus mengunjungi setiap tower dan memanjatnya.
  • Tidak efisien: Proses manual ini memakan waktu dan tenaga, membatasi jumlah tower yang dapat diinspeksi per hari.
  • Gangguan operasional: Mematikan saluran listrik untuk inspeksi mengganggu distribusi daya dan menimbulkan kerugian finansial.
  • Keterbatasan akses: Transmission tower sering kali terletak di daerah terpencil atau berbahaya, mempersulit akses dan meningkatkan risiko bagi tim inspeksi.

Baca Juga: Elios 3 | Drone Inspeksi untuk Asset Maintenance Management

Inspeksi Transmission Tower dengan Payload DFT Voliro

Halo Robotics bersama salah satu perusahaan di bidang energi melakukan inspeksi NDT pada transmission tower dengan payload DFT (dry film thickness) dari Voliro. Dengan Voliro drone, kami melakukan inspeksi berbasis kontak dengan sensor NDT. Dengan kemampuannya untuk miring ke segala arah, kami dapat dengan mudah dan efisien melakukan pengukuran pada struktur rumit seperti body, cross arms, dan bahkan puncak tower.

Hasil pengukuran langsung terlihat di tablet selama inspeksi dan juga dapat dengan mudah dianalisis setelahnya. Voliro drone mampu menginspeksi 10-15 menara per hari, jauh lebih cepat dan efisien dibandingkan metode tradisional. Keunggulan lainnya adalah:

  • Tower tetap beroperasi ketika inspeksi: Pengukuran coating thickness dapat dilakukan tanpa perlu mematikan saluran listrik, meminimalkan downtime dan gangguan operasional, memastikan kelancaran distribusi daya.
  • Efisiensi tinggi: Dapat menginspeksi lebih banyak tower dalam waktu yang lebih singkat, meningkatkan efisiensi operasional dan pemeliharaan.
  • Peningkatan keamanan dan aksesibilitas: Drone dapat menjangkau lokasi terpencil atau berbahaya, sehingga tim inspeksi tidak perlu memanjat tower, mengurangi risiko kecelakaan kerja.
  • Data akurat dan presisi: Payload DFT menghasilkan data pengukuran coating thickness yang akurat membantu merencanakan pemeliharaan dan penggantian coating secara tepat waktu.
  • Aman dan hemat biaya: Voliro Drone membantu menghemat biaya operasional dan mengurangi risiko kecelakaan kerja.

Kesimpulan

Voliro Drone dengan payload DFT menawarkan solusi inovatif dan efisien untuk inspeksi NDT transmission tower di Indonesia. Teknologi ini membantu meningkatkan efisiensi, keselamatan, dan kualitas kontrol inspeksi, sekaligus meminimalkan downtime dan gangguan operasional. Halo Robotics siap membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk menggunakan teknologi drone ini dan meningkatkan operasional transmission tower.

Welcome to Halo Robotics

Button WA